Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Alasan Mengapa Puasa Dapat Menyehatkan Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi orang yang berpuasa, harus menahan makan dan minum mulai dari waktu subuh hingga waktu maghrib. Jika dikalkulasikan, kurang lebih sekitar 13 jam tubuh kita tidak terkena makanan dan minuman. Namun ajaibnya, tubuh malah terasa lebih ringan, tetap semangat beraktivitas dan pikiran jadi lebih fokus.

Tidak bisa dipungkiri, para dokter menyetujui bahwa berpuasa dapat menyehatkan tubuh. Dengan catatan jika dijalani dengan cara yang tepat. Artinya kita tidak kebanyakan tidur seharian.

Salah satunya menurut dr. Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, dengan menggunakan EEG (Perekam Gelombang Otak) menunjukkan, puasa dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Atau istilah dalam bahasa Inggris "Deep Sleep", yang akan berpengaruh terhadap perbaikan tubuh dan otak.

Aktivitas puasa itu mirip seperti sebuah keajaiban. Kadang ketika kita tidak berpuasa, tubuh malah sering mudah sakit, kadang sakit maag sering kambuh atau kepala sering terasa pusing.

Seperti yang diutarakan oleh dokter Yeni Purnamasari dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC DD) menjelaskan, puasa memang dapat membersihkan segala racun dari dalam tubuh, seperti lemak jahat, kalori berlebih, kolesterol jahat, radikal bebas dan lain sebagainya.

"Setiap hari kolesterol menumpuk di dalam tubuh, maka ketika organ tubuh berisitrahat karena puasa, maka proses pembersihan atau detoksifikasi terjadi."

Tidak hanya itu saja, masih menurut dokter Yeni, puasa telah terbukti bisa menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, seperti jantung. 

Alasannya, karena organ tubuh kita yang tidak bekerja keras ketika berpuasa, memiliki kesempatan untuk melakukan proses detoksifikasi secara sempurna, sehingga daya tahan tubuh pun ikut meningkat.

Berbeda dengan orang yang tidak berpuasa, organ tubuhnya dipaksa terus bekerja, sehingga proses detoksifikasi dari dalam tubuh akan sulit terjadi. Namun jangan lupa, meski kita berpuasa, pola makan tetap harus dijaga dengan cara memperhatikan nilai nutrisi, cairan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh ketika berbuka dan juga makan sahur.

Dengan demikian, proses detoksifikasi di dalam tubuh akan benar-benar bekerja secara maksimal, sehingga tubuh jauh lebih sehat.

Jadi, bisa disimpulkan jika puasa merupakan proses detoksifikasi alami dari dalam tubuh yang paling sempurna. Inilah alasannya mengapa puasa dapat menyehatkan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Alasan Mengapa Puasa Dapat Menyehatkan Tubuh"