Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kelola Uang THR di AJAIB untuk Dapetin Saldo Saham dan Mobil!

Tips Mengelola Uang THR

Bagi kamu yang saat ini berstatus sebagai karyawan tetap, tidak lama lagi tentu akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Pastinya kamu sudah punya banyak
wish list untuk membeli berbagai kebutuhan,  bukan?

Sebenarnya tidak jadi masalah jika kamu ingin membeli banyak kebutuhan, hanya saja kamu perlu membatasi pengeluaran dan tetap bijak dalam mengelola uang THR agar tidak cepat habis.

Sebelum lanjut membahas mengenai tips mengelola uang THR, mari kita cari tahu terlebih dulu apa itu THR.

THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja sebelum hari raya keagamaan. Ketentuan mengenai THR sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi para pekerja atau buruh di perusahaan.

Adapun hari raya keagamaan disesuaikan dengan masing-masing agama yang dianut oleh karyawan di suatu perusahaan.

  • Hari Raya Idul Fitri bagi pekerja/buruh beragama Islam
  • Hari Raya Natal bagi pekerja/buruh beragama Kristen Katholik dan Protestan
  • Hari Raya Nyepi bagi pekerja/buruh beragama Hindu
  • Hari Raya Waisak bagi pekerja/buruh beragama Budha, dan
  • Hari Raya Imlek bagi pekerja/buruh beragama Konghucu (id.hrnote.asia)

Tips Mengelola Uang THR dengan Bijak

Kelihatannya sangat mudah untuk mengatur keuangan pribadi maupun rumah tangga, termasuk mengelola uang THR, akan tetapi pada praktiknya cukup sulit lho. Apalagi jika kamu tidak punya financial planning yang baik, sudah bisa dipastikan uang THR-mu akan habis terus tidak bersisa.

Banyak orang keburu khilaf ingin segera memborong barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Memang sih itu adalah hak mereka. Namun alangkah lebih baik lagi jika uang THR digunakan secara tepat dan bijak.

Tentu kamu nggak mau kan uang THR-mu habis terus setiap tahunnya, tanpa tersisa. Apalagi kamu mendapatakan uang THR hanya setahun sekali saja. Maka dari itu, sebaiknya dimanfaatkan secara tepat.

Agar uang THR kamu tidak habis terus setiap tahunnya, berikut Blogmashendra.com bagikan tips mengelola uang THR :

1. Jangan lupa untuk menabung

Tidak ada salahnya jika kamu menyisihkan sebagian uang THR untuk menambah tabunganmu, sehingga tabunganmu akan terus bertambah, dan bisa digunakan untuk mencukupi berbagai kebutuhan di masa depan. Sisihkan sekitar 10% - 50% dari total uang THR yang kamu dapatkan. 

Namun besarannya disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kebutuhanmu cukup banyak, tetap sisihkan sebagian uang untuk ditabung, meski jumlahnya kecil. Yang penting, jangan sampai uang THR habis untuk membeli sesuatu yang sebenarnya bukanlah kebutuhan yang prioritas. 

2. Utamakan kebutuhan prioritas

Tips mengelola uang THR selanjutnya adalah harus bisa membedakan antara kebutuhan sekunder dan kebutuhan prioritas. Beberapa kebutuhan prioritas saat memasuki bulan Ramadan di antaranya membayar zakat fitrah, infak maupun sedekah. Selain itu juga ada kebutuhan harian yang harus kamu penuhi.

Setelah kebutuhan prioritas terpenuhi, selanjutnya memikirkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, misalnya saja membeli baju baru, perlengkapan ibadah dan lainnya. Selain pengelolaan uang THR terkendali dengan baik, kamu juga akan meraih momen kemenangan, bukan?

3. Sisihkan sebagian untuk membayar utang

Jika kamu punya utang, misalnya tagihan kartu kredit, pinjaman online maupun pinjaman lainnya, alangkah baiknya untuk menyisihkan sebagian uang THR untuk membayar utang tersebut. Dengan demikian, kamu akan terbebas dari tanggungan utang tersebut setelah Lebaran nanti.

Selain membayar utang, uangnya bisa kamu gunakan untuk menambah dana darurat, sehingga jumlah tabungan dana darurat akan meningkat dan cukup digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya urgent. Lebaran tanpa beban utang tentu akan sangat menyenangkan, bukan?

4. Memulai bisnis

Ingat, tidak ada kata terlambat untuk memulai dan terjun ke dunia bisnis. Tidak ada salahnya kamu mencoba menjalani bisnis jika memang kamu memiliki ketertarikan pada dunia bisnis. Pilih jenis bisnis yang kamu minati atau yang sesuai dengan passion kamu.

Cobalah sisihkan sebagian uang THR untuk menambah modal berbisnis mulai dari skala kecil, misalnya bisnis makanan ringan atau jualan pulsa. Siapa tahu saja bisnismu bisa berkembang dengan baik berkat ketekunanmu dalam memanfaatkan peluang.

5. Mulailah berinvestasi

Selain membuka bisnis, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi menggunakan sebagian uang THR. Cara ini dinilai akan memotivasi kamu untuk terus belajar investasi, sekaligus bisa mengelola uang dengan lebih baik. Kamu bisa mulai investasi dengan dana yang kecil lho.

Di era digital seperti saat ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai berinvestasi, terutama bagi kaum millenial. Apalagi saat ini semakin banyak aplikasi investasi yang bisa kamu pilih untuk mengelola dana investasi. Salah satunya adalah Aplikasi Ajaib.

Aplikasi Ajaib sendiri merupakan platform pendanaan saham dan juga reksa dana yang diluncurkan oleh PT Ajaib Sekuritas Asia dan PT Takjub Teknologi Indonesia pada tahun 2018. Perlu kamu ketahui, PT Ajaib Sekuritas Asia telah didirikan cukup lama, yakni sejak 1989 lalu.

Ajaib telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan uang yang diinvestasikan di platform tersebut. 

Mengapa Harus Memilih Aplikasi Ajaib?

Kita semua pastinya pengen dong berinvestasi melalui aplikasi investasi dengan prosedur yang mudah dan simpel, mulai dari proses registrasi hingga proses investasi itu sendiri. Prosedur yang ribet, hanya akan membuang waktumu saja. 

Kelebihan Aplikasi AJAIB

Maka dari itu, kamu perlu ketahui bahwa Aplikasi Ajaib memiliki beberapa keunggulan, berikut poin-poinnya :

1. Proses pendaftarannya mudah dan cocok bagi pemula maupun investor baru. Proses pembuatan akun hanya 5 menit saja dan diproses 100% secara online. Sangat cocok bagi kamu yang super sibuk.

2. Tidak perlu modal besar untuk mulai berinvestasi. Di Ajaib, kamu bisa mulai investasi dari Rp 10 ribu saja, karena memang tidak ada minimal deposit. Cocok bagi investor pemula yang ingin memulai terjun untuk berinvestasi.

3. Aman, karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia). Aplikasi Ajaib dinilai bakalan cocok bagi kamu yang mengandalkan platform terpercaya dan punya kredibilitas tinggi.

4. Bisa bebas akses melalui website maupun aplikasi di mana saja dan kapan saja. Sangat cocok bagi kamu yang punya mobilitas yang cukup tinggi.

5. Ajaib dilengkapi dengan forum khusus yang ingin bertanya bagi pemula serta berdiskusi langsung.

Manfaatkan Promo Ramadan Ajaib

Kabar gembira bagi kamu yang ingin berinvestasi sekaligus menikmati ragam promo menarik selama Ramadan 2022 ini. Di Ajaib ada program bernama "#BerbagiKeAJAIBanTHR di bulan Ramadan". Melalui program ini, Ajaib bagi-bagi THR saham dengan cara berbagi kode Ajaib dengan teman. Program ini berlaku mulai dari 11 April - 13 Mei 2022.

Program keAJAIBan Bagi-bagi THR

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan saldo Buying Power senilai Rp 150 ribu untuk setiap 3 teman kamu yang berhasil melakukan top up pertama kali (tanpa minimal deposit), berlaku kelipatan. 

Selain itu, hadiah Buying Power Rp 150.000 tersebut belum termasuk 3 lot saham yang akan didapatkan jika 3 teman itu  berhasil melakukan transaksi saham, tanpa minimal nominal transaksi.

Sssst, jika kamu beruntung, ada hadiah utama menanti lho, yaitu satu unit Honda Brio. Wow keren banget kan?

Makanya buruan, jangan sampai ketinggalan Promo Ramadan Ajaib ini. Kapan lagi kamu investasi, bisa dapat banyak benefit, termasuk kesempatan memenangkan satu unit mobil keren.

Konklusi

Selain menabung, kamu juga bisa menyelamatkan aset (uang) yang kamu miliki dengan cara berinvestasi. Apalagi saat ini kita semakin dimudahkan dengan hadirnya aplikasi investasi seperti Aplikasi Ajaib, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi.

Pada dasarnya setiap investasi tentu memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda, sesuai dengan prinsip high risk high return. Semakin besar dana yang kamu investasikan, maka semakin tinggi risikonya. 

Namun tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Semakin lama kamu terjun ke dunia investasi, maka semakin banyak kamu akan belajar. Bahkan siapa tau saja kamu akan jadi seorang investor ulung di kemudian hari, bukan? Itulah seni dari berinvestasi.

Semoga artikel tentang tips mengelola uang THR bisa memberikan pencerahan bagi kamu semua, terutama yang sebentar lagi akan menerima THR. Manfaatkanlah sebaik-baiknya uang yang kamu terima. Agar kondisi finansial pribadi maupun keluarga bisa tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Yuk, Kelola Uang THR di AJAIB untuk Dapetin Saldo Saham dan Mobil!"

  1. Saya selalu pakai ajaib tuh, tapi buat transaksi sahamnya. Buat investasilah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren udah main investasi. Nah gitu dong, biar semakin berkembang asetnya ya...

      Hapus