Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Saat Tertimpa Musibah dan Doa Supaya Terhindar dari Musibah

Kehidupan yang kita jalani ini memang bisa saja berjalan sesuai dengan keinginan kita, walaupun kita telah berusaha dan berdoa. Semua manusia yang tinggal di dunia ini pastinya bisa mendapatkan sebuah cobaan.

Saat semua hal telah Anda lakukan secara maksimal, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dan selalu berserah diri kepada-Nya.

Doa Saat Tertimpa Musibah
Ilustrasi : Ummi Online

Ketika kita berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, maka segala keputusan yang diperoleh adalah memang yang terbaik untuk kehidupan kita. Anda harus memahami jika rintangan dan juga musibah yang datang kepada diri Anda akan membuat Anda jadi lebih sabar lagi dan mampu meningkatkan iman Anda kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Saat Anda sedang mengalami cobaan, Anda bisa memanjatkan doa agar bisa jadi umat Muslim yang baik. Mintalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar selalu diberikan ketabahan dan juga hati yang tenang agar bisa melewati segala cobaan yang ada.

Dengan berdoa juga bisa membantu meningkatkan rasa iman Anda kepada Allah Subahanahu Wa Ta'ala. Pada kesempatan yang baik ini, mari kita simak beberapa doa tertimpa musibah yang Blogmashendra.com bagikan berikut ini :

1. Doa saat mengalami musibah:

"Wa qur rabbi a'uzu bika min hamazaatisy-syayaatiin.”

Artinya : Dan katakanlah: "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan."

2. Doa yang bisa dibaca saat memohon agar bisa diberikan kesabaran:

"Rabbana afrig 'alaina shabran wa tsabbit aqdamana.”

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kesabaran dalam diri kami dan berikanlah kami pendirian yang kukuh."

3. Doa saat terkena sebuah musibah dan memohon agar bisa diberikan kekuatan menghadapinya:

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlif li khairan minha.”

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."

4. Doa yang singkat saat mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan:

"Qadarullah wa masya'a fa'al.”

Artinya: "Allah sudah menakdirkan dan apa yang Dia kehendaki Dia lakukan."

5. Doa saat mengalami sebuah kesusahan:

"La ilaha illallahul 'adhimul khalim, la ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul 'arsyil 'adhim.”

Artinya: "Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung lagi Maha Santun. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Rabb langit dan bumi, Rabb 'Arsy yang agung."

Sebelum musibah datang menimpa Anda, sebaiknya Anda juga tetap membaca beberapa doa yang akan melindungi Anda agar terhindar dari musibah, di antaranya sebagai berikut :

1. Doa untuk meminta perlindungan dari gangguan penyakit, serangan dan juga ancaman:

"Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim"

Artinya: "Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" 

2. Doa terhindar dari bencana:

Sebagai umat muslim yang baik, kita harus senantiasa meminta perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar bisa terhindar dari segala macam bahaya yang mengancam. 

Anjuran untuk membaca doa supaya terhindar dari bencana dan juga musibah ada di dalam hadist berikut ini: "Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian", (HR. Bukhari: 6616)

Demikian pembahasan mengenai bacaan doa saat tertimpa musibah dan doa agar terhindar dari musibah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Doa Saat Tertimpa Musibah dan Doa Supaya Terhindar dari Musibah"