5 Manfaat Mengobrol yang Jarang Diketahui Orang

5 Manfaat Mengobrol yang Jarang Diketahui Orang - Blog Mas Hendra

Tidak dapat dipungkiri, kita sebagai manusia tidak lepas dari aktivitas mengobrol, karena kita sebagai makhluk sosial, tentu harus saling berinteraksi satu sama lain. Jika dilihat dari sudut pandang yang lain, tidak selamanya mengobrol dikategorikan sebagai ghibah (menggunjing), asalkan tidak ada yang dirugikan dari isi percakapan atau tidak membuka aib seseorang, maka hal ini sah-sah saja. Benar gak guys?

Lain cerita kalau tema obrolan sudah mengarah kesana (ghibah), tentu sebaiknya kita harus segera menghindar agar kita tidak terkena dampaknya, yakni kita jadi ikut berdosa sekaligus kita akan dicap sebagai tukang ghibah oleh orang lain. Tentu Anda tidak mau sampai hal ini terjadi bukan?!.

Agar kita tidak terjebak dengan obrolan yang mengarah ke ghibah, sebaiknya kita jeli memilih tema obrolan dan selalu berhati-hati ketika berbicara (mengobrol) dengan lawan bicara. Bukan berarti kita harus menghindar ketika ada seseorang yang mengajak mengobrol dengan alasan takut ghibah. 

Malah kalau kita jeli dan mau menelisik lebih dalam lagi, ternyata ada sisi positif dari aktivitas mengobrol. Setidaknya ada 5 manfaat dari mengobrol yang akan kita peroleh :

1. Memperoleh Informasi Baru
Aktivitas mengobrol menjadi lebih bermanfaat ketika salah satu pihak atau semua yang terlibat didalamnya memperoleh informasi-informasi baru yang belum pernah diperoleh sebelumnya. Informasi yang dimaksud tentu saja dapat bermanfaat bagi si penerima, atau minimal dapat menambah pengetahuan baru. Kalau dirasa informasi yang diperoleh tidak bermanfaat, ini artinya manfaat dari mengobrol belum tercapai sepenuhnya.

2. Menyambung Tali Silaturahmi
Manfaat selanjutnya adalah, tali silaturahmi yang sudah terjalin sebelumnya akan menjadi lebih erat lagi berkat mengobrol. Coba Anda bayangkan ketika ada dua orang yang marahan, tentu keduanya tidak mau mengobrol, itu artinya gara-gara menghindar untuk mengobrol, maka tali silaturahmi akan semakin kendor.

3. Membuka Pintu Rezeki
Saya meyakini, pintu rezeki datangnya bisa dari berbagai arah yang tidak kita duga sebelumnya, bahkan dari obrolan ringan pun bisa membuka kesempatan kepada kita untuk memperoleh rezeki. Rezeki bisa berbentuk apa saja. Apalagi jika Anda memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya, maka mulailah mengobrol dengan orang banyak, siapa tau bisnis Anda semakin mudah dikenal.

4. Memperoleh Ide Baru
Mengobrol juga bisa melahirkan ide-ide baru, karena mengobrol merupakan aktivitas bertukar pikiran, ide atau penyampaian pendapat dari seseorang kepada orang lain. Jika dirasa ada obrolan yang bisa mendatangkan ide baru bagi Anda, ini berarti aktivitas mengobrol yang Anda lakukan bisa dibilang dapat memberikan manfaat.

5. Mendatangkan Solusi
Anda mungkin membutuhkan orang lain untuk membantu mencari solusi atas masalah yang Anda hadapi. Dan ini hanya bisa dilakukan dengan mengobrol atau biasa disebut juga curhat. Dengan mengobrol, Anda bisa mengutarakan semua permasalahan dengan harapan bisa memperoleh solusi sebagai jalan keluarnya. Selain curhat, Anda juga sering mendengar istilah bertukar pendapat lainnya, semisal meeting (rapat), seminar dan lain sebagainya dengan tujuan untuk mendatangkan solusi atas setiap masalah yang ada.

Jadi mulailah membuka obrolan (positif) dengan orang-orang terdekat, dimulai dari keluarga, tetangga, rekan kerja di kantor, sahabat, rekan bisnis, bahkan obrolan pun bisa dilakukan di dunia maya, semisal dengan teman blogger.

Semoga artikel 5 Manfaat Mengobrol yang Jarang Diketahui Orang ini dapat bermanfaat bagi Anda.


You May Like This :


EmoticonEmoticon