Selamat TInggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi

Selamat Tinggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi - Blog Mas Hendra

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, fitur pada smartphone pun secara perlahan mengalami perubahan. Fitur yang dulu kita anggap keren, ternyata sudah tidak pernah digunakan lagi, karena tergantikan dengan teknologi yang lebih canggih. Tentu saja, kehadirannya diharapkan akan memberikan kemudahan bagi penggunanya.


Mungkin sebagian dari kita masih ingat dengan fitur infra red yang dulu begitu ngetop. Atau bahkan Anda sendiri pernah memakainya? Berarti Anda people zaman old, hehehe.. Tapi taukah Anda, secara perlahan fitur ini mulai ditinggalkan dan berganti dengan teknologi yang lebih canggih. Bahkan kemampuannya jauh lebih baik.

Selain fitur infrared, masih ada fitur lainnya yang sudah mulai ditinggalkan. Apa sajakah itu? Berikut 5 fitur smartphone yang tidak pernah digunakan lagi :

1. Infrared
Selamat Tinggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi - Blog Mas Hendra

Pada awal kehadirannya, fitur ini cukup populer. Karena memudahkan pengguna smartphone untuk berbagi file dan juga memindai perangkat elektronik lainnya, mulai dari televisi, DVD player hingga AC. Namun sekarang sudah mulai ditinggalkan. Tidak banyak smartphone yang masih mempertahankan fitur yang terbilang cukup canggih ini. Bahkan smartphone sekelas iPhone pun tidak pernah menyematkan perangkat infrared pada perangkat iPhone-nya.

2. Baterai yang bisa dilepas
Selamat Tinggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi - Blog Mas Hendra

Saat ini semakin banyak smartphone yang mengusung konsep unibody, artinya baterainya tidak bisa dilepas dan menyatu dengan body smartphone. Adapun tujuannya agar smartphone semakin terlihat tipis dan elegan. Selain itu juga untuk kepentingan smartphone itu sendiri. Padahal baterai yang bisa dilepas akan memudahkan kita untuk menggantinya jika baterai tersebut rusak.

3. Keyboard fisik
Selamat Tinggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi - Blog Mas Hendra

Dimana-mana pasti yang Anda lihat hanya smartphone layar sentuh bukan?!. Jarang banget Anda melihat orang memainkan smartphone dengan keyboard fisik, kalaupun ada paling hanya sedikit saja penggunanya. Perkembangan teknologi pun ikut menggilas fitur lawas keyboard fisik. Keadaan ini pun memaksa vendor-vendor smartphone mulai beralih menggunakan teknologi touch screen atau layar sentuh agar tidak dibilang jadul.

4. trackball dan trackpad
Selamat Tinggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi - Blog Mas Hendra

pasti Anda masih ingat, kira-kira smartphone merk apa yang ciri khasnya menggunakan trackball dan trackpad? Yup, Blackberry! Tapi demi mengikuti perkembangan zaman dan biar tidak dicap jadul, fitur ini secara perlahan mulai ditinggalkan, bahkan smartphone Blackberry sendiri sudah banyak yang menggunakan teknologi layar sentuh. Hmmm, ada yang kangen dengan trackball atau trackpad-nya BB??

5. Jack Audio
Selamat Tinggal! 5 Fitur Smartphone Ini Tidak Pernah Digunakan Lagi - Blog Mas Hendra

Nah fitur ini sebenarnya penting banget loh. Lewat lubang jack audio ini kita bisa mendengarkan musik melalui earphone atau headphone. Pasalnya saat ini sudah banyak smartphone yang tidak memasang jack audio ini pada perangkatnya. Tapi jangan khawatir guys, meskipun jack audio sudah mulai ditinggalkan, Anda masih bisa mendengarkan musik melalui earphone/headphone bluetooth. Baca juga artikel : Smartphone Terbaru Sony Tanpa Jack Audio?

Yah itulah teknologi smartphone, sampai kapanpun selalu akan ada perubahan. Tujuannya jelas, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya, walau mungkin masih ada sebagian pengguna yang tetap nyaman menggunakan smartphone lawas meski dengan fitur yang sangat terbatas.


20 comments

Wah Ponsel saya termasuk Jadul nih masih pake jack audio dan baterainya removeable

pagi mas hendra, 4 masih di pake kok mas, cuma infrared sudah nggak ada lagi . alias hilang, padahal dulu sering ngirim foto. pake infrarred. anak zaman old

ponsel saya juga masih ada jack audio-nya mas Dwi. Tapi kalo baterai udah non removable. Yang penting kan fungsinya mas Dwi, bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, hehehe

Iya mas yang 4 masih ada, tapi sudah perlahan mulai ditinggalkan, dan beralih ke teknologi yang lebih oke lagi

Tw g Om kenapa sekarang hape ada yg g dilepas baterainya
Itu karena mereka g mw berpisah
Sedih tw kalo baterai dan hpnya yg sudah bersatu tiba tiba berpisah gitu j

Wah, keren juga mas kl pake bluetooth dengerin musik. Ga usah pakai kabel lagi..
Semakin ringkas saja teknologinya..

Tapi kalau pakai speaker luar, mesti beli juga yg sudah mendukung bluetooth..

Uang lagi nih..
Hehe..

Dulu lucu ya, pas mau kirim file, masih pake infrared, temen-temen saya bilang "ngadu jangkrik" hahaha

Berarti hape ane setia sama baterainya, soalnya udah unibody

Keren mas Eka, gak pake ribet lagi.

Infrared tuh yang udah nggak banget 😄

aku punya masih lepas baterainya meski sudah punya 4G jadi masuk old atau zaman now dong

Sekarang udah ada ShareIt lebih praktis ya mas

Info sesuai fakta, makin kesini semua dibikin simple dan canggih padahal ya menurut saya lebih banyak modal juga kaya poin ke 2 kalo bisa di lepas kan enak kita bisa ganti sendiri tapi kalo yang udh melekat kan lebih susah dan harus di tambah biaya buat tukang service nya :D

Smartphone unibody bagai dua sisi mata uang, di satu sisi smartphone akan terlihat lebih ramping dan elegan, jelas ini menguntungkan vendor. Tapi di sisi lain cukup menyulitkan konsumen ketika baterainya bermasalah, baterai tidak bisa dilepas, jelas ini sisi kelemahannya...

dulu sempat "Wooow" lihat temen saling tukar file pake infrared. belum sempat punya hape yang pake infrared, sekarang sudah nggak zaman yaa.. hehe

oooh, begitu cepatnya dunia berputar dengan perkembangan teknologinya... :D

Berarti masnya people zaman now, hehhehe

Fitur-fitur itu padahal penting ya gan :), btw nice info...

Pada masanya memang dianggap penting, tapi mungkin suatu saat akan dianggap ketinggalan dengan teknologi terbaru yang lebih canggih.... Yah begitulah teknologi mas


EmoticonEmoticon