Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Aplikasi Android Yang Bagus

Daftar Aplikasi Android yang Bagus

Seperti kita ketahui bersama, aplikasi di platform Android itu sangat banyak dan beragam. Bahkan sebagian besar aplikasinya bisa kita nikmati secara gratis. Makanya Android adalah platform yang paling populer di Tanah Air, karena mudah digunakan, banyak aplikasinya dan ponselnya juga punya harga yang beragam.

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, pastinya ada dong aplikasi favorit yang sering digunakan bukan? Bahkan kalau tidak install aplikasi tersebut di ponsel, rasanya seperti ada yang kurang. Jadi istilahnya wajib untuk punya aplikasinya di ponsel.

Aplikasi yang dipasang di ponsel bukan hanya sebagai hiburan semata saja. Namun digunakan untuk produktivitas, seperti bekerja, belajar, berbisnis dan lain sebagainya.

Nah kira-kira, aplikasi Android apa saja sih yang sebaiknya dipasang di ponsel, baik untuk produktivitas maupun hiburan semata. Berikut daftar aplikasi Android yang bagus versi Blogmashendra.com :

Aplikasi Media Sosial

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan istilah media sosial, karena sebagian besar pasti sudah memilikinya, baik sebagai sarana hiburan, untuk komunikasi hingga branding. Apalagi masyarakat kini tidak hanya menggunakan satu jenis media sosial saja di ponselnya.

Mari kita lihat, aplikasi media sosial yang paling asyik dan "wajib" dipasang di ponsel :

1. Facebook

Hampir sebagian besar orang menggunakan Facebook untuk berbagai keperluan. Makanya tidak heran jika Facebook wajib terpasang di ponsel. Aplikasi Facebook pun hadir dalam dua versi, yakni versi Lite dan Reguler.

2. Instagram

Kehadiran fitur Reels Instagram, membuat platform ini semakin asyik digunakan, karena kita bisa melihat konten video singkat melalui Reels. Yah bisa dibilang Reels mirip sekali dengan TikTok.

3. Twitter

Pengguna Twitter tidak sebanyak Facebook dan Instagram, karena hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki akun Twitter. Terutama seorang media social enthusiast maupun buzzer.

4. LinkedIn

Pengguna platform yang satu ini biasanya datang dari kalangan profesional yang berkutat di dunia kerja dan karir. Mereka juga kerap mencari lowongan pekerjaan melalui LinkedIn.

5. Pinterest

Pinterest merupakan aplikasi berbagi foto yang mirip seperti Path. Pinterest masih sedikit peminatnya jika dibandingkan dengan Facebook dan Instagram.

6. Telegram

Yang paling baru adalah aplikasi Telegram. Menariknya, kita bisa mencari berbagai konten lewat Telegram, misalnya saja mencari film, video, foto atau bergabung dengan berbagai komunitas.

Aplikasi Pemutar Video

Meski di setiap ponsel telah terpasang aplikasi pemutar video, tetapi sebagian besar pengguna ponsel Android memasang aplikasi pemutar video dari pihak ketiga. Karena biasanya fiturnya lebih banyak dan lebih lengkap.

1. MX Player

Aplikasi yang satu ini sangat mumpuni dalam mengolah berbagai format video, mulai dari video resolusi rendah, hingga yang paling besar. Sebagai pelengkap, pengguna akan dianjurkan untuk memasang codec sebelum memasang MX Player di perangkat Android.

Aplikasi Pengolah Foto

Bagi para pembuat konten, biasanya mereka akan memasang lagi aplikasi pengolah foto dari pihak ketiga melalui Play Store. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, Canva menjadi aplikasi yang cukup banyak digunakan, karena mudah digunakan dan fiturnya lengkap.

1. Canva

Aplikasi Canva menjadi salah satu aplikasi pengolah foto yang wajib Anda pasang di ponsel, terutama bagi Anda yang sering membuat konten, misalnya saja membuat konten carousel Instagram. Canva sangat kaya akan fitur dan bisa digunakan secara gratis.

2. Photogrid

Aplikasi foto editing yang satu ini terbilang cukup keren dan punya fitur yang cukup banyak. Aplikasinya juga mudah digunakan. Bagi yang suka mengedit foto dan mengunggahnya ke media sosial, saya rasa Photogrid merupakan pilihan yang pas.

3. Pixlr

Pixlr juga merupakan aplikasi pengolah foto yang tidak kalah kerennya. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap, seperti collage foto, template foto hingga memasukkan teks ke dalam foto.

Aplikasi Pengolah Pesan (Chatting)

Sekarang sudah sangat jarang orang mengirim pesan lewat SMS, selain kena pulsa, SMS sudah mulai ditinggalkan oleh penggunanya, kecuali para penipu yang masih kirim pesan lewat SMS dan juga SMS dari instansi tertentu.

1. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling populer di dunia. Berada di bawah naungan Meta, WhatsApp berjalan bersama Facebook dan Instagram, dan ketiganya memang sering kita gunakan. WhatsApp selalu menghadirkan fitur-fitur keren bagi penggunanya.

2. Messenger

Messenger adalah aplikasi chatting yang khusus digunakan oleh pengguna Facebook. Lewat aplikasi ini, kita juga bisa mengirim berbagai foto, stiker, GIF hingga dokumen.

Aplikasi Konten Video Pendek (Short Videos)

Saya menyebutnya aplikasi yang berisi konten koleksi video pendek, karena memang isinya hanya video-video berdurasi pendek, antara 1 menit hingga 4 menit. Bahkan banyak juga yang durasinya kurang dari 1 menit.

1. TikTok

Aplikasi yang pertama kali hadir berisi konten video pendek adalah TikTok. Banyak konten kreator yang tertarik untuk membuat karya di TikTok. Apalagi saat ini TikTok juga sudah bisa dimonetisasi dan endorsement oleh berbagai brand.

2. Helo

Helo mirip seperti TikTok yang menyajikan konten video pendek. Hanya saja di Helo kita bisa mencari konten berdasarkan hastag yang sedang tren saat itu. Mirip seperti Twitter gitu. Kita juga mencari cuan lewat aplikasi Helo dengan cara mengumpulkan koin.

3. Snack Video

Bisa dibilang, Snack Video sangat mirip dengan TikTok dan sama-sama berasal dari China. Pengguna juga bisa saling berinteraksi dan saling mengirimkan konten melalui WhatsApp. Penggunanya bahkan telah mencapai angka 10 juta di seluruh dunia.

Nah itu tadi beberapa aplikasi Android yang bagus dan cukup populer, sehingga sangat disayangkan jika tidak dipasang di ponsel. Mungkin masih ada lagi aplikasi keren lainnya yang mau direkomendasikan? Sharing yuk di kolom komentar ya!!

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Daftar Aplikasi Android Yang Bagus"

  1. Aplikasi pemutar video biasanya saya hanya pakai aplikasi bawaan ponsel

    BalasHapus