Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengembangkan Dana Mulai dari Rp. 100 Ribu Meski di Rumah Aja!

Mengembangkan Dana di Akseleran Mulai Dari Rp. 100 Ribu


Wabah virus corona membawa dampak yang sangat serius terhadap perkembangan perekonomian di tengah masyarakat. Berbagai sektor pun terkena imbasnya, mulai dari sektor industri, perhotelan, restoran, pariwisata dan berbagai sektor lainnya. Tidak pandang bulu, mulai dari pelaku usaha kelas menengah atas, hingga menengah ke bawah, merasakan dampak yang sama. Akibatnya, tidak sedikit pelaku usaha, terutama kelas menengah ke bawah yang kewalahan menghadapinya, sehingga harus mengambil keputusan pahit, yakni terpaksa menutup usahanya yang sudah dirintis bersusah payah.

Jika dampaknya begitu dahsyat bagi para pelaku usaha, lantas bagaimana nasib masyarakat kecil yang merasakan dampaknya secara langsung. Apalagi kita mendengar kabar banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di mana-mana. Kondisi ini menambah jumlah angka pengangguran di Indonesia dan berpotensi meningkatkan kesenjangan sosial di mana-mana.

Di tengah kondisi yang serba sulit ini, rasanya tidak mudah untuk mendapatkan kembali pekerjaan, terutama pada sektor-sektor yang terkena dampaknya secara langsung. Kalaupun bisa bekerja kembali, membutuhkan waktu yang cukup lama. Meski begitu, kita tetap harus semangat dan mampu beradaptasi dengan kondisi ekonomi saat ini, salah satunya dengan mulai melirik bisnis online maupun bisnis offline yang bisa dilakukan dari rumah.

Hal yang sama saya rasakan dampaknya. Kondisi perekonomian keluarga pun terkena imbasnya. Apalagi semenjak pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas di luar rumah atau stay at home selama wabah virus corona melanda. Maka kantor pun menerapkan hal yang sama, yakni bekerja dari rumah saja alias work from home. Maka secara otomatis jumlah gaji yang saya terima pun ikut berkurang, sementara kebutuhan setiap harinya harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk mencari penghasilan tambahan, selain ngeblog, saya juga mencoba bisnis online baru, yakni mengembangkan dana yang saya miliki. Saya pikir ini adalah keputusan yang tepat bagi saya untuk mulai mencobanya. Apalagi dana yang dibutuhkan tidak berjumlah besar, hanya dengan mengembangkan dana mulai dari Rp. 100 ribu saja, kita bisa mendapatkan imbal hasil yang berkali lipat.

Mengenal Akseleran
Salah satu perusahaan fintech tempat saya mengembangkan dana adalah Akseleran. PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau Akseleran yang berdiri pada tahun 2017 adalah Peer to Peer Lending (P2P Lending) platform di Indonesia yang menghubungkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman (lender) yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Akseleran juga membuka alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat Indonesia untuk mendapatkan imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

Akseleran didirikan oleh orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi. Dengan visi "Mewujudkan Inklusi Keuangan Menjadi Realitas", Akseleran berharap dapat mendorong pengembangan UKM di Indonesia yang menguntungkan bagi pelaku usaha dan kumpulan pemberi pinjaman yang mendukungnya.

Pengertian Peer to Peer (P2P) Lending
Seperti dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), P2P Lending adalah salah satu inovasi pada bidang keuangan dengan pemanfaatan teknologi yang memungkinkan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman melakukan transaksi pinjam meminjam tanpa harus bertemu secara langsung. Transaksi dilakukan melalui sistem yang telah disediakan oleh penyelanggara Financial Technology (fintech) Lending, baik melalui aplikasi maupun website.

P2P Lending
image : cms.financialsecurity.id

Platform P2P Lending sudah banyak di Indonesia. Sistem yang digunakan pun berbeda satu sama lainnya, mulai dari sistem syariah, sistem konvensional, khusus menyasar pelaku UKM, khusus bisnis properti hingga P2P Lending yang hanya fokus dalam memberikan pendanaan untuk pelaku usaha.

Setidaknya ada tiga pihak yang terlibat di dalam transaksi pinjam meminjam :
1. Pihak pemberi pinjaman / pemodal / lender
2. Pihak penerima pinjaman / borrower
3. Penyedia fintech lending

Pemberi pinjaman (lender) merupakan pihak yang memberikan pinjaman kepada peminjam (borrower) dengan dimediasi oleh perusahaan fintech lending dengan persyaratan serta perjanjian tertentu. Lalu peminjam mengembalikan pinjaman + bunga (sebagai imbal hasil) kepada pemberi pinjaman.

Pengalaman Mengembangkan Dana di Akseleran
Pada tanggal 22 Mei 2020 saya mendaftar di website Akseleran untuk mengembangkan dana. Jumlah minimal dana mulai dari Rp. 100 ribu saja. Namun saya tertarik dengan cara kerja Akseleran, sehingga saya menambahkan modal saya senilai Rp. 500 ribu, sehingga saya memberikan pinjaman dana sebesar Rp. 500 ribu di perusahaan penyedia switchgear dan produk elektrikal.

Kampanye Pinjaman di Akseleran
Pilih salah satu proyek yang sekiranya memberikan keuntungan lebih menarik dan terproteksi oleh asuransi

Pemberian Pinjaman Pada Proyek
Saya memutuskan untuk mendanai salah satu proyek dengan pinjaman disertai proteksi asuransi, dengan tenor 3 bulan

Pemberian Pinjaman Pada Proyek
Jumlah uang yang akan saya terima setelah 3 bulan adalah sebesar Rp. 520.001. Jika jumlah dana yang Anda berikan lebih besar lagi, maka imbal hasil yang diterima semakin besar

Persyaratan dalam Memberikan Pinjaman
Sebelum melanjutkan proses pendanaan, pahami risikonya dan baca perjanjian pemberian pinjaman

Pemberian Pinjaman Berhasil
Notifikasi pemberian pinjaman di Akseleran telah berhasil

Pinjaman Beragunan di Akseleran
Proses pemberian pinjaman telah berhasil

Sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman, ada persyaratan yang harus saya baca dan pahami terlebih dulu. Baru setelah itu bisa lanjut ke proses berikutnya. Setelah sukses melakukan pendanaan, maka akan muncul notifikasi kalau transaksi pinjaman sudah berhasil.

Enaknya mengembangkan dana di Akseleran itu sangat transparan. Contohnya saya dapat kabar melalui email ketika perusahaan peminjam yang saya danai, telah berhasil mendapatkan seluruh pinjamannya di Akseleran. Ini artinya Akseleran sangat memperhatikan setiap progres dengan baik.

Alasan Memilih Akseleran
Sebenarnya ada banyak P2P Lending Platform di Indonesia, namun saya justru tertarik untuk mengembangkan dana di Akseleran, bahkan ini adalah pengalaman pertama saya mengembangkan dana di P2P Lending. Berikut yang menjadi alasannya :

1. Akseleran berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Jika Anda masih ragu dengan legalitas Akseleran, Anda bisa mengecek secara langsung ke website OJK. Akseleran secara resmi telah terdaftar di OJK dengan nomor izin usaha KEP-122/D.05/2019 pada 13 Desember 2019.

Akseleran Resmi dan Terdaftar di OJK

Dengan demikian dapat dipastikan jika Akseleran merupakan perusahaan P2P Lending yang legal dan aman.

2. Nilai TKB90 Akseleran tinggi
Satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengembangkan dana di perusahaan P2P Lending adalah jumlah nilai TKB90, apakah tinggi atau malah sebaliknya. Ini adalah poin yang cukup penting, karena semakin tinggi nilai TKB90, maka semakin baik performa perusahaan tersebut. Angka TKB90 Akseleran adalah 95.94% (09 Juni 2020).

TKB90 Akseleran

TKB90 atau Tingkat Keberhasilan 90 merupakan ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara Fintech P2P Lending dalam memberikan fasilitas penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

3. Imbal hasil
Menurut informasi yang tertera di website Akseleran, besar imbal hasil yang akan didapatkan adalah 18-21%  per tahun. Jauh lebih besar dan menguntungkan jika dibandingkan produk finansial sejenis. Namun untuk menjaga kenyamanan lender, Akseleran memberikan fasilitas asuransi kredit. Sehingga jika campaign yang terproteksi asuransi imbal hasil bisa lebih rendah.

4. Proses mudah
Cara mengembangkan dana di Akseleran cukup mudah. Dapat dilakukan secara online dengan konsep yang mudah dipahami. Transaksi pinjam meminjam juga cukup mudah dan fiturnya lengkap.

5. Transaksi aman dan terpercaya
Akseleran menggunakan agunan di lebih dari 98% nilai portfolio pinjamannya. Pengajuan pinjaman pun diseleksi ketat oleh team profesional dan berpengalaman.

6. Nominal pemberian pinjaman terjangkau
Anda bisa mulai mengembangkan dana mulai dari Rp. 100 ribu saja. Tanpa biaya tambahan apapun, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Cara Mendaftar di Akseleran
Sebelum mendaftar, siapkan dokumen penunjang seperti KTP dan NPWP (jika ada). Proses registrasi dan verifikasi di Akseleran cukup mudah. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di website atau aplikasi Akseleran. Lanjutkan dengan melengkapi data yang diminta di form yang sudah disediakan.

Saat pertama kali melakukan registrasi, ketika diminta untuk memasukkan kode referral, jangan lupa untuk input kode referral saya AKSLHENDRA352975. Hal ini untuk mendapatkan free saldo Rp. 100 ribu yang nantinya bisa Anda gunakan untuk berikan pinjaman. Free saldo tersebut pun bisa Anda tarik, setelah minimal 1x melakukan pendanaan. Menarik bukan? (jangan lupa input kode referral saya ya).

Jika proses registrasi sudah berhasil, selanjutnya Akseleran akan memverifikasi akun Anda. Berdasarkan pengalaman saya, proses verifikasi tidak memakan waktu lama, hanya dalam hitungan menit saja. Verifikasi akan dikirimkan melalui email yang terdaftar.

Langkah terakhir adalah menandatangani (secara digital) dokumen perjanjian keanggotaan melalui platform PrivyID. Sebelum Anda tandatangan, sebaiknya baca isi dokumen dengan seksama terlebih dulu.

Sampai di sini proses registrasi dan verifikasi telah selesai. Kini Anda sudah bisa memulai untuk pendanaan di beberapa proyek pinjaman di Akseleran.

Manfaatkan Kode Referral untuk Bonus
Anda bisa mendapatkan dana secara cuma-cuma sebesar Rp. 100 ribu jika Anda mendaftar menggunakan kode referral milik saya. Jangan lupa, catat baik-baik kode referral untuk mendapatkan bonus tersebut. Jangan lewatkan kesempatan emas ini. 

KODE REFERRAL : AKSLHENDRA352975

Manfaat lain kode referral ini adalah jika Anda sudah registrasi dan memiliki kode referral seperti saya. Nantinya Anda pun bisa memberikan kode referral Anda. Jika nantinya ada yang menggunakan kode referral Anda, si pengguna akan mendapatkan free saldo Rp. 100 ribu juga, dan Anda akan mendapatkan bonus tambahan sebesar 0,5% dari total dana yang dipinjamkan selama 6 (enam) bulan ke depan, tanpa mengurangi saldo si pengguna kode referral Anda.

Kesimpulan
Hingga saat ini, Akseleran telah mencatat total pinjaman mencapai Rp. 1.209.321.416.600 kepada lebih dari 2.000 peminjam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Fintech Akseleran

Jika dilihat secara statistik, Akseleran telah menunjukkan visinya yang kuat untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan dana di P2P Lending, maka Akseleran adalah jawabannya. Selain Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang stabil dan tinggi, Anda juga secara tidak langsung telah ikut andil dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Semoga bermanfaat.

53 comments for "Mengembangkan Dana Mulai dari Rp. 100 Ribu Meski di Rumah Aja! "

  1. Mantap juga saya dua kali ini baca konsep investasi ini, tertarik juga, sudah mendaftar tapi belum ada dana lebih jadi belum investasi he..he..

    ReplyDelete
  2. oalah baru ngeh, mencoba menyimpulkan, P2P lending platform ini situs dimana kita bisa memberikan pinjaman ke badan usaha/perusahaan dan untungnya didapat dari bunga ya. Lalu Akseleran ini hadir menjembatani kedua pelaku tsb ya.

    ReplyDelete
  3. Musti di baca dan di pahami perlahan ya kalo masalah gini gini, hehe..

    ReplyDelete
  4. Cukup menarik sebenarnya investasi P2P... sayangnya jika dilihat dari sudut pandang tertentu membuat saya harus membuang jauh jauh keinginan untuk bergabung

    ReplyDelete
  5. Akseleran ini keren ya mas Hendra. Dengan 100 ribu aja kita sudah bisa ikutan mengembangkan dana disana. Kebayang kan dengan situasi sekarang yang penuh ketidakpastian ini. Jangankan 100 ribu, modal jutaan saja belum tentu balik modal kalau buat usaha.

    ReplyDelete
  6. Wah saya baru.tahu ada skema spt ini lho, jadi aplikasi kita sbg pemberi Dana utk orang yg membutuhka dana ya

    ReplyDelete
  7. Saya sering mendengar Akseleran ini cuma belum menelisik lebih jauh, eh ternyata salah satu fintech bidang P2P. Kebetulan banget saya juga masih nyari informasi tentang investasi di P2P. Bisa jadi rekomendasi nih untuk saya, apalagi dengan minimum pendanaan 100 ribu saja, makasih infonya mas hendra

    ReplyDelete
  8. @Agoes Supriyono : Mendaftar pakai kode referral saya Mas, gratis dapat 100 ribu. Bisa langsung diinvestasikan

    ReplyDelete
  9. @Hendry Andryansah : Betul sekali Anda. Ayo dicoba investasi, mulai dari 100ribu aja loh

    ReplyDelete
  10. @Kyndaerim : Betul kakak, dibaca secara seksama, teliti, detail, fokus lalu lanjut investasi, sayang banget kalau dilewatkan begitu saja

    ReplyDelete
  11. @Dwi Sugiarto : Setiap jenis invest, pasti ada risikonya.

    ReplyDelete
  12. @Aisyah Dian : Aaamiiin, semoga bermanfaat ya dan bisa coba investasi juga

    ReplyDelete
  13. @Merdianto : Bisa invest di beberapa proyek sekaligus. Besar kecilnya keuntungan tergantung dari jumlah dana yang diinvestasikan

    ReplyDelete
  14. @Zikra Delvira : Yup Anda tepat sekali...

    ReplyDelete
  15. @Andayani Rhani : Terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Artikel ini cocok buat yang lagi menjalankan usaha. Apalagi kita diberikan pinjaman dana.

    ReplyDelete
  17. Menarik nih Akseleran bs mulai mengembangkan dana dari Rp. 100 ribu ya Mas... semoga ke depannya jadi nyoba, pinginnya udah lama hehe

    ReplyDelete
  18. @Nurhilmiyah : semoga bisa terwujud ya keinginannya. aaamiiin

    ReplyDelete
  19. Jadi pake kode referall mas Hendra langsung dapet 100ribu ya . Asyik banget ya mas

    ReplyDelete
  20. Benar sekali, Mas. Saat pandemi ini semua peluang usaha bisa dicoba. Kita juga lebih punya banyak waktu untuk itu. Apalagi ini dananya lumayan minim, ya.

    ReplyDelete
  21. Pernah denger ini, tapi belum ada penjelasan sedetail ini. Wah itu lumayan banget lho setahun bisa jadi segitu. Apalagi bisa mulai 100rb

    ReplyDelete
  22. Sempet baca thread gitu di Twitter soal selebtwit yang cuan gede karena nanem duit di P2P, jadi penasaran juga. Baca ini, makin mempertimbangkan nih sama Akseleran

    ReplyDelete
  23. @Rekam Jejak Sang Pemimpi : Betul banget Mba, pokoknya manfaatin peluang yang sekiranya menguntungkan. Salah satunya ya ikutan investasi di Akseleran

    ReplyDelete
  24. @Jihan : Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat ya

    ReplyDelete
  25. @Arai : Ayo ikutan investasi di Akseleran, siapa tau bisa dapat passive income yang lumayan

    ReplyDelete
  26. Untuk mendapatkan dana tambahan, saat ini saya masih fokus ke blog, media sosial dan sedikit usaha kecil-kecilan online XD Semangat mencari rezeki ...

    ReplyDelete
  27. @Fide Baraguma : Betul, mau kita cari dana atau jadi peminjam, bisa lewat Akseleran

    ReplyDelete
  28. @Blogger Parenting : Betul sekali Mba, ayo dicoba daftar pakai kode referral saya biar langsung dapat bonus 100,000

    ReplyDelete
  29. @Pohontomat : Boleh dicoba daftar juga ke Akseleran Mba, biar makin joss bisnisnya

    ReplyDelete
  30. Makasih infonya. Saya juga mau ajukan buat memulai usaha hehe
    Semoga bisnis nya main sukses

    ReplyDelete
  31. @Kakilasak : Silahkan langsung dicoba Kakak

    ReplyDelete
  32. Bagaimana seandainya yang meminjam tidak mengembalikan uang atau kredit macet? Apakah sebagai investor tidak rugi?

    ReplyDelete
  33. @Amel : Risiko seperti ini pasti selalu ada dan investor pun sudah paham dan siap menerima. Di Akseleran pun modal dikembalikan tidak sampai 100 % kalau ada peminjam yang telat bayar atau kredit macet.

    ReplyDelete
  34. Pengin daftar P2P lending atau produk sejenisnya buat pengembangan dana, masuk takut terkendala di KTP aja. Mudah-mudahan di Akseleran bisa verifikasi manual ya.

    ReplyDelete
  35. Saya sudah mencoba berinvestasi di platform ini. Lumayan sih, investasinya bisa dari 100rban...

    ReplyDelete
  36. @Sapti Nurul : Mantap kakak 🙏 🙏

    ReplyDelete
  37. @Bang Doel : Ada apa dengan ktp Anda Pak Doel??

    ReplyDelete
  38. Mantap nih, cocok dengan kondisi begini, di mana orang pada memeras otak untuk menambah penghasilan. terima kasih Mas artikelnya

    ReplyDelete
  39. Investasi semacam ini sekarang sedang banyak digandrungi oleh generasi kekinian ya Mas. Apalagi literasi finansial sekarang mudah didapat.

    ReplyDelete
  40. @Supadilah : Makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  41. Di masa pandemi ini, melakukan investasi dari dalam rumah dengan modal yang relatif terjangkau seperti ini sangat menarik ya Mas. Aku mo ikutan coba ah.

    ReplyDelete
  42. @Arigetas : Langsung coba invest Mas Ari

    ReplyDelete
  43. @Fadli : Betul Mas, kesempatan untuk investasi online semakin mudah saja

    ReplyDelete
  44. wah bisa di coba nih, cukup dengan 100 ribu saja sudah bisa memulai berinvestasi. Dalam bayangan saya investasi itu harus punya uang puluhan juta, ternyata kini ratusan ribu pun sudah bisa ya

    ReplyDelete
  45. @Nanik Nara : Semakin besar jumlah investasinya, maka semakin besar keuntungannya. Tapi enaknya di Akseleran, nilai investasi bisa dari 100,000 saja

    ReplyDelete
  46. Keren ini investasi tak mesti besar... Bisa disesuaikan dengan anggaran dan gaji ya, tertarik untuk mengetahui lebih dalam investasi di sini

    ReplyDelete
  47. @Citra Pandiangan : Betul Kak, di Akseleran nilai investasi gak harus berjumlah besar, mulai dari 100,000 aja udah bisa

    ReplyDelete
  48. Wah mas Hendra udah invest di akseleran juga.

    Aku 4 bulan yg lalu baru nyoba mas.. Mogaaaa cuan yaaa. Niatin nabung dulu hihi

    ReplyDelete
  49. @Celoteh Rini : Mayan buat jajan cilok sama gerobaknya plus si abang penjualnya berikut rumahnya juga

    ReplyDelete
  50. Menarik perjalanan memeroleh imbal hasilnya,kak. Tampaknya tidak terlalu rumit prosesnya.

    ReplyDelete
  51. @Siswiyantisugi : Menarik dong. Prosesnya cukup simpel dan sama seperti proses investasi pada umumnya.

    ReplyDelete
  52. menarik banget kak, karena bisa membuat saya memutarkan uang agar bisa menghasilkan dan ada timbal balik.. saat corona begini apakah bisa menguntungkan gak ya?

    ReplyDelete
  53. @Zee Vorte : Menarik dong, kuylah cobain Mas... Insha Allah tetap bisa,

    ReplyDelete

Berlangganan via Email