Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Harus Menggunakan VPS? Berikut Penjelasannya!

Layanan PVS Terbaik di Indonesia

Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang mengelola website untuk mempromosikan bisnis yang dirintisnya. Wajar aja sih, sekarang kan eranya serba digital, semakin banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk, berbagai kebutuhan, termasuk meningkatkan bisnis.

Apalagi saat ini rata-rata masyarakat sudah bisa mengakses internet dari ponselnya di mana saja. Ini artinya masyarakat sudah banyak yang melek teknologi, tidak hanya di kota besar saja lho, bahkan di desa pun sudah banyak yang berbisnis dengan mengandalkan website, selain jualan offline tentunya.

Jualan lewat website juga membuka potensi yang besar untuk peningkatan bisnis lho. Makanya tidak heran, jika saat ini banyak orang tertarik membuat website bisnis.

Di Era Digital, Banyak Orang Jualan Produk Lewat Website

Salah satu teman Facebook saya, sebut saja Mang Yono. Ia adalah seorang pedagang benih padi yang bisa dibilang cukup sukses di desanya. Selain jualan offline, ia juga mengandalkan media sosial dan website untuk memasarkan produk benihnya. 

Jualan Benih Padi Secara Online

Ia kerap mempromosikan dagangannya lewat media sosial dan website. Cara ini dilakukan untuk membantu meningkatkan penjualannya. Dan hal ini sudah terbukti lho, pembelinya juga banyak yang berasal dari luar desa. Penjualannya meningkat drastis dan produknya laku keras.

Melalui website bisnis yang kita bangun, kita bebas melengkapi konten dengan produk dagangan kita, misalnya mengunduh foto-foto produk atau video ke dalam website. Hingga menulis artikel mengenai produk yang kita jual. Itulah enaknya punya website bisnis.

Banyak yang bilang, bikin website itu mudah, yang sulit adalah konsisten mengembangkan website. Pun demikian dengan website bisnis. Kamu harus rajin mengisi konten website dengan informasi paling update seputar produk yang kamu jual.

Namun, terlalu banyak mengunduh konten, seperti foto atau video ke dalam website, bisa menambah kinerja hosting menjadi semakin berat. Efeknya membuat kinerja website menjadi lemot. Apalagi jika kamu masih menggunakan shared hosting (hosting bersama/resource bersama).

Pakai VPS Agar Kinerja Hosting Jadi Lebih Cepat

Shared hosting banyak dipilih orang, karena biayanya lebih terjangkau lantaran cara pengoperasiannya relatif lebih mudah jika dibandingkan VPS. Namun shared hosting memiliki keterbatasan dalam mengakomodasi kebutuhan website. Apalagi jika website bisnis kamu punya trafik yang sangat tinggi.

Untuk mengantisipasi masalah ini, ada baiknya jika kamu mempertimbangkan untuk segera beralih menggunakan layanan VPS.

VPS atau Virtual Private Server adalah server virtual yang biasa digunakan pada pusat data penyedia infrastruktur cloud pribadi maupun publik. Layanan VPS dinilai menjadi sebuah solusi yang tepat, mengingat shared hosting tidak lagi cukup untuk mengakomodasi semua kebutuhan yang terus meningkat.

Layanan VPS digunakan untuk menambahkan Operating System (OS) sendiri, cloud computing, software bot, menjalankan sebuah software hingga menyimpan data. Kamu perlu membayar biaya langganan per bulannya kepada pihak penyedia jasa VPS.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Layanan VPS?

Perlu kamu ketahui, seiring berjalannya waktu penggunaan website yang masih mengandalkan shared hosting memiliki konfigurasi pengaturan server yang terbatas. Berbeda dengan VPS yang lebih leluasa. 

Kapan Harus Menggunakan Layanan VPS

Berikut adalah keputusan kapan harus menggunakan VPS dan segera pindah dari shared hosting ke VPS :

1. Trafik website sangat tinggi

Shared hosting bisa digunakan untuk beberapa website yang berbeda. Namun sayangnya, shared hosting masih mengandalkan resource secara bersama, seperti penggunaan space disk dan bandwith

Jika saja website bisnis yang kamu kelola memiliki trafik yang sangat tinggi, tentu akan mengganggu kinerja website-website lainnya dalam satu shared hosting yang sama. Kemungkinan terburuk yang akan kamu alami adalah bisa saja kamu terkena suspensi dari perusahaan yang menyediakan layanan shared hosting.

2. Penyimpanan file berukuran besar

Pada umumnya pengguna tidak diizinkan oleh penyedia layanan shared hosting, untuk menyimpan file-file berukuran besar, karena hal ini bisa saja akan mengganggun kinerja website lainnya yang berada di dalam satu hared hosting yang sama.

Jika kamu terkendala hal ini, sudah saatnya kamu membutuhkan disk space yang besar yang disediakan hanya untuk website yang kamu kelola. Jadi, sebaiknya pakai layanan VPS saja. Sehingga kamu tidak akan terganggu oleh pengguna lainnya, karena disk space yang besar.

3. Memiliki tingkat keamanan server yang lebih baik

Pengguna VPS memiliki kontrol penuh terhadap server, sehingga keamanannya lebih terjamin, dibanding layanan shared hosting. Kamu bisa mengatur sendiri konfigurasi keamanan VPS, sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Tidak hanya itu saja, kinerja website jadi lebih stabil dan lebih aman, karena disk space dan bandwidth di layanan VPS tidak terbagi-bagi. 

4. Kontrol penuh terhadap server

Layanan VPS dinilai paling tepat, karena pengguna memiliki kontrol penuh atas server dan semua pengaturannya. Apalagi jika kamu menjalankan sebuah perusahaan besar atau organisasi, yang mana membutuhkan kontrol penuh terhadap server, tentu saja layanan shared hosting saja tidak cukup.

Memilih Perusahaan Penyedia Layanan VPS yang Profesional

Nah, sekarang adalah waktunya memilih perusahaan penyedia layanan VPS yang sesuai dengan standar kebutuhanmu. Sebaiknya tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya, agar kamu tidak kecewa dengan kinerjanya. 

Ada beberapa faktor yang sebaiknya kamu pertimbangkan, di antaranya adalah sistem keamanannya (security), storage (ruang penyimpanan) hingga technical support yang selalu siap kapan pun.

Agar kamu tidak salah pilih, kamu bisa memilih Dewaweb sebagai penyedia layanan cloud server VPS murah dan terpercaya di Indonesia.

Bagi kamu yang aktif di dunia maya dan punya blog atau website, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Dewaweb. 

Dewaweb merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa cloud hosting pertama di Indonesia. Perusahaan VPS Indonesia ini mulai didirikan sejak tahun 2014 dan hadir dengan teknologi-teknologi terbaru, seperti HP Blade System, SSD Raid 50, LiteSpeed, Enterprise, HTTP/2, OnApp dan Time Machine Backup.

VPS Self Managed by Dewaweb

Beberapa layanan yang diberikan kepada pelanggannya adalah 90 hari garansi uang kembali dan layanan customer service 24/7 Ninja Support. Selain itu, Dewaweb juga menjadi penyedia layanan hosting pertama di Indonesia yang menerima sertifikat ISO 27001 for Standard Information Security Management.

Untuk informasi yang lebih detail mengenai layanan cloud VPS maupun berbagai layanan lainnya, kamu bisa mengunjungi website : www.dewaweb.com.

Nah demikian informasi yang bisa Blogmashendra.com bagikan mengenai kapan waktu yang tepat untuk menggunakan VPS dalam mengelola website bisnis maupun website pribadi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kapan Harus Menggunakan VPS? Berikut Penjelasannya!"