Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Investasi Online Terpercaya

Cara Memilih Investasi Online Terpercaya

Salah satu cara efektif untuk melipatgandakan uang yang Anda miliki adalah dengan melakukan investasi. Banyak jenis investasi muncul dengan tawaran keunggulan yang berbeda-beda. Belakangan, mulai muncul investasi online yang tidak hanya menawarkan keuntungan menarik, tapi juga aplikasi yang mempermudah proses transaksi.


Produk investasi berbasis online ini memang masih belum begitu terkenal di Indonesia. Tapi, bagi Anda yang akrab dan terbiasa bekerja dengan gadget dan perangkat mobile, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba investasi ini.

Baca juga artikel : Tingkatkan Daya Saing Wisata 10 Bali Baru dengan 4 Investasi Ini!

Meskipun kelihatannya mudah, tapi Anda harus tetap berhati-hati, karena masih ada oknum investor nakal yang menawarkan inestasi bodong. Berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti agar investasi yang Anda pilih aman dan terjamin.

1. Keuntungan yang wajar
Syarat utama untuk memilih tempat investasi yang aman adalah tawaran keuntungan yang wajar. Bila Anda menemukan tempat investasi yang menjanjikan hasil yang tinggi dalam waktu singkat, alangkah baiknya berhati-hati.

Hasil wajar yang diperoleh dari beberapa produk investasi umum seperti surat utang, saham atau reksa dana biasanya berada pada angka 10 hingga 20 persen setiap tahunnya. Artinya bila dirata-rata keuntungan tiap bulan pun masih di bawah angka 2 persen.

Banyak lembaga investasi bodong menawarkan imbalan hasil tinggi dalam waktu singkat. Misalnya bunga 5 persen per bulan atau setara 60 persen per tahun. Tentu hal tersebut masuk kategori tidak wajar. Sama seperti halnya memelihara tanaman, investasi juga butuh waktu dan proses untuk menghasilkan buah.

2. Aspek Legalitas
Sebelum memutuskan tempat investasi online dana Anda, pastikan perusahaan tersebut memiliki keabsahan legalitas, baik dari segi lembaga maupun produk yang ditawarkan.

Lembaga yang legal biasanya telah berbadan hukum dan mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal yang sama juga berlaku bagi produk investasi yang ditawarkan. Biasanya keterangan mengenai persetujuan OJK telah disertakan dalam situs resmi perusahaan.

Agar lebih meyakinkan, Anda dapat melakukan verifikasi dengan datang langsung ke kantor OJK. Selain itu, bila Anda mencurigai keberadaan lembaga investasi bodong, Anda juga dapat melaporkannya langsung. OJK nantinya akan melakukan verifikasi dan melakukan pembekuan kepada lembaga-lembaga yang terbukti ilegal. Dengan demikian, Anda turut mencegah bertambahnya korban penipuan.

3. Paham Produk dan Skema Investasi
Lembaga legal yang menawarkan investasi pasti paham benar dengan produk investasi yang mereka tawarkan. Calon pelanggan akan mendapat penjelasan secara rinci mengenai produk yang dimiliki. Paparan yang diberikan juga tidak mengambang dan jelas. Mulai dari besaran dana investasi, aliran dana hingga besar imbalan yang dapat diterima oleh investor.

Cermati pula skema investasi yang ditawarkan lembaga investasi online. Biasanya lembaga yang tidak sah menggunakan skema Ponzi. Skema ini sudah banyak memakan korban di Indonesia.

Meskipun tidak diungkapkan secara gamblang, beberapa ciri umum skema Ponzi yang dapat Anda identifikasi. Salah satunya adalah imbal hasil investor berasal dari uang investor sendiri atau dalam hal ini keuntungan baru dibayarkan bila Anda mendapatkan investor baru.

Biasanya perusahaan seperti ini mewajibkan setiap investor yang telah terdaftar mencari investor. Alasannya untuk membangun perusahaan secara bersama-sama.

Untuk membuat Anda tertarik, mereka akan menjanjikan bonus berupa uang tunai setiap kali ada tambahan investor baru. Imbalan akan semakin meningkat bila Anda mencapai target tertentu. Jadi sebenarnya dalam skema ini tidak ada proses perputaran uang yang sehat. Kerugian bisa Anda alami bila tidak ada lagi investor baru yang ingin bergabung. Perusahaan bisa bangkrut dan dana Anda pun ikut lenyap.

4. Struktur Organisasi Jelas
Lembaga investasi yang kredibel memiliki struktur organisasi dan kepemilikan yang jelas. Menjadi nilai tambah apabila orang-orang yang mengisinya memiliki latar belakang investasi yang mumpuni. Telusuri rekam jejak perusahaan melalui internet. Biasanya informasi dan review bagus akan muncul bila perusahaan terbukti memiliki reputasi yang baik.

Karena berbasis online, perusahaan bisa menyertakan informasi tersebut pada situs resmi mereka. Di samping itu, keterangan mengenai alamat kantor secara fisik pun harus tersedia. Untuk memastikan kebenaran lembaga tersebut, lakukan survey ke lokasi terlebih dahulu sebelum menginvestasikan uang Anda.

Akseleran memiliki semua aspek di atas dari keuntungan, legalitas, skema investasi dan struktur organisasi yang sudah jelas. Akseleran akan jadi investasi online yang aman dan terpercaya untuk Anda, karena Akseleran sudah menyalurkan lebih dari Rp. 1 triliun ke ratusan UKM/UMKM di Indonesia.

Metode dalam Investasi Online
Banyak metode yang ditawarkan lembaga investasi online, tapi salah satu yang paling populer biasanya dikenal dengan istilah Peer to Peer (P2P Landing). Perusahaan P2P Landing menghubungkan pemberi pinjaman (lender) yang memiliki dana lebih untuk meminjamkan uangnya kepada peminjam (borrower) dengan menggunakan sistem crowdfunding. Istilah crowdfunding ini merujuk kepada dana yang dihimpun dari banyak orang (crowd) untuk mendanai kebutuhan tertentu (funding).

Umumnya platform P2P Landing menawarkan pendanaan untuk kampanye politik, pembuatan film, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) hingga kebutuhan untuk riset pendidikan. Sejumlah imbalan akan diberikan kepada mereka yang menghimpun dananya atau dengan kata lain menjadi investor.

Bagi Anda yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Landing dari Akseleran adalah tempatnya, karena Akseleran merupakan salah satu platform P2P Landing yang sudah berizin resmi dari OJK. Di samping itu, Akseleran pun melengkapi setiap dana yang masuk dengan proteksi asuransi untuk memitigasi risiko gagal bayar.

Selain itu, sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21 persen per tahun, Anda dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Landing Akseleran hanya dengan dana mulai dari Rp. 100.000 saja.

Investasi Online di Akseleran

Gunakan kode promo BLOGMASHENDRA saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awal bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Memilih Investasi Online Terpercaya"

  1. sampai saat ini saya masih belum memahami apa itu investasi dan bagaimana skemanya. Kalau boleh tahu akseleran itu kantornya di mana mas?

    BalasHapus
  2. @Bimo : Nah itu sudah dijelaskan. Kantornya di Sahid Sudirman Center, Jakarta

    BalasHapus