Asyiknya Belajar Programming di PLC Club Indonesia


Suatu waktu komputer di kantor tempat saya bekerja mengalami jaringan error, sehingga komputer tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Saat itu waktu sudah malam, staff IT pasti sudah pulang. Alhasil, agar komputer bisa digunakan seperti biasa dan saya bisa lanjut closing sampai malam hari, saya mencoba menghubungi staff IT tersebut melalui nomor WhatsApp. Beruntung, respon yang diberikan cukup cepat, sehingga tidak banyak membuang waktu.


Untuk kembali lagi ke kantor rasanya sudah tidak memungkinkan, karena ia sudah setengah perjalanan menuju rumah naik KRL. Akhirnya kami pun komunikasi melalui WhatsApp. Dan ia pun melakukan remote komputer kantor dari jarak jauh melalui ponselnya.

Jadilah malam hari itu saya sebagai orang IT dadakan, yang dipantau dari jarak jauh. Berhubung saya awam dengan dunia IT, saya betul-betul mencerna perintah yang ia tulis melalui chat. Secara perlahan, apa yang ia perintahkan sejauh ini masih bisa saya eksekusi.

Ternyata untuk mengatasi masalah jaringan error di komputer tidaklah mudah.  Apalagi komputer di kantor terhubung dengan LAN. Saya harus login untuk masuk ke sebuah system dengan menggunakan ID dan password milik staff IT tersebut. Mau tidak mau ia pun membagikannya kepada saya.

Singkat cerita, setelah semua perintah saya kerjakan, dan berhasil. Komputer sudah bisa digunakan seperti biasanya. Senang bukan main, meski harus pusing lebih dulu mengerjakan perintah dari staff IT tersebut.

Apa yang bisa saya tarik kesimpulan dari pengalaman saya sebagai "orang IT dadakan" adalah betapa pentingnya memahami dasar ilmu komputer. Setidaknya dasarnya dulu, tidak mesti langsung mempelajari secara keseluruhan. Kalau dasarnya sudah sedikit tahu, ke sananya mungkin akan lebih mudah. Kurang lebih seperti itu.

Banyak Tahu Dunia Industry 4.0 dan Progamming Hanya di PLC Club Indonesia
Meski kita akan dipandu dengan orang yang ahli, tapi kalau kita tidak mengerti sama sekali mengenai dasar komputer, tetap saja akan menemui kesulitan. Nah di sinilah perlunya kita belajar dasar ilmu komputer. Kalau dasarnya sudah paham, baru bisa melanjutkan ke pengetahuan yang lainnya, yakni bisa belajar programming dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak forum atau komunitas yang membahas masalah dunia IT maupun programming. Mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai hal ini. Makanya tidak ada salahnya jika saya sharing di sini. Siapa tahu saja apa yang saya alami di atas, suatu saat akan Anda alami juga.

Mengenai PLC sendiri merupakan singkatan dari :
- Programmable : menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.

- Logic : menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR dan lain sebagainya.

- Controller : menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.

Untuk bisa belajar PLC Programming, Anda bisa mengunjungi website Schneider Electric dengan alamat www.se.com. Dengan mengunjungi dan ikut bergabung menjadi kontributor di Forum PLC Indonesia, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, tidak hanya bisa menambah wawasan seputar dunia IT dan programming, tapi Anda juga bisa menambah relasi baru ataupun memperluas jaringan.

Setiap kontributor bisa membuat topik atau konten menarik. Kontributor juga bisa saling mengunjungi forum dan mengajukan pertanyaan, saling membagikan komentar maupun saling sharing informasi. Sehingga akan terjadi komunikasi dua arah yang bermanfaat.


Hingga tulisan ini dibuat, Exchange Community sudah memiliki lebih dari 39.610 anggota globally dan 180.607 konten yang masuk. 

Cara Bergabung Menjadi Anggota Forum PLC Indonesia
Jika Anda tertarik dan penasaran ingin bergabung dengan Forum PLC Indonesia, caranya cukup mudah dan tidak dipungut biaya. Tahapannya juga tidak ribet, sehingga siapapun bisa bergabung dengan mudah. Anda hanya cukup mengisi form yang sudah disediakan. Jangan lupa, agar tidak terjadi kesalahapahaman dan/atau agar tidak ada pihak yang dirugikan, sebaiknya baca dan pahami regulasi atau privacy policy terlebih dulu. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar berikut :


Jika Anda sudah bergabung, Anda tinggal menjelajahi setiap forum atau mencari topik konten yang sesuai dengan yang Anda inginkan, sehingga bisa menemukan apa yang Anda cari dan butuhkan.

3 Manfaat Bergabung di PLC Club Indonesia
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat ketika Anda memutuskan bergabung di forum tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya :


1. Menambah Wawasan
Banyak cara untuk menambah wawasan yang bisa Anda lakukan. Selain membaca buku atau browsing melalui internet, Anda bisa mempertimbangkan untuk bergabung kepada suatu forum yang memiliki topik atau konten yang berbobot di dalamnya. Salah satu forum yang membahas dunia IT dan programming, Anda bisa memilih PLC Club Indonesia tersebut.

2. Menambah Relasi dan Teman Baru
Tidak bisa dipungkiri, sebuah forum atau komunitas biasanya terdiri dari sekumpulan orang dengan minat yang sama, sehingga apa yang dibahas di dalamnya akan nyambung satu sama lain. 

Anda juga bisa menemukan relasi atau teman baru di dalamnya. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Anda, karena Anda bisa saling bertukar informasi, pendapat atau saling sharing pengalaman dengan sesama anggota forum atau komunitas lainnya.

3. Konten yang Menarik dan Berbobot
Selain bisa menambah wawasan baru serta memperbanyak relasi dan teman, manfaat ketika Anda memutuskan untuk bergabung di PLC Club Indonesia adalah Anda akan menemukan beragam konten yang tidak hanya menarik, tapi juga berbobot. Sehingga informasi yang didapatkan akan sesuai dengan ekspektasi Anda.


💚💚💚💚💚

Mengingat manfaatnya sangat baik, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak bergabung dengan PLC Club Indonesia jika memang Anda memiliki minat yang tinggi dengan dunia programming. Apalagi untuk bergabung sebagai anggota di sini juga cukup mudah. 

Perusahaan elektrik sekelas Schneider Electric ini memang spesialis bergerak di bidang digital dan elektrik yang akan membantu meringankan pekerjaan Anda sehari-hari. Schneider Electric juga memberdayakan semua untuk memaksimalkan energi dan juga sumber daya, guna memastikan Life Is On di mana saja, untuk semua orang setiap saat.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon