Tips Menghindari Bahaya Skimming di Mesin ATM/EDC

Tips Menghindari Bahaya Skimming di Mesin ATM/EDC - Blog Mas Hendra
Perkembangan teknologi yang semakin canggih, berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah kemudahan dalam bertransaksi ketika membeli sejumlah barang. Dulu, kita hanya melakukan transaksi dengan menggunakan uang cash saja. Tapi saat ini kita bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit ataupun kartu debit. Padahal bahaya skimming selalu saja mengintai.


Skimming merupakan aktivitas atau tindakan pencurian informasi kartu kredit atau kartu debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu dengan cara memasang alat tertentu di mesin ATM/EDC.

Membayar dengan kartu kredit ataupun kartu debit memang dinilai lebih praktis dan mudah, tapi tentu saja dengan resiko yang tinggi juga. Karena saat ini kejahatan di bidang perbankan semakin membuat masyarakat resah.

KIAT BERTRANSAKSI DI MESIN ATM/EDC

Untuk meminimalisir terjadinya kejahatan yang menimpa Anda, berikut adalah langkah aman untuk bertransaksi di mesin ATM atau mesin EDC :

1. Tutupi keypad atau tombol dengan tangan saat memasukkan nomor PIN di mesin ATM/EDC.
2. Rajin mengganti PIN secara berkala.
3. Waspada terhadap orang tidak dikenal yang tiba-tiba datang menawarkan bantuan saat Anda sedang mengalami masalah bertransaksi di ATM.
4. Sebelum bertransaksi, perhatikan kondisi mesin ATM/EDC, apabila mengalami kejadian seperti : kartu sulit masuk atau macet, tombol ATM terasa longgar atau tebal dan slot kartu lebih besar dan mencurigakan, sebaiknya jangan melakukan transaksi dulu, karena bisa saja itu adalah modus penipuan dengan alat skimming.
5. Jika memungkinkan, manfaatkan fitur notifikasi SMS untuk memantau transaksi pada rekening milik Anda.
6. Demi keamanan, gunakan kartu berbasis chip untuk bertransaksi.

Demikian artikel tentang bahaya skimming dan tips menghindari bahaya skimming di mesin ATM/EDC. Selain bahaya dari faktor eksternal, seperti skimming, ada baiknya Anda juga memahami bagaimana tips aman menggunakan kartu kredit.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon