Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Penerapan Mindfulness di Sekolah Bagi Siswa

Mindfulness adalah salah satu hal yang paling umum dalam rangkaian latihan yoga. Bagaimana jadinya jika metode ini diterapkan di dalam pendidikan? Percaya atau tidak, pendekatan ini adalah ide terbaik untuk membantu siswa agar bisa belajar lebih banyak, sambil mempertahankan sifatnya.

Manfaat Penerapan Mindfulness di Sekolah
Image : edu2review.id

Global Sevilla adalah salah satu International School Jakarta yang mencoba menerapkan konsep pendekatan mindfulness.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari strategi mindfulness yang perlu Anda ketahui :

Manfaat Pendekatan Perhatian Penuh yang Diterapkan di Dalam Kelas

1. Mengurangi stress dan kecemasan

Stress dan kecemasan menjadi alasan utama mengapa siswa tidak bisa fokus belajar di dalam kelas. Maka dari itu, kurikulum sekolah seharusnya memberikan pendidikan terbaik dengan memantau kondisi mental semua siswa.

Tidak hanya itu, sekolah juga harusnya bisa memelihara pikiran positif dalam tubuh siswa. Pendekatan ini akan membantu mereka mengelola stress dan kecemasan saat belajar di kelas.

Untuk menerapkan metode tersebut, peran guru sangat berpengaruh secara keseluruhan. Guru harus tahu bagaimana cara membina siswa untuk belajar lebih santai di kelas. Mengheningkan cipta sejenak akan menjadi cara yang ideal untuk menenangkan pikiran dan tubuh para siswa. 

Dengan demikian sekolah ini bisa mencapai manfaat yang lebih baik bagi masa depan siswanya.

2. Meningkatkan keterampilan dan perilaku sosial siswa

Dengan mengurangi stress dan kecemasan, langkah ini berdampak pada perilaku siswa dan juga keterampilan sosial akan meningkat. 

Memang benar, karena Global Sevilla menyatakan bahwa pendekatan dengan cara ini bisa membantu siswa menjadi orang yang memiliki karakteristik yang menguntungkan. 

Dengan demikian, tidak akan ada gangguan atau kemarahan ketika mereka menghadapi berbagai masalah yang menimpa mereka.

3. Empati yang lebih besar untuk orang lain

Rasa empati dan pengambilan perspektif adalah manfaat lain dari penerapan mindfulness yang akan dengan mudah membantu peserta didik menemukan diri mereka yang sebenarnya.

Akibatnya, mereka bisa lebih terbuka untuk berbicara dengan orang lain. Hal ini akan mengurangi gejala pasca trauma yang bisa meningkatkan mereka menjadi orang yang lebih baik.

4. Nilai akademik yang lebih baik

Salah satu hal yang paling signifikan adalah nilai akademik yang baik. Penerapan mindfulness di sekolah internasional bisa meningkatkan kinerja kognitif secara maksimal.

Dalam hal ini, siswa bisa terbebas dari stress dengan pendidikan yang seimbang. Hal ini juga berdampak pada prestasi siswa. Hasilnya, Anda bisa mengharapkan akademik yang lebih baik dalam bentuk nilai dan prestasi yang luar biasa.

Secara keseluruhan, pendekatan mindfulness sangat membantu dalam dunia pendidikan. Seperti namanya, hal ini menekankan strategi yang bisa membantu siswa berpikir lebih baik. 

Jadi, siswa bisa belajar tanpa stress dan kecemasan. Selain itu, metode ini juga bisa membantu dalam menyeimbangkan sikap mental, perilaku dan kemampuan kognitif siswa secara maksimal saat belajar di sekolah.

Semoga bermanfaat.

15 komentar untuk "4 Manfaat Penerapan Mindfulness di Sekolah Bagi Siswa"

  1. Nah ini penting banget nih buat siswa yang sekarang dilanda pandemi karena terlalu lama daring tiba-tiba PTM lalu ujian. Hemm, kaget dan stress pasti jadi butuh menerapkan ini agar lebih tenang dan bisa menghadapi apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Anisa, perlu banget healing buat para siswa biar tidak mudah stress dan frustasi saat belajar...

      Hapus
  2. yoga tu kayak bisa mengelola stres gitu kan kupikir. Jadi, kalau misal anak sekolah menerapkannya maka hasilnya akan lebih baik. Menurutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsep mindfulness ini berasal dari yoga, biar bisa bikin pikiran lebih rileks. Jadi rasanya cocok juga diterapin ke anak sekolah...

      Hapus
  3. Wah keren sekali ya, bahkan sekolah menerapkan salah satu style yoga dan bermanfaat pula untuk para siswa. Patut di acungi jempol karena berani out of the box.

    BalasHapus
  4. Aplikasinya membantu anak lebih cepatemahami pembelajaran, ya, ka, secara musim pandemi anak2 bener2 kurang mendapatkan penjelasan dri sekolah. Thankyou for sharing, ka

    BalasHapus
  5. mindful ini penting untuk smeua usia, saat ini juga ada pelatihan mindful untuk anak-anak

    BalasHapus
  6. Penting juga menggunakan metode rerswbut, setidaknya ada empat implikasi dalam pembelajaran di sekolah

    BalasHapus
  7. kayaknya kalo semua sekolah menerapkan mindfulness bakal berdampak sangat baik untuk para siswa, terutama jadi lebih tenang dalam menghadari pelajaran bahkan ujian

    BalasHapus
  8. Ternyata bagus juga ya pendekatan mindfullness ini jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Anak jadi lebih siap untuk belajar, sehingga pastinya lebih mudah menyerap informasi dan materi yang diajarkan oleh guru

    BalasHapus
  9. Memang sekarang ini siswa mudah terserang stress ya dikarenakan tugas yang menumpuk dan kendala lainnya. Bagus juga jika mindfulness ini digalakkan di setiap sekolah

    BalasHapus
  10. praktik mindfullness ini semacam training emotional quoetiont ya mas? bagus juga diterapkan didunia pendidikan. biar anak-anak tidak mudah galau, putus asa, depresi, cemas dan semacamnya.

    BalasHapus
  11. Hmmmm... ini hal baru... menarik... baru tahu ada sekolah yang menggunakan program mindfullnes... 👍🏽👍🏽

    BalasHapus
  12. Mindfulnes ini bisa diterapkan dimana saja ya ternyata. Kalo diterapkan di sekolah pun banyak manfaatnya seperti yang disebutkan di artikel. Apalagi jika diterapkan ke diri sendiri ya

    BalasHapus
  13. Wah, keren bgt nih banyak memperoleh manfaat dari strategi mindfulness yang diterapkan terutama pada anak-anak usia sekolah. yang pasti prestasi belajarnya meningkat ya

    BalasHapus