Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Pengoptimalan Website Bagi Bisnis Online

Manfaat Pengoptimalan Website

Ketika saya sedang melakukan surfing untuk mencari layanan digital marketing agency paling bagus, akhirnya saya mendapatkan sebuah website bernama SmartDigital. Berdasarkan hasil penelusuran saya, SEO agency ini memiliki metode Holistic, sebuah pengoptimalan website yang menurut saya out of the box. Hebatnya lagi, agency ini bahkan telah menerapkan metode ini sejak lama, sebelum ramai terdengar kabar apa itu Holistic SEO di berbagai seminar.


Ada beberapa catatan penting yang saya ingin bagikan dari hasil penelusuran saya. Salah satunya adalah semua hasil pencarian yang saya lakukan terdapat Google Ads di bagian atas kotak hasil penelusuran Google. Artinya apa? Artinya keyword-keyword yang saya cari adalah keyword yang memang ditargetkan oleh berbagai digital agency untuk mendapatkan peringkat.

Khusus untuk keyword yang berhubungan dengan SEO, saya berasumsi jika digital agency yang terbaik adalah mereka yang mampu mengoptimalkan website-nya hingga berada di halaman pertama, sementara mereka yang menargetkan lewat iklan, maka tentu hal tersebut sangat mudah karena selama ada budget untuk iklan, maka website mereka bisa dimunculkan. Hal ini tentu sedikit bertentangan dengan metode SEO yang menjaring traffic melalui organic. Hal inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pebisnis online yang menjadi kliennya.

Bagi pelaku bisnis online, website ibarat sebuah etalase toko. Lewat website, semua produk yang kita jual akan ditawarkan kepada konsumen, dalam hal ini pengunjung website. Tidak hanya itu, website pun bisa digunakan untuk memuat berbagai informasi terkait produk yang kita tawarkan.

Bukankah bisa lewat sosial media. Gratis dan mudah dibuat? Jika Anda hanya menargetkan konsumen terbatas dengan ruang lingkup lokal, maka sosial media bisa dijadikan pilihan utama. Tapi jika ingin cakupan bisnis yang lebih luas, website merupakan solusi terbaik.


Selain itu, dengan memiliki website menandakan jika Anda sedang membangun bisnis online yang serius, bukan hanya sekedar 'asal makan'. Kredibilitas Anda akan lebih dihargai, konsumen akan lebih percaya dan tentu saja produk yang ditawarkan punya nilai jual yang lebih baik.

Harus Dioptimasi Agar Lebih Maksimal
Tidak cukup dengan membangung website saja, Anda harus mengoptimasi website tersebut agar efektif menunjang bisnis online yang sedang dibangun. Tentu saja optimasi yang dilakukan harus sesuai kaidah SEO yang tepat di antaranya :

1. Pengunjung semakin banyak
Saat Anda berhasil melakukan optimasi dengan cara yang tepat, otomatis website Anda akan selalu berada di halaman pertama mesin pencari/search engine. Jika ini sudah terjadi, maka setiap kata kunci yang relevan dengan website Anda akan langsung ditampilkan mesin pencari.

Tentu saja ini akan berimbas langsung pada trafik atau jumlah kunjungan ke website tersebut, brand/produk Anda akan semakin dikenal dan bisnis online yang Anda bangun akan semakin besar. Bukankah semakin banyak orang yang berkunjung ke website, akan meningkatkan peluang penjualan produk yang ditawarkan? Dari sini dapat ditarik kesimpulan, website yang dioptimasi dengan baik, akan membuat bisnis online yang dibangun berkembang lebih cepat.

2. Biaya promosi ditekan seminimal mungkin
Salah satu rumus keberhasilan sebuah bisnis adalah 'modal harus ditekan seminimal mungkin, tapi keuntungan harus digenjot semaksimal mungkin'. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan demi mengurangi beban biaya promosi adalah dengan optimasi website.

Optimasi website memang sedikit banyak membutuhkan biaya, tapi jumlahnya tidak akan sebesar biaya promosi yang harus dikeluarkan. Selain itu, modal yang harus dikeluarkan untuk optimasi website hanya berupa modal awal, selanjutnya hanya biaya pemeliharaan yang seberapa.

Hal ini berbeda saat Anda harus berpromosi lewat media digital, elektronik atau media cetak. Biaya promosi ini harus dikeluarkan setiap Anda merilis produk baru atau sedang mengadakan program baru untuk produk-produk yang Anda jual.

Dengan jumlah pengunjung yang banyak dari hasil jasa optimasi SEO untuk website. Anda hanya perlu mengunggah informasi terkait produk baru, atau program baru dan konsumen pun akan langsung menyerbu. Tanpa perlu repot-repot memasang iklan. Lebih murah bukan?

3. Bisa jadi sumber pendapatan tambahan
Seperti disebutkan di atas, optimasi yang optimal akan mendatangkan pengunjung yang maksimal. Dengan jumlah kunjungan yang fantastis, Anda bisa menggunakan website tersebut sebagai media untuk mendulang keuntungan tambahan di luar bisnis utama yang Anda jalankan.

Caranya, Anda bisa menawarkan pemasangan iklan kepada pelaku bisnis online lainnya dengan harga yang disesuaikan. Selain itu, Anda pun bisa menawarkan jasa backlink, atau bisa bergabung dengan program Google Adsense yang hasilnya cukup 'menggoda'.

Jangan khawatir dengan iklan yang muncul berupa produk kompetitor, pasalnya sekarang ini Google sudah memberi kebebasan kepada pengelola website untuk memfilter iklan-iklan yang tidak ingin ditayangkan dalam situs tersebut.

Selain Google Adsense, masih banyak peluang bisnis online yang bisa dikembangkan hanya dengan modal website bertrafik tinggi.

4. Selalu terhubung langsung dengan pelanggan
Keberhasilan sebuah bisnis tergantung dari kepiawaian dalam menarik pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama tetap setia dengan produk Anda. Salah satu cara menjaga pelanggan tetap setia adalah dengan menggunakan website agar Anda selalu terhubung langsung dengan para pelanggan.

Dalam praktiknya, biasanya sebuah website bisnis online, punya fasilitas yang memungkinkan adanya interaksi antara pelanggan dengan penyedia jasa atau produk. Fitur ini bisa digunakan sebagai media informasi, atau bisa juga dijadikan sebagai bagian after sales service.

Dengan cara ini, mereka akan merasa dilayani dengan baik dan tingkat kepuasan terhadap pelayanan Anda pun akan tinggi. Lagi-lagi ini sangat berpengaruh pada bisnis Anda.

Pelanggan yang puas akan berusaha untuk menceritakan pengalaman terbaiknya saat mengunjungi website Anda. Bukan tidak mungkin dari satu pelanggan, akan datang pelanggan lainnya dan terus menimbulkan efek domino yang sulit ditahan.

Baca juga artikel :

Itulah beberapa poin yang saya dapatkan dari website yang saya baca di artikel SmartDigital yang ditulis oleh seorang adminnya yang bernama Tri Haryadi. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan selalu pastikan mendapatkan layanan yang terbaik dari perusahaan yang memang benar-benar kredibel dan memiliki portofolio yang lengkap.

6 comments for "Manfaat Pengoptimalan Website Bagi Bisnis Online"

  1. SEO yang dilakukan tidak akan langsung tampak hasilnya. Tidak seperti halnya pasang iklan yang bisa langsung dinikmati. Tapi jerih payah SEO akan terbayar jika keyword yang ditarget nangkring di page one. Pelanggan akan banjir terus sampai kitanya jadi kewalahan.

    ReplyDelete
  2. Mempercayakan jasa kepada orang memang sangat bagus sekali, selain biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak jika sendiri juga jasa yang kita percayakan juga hasilnya sangat baik dan bisa untuk dicoba

    ReplyDelete
  3. tapi agak susah mas optimasi tanpa modal yg lumayan hehe. harus rajin banget di awal

    ReplyDelete
  4. @Salman Faris : Kalau sudah tau trik SEO yang tepat, pasti dampaknya sangat positif untuk perkembangan jumlah visitor blog atau website ya Mas... Meski semua itu gak mudah dan butuh waktu yang gak instan

    ReplyDelete
  5. @Andrie : Memanfaatkan jasa kepada orang lain merupakan salah satu langkah alternatif, terutama bagi mereka yang memang belum paham atau tidak punya waktu banyak untuk mengelola website.

    ReplyDelete
  6. @Arenapublik : Betul, kalau hasilnya mau lebih maksimal, ya keluarin modal sedikit atau lebih, biar sesuai ekspektasi

    ReplyDelete

Berlangganan via Email