Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Wabah Virus Corona

Wabah Virus Corona

Saat tulisan ini dibuat, wabah virus Corona tengah terjadi di hampir seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia juga terkena dampaknya. Saya percaya, setiap peristiwa yang terjadi, pasti ada saja hikmah (pelajaran) yang bisa kita ambil dan kita jadikan sebagai pembelajaran. Dengan catatan, kita melihatnya tidak hanya dari satu sisi saja, melainkan dari dua sisi yang berbeda, sehingga kita bisa menemukan hikmah tersebut.


Tulisan ini saya buat saat saya dan sebagian besar karyawan di tempat saya bekerja disuruh untuk mengambil cuti, karena bisnis sedang lesu. Untuk mengurangi kegabutan di rumah, saya berusaha untuk tetap produktif dengan menulis artikel di blog.

Meski tidak bisa menerapkan work from home, karena memang pekerjaan saya berhubungan dengan service, maka saya tetap berdiam di rumah mengikuti anjuran pemerintah dan melakukan apa yang menjadi hobi saya, salah satunya adalah menulis artikel. Ini semata-mata biar tidak bosan saat berada di rumah.

Dengan tidak bermaksud untuk memanfaatkan situasi seperti saat ini (baca : wabah virus Corona), melalui artikel ini, saya hanya ingin berbagi saja, jika selalu saja ada hikmah yang bisa kita ambil untuk dijadikan sebagai pembelajaran, agar kita semua menjadi individu yang lebih kuat, lebih tangguh dan selalu menghargai hal sekecil apapun itu di dalam setiap kehidupan yang kita jalani.

Hikmah atau pelajaran yang kita petik, tentu memiliki tujuan yang sangat baik untuk kehidupan yang kita jalani. Berikut adalah 5 pelajaran yang bisa kita ambil dari wabah virus Corona yang melanda :

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Wabah Virus Corona

1. Belajar Hidup Lebih Bersih
Saat wabah virus Corona melanda, setiap orang 'dipaksa' untuk selalu menerapkan hidup yang bersih dan higienis, agar terhindar dari virus yang ukurannya sangat kecil ini. Salah satu caranya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Atau kalau tidak ada sabun, bisa menggunakan hand sanitizer.

Mungkin biasanya kita malas untuk cuci tangan, karena merasa tangan kita tidak kotor-kotor amat, masih bersihlah. Beragam alasan pun dilontarkan. Tapi, saat wabah virus Corona, jangan coba-coba untuk tidak cuci tangan deh, karena kita tidak tahu apakah tangan kita terbebas dari kuman atau tidak. Daripada terinfeksi virus, ya lebih baik rajin cuci tangan.

Tidak hanya cuci tangan saja. Bahkan saat kita setelah bepergian dari luar rumah dan akan masuk ke rumah, seluruh pakaian disarankan untuk langsung dicuci. Sepatu atau sandal dibuka di luar rumah dan kalau perlu disemprot disinfektan terlebih dulu. Setelah masuk rumah, langsung mandi biar bersih, setelah itu baru menyapa keluarga. Hmmmm, sebelum ada wabah virus Corona, kira-kira kita ngelakuin ini tidak ya?!

2. Bisa Lebih Dekat dengan Keluarga
Untuk memutus mata rantai virus Corona, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tidak keluyuran keluar rumah kalau tidak ada urusan penting, alias berdiam diri di rumah. Bahkan seluruh dunia menganjurkan langkah preventif seperti ini.

Sisi positifnya saat kita lebih sering berada di dalam rumah adalah selalu dekat dengan keluarga tercinta. Mungkin yang tadinya kita terlalu sibuk bekerja atau terlalu sibuk bisnis di luar rumah, hingga seolah tidak ada waktu untuk keluarga, semuanya mendadak terbalik. Kini semua orang disarankan untuk berdiam diri di rumah.

Langkah ini tentu saja membuat kita lebih dekat dengan anak, istri, suami atau orang tua dan sering menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Mungkin sebelum ada wabah ini, keluarga tercinta kita seringkali terabaikan di rumah bukan?!

3. Menjadi Lebih Disiplin
Wabah virus Corona juga mengajarkan kita menjadi individu yang jauh lebih disiplin. Mungkin kalau yang sebelumnya memang sudah terbiasa disiplin, akan jauh lebih disiplin lagi. Kita jadi lebih rajin menjaga kesehatan badan (mandi), lebih disiplin dalam mengonsumsi makanan yang bergizi, disiplin dalam mengatur waktu, disiplin mengikuti anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah dan sebagainya.

Mungkin sebelumnya kita cuek dengan pola hidup yang sehat, tapi saat wabah virus Corona melanda, setiap orang berlomba-lomba untuk menerapkan disiplin diri.

4. Jadi Lebih Peduli dengan Sesama
Untuk melawan wabah virus Corona, tentu semua pihak harus ikut terlibat, tidak terkecuali masyarakat. Jika kita tidak bisa berkontribusi secara langsung dalam menangani wabah ini, kita masih bisa melakukan hal lainnya, yakni kita bisa saling memberi dukungan dan saling menguatkan satu sama lain. Meski kelihatannya sangat sepele, tapi ini jauh lebih baik daripada bisanya hanya nyinyir saja.

Hal kecil lainnya yang bisa juga kita lakukan adalah rajin berbagi informasi valid (no hoax) melalui sosial media, agar pesan yang disampaikan menjadi lebih mudah dilihat oleh banyak orang. Selain melalui sosial media, kita juga bisa saling berbagi informasi melalui WhatsApp.

Bentuk kepedulian dengan sesama ini tentu memiliki tujuan dan harapan yang sama, yakni tidak ada korban baru yang berjatuhan dan agar wabah virus Corona ini bisa segera berakhir.

5. Lebih Dekat dengan Tuhan
Percaya atau tidak, sebagian besar dari kita akan lebih banyak beribadah dan berdoa saat wabah virus Corona terjadi. Kekuatan sebuah doa memang dinilai bisa lebih ampuh menghentikan wabah tersebut. Tentu harus diiringi dengan tindakan yang nyata juga dong. Melalui peristiwa ini, mungkin Tuhan ingin menyampaikan pesan kepada setiap manusia, untuk tidak lupa dan lalai dalam urusan ibadah.

💚💚💚💚💚

Ingat ya guys, jika kita melihat setiap peristiwa yang terjadi hanya dari satu sisi saja, maka kemungkinan besar kita akan lebih banyak mengeluh, mudah menyerah bahkan membuat kita jadi mudah putus asa. 

Tapi kalau kita melihat dari dua sisi, maka akan selalu ada harapan yang akan menguatkan kita untuk bisa melewati setiap peristiwa yang kita alami. Sebuah peristiwa juga akan mengajarkan kita bagaimana menjadi pribadi yang jauh lebih kuat dibanding sebelumnya.

Stay safe dan semoga bermanfaat.

62 comments for "5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Wabah Virus Corona"

  1. Yes! Setuju mas Hend. Semoga wabah ini segera berlalu. Aamiin..

    ReplyDelete
  2. Dibalik dari sebuah bencana pasti ada hikmahnya yang terkandung. Seperti saat ini dimana wabah Covid-19 menyebar diseluruh negeri ini menyatukan keluarga yang selama ini sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

    ReplyDelete
  3. Setuju banget mas, ambil hikmah baiknya aja deh, kita disuruh kembali kepada kehidupan yang fitrah, bersih, sehat. Mungkin selama ini sudah melampaui batas

    ReplyDelete
  4. Ini namanya hikmah di balik bencana, kira2 gitu ya.. Semoga wabah cepat menghilang, tali kebiasaan baik jangan menghilang.

    ReplyDelete
  5. Informasinya penting banget nih ditengah gempuran wabah covid ini tapi semoga wabah ini segera berlalu dan orang-orang dapat kembali tenang serta berkegiatan seperti sedia kala aamiin makasih infonya

    ReplyDelete
  6. Hikmah keenam buat saya jadi lebih sering berjemur. Hahaha. Dulu malas banget jemuran pagi hari. Tapi begitu tahu jemur pagi atau sore efektif menangkal virus, jadinya sekarang disiplin ajakin anak dan kedua bayi kembarku melakukan hal serupa. Selalu ada hikmah di balik suka mau pun duka. Tinggal kebesaran hati kita menjalaninya, apapun itu. Tetap semangat mas. Semoga sehat selalu sekeluarga.

    ReplyDelete
  7. Di sisi lain jadi parno ma org lain mas. Jangan2 dia pembawa corona.

    Jadinya kita cepat2 menjauh :)

    ReplyDelete
  8. Setuju bgt, selalu ada hikmahnya
    Kelimanya pas bgt...
    Semoga corona cepat berlalu ya, dah bosen stay at home hehehe

    ReplyDelete
  9. Setuju mas hendra, semenjak kasus corona menyerbak, sudah otomatis tingkat kedekatan dengan Allah Swt menjadi lebih dekat. kita benar-benar berdoa agar masa ini segera berlalu dan diberi kekuatan menghadapinya

    ReplyDelete
  10. Betul sekali mas. Ada hal yang terabaikan dan kita kembali dingatkan yakni mendekatkan diri dgn tuhan dan disiplin dalam segala keadaan.

    Salam Optimasi Twitter

    ReplyDelete
  11. Doakan kami para tim medis dan keluarganya ya mas untuk tetap semangat menghadapi ini.

    ReplyDelete
  12. Bener sekali ke 5 hikmah inni kak, selalu ada hukmah dibalik setiap musibah termasuk musibah corona ini. Selalu sehat ya kak.

    ReplyDelete
  13. Benar sekali kak akhirnya kita disadarkan bahwa sesuatu itu bermakna kalau sudah tiada (sementara) seperti saat ini kita merindukan moment bertemu teman, sanak saudara, rindu jln ditaman melihat hijau nya pepohonan ,rindu ngemall , rindu lingk.kerja dsb dan saat ini kita dibatasi oleh pandemi itu. Semoga ada hikmah dibalik semua ini ya kak.

    ReplyDelete
  14. yap setiap cobaan pasti ada hikmahnya ya, Allah berikan kesulitan bersama kemudahan. Jadi insyaallah abis ini kita bisa berbenah dan menjadi manusia yang lebih baik lagi. Aamiin.

    ReplyDelete
  15. Setuju, ambil hikmah positif dari wabah ini. Segala sesuatu pasti terjadi dengan rencana dari Tuhan yang terbaik untuk umat manusia.

    ReplyDelete
  16. Bener, dari segala musibah selalu ada hikmah dibaliknya,
    Apapun itu semoga corona segera berlalu dan sikap bersih dan disiplin kita tetap bisa berlanjut hihi

    ReplyDelete
  17. Iya mas, salah satu yg paling kentara adalah kita jd lebih dekat sama keluarga. Misalnya aja anak sekolah, org tua harus gantiin peran guru sementra waktu, dan itu bagus buat bonding

    ReplyDelete
  18. belajar hidup lebih bersih dan disiplin, sepertinya sudah menjadi keharusan gara-gara pandemi korona ini. Satu lagi, karena #DiRumahAja maka menjadi tersadar akan mewahnya nikmat jalan-jalan pagi meski hanya keliling perumahan saja.

    ReplyDelete
  19. hikmah yang aku rasakan ada lagi kak, aku jadi lbh bersyukur selaama ini bebas bernafas dan gratis,,, sekarang tiap hari di jalan, di dalam kantor harus maskeran, itu gak enak bgt,, sumpek bgt,, udaara yang dihirup jadi gak segar,,sedihhhh

    ReplyDelete
  20. Semoga kita diberi kekuatan untuk melewati semuanya dengan sehat, aamiin! Bismillah! Tingkatkan kewaspadaan, kepedulian juga ketahanan tubuh agar bisa terhindar dari penularan, aamiin.

    ReplyDelete
  21. @Rizky Masdila : aaamiiin ya Allah

    ReplyDelete
  22. @Kokoh Hendra : Betul Mas, salah satu hikmahnya bisa lebih dekat dengan keluarga, tidak sibuk dengan berbagai urusan di luar rumah.

    ReplyDelete
  23. @Lia Lathifa : Semoga saja setiap individu bisa saling instrospeksi diri saat ada wabah seperti ini.

    ReplyDelete
  24. @Nisya Rifiani : aaamiiin semoga wabahnya bisa cepat menghilang sebelum datang bulan suci Ramadan

    ReplyDelete
  25. @Hujan di Jendela : aaamiiin, biar bisa beraktivitas seperti biasa lagi ya

    ReplyDelete
  26. @Mutia Ramadhani : Meski gak bisa langsung membunuh virus Corona, dengan berjemur setidaknya membantu menjaga sistem imun kita. aaamiiin, biar segera berakhir wabah ini

    ReplyDelete
  27. @Bang Day : Nah ini pentingnya kita waspada, bukannya menuduh ya, waspada boleh dong.

    ReplyDelete
  28. @Kakisalak : aaamiiin, udah biasa ngebolang, jadi cepat bosan di rumah ya, hahaha

    ReplyDelete
  29. @Aisyah Dian : aaamiiin ya Allah, semoga wabah ini segera diangkat sebelum bulan suci Ramadan

    ReplyDelete
  30. @Bayu Haryanto : Betul Mas, seolah kita diingatkan dengan wabah virus Corona ini. Salam Optimasi Twitter

    ReplyDelete
  31. @Amel : Mba Amel, seluruh masyarakat selalu berdoa yang terbaik, terutama untuk para tim medis dan perawat yang menangani langsung pasien Virus Corona ini. Semoga wabah ini segera berakhir ya Mba.... Dan semoga Mba Amel dan seluruh dokter dan perawat selalu diberikan kesabaran, kesehatan dan kekuatan aaamiiin Allahumma aaamiiin.

    ReplyDelete
  32. @Innaberkicau : aaamiiin Allahumma aaamiiin....

    ReplyDelete
  33. @Bayu Fitri Hutami : aaamiiin, semoga wabah ini segera berakhir ya

    ReplyDelete
  34. @jendelamamak : semoga saja Allah punya rencana yang baik setelah wabah ini berakhir aaamiiin

    ReplyDelete
  35. @irsyad Muhammad : Yup, toss dulu dong

    ReplyDelete
  36. @Arigetas : Betul, ada nikmat yang hilang sementara wabah ini melanda. Padahal cuma jalan-jalan keliling komplek, jadi begitu berharga ya

    ReplyDelete
  37. @Rini : Yup, sekarang bernapas jadi cukup sulit semenjak dianjurkan pakai masker kalo beraktivitas di luar rumah

    ReplyDelete
  38. Semoga pergi deh Coronavirus dari Indonesia. Setiap hari dihantui pertambahan jumlah korban, huhuuu

    ReplyDelete
  39. Betul mas. Dari kejadian ini setidaknya kita dapat mengambil hikmahnya.

    Secara tidak langsung kita telah melatih diri untuk hidup sehat dan disiplin. Selain itu harusnya ketaatan pada Allah pun harus lebih ditingkatkan

    ReplyDelete
  40. Hikmah lainnya juga ada Mas, udara kita kini juga lebih bersih karena tak banyak kendaraan yang membuat polusi, sebab sebagian besar orang menahan diri di rumah. Semoga wabah corona bisa segera berakhir

    ReplyDelete
  41. Yup, betul. Ngeliatnya jangan hanya dari satu sisi aja. Tambahan lagi, kita menjadi lebih kreatif karena banyak waktu di rumah untuk eksplor macam-macam.

    ReplyDelete
  42. Bener banget Mas Hendra... salah satu hikmahnya kita jadi lebih dekat ama keluarga ya, sering bareng2 terus ama anak dan pasangan. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  43. Selain menerapkan hidup sehat, pola social distancing perlu kita ambil hikmahnya. Ya seperti yg tertulis di atas, kita jadi bisa lebih dekat dg keluarga selama beberapa waktu. Yang kadang kita sibuk inilah waktu untuk bersama anak dan istri.

    ReplyDelete
  44. benar juga hikmahnya, saya merasakannya juga seperti itu, saya sendiri pulang kerja rasanya harus kudu langsung mandi dulu, rutin ngepel lantai

    ReplyDelete
  45. Ini bener banget mas. Kelima hal di atas benar saya rasakan sejak ada wabah ini di Indonesia. Semuanya jadi lebih lagi. Lebih bersih, lebih rajin, lebih religius. Semoga wabah ini segera berakhir ya mas. Dan hikmah positif yang udah ada tetap terjaga

    ReplyDelete
  46. Dalam setiap peristiwa, selalu ada hikmah yang baik ya, Kak. Aku pun percaya hal ini. Dan satu lagi nih, hidup itu memang ada siklus berulang. Pandemi corona ini sebenarnya bukan hal baru, karena sebelumnya manusia juga pernah mengalami pandemi-pandemi lain. Harusnya dengan begini untuk selanjutnya kita juga lebih aware dan selalu berjaga-jaga untuk segala situasi ya

    ReplyDelete
  47. @Nurhilmiyah : aaamiiin semoga saja wabah virus Corona bisa segera berakhir ya Mba

    ReplyDelete
  48. @Kang Syahri : Siip deh, setuju lah Kang

    ReplyDelete
  49. @Fadli : Nah iya nih, makasih tambahannya

    ReplyDelete
  50. @Ennikurniasih : Siip makasih tambahannya

    ReplyDelete
  51. @Nurhilmiyah : Yup betul banget Mba, ini perlu disyukurin banget nih

    ReplyDelete
  52. @Fionaz : Betul sudah seharusnya kita manfaatin kondisi ini untuk lebih dekat dengan keluarga

    ReplyDelete
  53. @Agoes : Yup kerasa kan kalau sekarang jadi lebih peduli kebersihan

    ReplyDelete
  54. @Monica Anggen : Selalu mengedepankan sikap waspada ya

    ReplyDelete
  55. Emang bener ya sama yang dikatakan orang-orang, setiap ada musibah pasti akan ada hikmahnya sendiri. Semoga dengan adanya wabah ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dan mendekatkan kita semua kepada sang maha pencipta.

    ReplyDelete
  56. @Mas Kholis : aaamiiin, dengan musibah kita bisa mengambil banyak pelajaran penting di dalamnya Mas

    ReplyDelete
  57. semua kejadian, baik itu yang buruk maupun yang menyenangkan pasti ada hikmahnya. begitu pula dengan corona, salah satu hikmahnya adalah kita jadi lebih menjaga kebersihan dan kesehatan

    ReplyDelete
  58. @Ngopisantai : Pastinya, kalo kita melihat peristiwa dari dua sisi, pasti akan menemukan hikmah di dalamnya.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email