Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Ambyar! Pengalaman Mata Kering Akibat Terlalu Lama Menatap Layar

Pengalaman Mata Kering

Saya sangat setuju dengan ungkapan yang mengatakan bahwa "
Mata Adalah Jendela Dunia". Dengan kedua mata yang kita miliki, kita bisa melihat berbagai keindahan di dunia ini. Kita bisa melihat kebesaran Tuhan yang nampak. Selain itu, dengan mata yang sehat juga, manusia mampu menyimpan sekian banyak memori atau kenangan dalam perjalanan hidupnya. 

Mata adalah indera penglihatan yang berfungsi untuk mengekspresikan bentuk, ukuran, warna maupun objek suatu kedudukan. Setiap harinya, kita pastinya menggunakan mata untuk mengerjakan segala rutinitas, mulai dari pekerjaan di kantor, membersihkan rumah, belajar, olahraga dan menyelesaikan berbagai aktivitas lainnya.

Coba sekali-kali kita bayangkan jika mata yang sangat berharga ini tiba-tiba tidak bisa melihat. Tentu saja dunia akan terasa gelap gulita. Kita tidak bisa melihat berbagai keindahan ciptaan Tuhan. Maka dari itu, mata merupakan salah satu anugerah dari Tuhan yang perlu kita jaga dan kita rawat dengan baik.

Menatap Layar Terlalu Sering, Malah Kena Sindrom Mata Kering

Saya pribadi pernah memiliki pengalaman sindrom mata kering karena terlalu sering menatap layar. Kebiasaan ini memang tidak bisa saya hindari, karena memang rutinitas harian selalu bergantung dengan gadget, seperti ponsel ataupun laptop/PC. 

Job desk saya sebagai admin, menuntut saya untuk selalu bekerja di depan komputer selama kurang lebih 7-8 jam setiap harinya. Selain itu, ketika libur kerja, saya terbiasa ngeblog menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama. Berhubung ngeblog sudah menjadi hobi saya, maka saya selalu keasyikan menulis artikel menggunakan laptop selama berjam-jam.

Menatap Layar Gadget Kena Sindrom Mata Kering
Keasyikan ngeblog dan bikin konten, sampai lupa dengan kesehatan mata sendiri

Kebiasaan ini tentu saja memicu sejumlah risiko dan masalah kesehatan lainnya, mulai dari nyeri leher dan bahu, penglihatan ganda, penglihatan kabur, mata tegang, sensitif terhadap cahaya hingga mengalami gejala mata kering. Harus segera dicari solusi mata kering.

Perlu diketahui, saat bekerja di depan layar PC ataupun laptop, mata kita harus fokus pada satu titik dalam waktu lama secara terus menerus. Mata akan bergerak maju-mundur dan ke arah kanan-kiri ketika membaca teks di layar. Kita juga perlu melihat ke samping untuk mengintip berkas yang harus didata, lalu mata kembali menatap ke layar.

Mata kita juga akan selalu bereaksi secara cepat terhadap setiap perubahan gambar di layar, sehingga otak dapat memproses apa yang kita lihat. Seluruh aktivitas ini tentunya membutuhkan banyak tenaga dari otot mata. 

Gejala Mata Kering

Akibat terlalu sering menatap layar dan kurang aware dengan kesehatan mata, tanpa saya sadari ternyata mata saya bermasalah. Gejala mata kering yang saya rasakan misalnya mata terasa sepet dan perih. Lama-lama mata saya terasa pegel, gatal, merah, berair dan terlihat bengkak. Rasanya sangat tidak nyaman. Untuk berkedip saja terasa pegel.

Gejala mata kering yang saya alami tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski masih bisa bekerja di depan layar, tetapi mata tidak kuat menatap layar terlalu lama, sehingga saya lebih sering mengistirahatkan mata dengan cara melihat ke objek yang lainnya selama 20 detik.

Setiap orang bisa saja mengalami gejala mata kering yang bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat. Gejala tersebut bisa memengaruhi satu atau kedua mata. Berikut adalah beberapa gejala mata kering yang umumnya dialami penderita mata kering :

  • Mata merah
  • Mata terasa panas
  • Mata terasa seperti ada pasirnya atau ada sesuatu yang mengganjal
  • Mata berair, karena iritasi pada mata
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Penglihatan buram dan akan kembali membaik setelah berkedip
  • Lendir di dalam atau sekitar mata, terutama ketika baru bangun tidur
  • Mata terasa cepat lelah

Parahnya lagi, gejala mata kering kian memburuk dalam kondisi tertentu, misalnya saja terlalu lama berada di lingkungan yang udaranya kering, terlalu lama melihat layar komputer atau membaca buku dalam waktu yang cukup lama.

Warning! Kenali Bahaya Mata Kering

Sindrom mata kering atau keratoconjunctivitis sicca merupakan suatu kondisi di mana mana kita tidak bisa mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata, sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan lebih parahnya lagi bisa merusak lapisan bening di bola mata yang berakibat pada gangguan penglihatan.

Kandungan pada air mata terdiri dari air, garam, minyak, lendir dan protein. Adapun fungsi dari air mata adalah sebagai pelumas dan membuat permukaan mata tetap halus. Air mata juga berperan penting dalam melindungi mata dari benda asing, partikel yang mengganggu atau kuman penyebab infeksi.

Biasanya, penderita mata kering hanya mengalami iritasi ringan tanpa efek jangka panjang. Namun, apabila mata kering tidak diatasi, maka bisa menyebabkan komplikasi, di antaranya sebagai berikut:

  • Infeksi mata
  • Konjungtivitas (mata merah disebabkan peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam
  • Kerusakan pada kornea
  • Ulkus kornea (tergolong kondisi darurat medis pada mata, karena bisa menyebabkan kebutaan jika tidak segera ditangani)
  • Gangguan penglihatan

Penyebab Mata Kering

Setelah mengetahui gejala dan bahaya mata kering, mari kita cari tahu apa saja penyebab mata kering. Sindrom mata kering bisa terjadi, karena mata tidak bisa mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Penyebabnya pun beragam, salah satunya adalah terlalu lama menatap layar, sehingga produksi air mata jadi berkurang.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan mata kering, di antaranya sebagai berikut :

1. Terjadi penurunan produksi air mata

Menurunnya produksi air mata oleh kelenjar mata bisa menyebabkan sindrom mata kering. Adapun penyebabnya bisa terjadi karena beberapa kondisi berikut :

  • Faktor usia
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, obat hipertensi, obat jerawat, obat penyakit Parkinson, obat terapi pengganti hormon, antihistamin hingga dekongestan
  • Penyakit atau kondisi tertentu, seperti gangguan hormon tiroid, kekurangan vitamin A, sindrom Sjogren, diabetes, rheumatoid arthritis, lupus dan skleroderma
  • Kerusakan pada kelenjar air mata akibat terapi radiasi atau operasi lunar atau operasi lensa mata

2. Terjadi peningkatan penguapan air mata

Air mata terdiri dari beberapa komposisi. Jika salah satu komponen air mata tersebut tidak cukup atau tidak diproduksi sama sekali, terutama minyak, air mata akan lebih cepat menguap. Inilah mengapa mata menjadi cepat kering. Di bawah ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan peningkatan penguapan air mata :

  • Blefaritis Posterior (radang kelopak mata)
  • Suatu keadaan di mana seseorang jarang berkedip, misalnya ketika bekerja terlalu lama di depan layar, membaca buku atau karena memang sakit Parkinson
  • Adanya alergi pada mata
  • Cuaca cenderung kering atau berangin
  • Polusi udara
  • Kekurangan vitamin A
  • Gangguan pd kelopak mata, yaitu kelopak mata yang berbalik ke luar (ektropion) atau berbalik ke dalam (entropion)

Sedia Insto Dry Eyes, Gejala Mata Kering Beres!

Kedua mata yang memerah, otomatis membuat rutinitas saya jadi sedikit terganggu. Mau nulis artikel pun jadi tidak maksimal, karena kondisi mata yang terasa pegel. Saya juga jadi tampil kurang pede, karena kedua mata terlihat merah dan bengkak.

Gejala Sindrom Mata Kering
Pengalaman kena gejala mata kering beberapa waktu silam

Untuk mengatasi masalah pada mata yang saya alami, saya menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes.Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa pegel pada mata. Selain itu juga sesekali saya kompres dengan menggunakan kantung teh bekas.

Namun proses penyembuhannya memakan waktu cukup lama hingga mata benar-benar sembuh total. Alhamdulillah sih, lama-lama mata saya kembali normal seperti sedia kala. 

Pengobatan seperti yang saya lakukan memang penting, akan tetapi tindakan pencegahan jauh lebih penting. Makanya supaya saya tidak mengalami drama mata kering di kemudian hari, saya memutuskan untuk selalu sedia Insto Dry Eyes sebagai pencegahan dari sindrom mata kering. Jangan sampai kecolongan lagi deh kena gejala mata kering. Rasanya benar-benar tidak nyaman. Penglihatan juga jadi sangat terbatas.

Insto bermanfaat sebagai obat mata pereda gejala iritasi mata ringan, seperti mata merah, gatal atau kering. Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif Hydroxypropyl Methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium Chloride 0,1 mg yang memberikan efek pelumas seperti air mata, sehingga mampu mengatasi gejala mata kering. 

Manfaat Insto Dry Eyes

Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari Insto Dry Eyes adalah sebagai berikut :

  • Mengatasi masalah mata kering dan infeksi mata akibat bakteri, virus maupun kuman
  • Bertindak sebagai cairan air mata buatan ketika menggunakan lensa kontak
  • Pemeriksaan mata untuk melebarkan pupil dan mengetahui gejala glaukoma
  • Mengatasi alergi mata atau konjungtivitis atau peradangan mata
  • Bisa digunakan pasca operasi LASIK, katarak maupun operasi transplantasi kornea

Semenjak terkena sindrom mata kering beberapa waktu lalu, saya jadi lebih aware dengan kondisi mata. Semenjak saat itu, setiap kali mata terasa mulai lelah, saya segera menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik. Insto Dry Eyes, menjadi #SolusiMataKering yang recommended

Insto Dry Eyes

Cukup teteskan Insto Dry Eyes sesuai dosisnya, yakni 1-2 tetes tiap mata sebanyak 3 kali sehari. Sesekali cukup kedipkan mata agar obat mata bisa merata ke seluruh bagian bola mata. Kemasan  Insto Dry Eyes ini cukup mungil, sehingga bisa dibawa ke mana-mana dan juga bisa dimasukkan ke dalam saku. Sangat cocok bagi kamu yang selalu mobile dan hobi travelling. 

Tidak Perlu Pusing, Ini Tips Mencegah Mata Kering!

Harga Insto Dry Eyes

Bagi kamu yang tidak ingin mengalami sindrom mata kering seperti saya, sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara memberikan obat tetes mata Insto Dry Eyes ketika mata terasa kurang nyaman. Selain itu, berikut adalah beberapa tips mencegah mata kering yang bisa kamu lakukan :

  • Lindungi mata dari lingkungan yang bisa menyebabkan mata menjadi kering, seperti cuaca berangin, paparan AC di dalam ruangan, cuaca kering, berasap atau berdebu
  • Menggunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata
  • Gunakan pelembab atau penyaring udara di dalam ruangan
  • Hindari pemakaian riasan pada mata
  • Sebisa mungkin hindari merokok maupun asap rokok 
  • Mengatur waktu kerja di depan layar komputer
  • Terapkan metode 20-20-20 sewaktu bekerja di depan layar komputer. Setiap 20 menit, alihkan pandangan ke objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik
  • Mengurangi pemakaian lensa kontak yang berlebihan 
  • Banyak mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung sumber asam lemak omega-3, seperti ikan marel, tuna, sardin atau salmon yang dianggap mampu meredakan mata kering
  • Mengonsumsi suplemen vitamin A untuk menjaga kesehatan mata
  • Menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes untuk melembabkan sekaligus mengganti fungsi air mata

Lima Alasan, Mengapa Perlu Sedia Insto Agar Mata Selalu Nyaman

Insto Solusi Mata Kering

Saat ini saya semakin menyadari, bahwa melihat indahnya dunia dengan mata yang sehat merupakan sebuah anugerah paling indah bagi saya. Insto mampu memberi makna kehidupan yang luar biasa, melalui kedua mata yang sehat. 
Inilah lima alasan mengapa harus sedia Insto untuk menunjang produktivitas, dan pastinya untuk menjaga nikmat Tuhan yang tiada duanya, yakni mata.

1. Dengan mata sehat, membuat saya lebih mensyukuri nikmat

Salah satu cara mensyukuri nikmat pemberian dari Tuhan adalah dengan menjaga dan merawatnya sepenuh hati. Saya tidak mau kecolongan lagi terkena gejala mata kering. Agar mata saya tetap sehat, makanya mulai sekarang selalu sedia Insto Dry eyes.

2. Menjaga kesehatan mata, agar bisa terus melihat dunia

Dengan Insto, mampu menjaga kedua mata saya agar tetap sehat selalu. Dengan mata yang sehat, saya bisa tetap melihat indahnya dunia. Apalagi usia saya sudah kepala 4, tentunya harus benar-benar dalam menjaga kesehatan mata, mengingat aktivitas digital saya sangat tinggi di usia yang sudah tidak muda lagi.

3. Praktis, ekonomis dan pastinya laris manis 

Ukurannya yang mini, memudahkan saya untuk menyimpan Insto di dalam saku, tas ataupun pouch. Botol Insto didesain secara compact agar mudah dibawa ke mana-mana. Harganya juga murah, hanya kurang dari 20 ribu saja, Anda sudah bisa membeli Insto, mulai dari Insto Dry Eyes, Insto Cool maupun Insto Regular. 

4. Dipercaya masyarakat, untuk mata tetap sehat

Sudah sejak lama produk Insto ini dipercaya oleh masyarakat luas. Makanya banyak dari mereka yang lebih memilih Insto untuk menjaga mata agar tetap sehat. Hal inilah yang membuat saya percaya dengan brand Insto, karena memang bukan brand baru kemarin sore. Insto juga telah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah ringan pada mata.

5. Tersedia di minimarket, harganya ramah di dompet 

Produk Insto ini mudah banget dicari, karena memang dijual bebas di minimarket, supermarket, apotek, bahkan tersedia juga di beberapa toko kelontong, dengan harga ramah di kantong. Saya membeli Insto Dry Eyes seharga 16 ribuan saja di salah satu apotek terkemuka. Kalau lagi malas keluar rumah, saya juga bisa membeli Insto secara online loh di e-commerce terkemuka.

Bye Mata Kering, Welcome Mata Bening

Kedua mata yang kita dapatkan ini merupakan anugerah dari Tuhan. Maka dari itu, jagalah selalu, rawat dan sayangi mata sebelum sesuatu yang buruk terjadi dengan mata kita. Jika memang merasa mata sudah kurang nyaman atau pegal, ada baiknya segera lakukan tindakan preventif, misalnya saja memberikan obat tetes mata Insto Dry Eyes agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah di kemudian hari.

Atasi Gejala Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Sebelum menjadi drama yang akan membatasi rutinitas sehari-hari, cegah gejala mata kering dengan menggunakan #InstoDryEyes. Kini saya bisa lebih bebas beraktivitas menatap layar gawai, tanpa khawatir gejala mata kering.

Nah demikian pengalaman saya ketika terkena sindrom mata kering akibat terlalu sering menatap layar gawai dan juga kurang aware dengan kesehatan mata. Terima kasih Insto. Bye mata kering, welcome mata bening!

Semoga bermanfaat.

Referensi :

https://www.alodokter.com/mata-kering

50 komentar untuk "Bikin Ambyar! Pengalaman Mata Kering Akibat Terlalu Lama Menatap Layar"

  1. Karena kita lebih banyak berhadapan dengan laptop dan hape, maka rentan sekali mata kering ya, Mas. Makanya harus diwaspadai. Pastinya harus dilakukan pencegahan. Saya juga sedia Insto, untuk menjaga kelembaban mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mase, konsekuensinya mata jadi cepat lelah. Makanya penting banget untuk sedia selalu Insto di dalam tas

      Hapus
  2. Kalau udah asyik sama laptop emang bisa sampai berjam-jam lamanya ya kak bahkan bisa sampai lebih dari 7 jam. Hal tersebut jadi bikin kita terkena sindrom mata kering. Udah nggak pusing lagi untungnya ada insto dry eyes yag bikin mata kita jadi normal lagi. Emang bikin nyaman insto dry eyes ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya untungnya ada Insto Dry Eyes yang membantu mengurangi gejala mata kering. Jadi enggak perlu terlalu khawatir lagi deh dan tetap semangat bekerja di depan layar gawai

      Hapus
  3. Betul nih kak jangan sampe kena komplikasi mata kering. Sedia Insto Dry Eyes selalu di rumah bisa sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sedia selalu Insto Dry Eyes biar tidak terkena gejala mata kering ya

      Hapus
  4. Cocok banget buat saya yang suka seharian menatap layar laptop yang membuat mata menjadi kering dan perih. BIsa nyobain pakai obat tetes mata ini deh biar matanya kembali pulih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar matanya nggak perih, pegel atau kering ya, sebaiknya sedia selalu Insto Dry Eyes

      Hapus
  5. Kalau mata kering pasti sakit banget ya Kak. Untung ada Insto Dry Eyes. Mata kembali segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu deh Mba, sulit diungkapkan dengan kata-kata, eh saya udah nulis di atas ding, ya tinggal dibayangkan saja, sakitnya seperti apa, hehehe

      Hapus
  6. hehe aku juga pernah nih keasyikan bikin design visual sampe mata kering. alhamdulillah sih waktu itu langsung kerasa jadi bisa langsung diatasi. yang bahaya tuh kalo nggak ada gejalanya kasihan matanya jadi telat diobati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih yang bahaya itu kalau nggak ada gejalanya kayak aku dulu tiba-tiba langsung parah gitu. Makanya kalo emanh kerjaan depan laptop lebih dari 2 jam, mending tetesin dulu pake insto dry eyes

      Hapus
    2. Memang yang nggak bergejala ini yang agak bikin was-was. Tau-tau tiba-tiba mata udah terasa enggak nyaman. Namun kalo bisa sih jangan keduanya ya, hehehe

      Hapus
    3. Mending rutin gunakan Insto Dry Eyes ketika mata sudah terasa nggak nyaman

      Hapus
  7. Perlu sedia Insto Dry Eyes nih untuk pekerja digital yang seharian menatap layar 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba Putu, wajib itu mah. Jangan sampai kecolongan kena gejala mata kering

      Hapus
  8. Makasih sharingnya.. Belakangan ini saya juga gabisa berlama2 depan laptop karena mata cepat lelah, ternyata salah satu gejala mata kering ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, mesti peka dengan kondisi mata, walau yang dirasakan "cuma" pegal, tapi tetap harus waspada, karena kalo udah kena, rasanya nggak enak dan nggak nyaman banget

      Hapus
  9. aku pernah tuh ngalamin mata kering sampai yang bener-bener gak ada air matanya. auto ke dokter dong dan itu jadi warning banget buat aku. at least per 20-30 menit istirahat dulu gak menatap layar. baru lanjutin lagi. dan satu lagi, sediain insto dry eyes juga jadi keharusan sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sekarang nggak ngalamin lagi gejala mata kering ya Mba. Jadi mata juga mesti diistirahatkan, jangan terus-terusan menatap layar gawai

      Hapus
  10. Menjaga kesehatan mata menjadi salah satu hal penting yang harus betul-betul diperhatikan. Salah satunya dengan menjaga kelembaban atau mencegahnya dari mata kering dengan memgggunakan insto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Kak. Dan bagi saya, kalau ada masalah dengan mata saya, maka berhubungan juga dengan mata pencaharian saya. Tidak bisa menulis dan dapat cuan hahaha. Makanya saya selalu melakukan pencegahan, termasuk menyediakan tetes mata steril.

      Hapus
    2. Iya sangat penting untuk menjaga kesehatan, salah satunya mata yang kita gunakan untuk melihat. Kalo udah merasakan pegal, sebaiknya cepat ditangani

      Hapus
  11. Wah bahaya banget kalau mata kering dibiarin ya kak soalnya ternyata bisa bikin kornea mata rusak bahkan kehilangan penglihatan. Kita samaan kak, mengatasi mata kering pake insto dry eyes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kalo nggak segera ditangani di awal, khawatir ke depannya bakalan tambah parah.

      Hapus
  12. Setuju kak, kerja di depan komputer dengan durasi yang lama itu bikin mata sepet, kadang tiba-tiba blur yang bikin saya panik. Belum lagi nyeri leher sampe punggung. Oh iya serem banget deh kalau sampai mata kering di biarkan tanpa penanganan. Bida bikin kornea mata rusak,bahkan kehilangan penglihatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Kak. Mau gak mau kita emang terpapar sinar layar PC/HP selama berjam2. Oleh karena itu wajib meneteskan Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering dan kembali lega.

      Hapus
    2. Iya sebaiknya segera ditangani kalo sudah terasa gejalanya, meski cuma pegal atau gatal. Jangan dibiarkan aja, khawatir tambah parah sih

      Hapus
    3. Apalagi sekarang pastinya kita nggak bisa lepas dari yang namanya gadget. Jadi, kudu banget pinter menjaga kesehatan mata

      Hapus
  13. "JIka sekali-kali mata tidak bisa melihat". Aku mengalami itu waktu sakit cacar api tahun lalu, Mas. Kenanya saraf di sekitar mata pula. Tapi itu penyebabnya virus sih. Beda sama mata kering akibat kelamaan menatap layar laptop dan hp yang sering kualami.

    BalasHapus
  14. sebagai pekerja digital yang nggak bisa lepas dari gadget, sebaiknya memang ada batasan waktu dan sesekali istirahat sebentar, untuk ada insto ya untuk mengatasi mata kering

    BalasHapus
  15. Kadang yah, kalau mata mulai gak nyaman tuh langsung refleknya mengucek mata. Padahal ini kebiasaan buruk yang bisa melukai dan membuat mata semakin sakit. Kudu sedia Insto Dry Eyes agar mata aman, sehat dan jauh dari gejala mata kering.

    BalasHapus
  16. cocok banget buat para konten kreator yang pekerjaannya sangat banyak depan layar gawai bahkan bisa seharian yang membuat mata menjadi merah, kering dan juga sepat. ukurannya juga sangat travel friendly ya jadi enak banget dibawa kemana-mana ga makan tempat

    BalasHapus
  17. keseringan melihat ke layar karena urusan kerjaan kadang bikin kita sensitif banget sama cahaya. Begitu keluar, mata kayak silau banget sampai bikin kayak nyut-nyutan gitu. Kudu persiapan insto buat mata kering nih

    BalasHapus
  18. aku kadang juga kalo udah lama memandang layar laptop juga mata terasa lelah dan sering kucek2 mata, sepertinya aku juga perlu nyobain Insto ini biar mata tetap sehat

    BalasHapus
  19. Hmm, kalau gitu saya juga harus waspada nih. Soalnya mata saya juga sering terasa panas. Kalau merah sih belum, tapi agak kuning gitu mata saya. Perlu pakai insto dry eyes juga nih saya.

    BalasHapus
  20. Kalo kelamaan depan layar gadget terus pakai insto lebih adem sih. Solutif yang mengasikkan memang, biar mata lebih lembab. Cuma memang diiringi jaga kesehatan juga jangan sampe gak mengedip

    BalasHapus
  21. Dulu sewaktu masih ngantor, aku menatap layar laptop ataupun smartphone enggak cuma 7-8 jam, jujurly itu ngegangggu banget. Mata kering nggak bisa disepelekan loh, aku juga selalu sedia insto dry eyes nih...

    BalasHapus
  22. Ngebahas mata kering, di situ ada lah satunya karena ruang ber AC, saat di ruang ber AC memang sangat terasa sekali bagaimana kondisi mata. Ini juga yang bikin saya jadi ga senang dengan ruang ber AC. Nampaknya mulai sekarang harus sedia Instro, biar kalau habis dari ruang ber AC bisa dicegah mata keringnya

    BalasHapus
  23. Bye bye mata kering. Pokoknya dengan insto permasalahan mata kering mudah dan segera teratasi. Mau gimana lagi yaa...Blogger kerjaannya banyak d depan laptop. Jadi harus sedia insto dry eyes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, baik blogger maupun profesi lainnya yang kebanyakan liat monitor, perlu menjaga kesehatan mata dengan menyediakan Insto Dry Eyes, maupun Insto lainnya. Mencegah kan lebih baik daripada mengobati, ye kann

      Hapus
  24. waduh bahaya juga ya kalo mata kering tanpa disadari kemudian berdampak jangka panjang gitu. aku penggguna insto nih sejak dulu , praktis dan mudah didapatmya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job Mba, mending sedia Insto untuk mencegah mata kering deh, daripada terlambat ditangani, malah bikin ambyarrrr

      Hapus
  25. Gejalanya sudah ada beberapa yang dirasakan nih
    Harus selalu berusaha jaga kesehatan mata
    Selain periksa ke dokter, juga sedia INSTO sebagai penangan tercepat jika merasakan gejala mata kering supaya tidak berlarut-larut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah, makanya sebelum cek ke dokter, sebaiknya dicegah dulu dengan menggunakan Insto Dry Eyes, biar tidak semakin parah gejalanya.

      Hapus
  26. Ya, iya, berada di depan layar komputer 7-8 jam sehari dan setiap hari, mayan banget pedesnya, apalagi pas libur juga masih di depan laptop ya, Mas. Padahal mata indera vital banget yang mesti dijaga. Yuk ah, cegah jangan sampai mengalami mata kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Mon, libur aja saya membuat konten di depan layar. Gimana ya, namanya juga hobi, hehehe....

      Hapus
  27. Nah harus banget diperhatikan kesehatan mata kita ya kak. Terutama dari gejala mata kering. Kalau udah nemuin gejala mata kering, maka instro dry eyes solusi banget buat ngatasinnya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu. Berdasarkan pengalaman saya, gejalanya mata sepet, pegel, gatal juga. Jadi mending sedia Insto dry eyes aja, apalagi bagi yang bekerja lama di depan layar, wajib banget sedia deh.

      Hapus
  28. Yang pekerjaan utamanya sebagai writer atau blogger emang rawan banget nih kena mata kering. Untung ada Insto, mata kering jadi bye bye deh hihihi.

    BalasHapus