Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asah Otak dan Tingkatkan Skor Dengan ZenCore

Mencoba Fitur ZenCore untuk Mengasah Otak

Tidak terasa ya guys, pandemi corona telah memasuki tahun kedua di Indonesia. Selama pandemi, sebagian besar aktivitas masyarakat banyak yang dilakukan di rumah saja, mulai dari bekerja, berbisnis hingga belajar. Peraturan pembatasan mobilitas ini, dianggap dapat menghambat produktivitas. Mau bagaimana lagi, tujuan utamanya kan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 agar lebih terkendali.

Beraktivitas dari rumah, paling tidak ada konsekuensi yang harus kita bayar, misalnya saja kuota internet semakin membengkak atau tagihan listrik juga ikutan meningkat. Berhubung sebagian besar aktivitas dilakukan secara online, maka mau tidak mau, kita harus siap dengan situasi seperti ini.

Selain para pekerja kantoran atau pejabat berdasi, sebagian besar siswa juga belajar secara online di rumah saja. Awal proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tentu terasa begitu berat, tapi lama kelamaan menjadi terbiasa, walau sedikit terpaksa. Terlepas dari itu semua, entah sudah berapa banyak orang tua yang mengeluh saat mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Prses Belajar Jadi Lebih Mudah dengan ZenCore

Bagi sebagian orang tua, belajar online di rumah itu bikin ribet. Selain harus nyiapin kuota internet yang besar, orang tua juga harus bisa membagi waktu untuk mendampingi putra-putrinya belajar. Atau minimal bisa menjawab ketika si kecil bertanya. Namun tidak perlu terlalu risau, karena sekarang sudah ada platform belajar online dari Zenius dengan fitur ZenCore-nya. Urusan belajar online jadi lebih mudah.

ZenCore, Fitur yang Mampu Meningkatkan Kemampuan Fundamental dengan Konsep Pembelajaran Adaptif

Aplikasi belajar online ini bukan aplikasi sembarangan lho, karena diklaim telah mengadopsi teknologi AI (Artificial Intelligent/kecerdasan buatan) dan machine learning. Berkat kedua teknologi tersebut, ZenCore mampu untuk mempelajari kemampuan masing-masing pengguna berdasarkan jawaban yang diberikan dari setiap pertanyaan yang tersedia di CorePractice.

Nah CorePractice ini semacam tempat latihan yang berisi ratusan ribu pertanyaan dari tiga materi pelajaran paling mendasar, yakni logika verbal, matematika dan Bahasa Inggris. ZenCore sendiri merupakan produk startup edutech dari Zenius yang diluncukan pada Juli 2007 silam.

Cara Menggunakan Aplikasi Zenius

Penasaran mau nyobain ZenCore? Yuk segera download aplikasi Zenius, lalu cobain fitur ZenCore. Bagi pengguna Android, bisa install lewat Play Store. Khusus pengguna iPhone, bisa install di App Store. Ukuran file hanya 31 MB saja, jadi saya rasa tidak bikin sesak memori ponsel ya guys. Berikut saya jabarkan satu per satu langkah registrasi di aplikasi Zenius.

1. Tahap awal

Download Aplikasi Zenius, dan Cobain Fitur ZenCore

Setelah proses download aplikasi Zenius berhasil, selanjutnya buka aplikasi dan geser-geser saja menu awalnya. Ini hanya semacam pengenalan pada aplikasi Zenius untuk para pengguna.

2. Pendaftaran Zenius

Belajar Online untuk Ngasah Otak dengan Fitur ZenCore

Masukkan alamat email yang aktif dan juga nomor hape saat pendaftaran. Kita juga bisa mendaftar pakai akun Google atau Facebook. Saya sendiri memilih mendaftar pakai email. Lalu masukkan nama dan buat kata sandi. Verifikasi kode OTP akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan.

3. Data diri

Download Aplikasi Zenius dan Langsung Cobain Fitur ZenCore

Proses selanjutnya adalah memasukkan data diri. Di sini saya mendaftar diri sebagai orang tua, dengan anak yang belajar di kelas 6. Kita bisa menginput data sesuai dengan kebutuhan. Lalu klik Lanjut untuk proses berikutnya.

4. Tujuan belajar

Download Aplikasi Zenius yang Bisa Digunakan di Platform Android dan iOS

Kita bisa menentukan apa tujuan belajar di Zenius. Tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan. Tujuan saya pakai aplikasi Zenius untuk mengajari anak sekaligus memberi anak materi untuk menaikkan kompetensi.

Saatnya Belajar!

Setelah proses pendaftaran selesai, kita sudah bisa menggunakan dan menjelajah setiap menu ZenCore. Dari beranda aplikasi, kelihatan daftar pelajaran sekolah, mulai dari matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Tematik. 

Fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius bisa meningkatkan kemampuan otak

Untuk pelajaran perdana, saya membuka mata pelajaran Tematik. Setiap bab pelajaran tematik, terdiri dari video berisi materi pembahasan dan sisanya soal-soal. Kita juga bisa membagikan materi ke
media sosial atau mengunggahnya ke penyimpanan online.

Seru-seruan Dengan Fitur ZenCore

Fitur paling asyik menurut saya ada di ZenCore. Kita bisa mengasah kemampuan berpikir dengan menjawab soal-soal yang disuguhkan. Tidak hanya untuk anak-anak saja, tapi juga bisa untuk orang dewasa lho. 

Di kesempatan perdana, saya mencoba menjawab pertanyaan dari mapel yang disuguhkan, yakni matematika, verbal logic hingga Bahasa Inggris. Materi yang ditanyakan memang terbilang basic, tapi ini sangat bagus sebagai fundamental skills untuk melatih otak. Sayang lho punya otak tapi tidak pernah diasah, ups...

Asah Otak Menjawab Soal Matematika di ZenCore

Melatih Otak Dengan Pertanyaan Verbal Logic di ZenCore

Latih Kemampuan Bahasa Inggris di ZenCore

Gimana guys, coba lihat deh, skrinsyutnya, seru kan. Kita bisa memilih mapel yang diinginkan, lalu jawab semua pertanyaan dan lihat hasilnya. Kamu juga bisa mengajak teman untuk sama-sama ikutan keseruan di ZenCore.

Alasan Belajar Menggunakan ZenCore

Setelah mencoba aplikasi Zenius, ternyata cukup menyenangkan. Proses belajar jadi lebih mudah dan tidak menegangkan. Belajarnya juga cukup lewat hape saja, karena belajar itu bisa #mulaidarimanaaja. 

FYI, ZenCore merupakan sebuah fitur yang hadir pertama di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan fundamental dengan konsep pembelajaran adaptif. Untuk bisa push rank bareng teman-teman, kita cukup update aplikasi Zenius lho guys.

Berikut beberapa alasan mengapa saya menggunakan ZenCore :

Sama-sama Mencoba Fitur ZenCore Biar Otak Nggak Tekor

1. Fundamental skills

Dengan fitur ZenCore di Aplikasi Zenius, kita bisa melatih kemampuan dasar yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Yuk asah terus otak kita dengan menjawab pertanyaan dan ikutan kuis yang tersedia di ZenCore.

Tingkatkan Fundamental Skills di ZenCore

2. Insigtful Knowledge

Selanjutnya, kita akan mendapatkan pengetahuan yang insightful, mulai dari basic sciences, filsafat, big history dan lainnya. Dengan demikian, kita bisa melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda atau dari sudut pandang yang tepat.

3. Banyak kuis yang disediakan

Ada sekitar ribuan kuis yang bisa kita ikuti untuk menguji kemampuan berpikir. Kuis disajikan dengan menarik, dalam bentuk permainan atau game, dimulai dari level pertanyaan yang paling mudah hingga level advance.

4. Push rank dengan pengguna lainnya

Konsep kuis yang disediakan di ZenCore menggunakan konsep gamifikasi yang melibatkan skema rank and score, sehingga akan memacu rasa penasaran kita untuk terus meningkatkan skor paling tinggi. Dengan demikian kita bisa berkompetisi untuk push rank dengan pengguna lainnya.

5. Banyak fiturnya

Ada banyak fitur di ZenCore, mulai dari ZenXplore, Persiapan Ujian Sekolah, Bagikan Soal dan Live Class (ada trial gratis juga lho).

6. Gratis

Enaknya, materi pelajaran bisa diakses dengan gratis. Namun jika kita ingin menggunakan fitur ZenCore secara penuh, maka bisa membayar biaya berlangganan.

Konklusi

Kini, dengan belajar lewat ZenCore, saya bisa memantau perkembangan pelajaran anak saya. Anak saya juga cepat beradaptasi dengan ZenCore. Menurut saya, ZenCore ini sudah cukup baik dalam mengakomodasi kebutuhan belajar para siswa. Selain itu juga sangat baik untuk proses pengembangan diri anak-anak yang lebih optimal lagi.

Asah Otak dan Tingkatkan Skor di ZenCore

Nah, bagi para orang tua yang ingin putra-putrinya lebih pintar dan terampil, yuk segera install aplikasi Zenius dan mencoba ZenCore agar bisa mengasah otak sekaligus tingkatkan skor lebih baik lagi, karena belajar itu bisa #mulaidarimanaaja.

Semoga bermanfaat.

67 komentar untuk "Asah Otak dan Tingkatkan Skor Dengan ZenCore"

  1. Kira-kira kalau fitur berbayarnya seperti apa ya? Kayaknya yang gratis aja udah seru. Mau coba juga untuk anak di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung silakan coba yang gratisan dulu. Install saja aplikasinya, biar bisa lebih mudah eksplornya.

      Hapus
  2. materi pelajarannya bisa diakses gratis, wah saya mesti install ini. Emak-emak kalau di kasih gratis semangat. Lihat dan pakai yang gratis dulu, kalau memang anak dan saya cocok, bisa pakai fitur yang berbayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Nanik, silakan coba dulu yang gratis. Buat ngasah otak orang tua dan juga anaknya nih.

      Hapus
  3. Wah pas nih untuk adik saya😁 kira-kira ada gk ya versi mod nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa mau belajar aja harus pake versi mod om? Hehehe

      Hapus
  4. Wah ada versi gratis nya juga ya. Jadi bisa nyobain dulu. Sepertinya asyik banget pakai Zenius ini. Tampilannya keren bgt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong gratisnya, banyak pula. Gih mendingan langsung download saja.

      Hapus
  5. Emang seru banget fitur zencore ini, belajar rasa main game. Jadi bisa lebih seru belajarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar serasa bermain game. Main game seperti belajar ya. Keren memang ZenCore ini lho.

      Hapus
  6. Bisa trial lah ya istilahnya dengan mencoba yang gratis, jadi bisa memahami lebih dalam. Kemudian lanjut dengan yang pro biar mantap lagi belajarnya, karena kalau sudah familiar bakalan mengasikkan. Apalagi ini jadi sarana untuk membantu biar semangat belajar dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, biar lebih semangat lagi belajarnya, meski cuma di rumah aja.

      Hapus
  7. keren sih menurutku ZenCore ini, bikin pembelajaran jadi lebih gampang dan anak juga merasa nyaman karena skema belajarnya mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang tujuannya untuk memudahkan anak-anak dalam memahami materi yang disampaikan.

      Hapus
  8. ZenCore ini nggak hanya bagus bagi anak lho mas
    buat orang dewasa juga seru untuk dicoba
    aku kemarin da nyobain, mayan
    seru

    BalasHapus
  9. Ulalaaa seru bangeet, ini yang ramai pushrank pushrank Zencore di medsos yak. Kece nih inovasi dari Zenius krn quiznya bener-bener bisa mengasah otak. Topiknya sih yang keren karena menghadirkan fundamental skills sm insightful knowledge. Daan yang pasti enaknya gratiiis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly Mba Marfa. ZenCore banyak keunggulannya.

      Hapus
  10. Tosss, Mas Hendra. Saya juga suka install aplikasi Zenius dan coba fitur ZenCore. Seru ya, Mas. Anak-anak senang, karena seperti hanya main kuis, padahal sebenarnya belajar juga. Ada nilai dan pembahasan materinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya inilah konsep belajar yang cocok untuk anak-anak, belajar sambil bermain.

      Hapus
  11. Tampilannya seru apa lagi fitur2nya. Ternyata bisa dipakai buat semua usia, ya

    BalasHapus
  12. Dengan adanya platform belajar online dari ZenCore. Urusan belajar online jadi lebih mudah. Konsep mengerjakan soal di ZenCore juga menarik dan buat penasaran, soalnya ada level-levelnya gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes untuk bisa naik level, ya harus menyelesaikan ujian, biar semakin terasah kemampuannya.

      Hapus
  13. sekarang tuh seru banget yaa, aplikasi belajar ada kuis2nya.. jadi anak2 juga semangat dan jadi bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dengan cara menyenangkan jauh lebih asyik sih, daripada terlalu kaku kayak kanebo kering.

      Hapus
  14. Jadi penasaran sama ZenCore nih mas fitur bimbingan belajar online Zenius. Ini bisa ngukur kecerdasan otak kita ya ... Seru kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ukur seberapa hebatnya otak Anda, biar nggak tekor, hehehe.

      Hapus
  15. Aku jg udah cobain zencore nyaa. Keren banget fiturnya bikin ketagihan latihan soal dan belajar hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus nih kalo ketagihan belajar, nanti ke depannya bisa upgrade skill.

      Hapus
  16. Banyak yang berubah ya du tahun ini selama pandemi terutaam proses belajar yang dijalankan dari rumah. Lama-lama orangtua dan anak juga mulai terbiasa belajar online. Untuk mendukung kegiatan belajar ada ZenCore dari Zeinus yang bisa meningkatkan skill

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar semakin terasah skillnya, ya belajarnya di Zenius aja dong.

      Hapus
  17. Wow.. nggak hanya digunakan oleh anak-anak, ternyata orang dewasa juga bisa ya. Asah otak dengan Zencore bisa di coba nih. Supaya nggak tumpul dengan urusan dapur sumur melulu . Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly, bisalah nyobain aplikasi Zenius Kak.

      Hapus
  18. Jadi pengen ngasah otak juga pakai zencore. Apakah saya bisa atau memang sudah lemot. Hihihihi

    Seru juga ya, belajar dg sistem begini, jadi kayak challenge gitu buat ngerjain sesuatu dengan benar terus ada apresiasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo diasah lagi skillnya, biar semakin tokcer.

      Hapus
  19. Semakin banyak pilihan untuk belajar saat ini ya. Pembelajaran online seperti Zenius ini cocok banget buat di jaman pandemi seperti sekarang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu platfom belajar online yang layak dicoba Mas.

      Hapus
  20. Mantap banget zencore mengeluarkan gebrakan baru yang bisa bikin banyak anak Indonesia makin cerdas dan pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga saja bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan anak-anak khususnya.

      Hapus
  21. Iya nih..ZenCore bagus. Aku mau tidur main ZenCore dulu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tidur main gimana nih Mba Dyah. Kulo mboten ngertos.

      Hapus
  22. Zencore ini juga bisa banget buat latihan tes cpns loh
    Ada tes logika matematika kayak tes SKD CPNS

    aku pemanasannya pake zencore dulu

    BalasHapus
  23. Ternyata Zenius udah lama juga ya dari 2007 udh berpengalaman dalam pembelajaran siswa secara online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, berarti udah jalan 14 tahun sampai tulisan ini dibuat. Pengalamannya ya cukup oke dong.

      Hapus
  24. Pas banget nih ada fitur yang bisa melatih kecerdasan otak nggak cuma buat anak tapi juga orang dewasa. Karena kita yang sudah dewasa ini perlu juga otaknya diasah biar ga gampang pelupa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, penting bagi orang dewasa juga untuk melatih otak, biar nggak cepat pikun. Biar otak terus berkembang.

      Hapus
  25. Jadi inget sahabatku nih, keranjingan Zencore jadi doyan pushrank. Kayaknya aku juga mupeng pengen coba deh asah otak biar nggak terlalu tumpul selama masa pandemi gini bang, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan menggunakan ZenCore kita bisa belajar sambil bermain, biar nggak jenuh dong.

      Hapus
  26. Zencore ini benar-benar efektif buat asah otak, meningkatkan kecerdasan dan daya saing anak-anak. Melatih mengerjakan beragam soal dengan variasi tantangan yang tentunya membuat anak jadi lebih maju. Keren lah pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja aplikasi Zenius ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anak-anak dan juga para orang tua di INdonesia ya Mba Arni.

      Hapus
  27. belajar di Zencore ini lengkap ya, semua jenjang kelas juga ada ya dari kelas 1 SD sampai kelas XII SMA juga ada ya, materinya pun juga dilengkapi video jadi makin jelas nih belajarnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa bilang cukup komplit. Selain belajar, juga bisa bermain, sehingga otak anak-anak khususnya menjadi lebih terampil. Semoga saja proses belajar anak-anak jadi lebih optimal lagi, sehingga bisa mencetak generasi yang lebih brespestasi.

      Hapus
  28. Beberap ahari lalu seliweran ini Zencore direkomendasikan beberapa teman IG saya. Baru ini baca reviewnya yang panjang di blognya kokoh. Ternyata punya Zenius yaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmmm, kayaknya Mba Mutia salah orang deh, saya kan bukan Kokoh, hehehe... Sudah banyak dong yang rekomendasikan ZenCore ini Mba.

      Hapus
  29. Eh, ada yg bisa diakses secara gratisnya juga ya kak? Aku kira semuanya berbayar. Jadi tertarik nih buat cobain fitur zencore buat adik sepupu ku. Kasian soalnya dia selama PJJ ga ada yg ngajarin di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong install Zenius dan cobain fitur ZenCore. Iya sebagian besar bisa diakses gratis kok.

      Hapus
  30. Aku penasaran banget sama ZenCore ini
    seliweran terus di IG hehehe
    Ternyata platform belajar online ya.
    ada fitur gratisnya juga ya kak
    harus nih rekomendasiin ke adik ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mba. Bisa untuk belajar online untuk adiknya nih.

      Hapus
  31. Asyik banget nih fitur ZenCore dari aplikasi Zenius ini. Sangat membantu belajar online dirumah bersama anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya belajar jadi lebih menyenangkan Kang. Lumayan membantu kecerdasan anak-anak di rumah.

      Hapus
  32. Recomended belajar di Zencore ya kak, sehingga anak tidak bosan nih belajar di rumah. tapi semoga corona bisa berakhir, mamak lelah ngarahkan anak. hiks. mana harus kerja juga.

    BalasHapus
  33. Aplikasi Zencore kayaknya rekomended ya kak? di saat pandemi ini anak-anak merasa bosan. terobosan baru nih kak sehingga anak paham dan makin pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan ZenCore, biar anak tambah semangat untuk belajar dan semakin berprestasi.

      Hapus
  34. cara yang asyik buat neglemesin otak kang, refresh masa-masa sekolah dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, belajar jadi lebih santai, tapi tetap berprestasi hehehe.

      Hapus