Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Makanan Khas Surabaya yang Perlu Kamu Tahu?

Dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, tentunya Surabaya memiliki banyak kisah sejarah yang terus melekat. Nilai-nilai sejarah itulah yang akan terus diingat dan dilestarikan hingga saat ini. Tidak hanya sebatas nilai sejarah saja, aspek-aspek lain juga senantiasa harus diketahui agar tidak hilang begitu saja, termasuk aspek kuliner tradisional atau makanan khas yang sudah ada sedari dulu.

Lalu apa saja makanan khas Surabaya yang perlu kamu tahu? Simak ulasan singkat di bawah ini :

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur termasuk salah satu makanan khas Surabaya yang perlu kamu tahu. Rujak Cingur berbeda dengan rujak dari daerah lain. Perbedaan tersebut tentunya berasal dari tambahan cingur atau potongan bibir sapi yang dimasukkan ke dalam bumbu rujak.

Rujak Cingur, Makanan Khas Surabaya
Image : Instagram/rujak_cingur_bbm_surabaya

Selain cingur, rujak khas yang satu ini biasanya diberi isian lain, seperti tauge, kacang panjang, lontong, tempe ataupun buah-buahan jika dibuat dalam rujak cingur buah.

Dalam proses penyajiannya juga unik lho, yakni dengan menggunakan pincuk atau daun pisang, lalu di bagian atasnya diberi tambahan kerupuk udang. Bikin ngiler dan ketagihan. Rujak ini dibanderol dengan harga yang bervariasi, yakni kisaran 8 ribu hingga 80 ribu, tergantung pada isiannya.

2. Tahu Tek

Jika ada pertanyaan apa saja makanan khas Surabaya yang perlu kamu tahu, maka Tahu Tek bisa menjadi salah satu jawabannya. Tahu Tek atau dikenal juga Tahu Telor ini merupakan sebuah makanan yang dalam proses pembuatannya dicampur dengan berbagai bumbu, seperti petis, kacang, sambal dan bawang.

Tahu Tek Tek Khas Surabaya
Image : https://today.line.me

Dinamakan Tahu Tek, karena penjual makanan ini identik mengeluarkan suara 'tek tek' untuk menarik pembeli. Nah, kenapa dinamakan tahu telor, karena pada proses pembuatannya, tahu ini akan dicelupkan terlebih dulu di dalam telur kocok.

Tidak hanya lontong saja, beberapa sayuran juga menjadi teman dalam satu porsi tahu tek, seperti tauge, timun, kentang dan biasanya ditambah kerupuk. Untuk harganya sendiri, dibanderol mulai dari 10 ribu hingga 15 ribu per porsinya.

3. Lontong Balap

Lontong Balap juga termasuk salah satu makanan khas Surabaya yang perlu kamu ketahui. Diberi nama Lontong Balap, karena pada zaman dulu, para penjual berlari untuk merebut pelanggan, sehingga seperti sedang melakukan balapan.

Makanan Khas Surabaya
Image : https://topwisata.info

Sedangkan Lontong Balap sendiri merupakan sajian makanan berupa lontong yang ditambahkan tauge, tahu, sambal, kecap dan bawang goreng. Nantinya semua bahan ini akan dicampur dengan siraman kuah panas yang berasal dari sambal petis atau bawang.

Yang bikin unik dari Lontong Balap ini adalah isian taugenya yang sangat banyak, dengan dipadukan lentho atau perkedel singkong tolo. Menawarkan cita rasa gurih, pedas dan bikin nagih. Lontong Balap ini biasanya dijual dengan kisaran harga 15 ribu hingga 25 ribu saja.

Kamu juga bisa mencari banyak informasi tentang hotel Surabaya atau hotel murah di Surabaya sebagai tempat untuk menginap selama masa liburan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Makanan Khas Surabaya yang Perlu Kamu Tahu?"