Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Mudik Gratis Tahun 2022, Rute dan Cara Pendaftarannya!

Masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman, bisa mencoba untuk mengikuti program mudik gratis yang digelar oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) periode Lebaran 2022. Program ini sengaja diadakan, agar terjadi pengurangan jumlah mudik naik motor, begitu seperti yang disampaikan Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat.

Syarat Mudik Gratis Tahun 2022
Image : dokumentasi pribadi

Seperti dilansir dari finance.detik.com, Budi Setiyadi menyampaikan dalam konferensi pers virtual pada Jum'at (08/04/2022) : 

"Di tahun sekarang sebagaimana arahan Pak Menteri Perhubungan dan kampanye tanpa sepeda motor, kami diminta siapkan mudik gratis bagi masyarakat yang ingin mudik dan juga bagi para pengguna sepeda motor,"

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba mudik gratis ke kampung halaman, simak baik-baik persayaratan dan cara pendaftarannya di artikel ini ya.

Pendaftaran Dilakukan Secara Online

Nilai anggaran yang dikeluarkan oleh Kemenhub untuk program mudik gratis adalah sebesar Rp 10 miliar. Diperkirakan ada sekitar 10 ribu lebih orang pemudik yang bisa diangkut secara gratis pada tahun 2022 ini.

Pendaftaran mudik gratis dilakukan secara online lewat website : www.mudikhubdat2022.com.

"Pendaftaran dibuka mulai minggu depan, tujuannya sebagian besar ke kota di Jawa Tengah," ujar Budi Setiyadi.

Adapun jadwal mudik gratis yang akan dikoordinir Ditjen Perhubungan Darat baru akan mulai berangkat tanggal 27-29 April 2022.

Cara Daftar Mudik Gratis

Apakah Anda tertarik untuk ikutan mudik gratis? Jika iya, Anda bisa membuka website www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara online.

Salah satu syarat yang perlu Anda penuhi adalah wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk proses pendaftaran dan proses keberangkatan peserta mudik gratis pada tahun ini. Sementara bagi pemudik yang belum punya ponsel, bisa membawa bukti kartu vaksin dan booster.

Langkah-langkah pendaftaran :

  1. Akses website www.mudikhubdat2022.com
  2. Login dan isi data diri secara lengkap
  3. Lakukan verifikasi dan validasi sistem
  4. Mengunduh dan mencetak QR e-tiket peserta mudik
  5. Membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus
  6. Berangkat sesuai lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai dengan nomor bus

Rute Mudik Gratis

Adapun rute mudik gratis tahun ini bakal ada 14 tujuan kota di Jawa Tengah. Berikut daftarnya :

  1. Tegal
  2. Semarang
  3. Demak
  4. Kudus
  5. Boyolali
  6. Solo
  7. Klaten
  8. Wonogiri
  9. Wonosari
  10. Yogyakarta
  11. Magelang
  12. Wonosobo
  13. Kebumen
  14. Purwokerto

Persyaratan Mudik Gratis

Syarat mudik gratis tahun 2022 telah tercantum dalam Surat Edaran Nomor 41 Tahun 2022, tentang Pedoman Pelaksanaan Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022.

Berikut adalah ketentuan yang wajib dipenuhi oleh calon pemudik :

1. Bagi Anda yang telah vaksin dosis ketiga (booster), tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

2. Sementara Anda yang hanya vaksin dosis kedua saja, tetap diwajibkan melakukan tes Covid-19, baik hasil tes hegatif rapid tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan, atau rapid tes RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang hanya vaksin dosis pertama, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

4. Calon pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau komorbid, diwajibkan :

  • Menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan
  • Melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak bisa mengikuti vaksinasi Covid-19

5. Khusus calon pemudik yang usianya kurang dari 6 tahun, ada beberapa ketentuan sebagai berikut :

  • Wajib didampingi oleh pendamping yang telah memenuhi persyaratan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19
  • Dikecualikan terkait ketentuan vaksinasi Covid-19
  • Tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid tes RT-PCR atau antigen

Kuota Penumpang Mudik Gratis

Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub telah menyiapkan setidaknya 350 bus yang akan menampung sekitar 10.500 penumpang.

Dari ke-350 bus tersebut akan dibagi menjadi dua, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Sebanyak 270 bus akan berporasi selama arus mudik dengan total kapasitas sekitar 8.100 penumpang
  • Sebanyak 80 bus akan dioperasikan untuk arus balik dengan total kapasitas sekitar 2.400 penumpang

Sementara bagi masyarakat yang ingin mudik dengan membawa serta sepeda motor, telah disediakan sebanyak 34 unit truk untuk mengangkut sepeda motor, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Sebanyak 17 truk dioperasikan untuk mengangkut sekitar 510 unit sepeda motor saat arus mudik, dan jumlah yang sama juga berlaku untuk arus balik

Namun jika Anda tidak sempat mudik atau tidak ingin mudik sebelum Lebaran, maka Anda juga bisa saja mudik setelah Lebaran. Meski tidak mendapatkan momen Lebaran, tetapi Anda tidak akan terjebak kemacetan karena arus mudik.

Demikian informasi seputar program mudik gratis tahun 2022 yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman, tetapi hanya punya dana yang terbatas.

Manfaatkan program mudik gratis tahun 2022 dengan sebaik-baiknya. Ikuti prosedur yang telah ditetapkan, agar semuanya berjalan dengan lancar.

Posting Komentar untuk "Syarat Mudik Gratis Tahun 2022, Rute dan Cara Pendaftarannya!"