Asyik Untuk Gaming dan Multimedia, Ini Spesifikasi Asus ZenFone Max M2!

Asus ZenFone Max M2 - Blog Mas Hendra

Sebagian besar orang tua beranggapan bermain game hanya membuang-buang waktu saja, memang ada benarnya, namun tidak sepenuhnya salah. Jika Anda sedikit banyak mempelajari soal dunia video game, maka Anda akan menemukan jawaban lain dari sudut pandang yang berbeda. Pasalnya, saat ini bermain game bukan lagi persoalan membuang waktu dan mengganggu jadwal sekolah saja, namun game saat ini sudah berubah menjadi sebuah industri baru yang memiliki potensial untuk mendatangkan penghasilan yang menggiurkan.



Bahkan saat ini tidak sedikit sekolah yang memiliki beberapa program binaan lain di industri game, yaitu program pembuatan game, pembibitan atlet profesional game sampai media dan broadcasting yang khusus membuat konten game.

Apalagi saat ini perkembangan E-sport di Indonesia berkembang cukup pesat. Setelah pada tahun 2018 lalu, E-sport masuk dalam salah satu cabang olahraga dalam Asian Games 2018. Dalam skala profesional, para atlet E-sport Indonesia saat ini bahkan banyak yang sudah sukses dengan memiliki prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Jadi sebenarnya cakupan E-sport itu sangat luas, bukan hanya aktivitas bermain game saja, melainkan meliputi pembuatan konten online game secara keseluruhan.

6 Manfaat Bermain Game - Blog Mas Hendra

MENGENAL E-SPORT
E-sport sendiri merupakan kependekan dari electronic sports, yaitu olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh profesional. E-sport kini terus berkemband dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari gamer, media hingga perusahaan-perusahaan besar.


Trend mobile gaming saat ini terus berkembang pesat sejalan dengan perkembangan E-sport di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang industrinya kian semarak.

Menjawab kebutuhan generasi milenial dan semaraknya trend mobile gaming saat ini, Asus memperkenalkan dua seri smartphone gaming sekaligus, yaitu Seri ZenFone Max Pro M2 dan juga ZenFone Max M2 pada 11 Desember 2018 di Indonesia.



ZenFone Max M2 merupakan smartphone terjangkau generasi penerus ZenFone Max M1 yang kini hadir dengan performa lebih kencang, layar yang lebih lebar dan sistem audio serta kamera yang lebih baik. Meski tanpa embel-embel pro, ZenFone Max M2 ini merupakan smartphone gaming yang handal.

Kehadiran ZenFone Max M2 ini mendapat sambutan hangat terutama bagi para gamer di Indonesia, karena memang didesain untuk bermain game dan mengusung kamera yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

KRITERIA SMARTPHONE GAMING IDAMAN
Smartphone gaming idaman, tentu memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibanding smartphone biasa, karena selain digunakan untuk bermain game, smartphone gaming juga seharusnya mampu menunjang pengguna untuk melakukan aktivitas mobile sehari-hari.

Spesifikasi Smartphone Idaman - Blog Mas Hendra

Nah sebelum lebih jauh membahas spesifikasi dan harga ZenFone Max M2, saya akan membahas kriteria seperti apa yang sebaiknya dimiliki oleh smartphone gaming kekinian, sehingga mampu memenuhi ekspektasi pengguna, terutama para gamer yang notabene memiliki durasi bermain game diatas rata-rata pada smartphone mereka.

1. Kapasitas Baterai
Hal pertama yang menjadi perhatian saya sebelum memilih smartphone gaming adalah kapasitas baterai yang mumpuni untuk menunjang aktivitas mobile. Selain bisa bermain game lebih lama, kapasitas baterai yang besar juga mampu menunjang aktivitas lainnya di smartphone, mulai dari menonton video, browsing, multitasking dan kebutuhan mobile lainnya. Jadi menurut saya, kapasitas baterai yang ideal untuk smartphone gaming adalah minimal 4.000 mAh.

2. Kapasitas RAM
Berikutnya kapasitas RAM juga harus besar, agar ketika bermain game tidak mudah ngelag atau bahkan force closed karena RAM yang sangat kecil. Beban kerja RAM juga masih harus dibagi dengan sistem operasi dan aplikasi lain yang berjalan otomatis. Maka dari itu kapasitas RAM ideal untuk smartphone gaming sebesar 4GB.

3. Memori Internal
Untuk memainkan game HD berukuran besar pada smartphone, maka perhatikan kapasitas memori internal juga sebaiknya harus memadai, karena biasanya game HD itu berukuran di atas 1 GB. Oleh karena itu, kapasitas ideal adalah 32 GB agar bisa menyimpan banyak game, karena sisa memori tetap harus dibagi lagi dengan sistem.

4. Resolusi Layar
Layar yang sedap dipandang memiliki tampilan piksel yang halus. Terlebih ketika memainkan game dengan grafis tinggi, sehingga resolusi layar yang baik membuat efek game terkesan lebih real (nyata). Setidaknya resolusi minimal pada smartphone gaming adalah HD 720p.

5. Harganya Terjangkau
Kriteria terakhir yang sebaiknya dimiliki smartphone gaming adalah harga yang terjangkau. Meski smartphone dijejali dengan spek yang andal, sehingga bisa dimiliki oleh berbagai kalangan, terutama para gamer untuk bermain game di smartphone mereka.

Ke-5 kriteria diatas merupakan syarat minimal yang dinilai memiliki komposisi yang sangat pas, sehingga memang layak disebut sebagai smartphone gaming idaman.

SPESIFIKASI ASUS ZENFONE MAX M2
Lantas pertanyaannya sekarang adalah, apakah spesifikasi Asus ZenFone Max M2 mampu memenuhi ekspektasi para gamer? Mari kita lihat spesifikasi lengkap Asus ZenFone Max M2 berikut ini :


1. Kapasitas Baterai Besar
ZenFone Max M2 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh untuk menunjang berbagai aktivitas di smartphone Anda. Kapasitas baterai sebesar ini, membuat pengalaman bermain game menjadi lebih baik. Anda juga tidak perlu terlalu khawatir akan kehabisan baterai ketika traveling.

ZenFone Max M2 memiliki waktu standby :
- Di jaringan 4G selama 33 hari
- Menonton video selama 21 jam
- Berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam
- Bermain game selama 8 jam non-stop

2. Prosesor Terbaru Snapdragon 632, Kencang Tapi Hemat Energi
ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama yang ditenagai dengan chip terbaru Qualcomm Snapdragon 632 yang kencang tapi hemat energi. Chip seri 632 ini membuat ZenFone Max M2 tampil dengan performa CPU 40 persen lebih tinggi dan performa grafis lebih baik dari smartphone dengan chip seri Snapdragon 626. Prosesor ini juga merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal memiliki performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas.

Untuk urusan pengolah grafis, ZenFone Max M2 telah dibekali dengan GPU Adreno 506, sehingga memberikan pengalaman bermain game dengan tampilan grafis yang lebih baik.

3. RAM dan Memori Lega
Untuk menunjang kinerja dengan baik, ZenFone Max M2 telah dibekali dengan RAM cukup lega, bahkan bisa untuk mengeksekusi berbagai permainan dengan baik. ZenFone Max M2 hadir dengan 2 seri, yakni RAM 3 GB/32 GB dan RAM 4 GB/64 GB. Pengguna juga bisa menambahkan memori eksternal micro SD hingga 2 TB.

4. Display dan Desain Elegan
Display dan Desain Elegan - Blog Mas Hendra
Dapatkan pengalaman bermain game yang lebih maksimal di ZenFone Max M2, karena smartphone ini hadir dengan dimensi layar cukup lebar, yakni sebesar 6.3 inchi dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixels (269 ppi) yang memiliki aspek rasio hingga 88 persen. Ukuran fisiknya pun tidak terlalu besar, yakni 158.4 x 76.3 x 7.7 mm dan berat hanya 160 gram.

Meski layarnya berukuran 6.3 inchi, namun ZenFone Max M2 memiliki bezel yang sangat tipis. Terbuat dari bahan metal yang kuat dengan body tipis dan ringan sehingga membuatnya sangat elegan dan tetap nyaman digenggam. ZenFone Max M2 juga sudah dibekali dengan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 6.

5. Harganya Ramah di Kantong
Harga Asus ZenFone Max M2 Terjangkau - Blog Mas Hendra
Jika Anda menginginkan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau, maka pilihan tepat jatuh ke Asus. Seperti kita ketahui, Asus selalu mengeluarkan produk smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Meski murah, tapi tidak murahan. Contohnya seperti ZenFone Max M2 yang memiliki fitur canggih hanya dibanderol dua jutaan saja :

Rp. 2.299.000 (3GB/32GB)
Rp. 2.699.000 (4GB/64GB)

6. Sistem Operasi dan Kartu SIM (Triple Slot)
Hadir dengan sistem operasi Android terbaru, yakni Android Oreo 8.1 yang sangat ringan untuk bermain game, sehingga memberikan pengalaman intuitif. Versi terbaru dari User Interface ini akan membantu Anda melakukan hal-hal lebih cepat, meningkatkan produktivitas Anda dan memungkinkan Anda untuk bersenang-sengan dengan smartphone Anda.

ZenFone Max M2 sudah dibekali denga dual nano-SIM yang mendukung G LTE dengan kecepatan hingga 400Mbps untuk menunjang aktivitas yang jauh lebih baik. Bahkan keduanya sudah bisa digunakan sekaligus.

7. Dilengkapi Fitur Kamera yang Canggih dan Kekinian
Fitur Kamera Asus ZenFone Max M2 - Blog Mas Hendra
Tidak hanya mumpuni untuk bermain game, ZenFone Max M2 sudah dilengkapi dengan fitur dual-camera yang lagi ngetrend saat ini. Sistem kamera ganda di ZenFone Max M2 mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture f/1.8 yang mampu menghasilkan kualitas gambar dengan detail pada situasi apapun.



Selain itu, kamera ZenFone Max M2 juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur kekininan. Sebut saja fitur AI Scene Detection yang memungkinkan kamera untuk mengenali 13 jenis foto.

Lalu ada fitur Electronic Image Stabilization (EIS) yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar tetap stabil dan tidak blur. Kemudian ada fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF) untuk mengunci fokus pada benda bergerak.

Kamera kedua di ZenFone Max M2 sudah mengusung resolusi 2MP merupakan kamera khusus untuk menghasilkan efek bokeh. Kamera ini mampu menghasilkan efek blur (bokeh) pada background yang sangat natural, layaknya diambil dengan menggunakan kamera profesional.

Untuk kamera depan, ZenFone Mx M2 sudah dibekali dengan resolusi 8MP dengan aperture f/2.0 dengan sudut pandang 77.2 derajat yang dibekali dengan LED flash.

FITUR CANGGIH ZENFONE MAX M2
Untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengguna, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih terbaru, agar pengalaman dalam menggunakan perangkat ini menjadi lebih baik lagi. Fitur-fitur apa sajakah itu?

1. Security Unlock yang Unik
Ada hal menarik yang bisa Anda temukan pada sistem keamanan ZenFone Max M2, yakni sistem keamanan yang baik, seperti sensor sidik jari (fingerprint scanner) dan juga pengenalan wajah (face unlock) yang sebelumnya telah lebih dulu diatur. Ketika jari Anda kotor atau Anda terlalu sibuk untuk membuka smartphone dengan sensor sidik jari, maka Anda cukup menghadapkan wajah ke layar untuk membuka smartphone.

Sensor sidik jari ini terletak pada bagian belakang yang diposisikan sempurna sesuai dengan cara Anda memegang smartphone. Anda hanya perlu membuka ZenFone Max M2 dalam 0.3 detik saja.

2. Hiburan yang Menakjubkan
Dari sisi hiburan, Anda akan disuguhkan dengan kualitas speaker yang memiliki konstruksi  5 magnet dengan suara yang dilindungi metal, dan juga ditambah dengan NXP Smart Amplifier yang menyajikan suara yang lebih kencang dan jernih di segala kondisi.


Pengalaman sempurna ketika menonton film atau mendengarkan musik favorit akan Anda dapatkan di ZenFone Max M2, karena sudah dilengkapi dengan MaxBox6 yang didesain dengan sempurna mengubah suara ZenFone Max M2 menjadi lebih kuat, tanpa menggunakan baterai atau kabel tambahan.

NEXT GENERATION GAMING SMARTPHONE
Sebagai next generation gaming smartphone, ZenFone Max M2 memang layak dijadikan pilihan tepat bagi Anda pencinta game yang ingin merasakan pengalaman bermain game di smartphone dengan lebih lancar dan grafis lebih baik.

Tidak hanya mumpuni untuk diajak bermain game, tapi juga mampu untuk menunjang berbagai aktivitas mobile penggunanya, mulai dari urusan fotografi, hiburan dan multimedia menjadi satu.

#ZenFoneMaxM2_ID #NextGenerationGaming

You May Like This :

1 comments:

mantap kang ulasanya...
hp ini memang hp idaman..
bahas galaxy m20 juga dong min


EmoticonEmoticon