Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Server Multimedia Sendiri dengan Network Attached Storage (NAS)

Cara Membuat Server Multimedia dengan Network Attached Storage (NAS)

Kabar mengejutkan datang dari Google Corporation. Perusahaan multinasional raksasa tersebut mengumumkan jika salah satu produknya, yakni Google Photos menghentikan layanan penyimpanan foto gratis, hingga maksimal hanya 15 GB saja. Ini artinya jika kita ingin mengunggah foto lebih dari 15 GB, maka pengguna harus membayar sejumlah uang untuk berlangganan.

Tampilannya yang user-friendly dan juga simpel, banyak orang yang menggunakan layanan dari Google tersebut. Bahkan pengguna ponsel Android bisa mensinkronkan langsung ponselnya dengan layanan Google Photos, sehingga setiap mengambil foto atau video, akan tersimpan secara otomatis di Google Photos.

Kebijakan tersebut sangat mempengaruhi produktivitas penggunanya di seluruh dunia, termasuk saya pribadi yang mengandalkan Google Photos sebagai media penyimpanan foto dan video. Apalagi jumlah kapasitas di akun Google Photos milik saya sudah hampir 15 GB. Berarti jika lebih dari itu, maka saya harus berlangganan.

Selain Google Photos, saya juga terbiasa menggunakan Dropbox untuk menyimpan file secara online. Hanya saja kapasitasnya sangat terbatas. Selain itu juga ada akun Gooogle Drive yang sama-sama memiliki kapasitas gratis hingga 15 GB saja. Namun menurut saya pribadi, masih saja kurang. Apalagi bagi seorang Youtuber atau Vlogger, tentu saja membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk mem-backup file penting, seperti video.

Menyimpan Data di Hard Disk Eksternal. Apakah Sebuah Solusi yang Tepat?

Salah satu alternatif penyimpanan data yang bisa kita pilih adalah hard disk drive (HDD) eksternal. Kita tidak perlu membayar biaya langganan apapun, hanya cukup membeli HDD eksternal yang tersedia di pasaran dengan jumlah kapasitas yang beragam, mulai dari 1 TB hingga 4 TB. Kapasitasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Di satu sisi, kita bisa menyimpan banyak data di HDD eksternal. Namun di sisi lain, ternyata HDD eksternal masih memiliki beberapa kekurangannya, di antaranya adalah sebagai berikut :

File bisa rusak (corrupted)

Kelemahan pertama adalah file yang kita simpan, bisa mengalami corrupted, sehingga tidak bisa diakses. Penyebabnya bisa saja karena faktor internal atau virus, ditambah lagi dengan tidak adanya fitur backup secara otomatis. Sayang banget kan, jika file yang rusak itu sangat penting. Apalagi kita tidak bisa mencadangkan data yang ada di HDD eksternal.

Kurang praktis

Perangkat HDD eksternal dianggap kurang praktis untuk dibawa ke mana-mana, apalagi bagi yang selalu mobile, akan terasa ribet. Belum lagi kita harus menyimpannya di dalam tas, lalu mengeluarkannya dari dalam tas dan menghubungkannya ke perangkat lainnya. Ukurannya memang tidak seberapa besar, tapi jika setiap hari dibawa-bawa, tentu jauh dari kata praktis.

Tidak bisa diakses jarak jauh

Kekurangan lainnya adalah kita tidak bisa mengakses data dari jarak jauh, karena HDD eksternal harus selalu terhubung dengan perangkat dalam jarak dekat. Hal ini pasti akan mempengaruhi tingkat efisiensi pekerjaan sehari-hari. Terutama pekerjaan yang dilakukan secara online.

Kenalan yuk dengan Teknologi NAS (Network Attached Storage) dari Synology

Solusi paling tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas adalah dengan memanfaatkan network attached storage atau disingkat NAS. NAS adalah sebuah penyimpanan yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses data dari jarak jauh, karena NAS terhubung dengan jaringan server. Dengan mengandalkan NAS, kita bisa menyimpan berbagai file multimedia, seperti foto, gambar, video, musik dan berbagai file lainnya.

Cara Membuat Server Multimedia dengan Network Attached Storage (NAS)

Salah satu brand NAS yang akan Blogmashendra kenalkan kepada Anda adalah produk dari Synology. Brand ini telah berdiri sejak tahun 2000 silam, sehingga memiliki pengalaman yang matang di dunia penyimpanan yang terintregasi dalam satu server pusat.

Berkat dukungan sistem Disk Station Manager (SDM)-nya, memungkinkan kita untuk bisa mencadangkan berbagai file melalui banyak perangkat, mulai dari ponsel, laptop maupun PC. Keunggulan lainnya adalah kita juga bisa melindungi seluruh data penting yang kita miliki dengan aman. Ini artinya kendala berada di tangan kita sepenuhnya.

Membuat Server Multimedia Sendiri di Rumah

Asyiknya lagi, dengan mengandalkan salah satu produk dari Synology DS220j, kita bisa memiliki server multimedia sendiri di rumah, sehingga bisa diakses dengan mudah oleh seluruh anggota keluarga. Synology DS220j, memang diaplikasikan untuk penggunaan rumahan.

Cara Membuat Server Multimedia dengan Network Attached Storage (NAS)

Dilengkapi dengan CPU Realtek RTD1296, pengguna bisa lebih mudah dalam mengelola file multimedia dengan menggunakan banyak perangkat, seperti PC, laptop maupun ponsel, sehingga anggota keluarga bisa saling berbagi data melalui pusat server, tanpa perlu mengirim ulang menggunakan aplikasi messenger

Mencadangkan Data Jadi Lebih Mudah dan Lebih Aman

Dengan menggunakan Synology DS220j, kita tidak perlu memikirkan biaya berlangganan bulanan lagi untuk membayar kapasitas penyimpanan cloud. Kita juga tidak perlu dipusingkan lagi dengan kebijakan-kebijakan perusahaan cloud yang cenderung bikin ribet. Cukup bayar di awal saja, maka kita sudah bisa memanfaatkan media penyimpanan tersebut sepuasnya.

Cara Membuat Server Multimedia dengan Network Attached Storage (NAS)

Hal terpenting lainnya adalah, data yang kita simpan di NAS memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena NAS Synology telah dilengkapi dengan fitur backup secara otomatis. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa melakukan backup data dari berbagai perangkat yang berbeda ke dalam server pusat NAS.

Mau Streaming Film Favorit Tanpa Biaya? Bisa!

Hobi streaming filam? Nah dengan NAS Synology ini, kita bisa melihat langsung tayangan favorit ke berbagai perangkat, mulai dari laptop, PC, ponsel, Smart TV, Apple TV, Google Chromecast, Samsung TV hingga perangkat DLNA lainnya. Wah menarik sekali ya fitur Synology ini.

Cara Membuat Server Multimedia dengan Network Attached Storage (NAS)

Dengan teknologi modern yang diusung oleh NAS Synology, keinginan kita untuk membuat server multimedia secara mandiri di rumah, bukan lagi sebuah impian belaka. Kini kita bisa mewujudkannya dengan lebih mudah, biaya yang relatif terjangkau hingga operating system yang intuitif.

Nah sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara membuat server multimedia sendiri di rumah? Selain lebih praktis dan hemat, teknologi ini juga membantu kita untuk menyimpan banyak sekali file multimedia lho. Tanpa limit, tanpa biaya bulanan dan tanpa ribet.

Jika Anda tertarik dan penasaran dengan produk NAS dari Synology ini, Anda bisa mengunjungi link berikut : synology.com. Siapa tahu saja Anda juga ingin memiliki media penyimpanan paling modern dan praktis.

Semoga bermanfaat.

78 komentar untuk "Cara Membuat Server Multimedia Sendiri dengan Network Attached Storage (NAS)"

  1. Teknologi sekarang semakin memudahkan ya mas. Bentuk dan ukuran NAS Synologi ini mengingatkan saya sama perangkat UPS, terus cocok banget ini untuk perangkat hardware di kantor karena bisa sharing data dan backup dalam jumlah banyak

    BalasHapus
  2. wah solusi banget buat aku yang hobi numpuk foto...tapi kalau oenyimpanan uda mau oenuh langsung keder kebingungan mau kemana hihi..mana hardisk eksternal uda nuju limit pula

    ternyata ada penawaran ini ya...boleh lah takpelajarin dulu metode penyimpanannya gimana..kalau kapasitas di google aku masih 14 gb lagi mas hend hehe

    BalasHapus
  3. Ini menarik sekali. Penyimpanan data di hard disk memang sempat menjadi solusi jika memory lappy sudah mulai penuh.

    Tapi memang benar adanya bahwa membawa hard disk kemana-mana tuh nggak praktis. Belum lagi kalau ternyata tempat kita ingin buka file sempit. Jelas kita harus meletakkan hard disk di atas device kita. Nggak bebas.

    Apalagi kalau ternyata filenya corrupted. Duh, makin gemes emang.

    Jadi NAS ini, kita nggak perlu membawa toolsnya kemana-mana. Lebih praktis sih. Mana tanpa biaya bulanan juga.

    Oke. Bisa dicoba.

    BalasHapus
  4. Layanan ini nanti bisa diakses saat kita tidak berada di rumah kah? Misal di kota lain trus inget datanya ada di server NAS di rumah, atau gimana mas?

    BalasHapus
  5. Saya juga selama ini ngandelin google foto,eksternal disk dan cloud untuk nyimen foto dan video. Tapi ya gitu masingmasing punya kendala sendiri seperti yang mas Hendra ceritakan di atas. Pas baca info soal NAS saya auto tertarik nih, tampak lebih mudah dan pastinya berkapasitas besar. Ini cara nyimpennya di sana harus upload fotonya satu persatu atau bisa auto back up dari eksternal disk misalnya atau gimana ya, mas?

    BalasHapus
  6. Wah keren banget sih kak, mau forward artikel ini sama suami ah kemarin cari-cari Cara Membuat server ginian... Trims kak

    BalasHapus
  7. Penasaran kalau beli storage di synology gitu sampai berapa ya mas? Otw kepoin deh biar tahu harus siapin berapa duit hihi

    BalasHapus
  8. Saya sudah pernah kehilangan data di HDD eksternal yg tidak bs difungsikan lagi. Anak jg pernah HDD eskternalnya yg 4 TB rusak. Wajahnya nelongsso banget saat menyadari file2nya pada hilang. NAS dari Synology boleh banget jadi server multimedia keluarga nih. Anakku belum tahu sepertinya, kalo gak, udah heboh duluan dia :D

    BalasHapus
  9. persoalan menyimpan data ini memang PR banget ya mas
    menyimpan di hard disk takut rusak, klo di eksternal juga takut hilang.
    Nah klo ada teknologi seperti NAS ini pasti aman datanya ya mas

    BalasHapus
  10. Daku juga ada yang disimpan di eksternal, jadi rusak filenya. Mungkin karena kelamaan juga. Makanya memang butuh sih ya storage besar seperti NAS ini.
    Jadi gak perlu sibuk menghapus file misalnya device mulai heng atau full memory. Lebih baik punya penyimpanan yang cakep itu

    BalasHapus
  11. Lho kok asyik banget ini, dengan menggunakan NAS Synology mau nonton film streaming bisa.
    Beberapa bulan belakangan emang lagi cari-cari perangkat yang bisa mengkaver untuk nonton film. Soalnya butuh hiburan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho iya ya kak Aku kog nggak kepikiran ... Bisa banget jadi solusi bagi Kita pecinta drakor nih ya hehehe

      Hapus
  12. aku pernah punya pengalaman nyimpan data di HDD trus pas mau di pake filenya malah corrupt, itu rasanya "ku menangis".... tak bisa berbuat apa2 selain mengikhlaskan karena itu satu2nya backup.

    jadi perlu banget untuk backup file di banyak tempat, tapi gak mungkin juga nyimpen HDD banyak2 yg ada ribet. Akhirnya untuk selanjutnya beberapa file penting aku backup di cloud gratis, tapi ya itu kuota penyimpanannya terbatas di 15GB. kalau mau nambah kuota harus bayar biaya langganan :((

    Nah NAS ini solusi jangka panjang banget sih bisa jadi server multimedia grartis lagi untuk streaming film favorit di rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku setuju bang Eko, butuh juga sebagai blogger punya penyimpanan file seperti NAS yang jangka panjang

      Hapus
  13. Wah mantaps nih mencadangkan data jadi lebih leluasa dan aman pastinya ya... Aku baru tahu sekarang kalau lebih dari 15GB sudah ga gratis lagi nih...

    BalasHapus
  14. Wah, selama ini videoku kuhapus setelah diupload di YouTube. Berasa sayaaaang banget si sebenernya, wong hasil editing yang entah berapa hari sekali baru jadi. Apalagi untuk video2 kesayangan yang bikinnya dengan effort yang luar biasa besar. Informasi yang sangat lengkap dan bikin bahagia nih, gak bingung lagi nyimpen back up foto2 pertumbuhan anak juga video YouTube

    BalasHapus
  15. Betul mas, saya juga suka dengan teknologi penyimpanan cloud. Ada fitur auto back-up di Google Photos, foto-foto dari galeri hp bisa langsung diakses komputer.

    BalasHapus
  16. berkat adanya NAS saya bisa menyimpa file, video, dan foto yang besar" jadi sangat mudah banget dan sangat menyenangkan banget

    BalasHapus
  17. Sepertinya ini paduan antara penyimpanan cloud vs HDD ekternal. Menarique juga sih hihi. Patut di coba. Tapi saya masih penasaran dengan ekternal HDD karena lebih praktis.

    BalasHapus
  18. Aku sempet khawatir pas dapet email notification yang isinya google photo bakl yang dihapus.

    Padahal ini kan penyimpanan favoritku banget. Tapi untung dta ku gak lebih dari 15GB, jadi tetep bisa simpn grtis yeay

    BalasHapus
  19. Bisa dibuka di TV juga, ya?
    Memang sih baa-bawa HD eksternal itu tidak luwes, bukanya juga harus dipasang di PC/Laptop. Kalau pakai NAS ini kan semua bisa akses bahkan dengan ponsel pintar. Back up juga teredia. ga ada lagi data tercecer

    BalasHapus
  20. NAS Synology telah dilengkapi dengan fitur backup secara otomatis ini cocok juga dengan kebutuhan sekolah. Kadang ada loss data nih di sekolah. Hehe

    BalasHapus
  21. NAS bisa jadi pilihan buat yang mau menyimpan secara praktis dan aman dalam jangka waktu yang lama. Jadi punya server sendiri di rumah. Tapi kalo awam seperti saya, apa bisa dipasangin ya Pak Juragan Bos Hendra?

    BalasHapus
  22. Aku masih pake penyimpanan jadul dengan HDD dan flashdisk. Pernah dulu di tempat kerja harddisk ternyata rusak. Duh itu menyakitkan banget. Kayaknya memang perlu NAS.

    BalasHapus
  23. penggunaan NAS ini semakin ke sini, semakin banyak diperlukan dan memang sangat membantu untuk menyatukan sumber data ngga dobel-dobel.

    BalasHapus
  24. Memang saatnya perlu Server Multimedia Sendiri dengan Network Attached Storage (NAS), pastinya data aman disimpan di tpt terpercaya

    BalasHapus
  25. NAS ini layak jadi pilihan jika kita punya budget yang cukup dan ingin teknologi penyimpanan yang bisa bekerja layaknya harddisk dan cloud storage sekaligus. Saya jadi pengen memilikinya.

    BalasHapus
  26. Wah keren banget ini NAS ya, bisa bikin server sendiri di rumah ya, pastinya makin aman ya data2nya yang tersimpan, tanpa harus menghabiskan ruang penyimpanan di laptop dan perangkat lainnya. Btw, NAS ini pake teknologi cloud ya kak hend?

    BalasHapus
  27. jadi tertarik sama produk NAS dari Synology ini, belum pernah denger sebelumnya aku mas hendraaaa

    BalasHapus
  28. Nas ini super keren ya,tentu saja dengan teknologi modern yang diusung oleh NAS Synology, keinginan kita untuk membuat server multimedia secara mandiri di rumah ya

    BalasHapus
  29. wah asik banget bisa nonton drakor sepanjang hari pakai network attached storage juga, selain nyimpen poto video anak yang buanyak banget, apalagi kalo dikumpulkan sejak doi lahir sampe sekarang umur 5 tahun, hehe. Apalagi jaminan keamanan data yang disimpan, mantul deh

    BalasHapus
  30. Saya sudah beli hard disk tapi memang benar seperti tulisan mas di atas, hard disk jatuhnya repot dan nggak praktis alhasil malah jadi jarang kepakai. Karena pekerjaan kita mobile memang butuhnya penyimpanan multimedia secara online.

    BalasHapus
  31. Teknologi cloud memang sering dipakai untuk penyimpanan database dalam jumlah besar. Ini praktek pencadangan dan penyimpanan data yang tepat di era sekarang selain hard disk eksternal. Thanks infonya ya mas hendra. sudah kubaca tuntas.

    BalasHapus
  32. Keren sekali Synology ini. Memang fokus dalam merancang penyimpanan jadinya maksimal gini hasilnya. Kalau yg lain kan biasanya penyimpanan merangkap layanan produk lain, jadi kurang memuaskan aja.

    BalasHapus
  33. Aku pernah merusakkan harddisk kantor dan itu sempat memporak-porandakan dunia kerjaku. Lucu sih kalau ingatnya. Lucu dan sebel.

    Gimana nggak?

    Banyak file penting di sana. Sudah gitu, sebagian ada back-upannya. Sebagian lagi lost.

    Kalau ada NAS itu kan enak. Kita nggak khawatir file corrupted atau tools rusak. Karena penyimpanan online dan servernya juga nggak hanya satu.

    Benar-benar solutif sih ini.

    BalasHapus
  34. Wow amazing, solusi sekali ini mas Hendra. Saat ini kendala ku sama. Google foto dah gak cukup menyimpan foto, video yang ada, udah di simpan di drive masih gak muat juga. Sudah beli HDD eksternal 1 Tera juga. Khawatir juga ya kalau data nanti corupted . Info ini sangat bermanfaat. Auto mengunjungi link : synology.com.

    BalasHapus
  35. Wah NAS ini baru tau saya... selama ini masih nyaman di gdrive tapi memang ada keterbatasan penyimpanan memang...

    Tapi ketimbang hardisk external...saya lebih memilih cloud saat ini... secara pernah mengalami corupt..data hilang semua...

    BalasHapus
  36. Wah auto tertarik nih keren juga punya server pribadi ya..saya pikir server tuh segede gaban ternyata bentuknya mini juga ada ya

    BalasHapus
  37. canggih sekali NAS ini, harganya berapa ya jadi penasaran hehe

    BalasHapus
  38. Zaman now penting banget memikirkan cara menyimpan data yang aman ya Mas, untung sekarang udah ada NAS Synology ini ya jadi gak pusing2 lg dan khawatir gmn nasib file2 penting kita ya

    BalasHapus
  39. ini tuh seriusan unlimited storage mas? barusan aku cek where to buy dan ke toko yang di kokas, dan harganya lumayan juga ya bervairiasi dari yang lumayan banget, sampe ke mahal banget haha. Kayanya bakal cocok buat perusahaan yang butuh security data tinggi nih ya

    BalasHapus
  40. Meski banyak digunakan untuk keperluan kantor, sebenarnya klo punya NAS di rumah bisa sangat membantu ya mas
    biar g bingung lagi buat simpan file

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih mbaa. Saya jadi pengin punyaa kalau ada NAS gini, ngga perlu khawatir hapus hardisk sana sini hahaha

      Hapus
  41. Semakin banyak baca tentang NAS, semakin mupeng. Pengen banget punya biar gak deg2an lagi kalau mau nyimpan banyak file. Dari segi kapasitas OK, kemanan juga OK. Apalgi bisa diakses dari berbagai perangkat. Benar2 bakal jadi idola sistem penyimpanan masa depan nih.

    BalasHapus
  42. Kalo misal laptop atau komputer eror apa kira2 data bisa dipindah ke laptop/pc lain ya.. jadi semacam flashdisk gitu?

    BalasHapus
  43. Membantu sekali ya NAS ini. Apalagi untuk di kantor yang memiliki banyak data dan pengaksesan yang harus bisa cepat dan tepat waktu.

    BalasHapus
  44. Harddisk eksternal juga bikin patah hati kalau datanya mendadak corrupted arau perangkat rusak sehingga keselamatan data ikut terancam.

    Nah mengandalkan google drive juga space terbatas.

    Rasanya para creator video perlu melirik NAS untuk penyimpanan data datanya.

    BalasHapus
  45. benar banget mas hendra, udah nggak jaman juga kayaknya ya sekrang ini pakai hardisk eksternal gitu. Punya suami rusak hardsiknya, padhaal belinya mahal juga. semua file jadi hilang deh. hiks hiks

    Nah, solutif banget nih Synology ini. Cara kerjanya mudah, bisa diakses di mana saja dan bisa memilih server dari mana saja. praktis ya

    BalasHapus
  46. keren banget ya pake NAS di rumah, pasti jadi makin leluasa buat simpan file-file penting. apalagi sekarang zamannya sekolah dan ngantor dari rumah, pasti membantu banget nih.

    BalasHapus
  47. Kehilangan data di hardisk padahal sangat dibutuhkan? Aku banget itu mas. Sejak saat itu kapok deh melakukannya. Syukur sekarang dari NAS yang memudahkan kita menyimpan data dan memanage nya

    BalasHapus
  48. saya belum pernah menggunakan NAS ini, bisa saya rekomendasikan ke kantor juga niy untuk menyimpna data atau file penting yang sangat banyak

    BalasHapus
  49. Jadi kalau lewat 15 GB kita kudu bayar ya ke Google Photo. Solusinya ya NAS. Tp aku blm ngeh mas gimana nih caranya biar bisa dipake menyimpan secara praktis.

    BalasHapus
  50. Ya ampun keren banget ini teknologi NAS. Pengin punya karena selama ini kesulitan sama simpan data. Di Gdrive terbatas, HDD eksternal juga tidak praktis. Saat ini aku malah nyetok flasdisk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah sama banget mba jadi nyetok flashdisk untuk save data data gituu. ngga praktis. kadang lupa di flashdisk mana nyimpen data yg diinginkan wkwkwk

      Hapus
  51. Kebijakan Google Photos menghentikan layanan penyimpanan foto gratis emang jadi momok banget deh. Untung NAS bisa jadi solusi penyimpanan data secara aman ya mas.

    BalasHapus
  52. Bener nih, kadang android sampai error karna memori penuh. Hihihihi semoga bisa kesampaian punya NAS ini

    BalasHapus
  53. Wah, bisa jadi solusi untuk masalah penyimpanan data ya. Apalagi bisa untuk hiburan juga. Jadi bisa dimanfaatkan bersama sekeluarga

    BalasHapus
  54. NAS ini solutif banget ya buat yang butuh banyak memori dan penyimpanan. Bisa muat banyak

    BalasHapus
  55. Asli aku ngalamin banget ilang data dari SMA gr gr hardisk, rasanya shock parah. Cloud emang jadi solusi yg keren.

    BalasHapus
  56. Hai mas, aku jadi penasaran, spill harganya donk mas :) dipikir2 aku butuh ni yang beginian :) mau dibersiin fotonya sayang euy haha, pengabdi foto banget

    BalasHapus
  57. Ntar aku kasih tau suami tentang NAS ini mas. Biasanya kami menyimpan di cloud dan google photos. Google photos aja langganan pakai 3 akun aku, suami dan anak biar bisa nyimpen banyak. Masih juga langganan one drive karena datanya banyak. Untuk hal seperti ini biaya perbulan yang kami keluarkan lumayan . Kalau bisa buat serumah gitu pakai NAS lebih mahal apa lebih murah ya daripada langganan kami perbulannya. Kalau lebih murah bisa nih pindah ke NAS. Kan kayak server buat serumah

    BalasHapus
  58. NAS cocok nih buat para konten kreator, biar g pusing simpan berbagai konten yang sudah dihasilkan

    BalasHapus
  59. Makin hari data-data makin banyak. Dibuang koq ya sayang. Padahal sebenarnya karena gak sempat atau males menyortir hahaha.. Alhasil bingung deh cari storage yang aman dan nyaman. Saya penasaran dengan NAS ini. Mau coba eksplor ahhh..

    BalasHapus
  60. sebagai orang yang punya banyak simpanan foto-fot saat traveling punya ini sangat penting banget niy, butuh penyimpanan yang besar, dan NAS jadi salahs atu solusinya, keren niy

    BalasHapus
  61. Belum pernah dengar NAS nih jadi pengen make biar lebih mudah menyimpan file ya...Secara sekarang banyak foto, dokumen dllyg butuh disimpan.

    BalasHapus
  62. duh kak, baru beberapa pekan yang lalu aku ngerasa nelongsooo banget ada banyak foto2 yang filenya corrupt atau rusak.. dah gitu gak bisa dibenerin pula huhu nyesel bangetttt. harusnya memang langsung kupindah aja yaa dokumen2ku ke penyimpanan dengan teknologi terbaru kayak gini

    BalasHapus
  63. Enak banget nih, bisa streaming gratisan pakek NAS Synology. Cocok buat pekerja multimedia yang juga movie freak. Penyimpanan seperti ini memang lebih praktis dibandingkan harus pakek flash disk. Pakek G-Drive pun sangat terbatas, kan.

    BalasHapus

  64. Di zaman era digital saat ini, namanya penyimpanan, jaringan internet dan teknologi komunikasi tuh penting yak.

    Apalgi yang hobi main sosmed. Udah pasti pada bejibun tuh foto dan video nya. Sebesar apapun memori sebuah gadget, pasti bakalan penuh juga.

    Nah, kalau bisa buat NAS sendiri kan enak

    BalasHapus
  65. Kaget juga sih skrng google photo harus berbayar jika lebih dari 15 gb ya mas. Untung ada NAS dimana juga bisa digunakan untuk perkantoran. kadang di kantor saya itu wajib melakukan foto foto kegiatan foging

    BalasHapus
  66. Dulu sih punya HDD emang yang paling praktis sih ya, meskipun ada resiko bisa rusak, dan ngga bisa dikendalikan jarak jauh. Bisa juga file yang corrupt, wah berabe deh. Untung saat era digital gini ada NAS yang bisa jadi solusi. Jaman semakin canggih sih ya.

    BalasHapus
  67. Di kantorku juga udah pakai NAS buat nyimpen file. Enak, bisa diakses oleh semua tim yang berkepentingan.
    Kadang teman-teman juga nitip file pribadi, terutama pas donlot2 film hahaha

    BalasHapus
  68. Kalau masalah penyimpanan saya selalu gunakan cadangan pakai hardisk eksternal. Jadi filenya double double.caranya juga solutif sekali.

    BalasHapus
  69. Kalau kita beli ini dan install di jaringan sendiri, apa bisa buka jasa sewa penyimpanan cloud pribadi juga Mas? Minimal ke teman-teman dekat atau keluarga gitu, biar biaya investasinya bisa balik, hehe

    BalasHapus
  70. Pakai HD tuh emang ribet ya.. Punyaku aja udah berapa lama nggak dipakek itu. Nganggur. Kalau yang kerjaannya pakai banyak data, bisa sih cobain NAS ini

    BalasHapus
  71. NAS ini cocok banget buat kita yang lagi punya proyek gede dan butuh penyimpanan banyak ya. Jadi ngayal deh aku. Seandainya bisa bikin film, pasti beli NAS ini buat simpen semua file dan dokumen film. Kan gede banget tuh. Tenang deh kalau ada NAS

    BalasHapus
  72. Synology DS220j ini keren ya.... Yang kerjanya berhu gungan dokumen2 wajib bgt punga inj

    BalasHapus
  73. Soal menyimpan data memang enggak bisa dikatakan mudah ya kak. Ada saja kurang dan lebihnya. Tapi dengan produk tsb kayaknya lebih aman dan praktis. Kerusakan yang bisa ditimbulkan pada hardisk eksternal lebih besar ketimbang ini.

    BalasHapus
  74. Aduh, kupikir SSD itu udah yang terkeren lhoh, ternyata NAS ini bisa nampung jauh lebih besar. Solusi banget nih kalau punya data ukuran jumbo-jumbo nggak wajar dan sering cemas kalau mendadak hilang

    BalasHapus

Berlangganan via Email