Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan, Kekurangan dan Cara Memilih Investasi Obligasi

Selain investasi saham, reksadana, properti atau yang lainnya, investasi obligasi juga kini mulai dilirik oleh banyak orang, karena bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Obligasi merupakan surat utang piutang yang memberikan pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah.

Pihak yang berutang disebut dengan penerbit, sedangkan pihak yang berpiutang disebut pemegang obligasi.

Tips Memilih Investasi Obligasi
Image : https://unplash.com/photos/671-QujB14w

Beberapa keuntungan jika berinvestasi obligasi adalah Anda bisa mendapat keuntungan berupa bunga atau kupon, juga keuntungan dari selisih harga obligasi. Tidak hanya itu saja, obligasi juga lebih aman, karena telah dijamin dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2022, terutama untuk investasi obligasi yang dikeluarkan oleh negara.

Meski begitu, obligasi juga memiliki kekurangan, seperti dana yang diinvestasikan tidak bisa diambil sewaktu-waktu, juga tidak adanya jaminan uang kembali jika Anda berinvestasi pada obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta.

Latar belakang diterbitkannya obligasi sendiri, yaitu untuk himpunan dana dari masyarakat sebagai sumber dana. Obligasi juga sebagai sumber dana membiayai sebagian defisit anggaran belanja dalam APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Investasi obligasi juga bisa dijual belikan di pasar, seperti investasi saham, akan tetapi obligasi ini hanya bisa dibeli ketika pemerintah membuka pembelian atau transaksi melalui pasar sekunder saja.

Cara Memilih Obligasi Terbaik

Umumnya surat utang atau obligasi diterbitkan ketika perusahaan atau bidang pemerintah membutuhkan dana untuk menjalankan proyek maupun mengembangkan usaha. Jika Anda tertarik untuk mengikuti investasi obligasi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Berikut cara memilih obligasi terbaik, yaitu :

1. Investasi obligasi tujuan pendapatan

Ada beberapa jenis obligasi untuk dipilih. Biasanya investor memiliki obligasi yang berfungsi sebagai pendapatan bunga yang dikenal dengan sekuritas pendapatan tetap.

2. Investasi obligasi untuk diversifikasi

Sebelum memilih melakukan investasi obligasi, memang sudah sepatutnya Anda harus mengetahui tujuan dalam berinvestasi obligasi dan bentuk strateginya. Alasan umum para investor melakukan investasi yaitu investasi obligasi bisa digunakan sebagai diversifikasi.

Pasalnya, untuk harga obligasi sendiri bergerak ke arah yang berlawanan dari suku bunga dan investasi ini bisa bekerja dengan optimal, apabila ekonomi serta pasar saham stabil. 

Tidak sedikit investor yang melakukan investasi obligasi ini dalam portofolio mereka dengan tujuan untuk menyeimbangkan ketika reksadana saham turun. Tentu saja dengan tujuan diversifikasi setidaknya Anda bisa memiliki persiapan dalam setiap kemungkinan berinvestasi.

Kemungiknan besar investor yang mencari diversifikasi tidak mencari dana obligasi dengan imbalan yang tinggi. Setidaknya mereka akan mencari dana dengan rasio biaya di bawah rata-rata.

3. Sesuaikan tujuan

Untuk meraih keuntungan yang optimal dari obligasi, Anda harus memahami tujuan obligasi dengan jenis obligasi yang dipilih. Obligasi jangka pendek menjadi pilihan yang tepat apabila Anda menginginkan bunga lebih tinggi dan ingin menarik sebagian maupun seluruh uang dalam waktu satu atau dua tahun.

Obligasi juga bisa menjadi tabungan jangka panjang. Hal ini disesuaikan kembali dengan tujuan Anda berinvestasi obligasi.

4. Memilih penerbit obligasi yang tepat

Salah satu risiko yang Anda hadapi saat investasi obligasi yaitu bisa mengalami kerugian apabila penerbit obligasi tidak mampu membayar utang piutang dengan baik. Oleh sebab itu, sebelum berinvestasi, pastikan Anda memilih penerbit obligasi yang tepat.

Keuntungan Investasi Obligasi di digibank by DBS

Keuntungan Investasi Obligasi
Image : https://unplash.com/photos/gxD8hCmi0lQ

Kini Anda bisa melakukan investasi obligasi lebih mudah di digibank by DBS. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari obligasi pemerintah atau obligasi negara, mengingat investasi ini dijamin oleh pemerintah dengan 100% pengembalian nilai pokok saat jatuh tempo.

Kupon/imbal hasil mencapai 4,95% p.a

Anda bisa mendapatkan keuntungan obligasi dari pendapatan tetap dari pembiayaan kupon atau imbal hasil. Pendapatan melalui kupon atau imbal hasil ini mencapai 4,995% p.a.

Potensi keuntungan lebih tinggi dari deposito

Melalui digibank by DBS, Anda juga bisa melakukan investasi obligasi pemerintah atau obligasi negara di pasar sekunder dengan keuntungan yang relatif lebih tinggi dibanding bunga deposito.

Bisa diperjualbelikan kapan saja

Investasi obligasi bisa diperjualbelikan kapan saja sesuai dengan harga pasar. Adapun penjualan kembali dana dilakukan sesudah melakukan settlement transaksi fakta bisa mendapatkan potensi keuntungan melalui capital gain.

Bisa mulai dari 1 juta

Bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan modal terbatas, tidak perlu khawatir, karena ada investasi obligasi dengan pembelian minimal Rp 1 juta saja atau dalam bentuk dolar, yaitu minimal 1000 US dolar. Anda juga akan mendapatkan kupon atau imbalan tetap.

Keuntungan cair setiap bulan

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa berinvestasi dan mendapatkan imbalan setiap bulan secara optimal. Yang terpenting, Anda mengetahui strateginya dan memilih obligasi terbaik.

Selain deretan keuntungan di atas, pembelian obligasi di digibank by DBS juga tersedia dalam berbagai mata uang dan jangka waktu. Untuk mata uang sendiri tersedia dalam bentuk Rupiah dan USD, sedangkan jangka waktunya, yaitu mulai dari 5 hingga 50 tahun.

Berinvestasi obligasi di digibank by DBS sangat mudah dan praktis, karena Anda akan mendapatkan layanan 24 jam melalui aplikasi digibank by DBS. Anda juga tidak perlu datang ke kantor cabang, sehingga sangat hemat biaya ongkos dan juga tenaga.

Nikmati beragam keuntungan membeli investasi obligasi digibank by DBS. Bagi yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa install terlebih dulu, dan bagi yang sudah memiliki aplikasinya, Anda bisa langsung membelinya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai investasi obligasi dan tips atau cara mendapatkannya dengan tetap. Ayo lakukan investasi obligasi, melalui digibank by DBS saja!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kelebihan, Kekurangan dan Cara Memilih Investasi Obligasi"