Tips Menghindari Bahaya Skimming di Mesin ATM/EDC

Tips Menghindari Bahaya Skimming di Mesin ATM/EDC - Blog Mas Hendra
Perkembangan teknologi yang semakin canggih, berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah kemudahan dalam bertransaksi ketika membeli sejumlah barang. Dulu, kita hanya melakukan transaksi dengan menggunakan uang cash saja. Tapi saat ini kita bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit ataupun kartu debit. Padahal bahaya skimming selalu saja mengintai.


Skimming merupakan aktivitas atau tindakan pencurian informasi kartu kredit atau kartu debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu dengan cara memasang alat tertentu di mesin ATM/EDC.

Membayar dengan kartu kredit ataupun kartu debit memang dinilai lebih praktis dan mudah, tapi tentu saja dengan resiko yang tinggi juga. Karena saat ini kejahatan di bidang perbankan semakin membuat masyarakat resah.

KIAT BERTRANSAKSI DI MESIN ATM/EDC

Untuk meminimalisir terjadinya kejahatan yang menimpa Anda, berikut adalah langkah aman untuk bertransaksi di mesin ATM atau mesin EDC :

1. Tutupi keypad atau tombol dengan tangan saat memasukkan nomor PIN di mesin ATM/EDC.
2. Rajin mengganti PIN secara berkala.
3. Waspada terhadap orang tidak dikenal yang tiba-tiba datang menawarkan bantuan saat Anda sedang mengalami masalah bertransaksi di ATM.
4. Sebelum bertransaksi, perhatikan kondisi mesin ATM/EDC, apabila mengalami kejadian seperti : kartu sulit masuk atau macet, tombol ATM terasa longgar atau tebal dan slot kartu lebih besar dan mencurigakan, sebaiknya jangan melakukan transaksi dulu, karena bisa saja itu adalah modus penipuan dengan alat skimming.
5. Jika memungkinkan, manfaatkan fitur notifikasi SMS untuk memantau transaksi pada rekening milik Anda.
6. Demi keamanan, gunakan kartu berbasis chip untuk bertransaksi.

Demikian artikel tentang bahaya skimming dan tips menghindari bahaya skimming di mesin ATM/EDC. Selain bahaya dari faktor eksternal, seperti skimming, ada baiknya Anda juga memahami bagaimana tips aman menggunakan kartu kredit.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

14 comments

Makasih infonya kang, hal seperti ini harus banyak di publish, sangat bermanfaat.

sepertinya kartu atm ku kudu di ganti yang pakai chip juga biar semakin aman dalam bertransaksi.

kartu berbasis chip itu seperti gimana ya mas Hendra?

Rajin mengganti pin, jarang sekali saya lakukan. Jika terlalu sering justru saya lupa nomor pinnya.

@Maman : Sama-sama kang, sekiranya bermanfaat, silahkan di share

@Icha : Silahkan langsung diproses ke bank terkait

@Sains : Saat ini bank telah memperbaharui dengan menambahkan chip di setiap kartu kredit/debit, sehingga lebih aman.

@Djangkaru : Input PINnya yang mudah diingat aja bang, jangan yang ruwet, seruwet mantan

sebagai org bank, aku rutin wanti2 anak buahku, juga nasabah ttg bahaya skimming. bbrp anak buahku malah prnh jd korban, kena skimming . diperkirakan data2nya diambil saat trx atm di bali. lama itu proses investigasinya, walopun setelah mengumpulkan bukti2 yg ada, uang si staff dibalikin lg. makany selaku cek juga kondisi edc ato atm yg digunakan. aku slalu bilang, jgn prnh gunakan atm di tempat2 yg rawan ato gelap. krn ditakutkan mesinnya sudh diutak atik. jgn juga pakai atm di temoat yg jrg ada security 24 jam nya. kalopun terpaksa, sebelum masukin kartu ya cek slot nya, raba juga penutup keyboard atm, apakah ada dipasangin alat yg bisa jd kamera tersembunyi. memasukkan pin sebisa mungkin jgn pakai 1 jari, tapi gunakan semua jari. awalnya susah, tp lama2 kalo udh hapal keyboardnya, bisa kok masukin pin menggunakan 5 jari tanpa hrs liat angkanya

Informasi penting nih, aku sering lalai untuk menutupi saat proses input pin. Bahaya ternyata ya. Makasi sudah mengingatkan

@Fanny : Terima kasih atas masukannya...

@Monica : Silahkan langsung dipraktekkan mba Monic

Sangat bermanfaat. Terimakasih Mas Hendra ...

@Tuteh : Terima kasih juga sudah berkunjung mba Tuteh


EmoticonEmoticon