Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Ekonomi Digital di Daerah 3T dengan Program Dayamaya

Mengenal Program Dayamaya

Berbagai komponen saling bersinergi untuk mengembangkan potensi ekonomi digital di daerah terdepan, terluar dan tertinggal atau yang biasa disebut dengan 3T. Seperti yang dilakukan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi), besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah meluncurkan program yang diberi nama Dayamaya.

BAKTI sendiri merupakan unit organisasi non-eselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memiliki visi untuk mengatasi kesenjangan digital secara adil dan merata, terintegrasi dan berkelanjutan dengan mewujudkan layanan bidang  telekomunikasi dan informasi dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.

Apa Itu Program Dayamaya?

Sementara Program Dayamaya merupakan sebuah program inisiatif untuk membantu pertumbuhan startup, komunitas, kelompok masyarakat dan UMKM digital dari daerah 3T ataupun luar daerah 3T untuk diterapkan pada lokasi 3T dengan bantuan fasilitas berupa pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi serta sosialisasi dan pemasaran.

Program ini mengajak para pelaku startup eCommerce, Komunitas, Kelompok masyarakat dan UMKM digital yang saling bersinergi untuk mengembangkan potensi serta membuat solusi tepat guna bagi masyarakat di daerah 3T.

Visi Dayamaya

Adapun visi dari Dayamaya adalah mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia, khususnya di daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) dengan semangat gotong royong bersama para stakeholder strategis bagi kesejahteraan masyarakat. Jadi bisa dibilang kesempatan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik tidak hanya milik kota besar saja, melainkan daerah lainnya, khususnya daerah 3T.

Dengan semangat gotong royong bersama para stakeholder strategis, Dayamaya ingin memantik upaya kolaborasi lintas sektor bagi kesejahteraan masyarakat. Dalam mewujudkannya, berikut adalah tiga kunci kompetensi digital yang harus dikuasai bersama :

Kompetensi Digital yang Harus Dikuasai

Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah, Danny Januar Ismawan mengatakan, "Melalui peran startup, komunitas dan UMKM yang terlibat, kami harapkan dapat mempercepat kemajuan di daerah 3T. Saat ini sudah ada lima inisiatif, dari 18 yang terpilih pada tahun 2019, yang mulai berproses di masyarakat. Kami yakin dengan peran serta mereka, akan segera terjadi perubahan di daerah 3T menuju ke arah yang lebih baik".

Tiga Kontributor yang Telah Memberikan Bantuan

Kontributor dalam Program Dayamaya

Hingga tulisan ini dibuat, sebenarnya terdapat 18 inisiatif yang telah berkesempatan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Namun, Blogmashendra ingin membahas tiga saja, di antaranya adalah Cakap, Jahitin dan Atourin.

1. Cakap 

Cakap, Platform Belajar Online

Cakap merupakan online platform pembelajaran bahasa asing yang mendukung pengembangan daerah wisata dengan meningkatkan kemampuan masyarakat dari sisi penguasaan bahasa, terutama bahasa Inggris.

Dalam kontribusinya pada tahun 2019, Cakap telah menyelenggarakan digital assessment di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages).

Program melibatkan peserta setingkat pelajar SMA sebanyak 250 orang. Kelas ini dilakukan secara daring oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher) melalui ruang belajar digital.

CEO Cakap, Tomy Yunus mengatakan bahwa kemampuan berbahasa Inggris sangat penting dalam usaha mengembangkan daerah wisata,  karena menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah wisatawan dalam menciptakan pariwisata berkelanjutan.

Dengan mengikuti pelatihan, nantinya setiap peserta akan mendapatkan akses kelas webinar, materi pembelajaran dalam bentuk e-book, akses video pembelajaran, kuis untuk evaluasi dan mengukur kemampuan bahasa Inggris selama program, pendampingan oleh guru profesional dan lokal fasilitator serta mendapatkan sertifikat penyelesaian di akhir program.

2. Jahitin

Jahitin Academy dalam Program Dayamaya

Jahitin Academy memiliki program untuk meningkatkan skill para penjahit di Provinsi NTT, khususnya di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Jahitin memberikan pengajaran bagaimana cara mengolah limbah tenun menjadi produk yang bernilai jual, seperti cara membuat cushion pillow.

Selain itu, Jahitin memberikan kemudahan kepada para penjahit agar dapat mengakses pasar. Sehingga saat ini para penjahit di Sumba telah memperoleh akses langsung yang berhubungan dengan Dinas Perdagangan.

3. Atourin

Atourin, Virtual Tour dalam Program Dayamaya

Dan inisiator ke-3 adalah Atourin yang merupakan perusahaan teknologi pada sektor pariwisata yang menyediakan jasa dan layanan, baik scara online maupun offline untuk industri pariwisata Indonesia. Pada tahun 2019 lalu, telah menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata di Natuna melalui Program Dayamaya.

Pada tahun 2019, terdapat 10 pemandu wisata di Natuna yang telah memiliki lisensi, lebih berani melakukan self branding dan mulai memanfaatkan sosial media untuk melakukan berbagai promosi. Sehingga nantinya diharapkan akan mendapatkan lebih banyak lagi pemandu wisata yang memiliki lisensi.

"Di masa pandemi ini, salah satu program kami yaitu melakukan pelatihan secara daring bagi pemandu wisata seluruh Indonesia. Kami ajarkan bagaimana cara membuat tur virtal. Salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandmei adalah pariwisata. Dengan pelatihan ini, diharapkan pemandu wisata dapat memanfaatkan internet untuk menghadirkan layanan virtual tour kepada wisatawan dalam negeri dan juga mancanegara" ungkap Reza Permadi selaku Tim Operasional Atourin.

Masih menurut Reza, virtual tour ini merupakan platform anyar, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang panjang, tidak hanya di masa pandemi saja.

Konklusi

Untuk membangun daerah 3T, Bangsa Indonesia memang tidak bisa bergerak sendiri, apalagi Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman dan sangat luas, tentu saja membutuhkan peran serta dari para startup dan komunitas untuk bersama-sama bersinergi mempercepat pembangunan di daerah 3T.

Semoga dengan adanya program Dayamaya ini bisa turut membantu dalam pembangunan di Indonesia yang lebih merata, tidak hanya di kota-kota besar saja. Sehingga esensi dari sila ke-5 pun dapat terwujud dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Semoga bermanfaat.

50 komentar untuk "Tingkatkan Ekonomi Digital di Daerah 3T dengan Program Dayamaya"

  1. Wah kereeen pogram digitalnya mulai merambah ke wilayah yang selama ini belum banyak disorot publik ...
    Semoga ya mereka juga bisa bersaing dari pemberdayaan teknologi digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas bro, langkah kerennya semoga diikuti oleh instansi lainnya juga ya, sehingga terwujud pembangunan yang merata di seluruh Tanah Air...

      Hapus
  2. Natuna memang salah satu destinasi wisata bahari yang berpotensi di Indonesia. kalau Atourin mengadakan pelatihan dan sertifikasi untuk pemandu wisata berarti Atourin ini bisa melihat potensi besar itu. Thank to Program Dayamaya yang merakyat dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, potensi untuk jangka panjang lebih tepatnya. Semoga saja terus konsisten ya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

      Hapus
  3. Semoga apa yang PT Dayamaya lakukan untuk daerah 3T kita, turut membantu pemerataan pembangunan dan ekonomi di daerah 3T Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin, yuk mari kita sama-sama dukung pembangunan di daerah 3T, tentu dengan cara kita sendiri... Yakni promosikan melalui tulisan, seperti Program Dayamaya ini, kita publikasikan secara luas, biar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

      Hapus
  4. Indonesia saat ini pas banget untuk fokus pembangunan daerah 3T, supaya segera merata pembangunan ini dan masyarakatnya makin maju dan ngga selalu jawasentris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar setiap daerah merasakan kemajuan teknologi digital yang sama, bukan hanya di kota-kota besar saja

      Hapus
  5. Membangun daerah 3 T sangat perlu, apalagi sekarang sdg pandemi, tentunya keterbatasan itu membutuhkan kreativitas dan motivasi, maka program Dayamaya ini sangat perlu dan saya sendiri mendukungnya untuk pemerataan kesejahteraan warga di seluruh Nusantara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, saya juga dukung program Dayamaya yang untuk kesejahteraan masyarakat...

      Hapus
  6. Keren semua Kang program dalam binaan Dayamaya, terutama peningkatan bahasa asing sebagai modal untuk go internasional. Udah gitu didukung untuk menembus pasar global dan infrastuktur teknologi yang memadai. Besar arapan kita daerah 3T bakalan maju dan ikut merasakan kemakmuran seperti pulau lain yang sudah sejahtera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, ini yang dinamakan saling bersinergi, berbagai sektor turut membantu meningkatkan daerah 3T...

      Hapus
  7. Programn ya bagus sekali supaya masyarakat di lokasi 3T turut maju dan merasakan perkembangan ekonomi. Kondisi ekonomi jadi merata dan lebih baik lagi. Promosi lewat tulisan pastinya makin membuat program Dayamaya makin dikenal dan didukung orang banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba, promosi bisa dilakukan lewat apa aja, yang penting pesannya bisa tersampaikan kepada orang banyak, salah satunya lewat tulisan ini. Ya semoga saja program seperti Dayamaya bisa diikuti oleh instansi lainnya...

      Hapus
  8. wuah keren banget ya
    start up anak2 muda di daerah
    harusnya aku juga bisa nih
    tapi apa ya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang bisa berkontribusi, meski output-nya beda. Kita para blogger bisa menyumbangkan tulisan yang bisa dibaca oleh orang banyak...

      Hapus
  9. Para start up bisa terbantu ya dengan adanya program Dayamaya. Gak cuma diberikan pelatihan gitu ya tapi sukaeksekusi survey pasar dan lainnya. Semoga dengab adanya program Dayamaya daerah 3T bisa makin maju lagi dan bersaing dengan daerah lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin, semoga saja gak ada lagi yang namanya daerah tertinggal ya,

      Hapus
  10. Bagus banget ini idenya untuk membantu memajukan daerah yang jauh dari jangkauan ya.... jadi ada harapan untuk pemerataan ekonomi dan lain-lain. semoga amanah yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada harapan untuk bisa sama-sama maju dan berkembang Mba, tinggal kontribusinya aja yang dibutuhkan oleh semua pihak

      Hapus
  11. Nggak cuma dari instansi pemerintahan, banyak juga pihak-pihak swasta maupun kelompok yang bersinergi membangun daerah tertinggal dengan mengangkat UMKM nya terlebih dahulu.

    Hal ini sangat positif mengingat daerah 3T tidak akan berkembang tanpa uluran tangan.

    Betul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali pandangan Anda... terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  12. Akhirnya daerah 3T mulai tersentuh dengan program-program yang mendukung kemajuan ekonomi. Rasanya sayang banget jika daerah 3T tidak diperhatikan secara khusus, mengingat potensinya yang sangat Indonesia. Kalau bisa sih ke depannya program-program ini jangan sampai merusak ciri khas daerahnya. Biarlah alami namun berkembang secara ekonomi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin banyak program serupa yang sama-sama punya tujuan untuk membangun daerah 3T, biar sama-sama maju dengan daerah perkotaan...

      Hapus
  13. kece banget sih, memaksimalkan perekonomian daerah 3T dengan memanfaatkan teknologi dan ekosistem digital marketing yang terus berkembang sekarang. Kese sekali programnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kece banget dong, saling bersinergi untuk membantu di berbagai bidang

      Hapus
  14. Bangus banget ya program Dayamaya ini. Andai dulu aku tahu banyak dunia luar, pasti mau banget lebih belajar soal bahasa asing. Wisata memang butuh bahasa lain biar bisa nyambung. Daerah 3T semoga makin berkurang dan Pariwisata Indonesia bisa lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ada yang berkontribusi untuk saling membantu daerah 3T

      Hapus
  15. Aku salfok ngelihat kain-kainnya. Cantok-cantik banget. Semoga para perajin lokal (termasuk di wilayah 3T) terus berkembang dan produk2 lokal bisa jadi tuan rumah di negara sendiri.

    BalasHapus
  16. Salut dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh BAKTI ini. Semoga kedepannya semakin banyak lagi inisiatif di daerah 3T lainnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin 🤲🏻🤲🏻. Semoga aja ya semakin banyak program serupa

      Hapus
  17. Wah bagus banget inisiatif program Dayamaya ini. Aku yakin sih, namanya kreatifitas bisa muncul di mana saja, termasuk juga di daerah 3T. Bagusnya, jika ada program yang fokus di daerah 3T, maka daerah tersebut akan bisa lebih terakselerasi perkembangan dan kemajuan daerahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inisiatif yang sangat keren dan bermanfaat buat masyarakat di daerah 3T

      Hapus
  18. Semoga inspirasi ini banyak diikuti oleh orang-orang di luar sana ya
    Saya jadi ingin melihat juga perkembangan beberapa daerah 3T di tempat saya lahir dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin 🤲🏻🤲🏻. Wah emang di daerah mana Mba?

      Hapus
  19. Program yang bagus nih Dayamaya. Semoga program2 seperti ini makin banyak dan merata di berbagai daerah di Indonesia. Jadi potensi lokal bisa diupgrade lewat program seperti ini.

    BalasHapus
  20. Program dayamaya ini cakep banget. Seneng deh aku bacanya. Ketika penduduk di daerah tertinggal bisa mendapatkan akses dan kesempatan yang tidak jauh berbeda dengan yang tinggal di kota besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur deh kalo seneng bacanya. Programnya emang bagus nih, semoga aja bisa ditiru sama instansi lainnya juga yaa

      Hapus
  21. Mantap sekali program dari Dayamaya ini untuk membangun daerah 3T. Patut diapresiasi nih . Yah semoga dengan begitu daerah2 yang tertinggal ini bisa menyusul sehingga pembangunannya tidak kalah dengan daerah2 lain yg sudah lebih maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin, semoga saja semakin merata ya pembangunan di Indonesia dengan semakin banyaknya program seperti ini...

      Hapus
  22. Program Dayamaya ini bagus banget yah bisa membantu pembangunan secara merata apalagi perekonomian,, btw daerah sulsel ad jg yah?

    BalasHapus
  23. Bagus sekali ini ya program Dayamaya untuk masyarakat. Start up biasanya memang yang paling tau kebutuhan masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba... Terima kasih sudah berkunjung ke blog

      Hapus
  24. keren banget programnya kak
    semoga daerah2 tertinggal menjadi lebih maju, banyak melahirkan anak bangsa yang kreatif dan inovatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren dong. Harus kreatif dan inovatif, biar pesannya tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat

      Hapus
  25. Saya mendukung banget program digitalisasi yang merambah ke pelosok-pelosok di seluruh tanah air, kang.. Ini penting sekali agar ada pemerataan di bidang IT bagi seluruh warga negara RI tercinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget dukungan dari semua pihak ya, termasuk para blogger yang mempromosikan program positif ini lewat tulisan....

      Hapus