Serius Pantau Web? Yuk Pilih-pilih Ragam Perangkat Analytics Terandal!


Website yang ramai pengunjung pastinya menjadi idaman semua pengelola website. Jika motif Anda membuat web untuk hobi atau sekadar iseng belaka, maka pastinya jumlah pengunjung yang tinggi menjadi bentuk kepuasan dan apresiasi tersendiri. Artinya, karya atau konten yang Anda posting via web mendapatkan atensi yang baik dari publik maya.

Keuntungan yang lebih realistis bisa Anda dapatkan dari pencapaian jumlah pengunjung yang tinggi jika Anda mengelola web untuk kebutuhan bisnis. Sebab, peluang produk yang Anda pasarkan menjadi viral, populer dan laku di pasaran akan terbuka lebar. Ini pastinya sangat menunjang pergerakan bisnis sektor riil ke arah kemajuan.

Karena itulah, pemantauan kinerja dan analisis website harus masuk daftar agenda wajib. Dengan melakukan pemantauan dan analisis, Anda akan selalu tergerak untuk mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan optimalisasi kinerja website. Ini mungkin terdengar rumit, terlebih bagi pengelola website kelas pemula. Tapi tetaplah optimis dan belajar secara perlahan-lahan sehingga pada akhirnya Anda bisa piawai menjalankan bisnis berbasis digital.

Kabar baiknya, terdapat sejumlah perangkat bebas bayar yang bisa Anda pilih untuk memantau dan menganalisis aktivitas website. Praktik semacam ini disebut dengan Web Analytic. Untuk penjelasan lebih lanjut seputar Web Analytic, mari simak uraian berikut ini :

1. Mengenal Praktik Web Analytic
Web Analytic merupakan aktivitas menganalisis segala pergerakan yang berkaitan dengan website, termasuk memantau jumlah, perilaku dan hal detail lainnya seputar pengunjung web. Aktivitas ini didukung oleh perangkat tertentu sehingga analisis tersebut tersaji dalam laporan dan data-data yang rapi.

Dengan mengandalkan web analytic, seorang pengelola web akan mendapatkan keuntungan dari segi pengembangan digital marketing terkini. Dari data pengunjung yang dianalisis, pengelola web akan mudah menyusun strategi tepat terkait promosi bisnis yang efektif, branding dan pemetaan pelanggan tersegmentasi.

2. Cara Kerja Web Analytic
Kebanyakan perangkat web analytic menggunakan kode (kebanyakan JavaScript) dan menambahkannya dalam halaman. Kode-kode tertentu akan bekerja menghitung jumlah kunjungan ke website, atau berapa banyak klik pada tautan-tautan tertentu di web. Kode lantas akan secara otomatis membuat laporan dengan rapi serta terperinci.

Maksudnya, kode dalam Web Analytic bisa menyajikan data seputar perangkat apa yang digunakan pengunjung untuk mengakses web, serta jenis kelamin dan lokasi pengunjung. Perangkat ini juga mampu mengumpulkan informasi penting lainnya seputar pergerakan web, seperti pelacakan kunjungan berulang dari browser yang sama menggunakan cookie.

3. Ragam Perangkat Web Analytic Paling Direkomendasikan
Para pengelola web sungguh dimanjakan dengan sejumlah perangkat web analytic yang bisa dipilih menyesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan. Jadi, ketika semua perangkat telah tersedia dalam ragam pilihan, semua kembali lagi kepada Anda, apakah ingin memanfaatkannya secara optimal, atau justru tutup mata dan malas belajar sehingga web Anda terbengkalai?

Berikut ini sejumlah perangkat Web Analytic yang bisa Anda pilih agar bisa mengelola web secara profesional :


a. Google Analytics
Ini merupakan salah satu perangkat Web Analytic terpopuler dan bisa digunakan secara gratis. Dengan menggunakan perangkat ini, para pengelola web bisa memantau, melacak dan menganalisis lalu lintas website. Google Analytic mampu menyuguhkan data terbaru, rapi dan terperinci seputar tautan atau konten yang paling banyak diakses.

Dengan mengandalkan perangkat ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar profil dan data pengunjung mencakup jenis kelamin, alamat dan perangkat yang digunakan ketika mengakses web. Data ini akan sangat berguna dalam agenda promosi dan branding agar benar-benar menyasar konsumen yang tersegmentasi.



b. Crazy Egg
Pemantauan lalu lintas web melalui perangkat ini bisa lebih terperinci, di mana Anda bisa melihat pergerakan kursor para pengunjung web secara real time dalam bentuk gambaran visual. Jadi, Anda bisa menganalisis minat pengunjung mayoritas terkait ragam konten yang tersaji di web. Crazy Egg mampu memberikan layanan ini sebab menggunakan teknologi Heatmap. Untuk menggunakan perangkat ini, Anda harus melakukan pembelian dan memilih paket layanan.

c. Kissmetrics
Perangkat yang satu ini bisa diandalkan untuk memantau pergerakan pengunjung secara individu di seluruh halaman web. Kissmetrics akan memudahkan pengelola web untuk memantau perubahan perilaku ketika sedang mengakses web, melihat rujukan, identifikasi pola serta data statistic penting lainnya.

d. Spring Metrics
Ketika Anda menginginkan laporan data yang sederhana terkait konversi real time, maka Anda direkomendasikan untuk menggunakan Spring Metrics. Perangkat ini juga memungkinkan para pengelola web menganalisis kata kunci, halaman rujukan serta melihat kinerja email.

e. Woopra
Menganalisis website akan lebih mudah dan menyenangkan ketika terbuka kesempatan interaksi live chat dengan pengunjung, bukan? Jika itu yang Anda inginkan, maka Anda bisa mengandalkan Woopra. Perangkat ini sangat direkomendasikan, terlebih jika Anda mengelola e-commerce. Woopra juga akan memudahkan Anda menganalisis data lainnya, secara real time seputar statistik pengunjung, lokasi akses pengunjung serta laman yang sedang dikunjungi.

Baca juga artikel :

Sebenarnya masih banyak lagi perangkat Web Analytic yang bisa Anda gunakan, tapi lima yang barusan disebutkan merupakan yang paling direkomendasikan. Silakan menyesuaikan penggunaan dengan kebutuhan. Setelah itu, segeralah melakukan tindak lanjut dari data analisis menjadi langkah pengelolaan digital marketing secara tepat dan efektif.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

2 comments

@Agoes Supriyono : Kalau kita mau gali lebih dalam, sebenarnya ilmu blogging itu sangat luas, gak cuma menulis aja...


EmoticonEmoticon