Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok

Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok - Blog Mas Hendra

Pagi hari di sudut Kota Depok, tepatnya di daerah Pengasinan, saya berteman dengan secangkir kopi hangat buatan sang istri. Seruput demi seruput kopi saya habiskan perlahan, sambil menyaksikan seseorang yang tengah sibuk melayani pembeli yang datang menggunakan sebuah mobil truk.


Usut punya usut, ternyata pembeli tersebut sedang memborong sebagian rumput yang dijual oleh Bang Bodet, begitu ia biasa disapa, sang pengelola tanaman rumput gajah mini hias di samping rumah.

Di tempat tinggal saya memang masih terlihat sangat asri dan sejuk. Lapangan bola, kolam lele, kebun singkong/pisang/pepaya dan tanah kosong masih banyak dijumpai. Keadaan ini berbanding terbalik dengan suasana di kotanya, sebut saja kawasan Margonda, yang merupakan jantung Kota Depok, suasanya sangat ramai dan padat.

Tidak heran, banyak warga setempat yang memanfaatkan lahan kosong ini untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan yang paling sering saya jumpai adalah bisnis jual beli rumput gajah mini, seperti yang saya amati pada pagi hari itu.

Rumput gajah mini banyak digunakan sebagai rumput hias yang dipasang di perumahan. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp. 20.000an per meter persegi, tergantung kualitasnya.

Bisnis rumput gajah mini saat ini masih cukup menjanjikan, karena permintaan pasar cukup tinggi. Hal ini disebabkan masih banyaknya perumahan baru yang terus dibangun di sekitar daerah Pengasinan. Bahkan tidak hanya dari daerah Pengasinan saja, pembeli pun kerap datang dari jauh.


Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok - Blog Mas Hendra

Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok - Blog Mas Hendra

Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok - Blog Mas Hendra

Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok - Blog Mas Hendra

Bahkan di perumahan saya saja menggunakan rumput jenis ini. Warna daunnya yang hijau pekat, dapat menyejukkan mata dan rumah menjadi terlihat lebih asri. Rumput gajah mini memiliki karakter yang unik, yakni daunnya tidak tumbuh keatas, melainkan tumbuh ke samping. Hal ini sangat bertolak belakang dengan jargon "TUMBUH ITU KEATAS, BUKAN KE SAMPING!".

Cara perawatannya pun tidak terlalu sulit, asal dilakukan dengan telaten, maka hasilnya pun sesuai ekspektasi. Berdasar pengamatan saya di lapangan, berikut adalah cara menanam dan merawat rumput gajah mini :

1. Gunakan cangkul untuk menggemburkan tanah, lalu balikkan tanah hingga kedalaman sekitar 15 cm. Setelah itu ratakan tanah.
2. Bentuk dan siapkan rumput dalam ukuran yang lebih kecil, berukuran sekitar 3-5 cm. Lalu tanam rumput ke dalam tanah hingga akarnya benar-benar tertimbun dan tanam secara zigzag, agar rumput dapat tumbuh lebih subur dan rapih.
3. Rekatkan akar rumput dengan tanah, dengan cara memukul-mukul perlahan rumput. Hal ini dilakukan agar akar rumput dapat menyatu dengan baik dengan tanah, sehingga rumput dapat tumbuh dengan baik. Lalu biarkan sekitar 1 minggu hingga akarnya tumbuh.
4. Taburkan pupuk urea diatasnya.
5. Siram secara rutin dengan menggunakan ceret yang berukuran kecil. Air bertekanan rendah yang keluar dari ceret akan menghindari air menggenang di rumput, yang dapat menyebabkan pembusukan pada rumput.

Bagaimana guys, tertarik untuk bisnis rumput gajah mini di daerah kalian. Siapa tau banyak pengusaha properti yang tertarik untuk memborong rumput gajah mini yang kalian tanam.


Demikia artikel tentang bisnis jual beli rumput gajah mini. Semoga dapat bermanfaat, khusunya bagi Anda yang tertarik ingin memulai bisnis rumput gajah mini.

Posting Komentar untuk "Bisnis Jual Beli Rumput Gajah Mini di Pengasinan, Depok"