Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Saat Pandemi? Kenapa Tidak Jualan Sembako Saja!

Jualan Sembako Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 telah memporakporandakan ekonomi secara global. Hal ini menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan, omzet bisnis yang menurun hingga usaha yang dijalankan terpaksa harus gulung tikar.  Hal ini membuat angka pengangguran terus meningkat, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang berjalan cukup lambat.

Kalau kita mau jeli, peluang bisnis di saat krisis selalu ada. Salah satunya adalah berjualan kebutuhan sembako. Setiap hari masyarakat membutuhkan sembako untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bisa dibilang usaha sembako termasuk dalam bisnis yang tidak akan pernah mati, karena ada saja orang yang akan belanja setiap harinya.

Jualan sembako punya potensi bisnis yang cukup cemerlang, karena sembako dibutuhkan oleh semua orang. Setiap hari dagangan akan laku keras, sehingga perputaran modal dapat kembali dengan cepat.

Langkah Awal untuk Berjualan Sembako

Sebelum lanjut ke tips awal berjualan, mari kita cari tahu dulu apa arti bisnis. Menurut Wikipedia, bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan.

Memulai suatu bisnis memang akan sedikit membingungkan, terutama bagi yang belum punya pengalaman sama sekali. Tapi tenang, Blogmashendra akan berbagi trik bagaimana langkah awal untuk memulai berjualan sembako. Sebagai berikut :

1. Modal

Jika modal awal sedikit, kita bisa memulai berjualan sembako skala kecil. Mulailah jualan sembako yang paling banyak dicari, seperti air mineral atau gas. Yang penting apa yang pembeli butuhkan, kita bisa memenuhinya.

2. Lokasi

Bingung tidak punya lokasi untuk berjualan? Tidak perlu berkecil hati dulu, kita bisa loh memanfaatkan teras rumah yang masih kosong untuk digunakan berjualan sembako. Karena saat ini memang banyak yang memanfaatkan berjualan di rumah. Selain lebih menghemat modal, Anda juga bisa lebih mudah mengawasi usaha yang dijalani.

3. Bangun relasi

Namanya jualan, kita perlu memperluas jaringan dan teman. Promosikan bisnis kita di sana. Kalau relasi sudah cukup luas, kita bisa mengenalkan bisnis yang kita jalani di sana. Semakin banyak relasi, maka potensi untuk menjaring calon pembeli lebih besar lagi.

4. Tentukan supplier

Cari supplier yang amanah dan terbukti profesional. Kita bisa melihat terlebih dulu testimoni dari para pelanggan yang sudah punya supplier tetap. Kalau kita sudah yakin, bangun hubungan yang baik dengan supplier tersebut, agar bisnis kita semakin mudah dijalani.

5. Cari mitra bisnis yang amanah

Jika kita tertarik untuk bermitra ketika menjalani bisnis, maka carilah mitra bisnis yang amanah dan profesional. Selain akan menjaga nama baik kedua belah pihak, mitra seperti ini juga telah memiliki pengalaman yang matang dalam menjalani bisnis. Mungkin mencari mitra yang profesional itu banyak, namun mencari mitra bisnis yang amanah itu yang sulit.

6. Menggunakan aplikasi untuk jualan

Bagi pelaku usaha yang memiliki bisnis skala besar, biasanya menggunakan aplikasi yang akan memudahkan untuk menjalani bisnisnya. Makanya tidak heran jika sistem pembukuannya berjalan dengan lancar. Hal ini tentu saja berkat bantuan sebuah aplikasi. Namun tidak ada salahnya jika pebisnis pemula juga menggunakan aplikasi yang sama untuk membantu memudahkan berjualan. 

Aplikasi yang bisa Blogmashendra rekomendasi adalah jurnal.id. Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud untuk bisnis yang akan memudahkan pengguna untuk menjalankan bisnis dan tetap terhubung dengan data dan akuntan. Terintegrasi langsung dengan fitur dan apliaksi tambahan, sehingga membuat bisnis jadi lebih efektif dan optimal.

Software Akuntansi Jurnal.id

Berikut keunggulan yang dimiliki aplikasi Jurnal :

- Memantau ketersediaan barang dan detail harganya

- Mengetahui barang terlaris dan paling menguntungkan

- Melacak dan memantau biaya pengeluaran produksi bisnis secara real-time

- Membuat laporan penjualan dan pembelian untuk setiap produk

- Membuat penawaran khusus untuk pelanggan tertentu

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang aplikasi Jurnal, Anda bisa menuju website-nya langsung di : https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/.

Nah demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bisa memberikan pencerahan, terutama bagi Anda yang baru akan memulai bisnis di saat pandemi. Dan bisa dibilang jualan sembako adalah salah satu bisnis yang cocok saat pandemi.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Bisnis Saat Pandemi? Kenapa Tidak Jualan Sembako Saja!"

  1. Iya, saya juga kepikiran gitu sih. Karena sembako ini nggak kenal musim. Mau ada bencana, wabah, krismon, juga orang tetap butuh makan kan. Semoga nanti kesampaian punya toko sembako :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, bisnis yang nggak pernah mati. Selalu ada pembeli setiap harinya

      Hapus

Berlangganan via Email