Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakaikan Harness Pada Anjing yang Benar

Cara Memakaikan Harness pada Anjing

Anjing peliharaan adalah jenis hewan yang tidak hanya senang bermain bola atau jenis mainan lainnya, tetapi juga akan sangat bersemangat jika diajak jalan-jalan. Namun, ada hal penting yang perlu Anda lakukan ketika mengajak anjing kesayangan untuk jalan-jalan, misalnya seperti memakaikan harness atau tali pada leher anjing peliharaan.

Penggunaan harness bertujuan agar anjing kesayangan tidak lari ke mana-mana dan tetap berada di dekat Anda. Namun, memakaikan harness pada anjing terkadang bisa menjadi drama tersendiri, sebab hewan peliharaan tersebut terkadang tidak mau menggunakan tali di lehernya.

Bukan bandel, beberapa anjing menolak memakai harness, karena membuatnya merasa tidak nyaman. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara memakaikan harness pada anjing yang benar berikut ini. 

Simak penjelasannya di sini guys!

Cara Memakaikan Harness Pada Anjing yang Benar

Mengenalkan harness pada anjing

Cara memakaikan harness pada anjing pertama adalah membiarkan anjing kesayangan Anda terbiasa mengenakan tali kekang atau harness. Biarkan saja anjing Anda memakainya untuk waktu singkat di rumah, baik itu saat Anda mengajaknya bermain atau memberikan camilan.

Hal ini bisa membuat anjing Anda menyukai kerah dan harness, sebab ia menganggap kedua benda tersebut mewakili kesenangannya.

Mengajarkan isyarat

Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan anjing kesayangan isyarat, yang artinya makanan akan segera datang. Anda bisa mencoba menjentikkan jari dan menggunakan kata, seperti "Ya" atau "Berdecak". Cara apapun yang akan digunakan, disarankan agar Anda mengajarkan isyarat tersebut, khususnya pada anjing yang sudah dipakaikan harness di tempat yang tenang.

Apabila anjing Anda merespon isyarat yang diberikan dengan cara berbalik dan menatap Anda, maka beri hadiah. Setelah beberapa kali dilakukan pengulangan, anjing peliharaan Anda pastinya tidak akan hanya menatap saja, tetapi akan langsung datang kepada Anda untuk mendapatkan hadiah.

Memberi hadiah

Pada saat anjing Anda masih mengenakan harness atau tali, maupun kerah berjalan ke arah Anda, sebaiknya mundur beberapa langkah, kemudian beri hadiah ketika anjing Anda menghampiri Anda. Di momen ini, Anda juga bisa melanjutkan melatihnya sampai anjing mendatangi Anda setelah mendengarkan bunyi isyarat.

Penting untuk diingat, apapun jenis anjingnya, hewan ini memiliki rentang perhatian yang cukup pendek. Maka dari itu, Anda perlu membuat sesi latihan singkat dan latih anjing Anda untuk melakukan banyak hal ketika anjing peliharaan Anda lagi bersemangat. Segera hentikan latihan ketika anjing sudah merasa kelelahan.

Berlatih di dalam rumah

Apabila anjing kesayangan sudah paham dengan isyarat yang diberikan dan mendatangi Anda, silakan latih berjalan beberapa langkah di dalam rumah dengan memberinya sedikit gangguan.

Berjalan-jalan dengan harness atau tali di tubuhnya, sebenarnya sudah cukup memberikan tantangan tersendiri. Jadi, silakan beri anjing kesayangan pujian, hadiah ataupun camilan pada saat ia sudah mulai terbiasa mendatangi Anda dengan harness yang dipakainya.

Mengajak anjing berlatih di luar ruangan

Langkah terakhir, latih anjing kesayangan dengan cara mengajaknya jalan-jalan di luar rumah. Hal ini pastinya akan menjadi tantangan tersendiri, sebab akan ada banyak suara-suara berisik, bau dan pemandangan yang mungkin saja hal tersebut baru bagi anjing Anda, sehingga akan lebih menarik perhatiannya.

Di sini Anda harus lebih bersabar lagi dan buatlah perjalanan pertama Anda dengan anjing kesayangan lebih singkat, ketika anjing Anda ingin menghampiri sesuatu yang dirasa kurang baik, beri isyarat padanya dan segera menjauh beberapa langkah.

Lalu, Anda berikan hadiah berupa camilan kesukaannya, jika anjing datang menghampiri Anda.

Nah, itulah beberapa cara memakaikan harness pada anjing yang benar. Semoga informasinya bisa bermanfaat sekaligus menginspirasi.

Posting Komentar untuk "Cara Memakaikan Harness Pada Anjing yang Benar"