Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Membuat Website? Perhatikan Dulu 5 Hal Berikut Ini!

Membuat Website

Hosting murah dan DNS tercepat kerap diburu bagi mereka yang ingin membuat dan mengelola website maupun blog. Meski demikian, keduanya tidak menjadi patokan utama, karena sebenarnya masih ada beberapa faktor lainnya yang juga perlu diperhatikan ketika ingin membuat website. 

Tren bisnis online di era digital, memaksa sebagian masyarakat untuk memasarkan produknya melalui internet. Biasanya mereka selalu mengandalkan media sosial sebagai bagian dari promosi bisnisnya.

Namun, jualan lewat media sosial saja dirasa kurang cukup. Ada sebagian dari mereka yang sangat tertarik membuat website (bisnis), agar lebih mudah dan leluasa untuk jualan produknya. Selain itu, memiliki website bisnis juga dianggap lebih profesional di mata klien.

Jualan Lewat Website Bisa Bantu Tingkatkan Penjualan

Melalui website bisnis, pemilik website juga bisa dengan leluasa memasarkan produk-produknya dan membagikan alamat link website lewat media sosial. Mereka juga bisa memasukkan berbagai macam gambar dan video produk ke dalam website.

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang teman saya di Facebook. Ia adalah seorang penjual benih padi yang cukup sukses di desanya. Meski tinggal di pedesaan, ia memanfaatkan teknologi dengan baik, untuk membantu meningkatkan bisnisnya. 

Jualan Benih Padi Lewat Website

Ia mengelola sebuah website bisnis untuk memasarkan produknya. Ia kerap membagikan postingan jualan di website melalui media sosial. Cara ini terbukti cukup ampuh membantu meningkatkan penjualan. Berkat kerja kerasnya, kini produknya selalu laris manis. Pembelinya tidak hanya datang dari desa sendiri saja, tetapi juga dari berbagai daerah lainnya.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membuat Website

Seperti telah disinggung di awal, jika ingin membuat website, tidak hanya memperhatikan harga hosting murah dan memilih DNS tercepat saja. Meski keduanya cukup penting, tetapi ada faktor lainnya yang juga tidak kalah pentingnya. 

Cara Membuat Website

Langkah-langkah ini perlu kamu terapkan, agar kamu memiliki tahapan yang jelas dan tidak bingung lagi. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali membuat website. 

Apa sajakah itu? Simak poin-poin pentingnya berikut ini :

1. Pilih tema website

Kamu perlu memilih tema atau kategori website terlebih dulu. Cara ini penting dilakukan agar kamu lebih mudah dan terarah ketika ingin membuat konten. Misalnya saja kamu ingin membuat website tentang produk elektronik, seperti laptop atau ponsel, maka sebaiknya konten membahas artikel yang relevan.

Konten yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan tema atau kategori website, memiliki keunikan tersendiri serta memiliki target market yang jelas. Pengunjung yang memiliki hobi dengan produk elektronik, akan lebih tertarik dan lebih sering mengunjungi websitemu. 

2. Pilih nama domain/URL

Langkah berikutnya adalah menentukan nama situs web/blog. Nama website inilah yang akan menjadi nama merek atau brand yang akan dikenal dan ditemukan oleh orang-orang di mesin pencarian. Nama yang kamu pilih akan menjelaskan tentang website apa yang kamu buat.

Semakin jelas nama domain yang dipilih, maka semakin mudah ditemukan di mesin pencarian. Nama domain juga sebaiknya relevan dengan jenis bisnis yang kamu kelola. Misalnya kamu jualan laptop, maka kamu bisa pertimbangkan membuat nama domain sebagai berikut :

  • juallaptopmurah.com
  • belilaptopmurah.com
  • belilaptopmurahberkualitas.com, dan sebagainya.

Itu hanya sebagian contoh kecil saja. Kamu bisa membuat variasi nama domain lainnya. Adapun manfaat domain antara lain, sebagai berikut :

  • Sebagai identitas suatu bisnis atau brand
  • Sebagai personal branding agar mudah diingat
  • Nama domain juga bisa dijadikan email profesional
  • Membantu tingkatkan brand awareness terhadap bisnis yang kamu kelola

3. Daftarkan nama domain/URL

Selanjutnya, jika sudah menemukan nama domain yang cocok dengan bisnismu, daftarkan nama domain di salah satu jasa penyedia layanan domain dan hosting. Pilih perusahaan yang profesional dan telah memiliki pengalaman yang baik. Salah satu yang direkomendasikan adalah DomaiNesia.

Kamu bisa mengecek terlebih dulu ketersediaan nama domain yang kamu inginkan. Jika nama domain kamu cukup unik, kemungkinan besar sih belum ada yang memilikinya. Kamu bisa mengecek berbagai nama domain di DomaiNesia, mulai dari .COM, .ID, .NET dan lainnya.

4. Pilih template yang menarik

Agar website terlihat lebih menarik, kamu perlu memilih template website yang tidak hanya menarik, melainkan memiliki paduan warna latar yang bikin nyaman mata pembaca, loading yang cepat dan simpel. Pemilihan template yang tepat, akan membuat pengunjung merasa nyaman, sehingga betah berlama-lama mengunjungi website.

Pilihlah template premium agar tampilan website terlihat profesional. Dengan template premium (berbayar), kamu bisa mengubah credit pada bagian bawah template. Berbeda dengan template gratisan, yang mana bagian credit tidak bisa diubah dengan nama website kamu.

5. Pilih penyedia layanan hosting yang profesional

Hosting adalah layanan yang digunakan untuk mengelola data sebuah situs atau web. Banyak file website yang bisa disimpan ke dalam sebuah hosting, mulai dari file gambar, script HTML, email, aplikasi, video hingga database. Berbeda dengan domain yang diibaratkan alamat rumah, maka hosting ini adalah rumah atau bangunan.

Para pemilik website profesional kebanyakan memilih menggunakan layanan hosting profesional untuk website yang dikelolanya. Apalagi jika mereka memiliki website bisnis, maka penggunaan hosting adalah keputusan yang tepat.

Hosting memiliki beberapa fungsi yang mampu menunjang kinerja website, di antaranya sebagai berikut :

  • Membuat halaman website
  • Mengembangkan website
  • Membuat email profesional
  • Melindungi website dengan SSL (Secure Socket Layer), sehingga lebih aman dan optimal

Ingin Membuat Website dengan Mudah? Serahkan Saja ke DomaiNesia

Bagi kamu yang baru pertama kali terjun ke dunia website atau blog, kamu bisa memilih perusahaan DomaiNesia untuk membantu mengembangkan website yang ingin kamu buat atau yang telah kamu kelola sebelumnya.

DomaiNesia didirikan pada 2009 dan merupakan perusahaan rintisan yang menyediakan berbagai layanan, mulai dari registrasi domain, hosting murah hingga layanan DNS tercepat. DomaiNesia sendiri telah dipercaya lebih dari 50 ribu customer dari seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Ada beberapa fitur layanan hosting yang disediakan oleh DomaiNesia, berikut ini :

  • Enterprise-grade NVMe SSD
  • Enterprise-grade Server
  • MailChannels Spam Filter
  • Garansi 99.9% Uptime
  • HTTP/2 ALPN
  • Server Indonesia, Singapura, Amerika dan Jepang
  • CloudFlare yang terintegrasi
  • Backup Harian ke Cloud
  • Imunify360 Security Protection
  • Node.js, Python, Ruby, PHP

Daftar harga paket hosting yang hemat bujet

Sebagai penyedia layanan hosting murah dan DNS tercepat, DomaiNesia menyediakan paket hosting yang beragam dengan harga yang terjangkau. 

Paket Hosting Murah dari DomaiNesia

Harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau, mengingat benefit yang didapatkan juga cukup banyak. Fitur-fitur yang diberikan bisa membantu menunjang kinerja website yang kamu kelola.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat website, baik untuk kebutuhan bisnis maupun pribadi, bisa memilih paket hosting yang harganya cukup terjangkau di DomaiNesia. Paket hosting bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ingin Membuat Website? Perhatikan Dulu 5 Hal Berikut Ini!"