Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Supplier dan Harga Ubin Difabel

Ubin Difabel

Memang tidak banyak yang mengenal perihal harga ubin difabel di pasaran. Berbeda dengan ubin marmer atau ubin keramik yang sudah dikenal secara luas dan sebagian besar pasti sudah banyak yang tahu berapa harga pasarannya. Fungsi ubin difabel pun berbeda dengan ubin pada umumnya. Ubin difabel merupakan ubin khusus yang memang disediakan sebagai pemandu atau pengarah bagi penyandang disabilitas ketika melintas pedestrian walkway dengan memanfaatkan tekstur ubin pengarah dan ubin peringatan.


Terdapat dua perbedaan dari ubin difabel ini, yakni terletak pada teksturnya. Tekstur dengan bentuk garis lurus (Line Type) merupakan ubin difabel yang dibuat pola garis lurus pada permukaannya yang menandakan indikasi 'GO' atau menunjukkan arah jalan. Sementara ubin difabel dengan tekstur bulat (Spot Type) merupakan ubin difabel yang memiliki tampilan berupa kontur titik (Dot/Spot) pada permukannya yang menandakan indikasi 'STOP' atau berhenti atau peringatan terhadap adanya perubahan situasi di sekitarnya.

Ubin Difabel

Ubin Difabel Terramix
Untuk menghasilkan ubin difabel yang berkualitas baik, sehingga tidak mudah rusak dan lebih tahan lama, tentu harus diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan khusus. Apalagi ubin difabel tersebut nantinya diletakkan di tempat umum yang setiap harinya akan kehujanan ataupun kepanasan.

Ubin Difabel Terramix dibuat dari bahan material teraso yang dicampur dengan semen putih. Ubin Difabel Terramix memiliki karakteristik berupa material dengan pori-pori yang rapat dan solid, sehingga lebih kuat dan kokoh.

Salah satu perusahaan pembuat Ubin Difabel Terramix adalah PT. D&W International yang sudah berdiri sejak tahun 2005 dan telah mengekspor produknya ke lebih dari 70 negara di dunia.

Deskripsi produk
Ubin Difabel

Nama Produk : Ubin Difabel Terramix
Brand : Terramix
Bahan : Terazzo
Ukuran : 30x30cm
Ketebalan Marka : 5cm
Ketebalan Datar : 3 - 5cm
Aplikasi : Trotoar atau jalan raya

Alasan Memilih Ubin Difabel Terramix Sebagai Ubin Pemandu Disabilitas
Terramix sudah terbukti sebagai produsen lantai atau ubin yang berkualitas, sehingga menghasilkan produk-produk yang jauh lebih unggul. Apalagi produknya sudah merambah ke mancanegara, tentu sudah mendapat kepercayaan yang tinggi.


Berikut adalah tiga alasan mengapa sebaiknya memilih Ubin Difabel Terramix :

1. Non Slip, Sehingga Aman Digunakan Untuk Pengguna Jalan
Ubin Difabel Terramix yang terbuat dari campuran teraso dan semen memiliki tekstur permukaan yang halus dan disesuaikan dengan kebutuhan apabila digunakan sebagai tactile paving untuk area outdoor. Sehingga, pengguna disabilitas dapat melintasinya dengan aman meskipun untuk daerah dengan intensitas hujan yang cukup tinggi.

2. Pilihan Warna Beragam dan Warna Tidak Mudah Pudar
Ubin Difabel Terramix dapat dipesan dengan beragam pilihan warna menarik. Selain itu, tampilan warna dari teraso juga tidak mudah luntur apabila terkena cuaca terik ataupun curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sekalipun.

3. Tampilan Tekstur Garis (Stripes) dan Bulatan (Dot/Spot) yang Jelas
Agar pengguna difabel dapat memahami petunjuk jalan dengan baik, Terramix memproduksi ubin difabel (Guiding Block) dengan memperhatikan pada ketebalan ukuran untuk markas bulatan dan garis agar mudah terdeteksi dengan alat bantu yang digunakan oleh penyandang disabilitas.

Peraturan Jalur Pemandu Penyandang Disabilitas
Adapun peraturan mengenai persyaratan aksesibilitas mengenai jalur pemandu berdasarkan Permen PU nomor 30 tahun 2006 adalah sebagai berikut :

1. Tekstur ubin pengarah bermotif garis-garis menunjukkan arah perjalanan

2. Tekstur ubin peringatan bermotif bulat-bulat menunjukkan peringatan terhadap adanya perubahan situasi di sekitarnya (warning)

3. Daerah-daerah yang harus menggunakan ubin tekstur pemandu (Guiding Blocks) yaitu : depan jalur lalu-lintas kendaraan, di depan pintu masuk/keluar dari dan ke tangga atau fasilitas umum atau area penumpang, pada pedestrian yang menghubungkan antara jalan dan bangunan dan pada pemandu arah dari fasilitas umum ke stasiun transportasi umum terdekat.

4. Pemasangan ubin tekstur untuk jalur pemandu pada pedestrian yang telah ada perlu memperhatikan tekstur dari ubin eksisting, sehingga tidak terjadi kebingungan dalam membedakan tekstur ubin pengarah dan tekstur ubin peringatan.

5. Untuk memberikan perbedaan warna antara ubin pemandu dengan ubin lainnya, maka pada ubin pemandu biasanya diberi warna kuning dan jingga. (referensi : lingkarsosial.wordpress.com)

Bagi Anda maupun perusahaan yang ingin mencari ubin difabel dengan harga relatif terjangkau dan terbuat dari bahan berkualitas, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelinya di Terramix sebagai supplier Ubin Difabel Terramix. Demikian artikel tentang informasi supplier dan harga ubin difabel yang bisa Blogmashendra sampaikan. 

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Informasi Supplier dan Harga Ubin Difabel"

  1. sauang sekali, ubin untuk difabel ini malah kerap kali dihalangi oleh yang normal... untuk jualan juga... sosialisasinya kurang..

    BalasHapus
  2. @Agustina Purwantini : Nah itu dia, kesadaran masyarakat masih sangat rendah untuk menjaga ubin difabel tersebut, malah dipakai untuk berjualan, pastinya menghalangi kaum difabel untuk melintas

    BalasHapus