Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanya Dokter Mata Online Seputar Cara Menjaga Kesehatan Mata Sampai Usia Tua

Tanya Dokter Mata Online

Mata pada dasarnya merupakan salah satu indera penting yang difungsikan untuk melihat, namun lebih dari itu juga untuk menyempurnakan penampilan seseorang. Karena dengan mata yang indah sebenarnya juga memiliki daya tarik tersendiri. Hanya saja memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya organ tubuh yang satu ini juga rentan terkena beragam jenis gangguan atau masalah kesehatan. Mulai dari rabun bahkan juga kebutaan jika seandainya tidak dirawat dengan benar. Tanya dokter mata online bagaimana langkah perawatannya.


Memang pada dasarnya lebih baik mencegah daripada mengobati, begitu juga ketika Anda ingin memiliki kondisi mata yang sehat dan juga tetap berfungsi dengan baik sampai dengan usia tua, maka harus melakukan perawatan untuk menjaga kesehatannya mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? Berikut ini di antara kiat-kiat yang patut untuk diterapkan, yaitu :

1. Rutin dalam memeriksakan mata, penting namun jarang yang melakukannya. Pemeriksaan tersebut hendaknya sudah mulai dilakukan sejak usia anak-anak, setidaknya 2 tahun sekali untuk melihat bagaimana kondisi mata Anda dan juga risiko terkena masalah, misalnya mengalami rabun jauh.

Adapun gangguan mata yang sebenarnya disebabkan oleh komplikasi karena penyakit-penyakit tertentu, seperti diabetes melitus dan juga tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2. Konsumsilah makanan yang bergizi, nyatanya apa yang Anda makan juga mempengaruhi kondisi kesehatan, termasuk di antaranya adalah berdampak pada kesehatan mata juga. Untuk itu maka ada baiknya dalam mengonsumsi makanan sehat, seperti di antaranya adalah yang kaya akan kandungan vitamin A, E, C kemudian juga senyawa zinc, lutein, selenium sampai dengan omega 3 yang semuanya bagus untuk menjaga kesehatan mata.

3. Batasi waktu di dalam menatap layar elektronik, di antaranya adalah laptop, ponsel sampai dengan televisi, mengingat bukan rahasia lagi jika seandainya cahaya yang dikeluarkan oleh perangkat elektronik tersebut bisa menyebabkan mata lelah.

Mata lelah ini disertai dengan beberapa gejala lain seperti di antaranya adalah mata kering dan tegang, sakit kepala, sakit punggung sampai dengan pandangan menjadi kabur. Jadi jika Anda bekerja di depan layar komputer, setidaknya selama 20 menit sekali harus mengistirahatkan mata.

Baca juga artikel : Manfaat Melihat Warna Hijau

4. Gunakan kacamata hitam ketika Anda berada di bawah terik matahari, hal ini berguna untuk mencegah sinar UV matahari akan mengenai mata Anda, karena mata yang sering terpapar oleh sinar UV ini bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk di antaranya adalah katarak.

5. Biasakan untuk mengganti produk make up Anda yang sudah kadaluarsa, khususnya adalah riasan yang dipakai pada bagian mata, karena ini sangat riskan ditumbuhi oleh beragam jenis bakteri. Biasakan juga untuk segera membersihkan produk make up yang Anda kenakan, jangan terlalu lama ada di mata atau bisa menyebabkan iritasi.

6. Rajin berolahraga, bagaimanapun ada banyak sekali manfaat yang dirasakan dengan olahraga ini, tidak hanya untuk kesehatan organ tubuh dalam saja, melainkan juga pada mata. Karena ada beberapa gangguan atau masalah mata yang disebabkan oleh komplikasi dengan penyakit lain, seperti di antaranya adalah tekanan darah tinggi yang berisiko menyebabkan kehilangan penglihatan.

7. Hindari rokok, karena merokok bisa memicu terjadinya degenerasi makula dan juga tidak sehat untuk organ mata Anda. Bisa merusak retina bahkan juga bisa jadi penyebab kebutaan.

Anda bisa berkonsultasi atau tanya dokter mata online agar lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc.

Semoga bermanfaat.

2 comments for "Tanya Dokter Mata Online Seputar Cara Menjaga Kesehatan Mata Sampai Usia Tua"

  1. Kirain kacamata hitam buat gaya doang hehe. Ternyata berguna bagi kesehatan mata

    ReplyDelete
  2. @Bang Day : Memang fungsinya kan buat melindungi mata juga toh. Kalo gaya itu bonus, hehehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email