Apa Itu Instagram Bisnis dan Bagaimana Cara Membuatnya

Apa Itu Instagram Bisnis dan Bagaimana Cara Membuatnya - Blog Mas Hendra
Selain YouTube dan Facebook, Instagram merupakan salah satu sosial media yang bisa digunakan sebagai media untuk mencari penghasilan dengan cara menjalani bisnis online. Seiring berjalannya waktu, Instagram menambahkan beberapa fitur menarik bagi penggunanya, mulai dari insta story, stiker, multiple upload, instagram bisnis dan fitur menarik lainnya.


Sebuah hasil riset yang telah dilakukan oleh firma konsultan bisnis IPSOS dan Instagram, sekitar 52 persen UKM Indonesia memilih Instagram sebagai media promosi untuk mengarahkan pelanggan ke situs web yang mereka kelola. Data tersebut dikumpulkan dari sekitar 3.000 pengguna Instagram dan 500 UMKM dari seluruh Indonesia


Apalagi saat ini Indonesia menjadi salah satu dari lima negara yang memiliki jumlah pengguna Instagram bisnis terbesar di dunia. Hal ini bisa dikatakan cukup menjadi modal bagi para pelaku UMKM untuk mengekspansi bisnis mereka. (tekno.kompas.com).

APA ITU INSTAGRAM BISNIS?
Instagram bisnis sendiri mulai diluncurkan sejak tahun 2016, untuk memberikan kemudahan bagi Anda terutama yang memang menjalani bisnis online. Karena seperti diketahui, banyak pelaku bisnis online memanfaatkan Instagram untuk menjual produk-produknya, mulai dari fashion, gadget, buku, hobi dan lainnya. Maka dari itu, agar bisnis online milik Anda lebih maksimal, sebaiknya segera manfaatkan fitur Instagram bisnis agar terlihat lebih profesional.

Pada dasarnya, fungsi utama dari akun Instagram tidak jauh berbeda, karena pengguna Instagram bisnis hanya perlu menyediakan halaman Facebook (FP) dan kontak yang bisa dihubungi. Dan kedua hal ini merupakan syarat mutlak untuk menjalani Instagram bisnis.

Ketika Anda sudah mengganti akun menjadi akun bisnis, maka Anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan, antara lain :

👉1. Melihat informasi lebih detail mengenai follower Anda, mulai dari usia, lokasi dan jenis kelamin. Selain itu juga bisa mengetahui bagaimana mereka berinteraksi dengan post dan story yang Anda bagikan.

👉2. Melihat performa dari stories dan promoted post Anda secara real-time.

👉3. Memasang iklan atau mempromosikan post di Instagram. Post yang Anda promosikan akan memiliki link, seperti Learn More, untuk mengarahkan calon pembeli baru ke website atau aplikasi Anda.

👉4. Menampilkan informasi tambahan tentang bisnis Anda, seperti jam operasional, nomor kontak yang bisa dihubungi dan lokasi bisnis milik Anda.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT AKUN BISNIS DI INSTAGRAM?
Untuk mengganti akun Instagram menjadi akun bisnis, caranya cukup mudah dilakukan.

Cara Mengubah Akun Instagram Bisnis - Blog Mas Hendra

👉 1. Pastikan aplikasi Instagram telah ter-install dan update di smartphone Anda, baik untk pengguna iOS maupun Android.

👉 2. Klik tanda baris yang terletak di sebelah kanan atas. Lalu pilih menu Settings di bagian bawah.

👉 3. Pilih menu Switch to Business Account. Jika sudah berubah ke akun bisnis, maka Anda bisa menambahkan informasi tambahan berupa lokasi bisnis, jam operasional dan lainnya.

👉4. Jika Anda sudah memiliki Facebook Page, maka Anda dapat menghubungkan business account Instagram Anda dengan Facebook Page tersebut.

Jika Anda saat ini sedang menjalani bisnis online di Instagram dan masih menggunakan akun reguler atau personal, segera secepatnya mengganti ke akun Instagram bisnis, sehingga peluang untuk mengembangkan bisnis online semakin besar.

Demikian artikel tentang apa itu Instagram bisnis dan bagaimana cara membuatnya. Semoga dengan artikel ini, dapat menambah wawasan Anda yang sedang menjalani bisnis online di Instagram.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

6 comments

Peran Medsos seperti instagram ternyata cukup penting yach di dunia bisnis, saya pikir instagram cuma buat status doang,hehehe...

tapi tetap gk bisa isi link aktif di postingan wkwkwk

@Kang Nata : Bisa dicoba untuk akun bisnisnya kang

@Tanza : Iya memang bermanfaat. Makasih


EmoticonEmoticon