Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Game Seru yang Wajib Dicoba Saat Stay At Home


Saat wabah virus Corona semakin mengganas (hingga tulisan ini dibuat), saya mengajukan cuti selama satu minggu. Sebenarnya kantor sudah menawarkan kepada para karyawannya untuk mengambil unpaid leave (cuti tanpa digaji), tapi saya punya banyak pertimbangan, karena gajian yang saya terima pasti nilainya akan berkurang, sementara jumlah kebutuhan tidak pernah berkurang. Maka dari itu saya tetap bekerja sebagaimana biasanya. Saya juga tidak bisa menerapkan Work From Home, karena pekerjaan saya berhubungan dengan service.

Nah selama saya cuti, saya beristirahat total #DiamDiRumah sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Menahan diri untuk tidak keluyuran tidak jelas macam orang-orang yang tetap ngeyel di luar sana. Kalaupun mau keluar rumah, hanya untuk urusan yang sangat penting, seperti belanja atau ngambil uang di ATM dan tidak lupa juga menerapkan social distancing.

Bosan tidak sih selama seminggu penuh di rumah terus? Jujur saja sih, pasti ada rasa bosan. Pengen ngajak jalan anak-anak di luar. Pengen menghirup udara di luar rumah dengan bebas tanpa pakai masker. Pokoknya pengen banget semuanya kembali normal ya Allah.

Supaya tidak mudah bosan saat di rumah, saya mencoba menghibur diri saja. Saya memutuskan untuk bermain beberapa game supaya mengurangi rasa jenuh tersebut. Nah kira-kira game apa saja yang asyik untuk dimainin ya? Berikut saya kasih bocorannya ya guys :

1. WormsZone

Pasti sudah banyak yang mainin game WormsZone atau game cacing ini. Hayo ngaku saja deh. Awalnya saya kurang tertarik untuk mainin game ini. Tapi sewaktu saya perhatikan anak saya, kok kayaknya seru dan asyik banget ya. Karena penasaran, akhirnya saya install game ini.

Di permainan ini kita dituntut untuk bertahan dengan cara berebut makanan dengan cacing lainnya. Semakin banyak kita makan, maka ukuran tubuh si cacing semakin besar. Nah kalau sudah besar, gerakannya akan melambat, tentu ini jadi tantangan tersendiri, karena kita harus pandai menggerakkan tubuh si cacing. 

Hati-hati jangan sampai kepala si cacing menyentuh tubuh cacing lainnya, karena kita akan mati/kalah. Sayang kan kalau ukuran tubuhnya sudah besar. 

Supaya tidak bosan dengan bentuk dan warna cacing yang itu-itu saja, kita juga bisa memodifikasi cacing dengan cara memilih bentuk mata, bentuk mulut, bentuk tubuh dan warna tubuh si cacing. Kita juga bisa memilih warna latar permainan dan jenis makanan yang akan dimakan.

2. Minecraft

Permainan yang satu ini juga sangat asyik untuk dicoba loh. Ada dua jenis permainan yang bisa kita pilih, Survival Mode dan Creative Mode. Sesuai dengan namanya, kalau Survival Mode kita dituntut untuk bertahan hidup dari serangan para makhluk tidak jelas (zombie, enderman, skeleton dan lainnya). 

Untuk bertahan dari serangan, kita bisa melawan balik dan kita juga harus membangun rumah atau tempat tinggal sebagai tempat berlindung dengan mencari bahan bangunan ala kadarnya. Supaya tidak kelaparan, kita bisa mencari makan dengan cara berburu hewan, mulai dari ayam, kambing, sapi dan lainnya. Sayangnya di sini tidak bisa order makanan lewat Gofood.

Berbeda dengan Survival Mode, di Creative Mode, kita bebas berkreasi membuat bangunan apapun, mulai dari rumah, gedung bertingkat, kapal pesiar, benteng, kantor KUA dan lain sebagainya. Pokoknya terserah mau bikin apa saja sesuai dengan kreativitas kita. Semua bahan bangunannya berbentuk kotak-kotak. Mukanya saja berbentuk kotak, mirip kotak amal di masjid!

3. Plants vs Zombies

Di permainan ini, kita dituntut untuk bertahan semampu kita dari serangan mantan zombie yang akan masuk ke dalam rumah. Tokoh utamanya adalah tanam-tanaman yang punya kekuatan masing-masing untuk melawan para zombie. 

Si zombie pun tidak mau kalah, mereka juga akan menggunakan kekuatannya untuk menjebol pertahanan kita. Asyiknya permainan ini, kita bebas menyusun berbagai macam strategi yang bisa kita terapkan agar para zombie tidak masuk ke dalam rumah.

Kelihatannya sih mudah, tapi sebenarnya permainan ini cukup memutar otak. Selain menyusun strategi untuk berperang, permainan ini juga cukup bervariasi. Ketika kita sukses menyelesaikan misi pertama, maka akan ada permainan lain yang akan terbuka dan bisa untuk kita mainkan. Semakin naik level, kekuatan jenis zombie yang menyerang pun semakin banyak dan punya senjata yang bervariasi juga.

4. Jungle Marble Blast

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Ya ini mirip seperti game Zuma, di mana kita dituntut untuk bertahan dengan cara menembakkan bola ke arah bola-bola berwarna untuk mencegah bola-bola tersebut agar menjauh dan tidak masuk ke dalam lubang. 

Semakin levelnya meningkat, maka jumlah bolanya juga semakin banyak dan tempo permainan pun semakin cepat. Di sinilah tantangan sebenarnya.

Permainan ini juga termasuk jenis permainan strategi, karena dengan strategi yang tepat, seluruh bola tersebut bisa kita hadang dan kita hancurkan dalam waktu yang singkat. Melalui YouTube, kita juga bisa melihat bagaimana caranya para master Zuma dalam menyusun strategi bermain yang tepat, sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan setiap misi dari permainan tersebut.

5. GTA San Andreas

Dari kelima permainan di atas, game GTA ini yang paling asyik dan seru. Ini menurut pendapat sederhana saya loh ya. Tokoh utama di dalam game ini, Carl Johnson dituntut untuk menyelesaikan seluruh misi yang ada. 

Setiap misi yang diberikan sangat bervariasi dan tentu punya tingkat kesulitan yang berbeda. Setelah menyelesaikan setiap satu misi, maka CJ akan menerima sejumlah imbalan. 

Menariknya lagi, kalau seluruh misi sudah selesai, maka kita bisa mengakses ke dua kota lainnya yang sebelumnya tertutup, yakni Kota San Fiero dan Kota Las Venturas (mirip Las Vegas). Kita bebas keluyuran ke kota-kota tersebut dengan mengendarai mobil, naik motor, pesawat, helikopter, naik perahu atau naik kereta api. Mau jalan kaki juga boleh.

Ukuran file game ini cukup besar, hampir 2GB, jadi kalau mau install game ini, ya siapin memory ponsel yang cukup ya. Terus cara install game ini juga cukup mudah, yuk baca di sini bagaimana caranya : Cara Bermain Game GTA San Andreas di Android Full Version

Game ini sangat tidak disarankan untuk anak-anak, karena mengandung adegan kekerasan. Bahkan sempat mengundang kontroversi di beberapa negara.

Baca juga artikel : 
Gara-gara Setnov, Game Tiang Listrik Jadi Ngetop!
Permainan Zombie Gunship yang Bikin Ketagihan
Bermain Game Nintendo di Android


💚💚💚

Sebenarnya ada banyak game yang bisa kita coba mainin, tapi kelima game di atas juga sudah cukup asyik dan seru untuk mengisi waktu luang dan mengurangi rasa bosan. Atau Anda punya game referensi yang tidak kalah seru dan asyik? Coba sharing di kolom komentar ya.

Nah bagi Anda yang sama-sama sedang mengkarantina diri di rumah selama wabah virus Corona melanda, Anda bisa mencoba salah satu atau semua game di atas ya. Jangan lupa juga siapin camilan biar main game-nya semakin semangat!

Semoga bermanfaat dan semoga wabah ini segera berakhir sebelum datang bulan suci Ramadhan. aaamiiin....

10 komentar untuk "5 Game Seru yang Wajib Dicoba Saat Stay At Home"

  1. Game GTA yang paling saya sukai. Sewaktu jamannya PS, buku tentang GTA saya koleksi, pokoknya maniak betul.
    Tapi kini saya lebih asek ke YouTube, santai tapi juga ada dolarnya 😁

    BalasHapus
  2. Kalo saya cuma suka game balapan mas, tapi sekarng hapenya gak mendukung

    BalasHapus
  3. chess rush mas, heheheh. seru juga untuk dirumah saja

    BalasHapus
  4. Padahal aku suka Mobile Legend, tapi gak ada disini...

    BalasHapus
  5. Dari semua game baru zombie aja yang pernah aku mainkan, Mas. Dan itu pun dulu banget lama..ehehe. jadi kangen pangen main lagi :D

    BalasHapus
  6. Tinggal di rumah untuk beberapa hari, kerjaan saya hanya nemenin anak-anak belajar dan sesekali bersantai maen game. Game favorit si kecil cukup maen uler yang doyan makan kang, itu aja udah cukup menghibur, hehee..

    BalasHapus
  7. @Djangkaru Bumi : Iya Mas, saya juga asyik banget main GTA, apalagi kalau nyelesain misi

    BalasHapus
  8. @Fajar Herlambang : Wah ada rekomendasi game lain nih, makasih loh

    BalasHapus
  9. @Lokabisnis : Nah ada game lainnya juga nih, makasih atas inputnya...

    BalasHapus
  10. @Andi Nugraha : Main lagi lah, walau berulang kali dimainin, tetap seru ya Mas

    BalasHapus