Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Belajar Al Quran Lewat Aplikasi Quran Belajar

Membaca Al Quran Lewat Ponsel

Salah satu kebiasaan baik yang sering dilakukan selama bulan Ramadan adalah membaca Al Quran. Selain mendapatkan pahala, rajin membaca Al Quran juga bisa menyelamatkan kita di dunia dan akhirat. Karena sejatinya Al Quran merupakan pedoman sekaligus petunjuk bagi umat manusia, agar tidak tersesat dan mudah terjerumus ke dalam dosa.

Di desa tempat tinggal saya, hampir di setiap musholla terdengar lantunan ayat suci Al Quran. Biasanya mereka mulai mengaji selepas dzuhur hingga waktu ashar dan dilanjut lagi selepas sholat tarawih. Kebiasaan baik ini memang rutin dilakukan selama bulan Ramadan.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena bulan suci Ramadan merupakan momentum yang pas untuk memperbanyak ibadah, baik ibadah wajib maupun sunnah. Salah satu yang sangat dianjurkan adalah membaca Al Quran.

Makanya tidak heran, jika di bulan suci Ramadan banyak orang berlomba-lomba membaca Al Quran. Bahkan ada yang sanggup khatam berkali-kali. Wow banget ini sih! Terkadang saya salut banget dengan orang yang konsisten seperti ini.

Tidak Punya Banyak Waktu? Bisa Baca Al Quran Lewat Ponsel

Saya sering menjumpai di masjid beberapa jamaah berpakaian rapi, seperti orang kantoran. Setelah selesai sholat, mereka menyempatkan untuk membaca Al Quran. Mereka mengeluarkan ponsel dari sakunya, dan mulai mengaji. Sesibuk apapun mereka, ternyata masih sempat membaca Al Quran, meski hanya lewat ponsel. Top markotop deh!

Intinya, tidak ada alasan untuk tidak membaca Al Quran. Sesibuk apapun kita, usahakan untuk membacanya, walau hanya beberapa ayat saja. Jika kita tidak sempat membaca Al Quran lewat mushaf, maka kita bisa membaca Al Quran di ponsel.

Mungkin kita bertanya-tanya, apakah pahalanya sama, orang yang membaca Al Quran di ponsel dengan di mushaf?

Ustadz Abdul Somad pernah menyinggung masalah ini. Pada dasarnya, pahala membaca Al Quran dinilai dari ketepatan pelafalan dan keikhlasan hatinya.

"Melihat mushaf, melihat handphone, melihat dinding pahalanya bukan dilihat kau baca Quran dari mana, tapi yang dilihat adalah lafadz di mulut dan di hati," ujarnya.

"Mulut fasih, tahsil dan tajwid. Hati ikhlas. Walaupun kau baca di pelepah kurma," sambungnya. (muslimterkini.com | 16/09/2021)

Zaman Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam saja, Al Quran dicetak di berbagai media, mulai dari pelepah-pelepah kurma hingga tulang unta, karena pada waktu itu belum ada kertas.

Mau Belajar Al Quran? Bisa Belajar di Aplikasi Quran Belajar

Logo Aplikasi Quran Belajar

Nah, kebetulan banget nih, saya punya satu rekomendasi aplikasi Al Quran yang pas. Nama aplikasinya Quran Belajar & Hapalan. Selain fiturnya lengkap, aplikasnya juga mudah digunakan dan cukup ringan, meski harus terhubung ke internet.

Aplikasi yang satu ini, tidak hanya digunakan untuk membaca Al Quran saja, tetapi juga bisa mempelajari ilmu tajwid, mengetahui arti terjemahan ayat, kompas kiblat hingga azan reminder.

Sebelum menggunakan aplikasi Quran Belajar, kita harus mengatur lokasi (Provinsi dan Kota/Kabupaten) terlebih dulu. Cara ini perlu dilakukan, agar semua fitur yang ada di aplikasi bisa berfungsi sempurna, misalnya saja fitur azan reminder, jadwal sholat dan kompas kiblat.

Belajar Al Quran Lewat Aplikasi Quran Belajar

Saat kita masuk ke aplikasi, kita akan disuguhkan tampilan jadwal sholat 5 waktu (waktunya disesuaikan dengan tempat tinggal). Di bagian bawah, ada 8 menu Al Quran yang berbeda yang bisa digunakan sesuai kebutuhan :

Indonesia Per Ayat

Di bagian menu ini, kita bisa membaca Al Quran per ayat yang telah dilengkapi dengan bacaan latin dan juga terjemahannya. Sehingga membantu memudahkan bagi yang belum lancar membaca Al Quran.

Al Quran Indonesia

Tampilan Al Quran Indonesia seperti mushaf standar Indonesia

Indonesia Tajwid

Menu Indonesia Tajwid menyajikan bacaan Al Quran yang telah dilengkapi dengan hukum-hukum tajwid. Setiap jenis hukum tajwid akan diberikan warna yang berbeda, agar lebih mudah dipelajari.

Per Kata Tajwid

Selain membaca ayat Al Quran, kita juga bisa belajar ilmu tajwid dengan tampilan yang mudah dipahami. Setiap hukum tajwid dibedakan warnanya. Ilmu tajwid sangat penting, agar bacaan kita tidak berantakan dan sesuai kaidah, sehingga pahala membaca Al Quran kita tidak sia-sia.

Al Quran Madinah

Di aplikasi belajar al quran ini juga dilengkapi dengan bacaan ayat Al Quran bergaya standar Madinah. 

Madinah Tajwid

Hukum-hukum tajwid juga telah ditambahkan ke dalam Al Quran Madinah, lengkap dengan warna yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Latin Tajwid

Pada menu ini, kita akan disuguhkan bacaan ayat Al Quran yang telah dilengkapi dengan latin tajwid.

Hafalan 8 Blok

Bagi yang lagi menjalani program hafalan Al Quran, menu ini bakalan cocok banget. Setiap lembarnya, telah dilengkapi dengan 8 blok dengan warna yang berbeda. Cara ini akan membantu memudahkan untuk mengingat hafalan.

Fitur-fitur Aplikasi Quran Belajar

Aplikasi yang punya fitur lengkap, itu nyaman banget pakainya, karena bisa ngebantu banget mempermudah pekerjaan, sesuai kebutuhan. Misalnya terkadang saking sibuknya bekerja, kita sampai lupa udah masuk waktu sholat. Namun dengan fitur azan reminder dari aplikasi Quran Belajar ini, tidak ada lagi kelupaan sholat.

Aplikasi Baca Al Quran

Itu baru contoh satu fitur yang ada di aplikasi ini. Berikut beberapa fitur lainnya :

  • Azan reminder
  • Arah kiblat
  • Jadwal sholat 5 waktu
  • Fitur search atau pencarian, untuk mencari tema indeks Al Quran yang kita inginkan
  • Bisa menandai ayat yang dibaca terakhir
  • Fitur audio murotal
  • Fitur hapalan blok, agar lebih mudah proses menghapal ayat Al Quran
  • Histori tilawah

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Quran Belajar

Tak ada gading yang tak retak. Namanya sebuah sistem atau platform, pasti ada saja kekurangannya. Selain kelebihan yang dimilikinya tentunya, yang akan mempermudah pengguna dalam mengeksplor aplikasi Quran Belajar.

Terlepas dari itu semua, berikut adalah kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan :

  • Fiturnya beragam
  • Ada tambahan audio untuk mendengarkan murotal
  • Aplikasi ringan dan mudah digunakan
  • Gratis dan tanpa gangguan iklan

Kekurangan :

  • Belum bisa zoom in tulisan dengan cara mencubit layar ponsel
  • Harus selalu terhubung dengan koneksi internet untuk full akses
  • Jumlah qori murotal masih terbatas. Perlu ditambah lagi ke depannya
  • Belum tersedia kumpulan doa harian

Bagi kamu yang ingin belajar Al Quran lebih praktis dan mudah, buruan install aplikasi Quran Belajar di ponsel. Ukuran filenya kecil, hanya 19 MB saja. Jadi tidak bikin memori ponsel cepat penuh.

Saya rasa cukup segitu dulu artikel mengenai ulasan aplikasi Quran Belajar. Semoga dengan aplikasi ini, kita jadi lebih rajin untuk membaca sekaligus belajar Al Quran serta bisa mengamalkannya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Yuk, Belajar Al Quran Lewat Aplikasi Quran Belajar"