Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reels, Fitur Instagram Terbaru yang Mirip TikTok

Fitur Reels Instagram

Ada yang sudah tahu dengan fitur Instagram yang paling baru? Kabarnya, Instagram baru saja merilis sebuah fitur terbaru bernama Reels. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat video pendek dan mengunggahnya ke Instagram. Bagi kalian yang sering menggunakan TikTok, kini kalian juga bisa mencobanya di fitur Reels ini lho. Untuk bisa menggunakan fitur Reels Instagram, sebaiknya update aplikasi Instagram terlebih dulu ke versi yang paling baru.

Fitur Reels sendiri sudah bisa dinikmati para pengguna Instagram di Indonesia pada Rabu, 24 Juni 2021. Fitur baru ini tentu saja akan memberikan pengalaman yang lebih seru bagi pengguna. Pengguna juga bisa membuat konten secara kreatif melalui fitur ini. Apalagi bagi generasi millenial yang hobi eksis, pasti bakalan cocok dengan fitur Reels

Apa Itu Fitur Reels Instagram?

Lalu sebenarnya apa fitur Reels Instagram ini? Seperti dilansir dari laman Theverge, sebenarnya Instagram sendiri telah mengenalkan fitur ini pada 5 Agustus 2020. Namun dilakukan secara bertahap di seluruh dunia. Hingga akhirnya fitur tersebut bisa dinikmati di Indonesia.

Jika kita lihat, Reels ini sangat mirip dengan TikTok. Dengan Reels, kalian bisa membuat video pendek, lengkap dengan menambahkan audio, filter, stiker dan berbagai efek lainnya. Fitur keren ini secara tidak langsung juga bisa meningkatkan engagement dan follower karena kita bisa membuat konten yang lebih menarik dengan menggunakan Reels.

Instagram Reels vs TikTok

Meski mirip, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan pertama bisa dilihat dari ekosistem penggunanya guys. Pengguna TikTok memiliki ekosistemnya sendiri, sementara Reels adalah murni dari pengguna Instagram. Melalui fitur Reels, kalian bisa langsung membagikan video kalian ke Instagram. Biar hasil videonya semakin menarik, Instagram telah menambahkan filter dan tools Augmented Reality khusus milik Instagram.

Fitur Reels Instagram

Sejauh ini, pengguna tidak bisa memonetisasi konten yang dibuat di Reels. Berbeda dengan TikTok yang menawarkan pembuat konten untuk memonetisasi kontennya. Di Reels, pengguna juga tidak bisa duet layaknya di aplikasi TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dengan pengguna lainnya. Untuk saat ini, pengguna Instagram juga tidak diizinkan untuk mengunggah musik langsung ke sistem aplikasi.

Cara Menggunakan Fitur Reels Instagram

Dari aplikasi Instagram, ketuk ikon Video Reels yang berada di paling tengah. Lalu kalian ketuk Logo Instagram paling kanan atas dan ketuk tanda record di bagian tengah. Kalian juga bisa mengunggah video dari galeri. Agar video lebih menarik, kalian bisa menambahkan audio, mengatur speed, menambahkan filter dan berbagai efek lainnya. Selanjutnya klik "Next" di bagian bawah.

Fitur Reels Instagram

Kalian juga bisa membagikan video Reels ke IG Story, Feed IG maupun Direct Message. Atur public agar video Reels kalian bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Atau bisa set private jika tidak ingin dilihat. Layaknya story, postingan Reels ini akan hilang dalam waktu 24 jam. Kalian juga bisa melihat statistik jumlah like, komentar dan siapa saja yang menyukai video Reels.

Selain membuat postingan carousel, dengan menggunakan Reels, kalian juga bisa mengoptimalkan feed Instagram dengan konten video yang kreatif dan menarik. Kehadiran Reels ini, kemungkinan besar akan membuat para konten kreator di Instagram semakin semangat untuk berkreasi. Nah kira-kira apakah pengguna TikTok akan beralih ke Reels? Bagaimana pendapat kalian guys?

6 komentar untuk "Reels, Fitur Instagram Terbaru yang Mirip TikTok"

  1. Belum coba Reels saya mas. Baru nyoba filter Story IG. Kalo di Story, filternya bisa meratakan warna kulit. Sedangkan di Tiktok gak cuma meratakan warna kulit doang, tapi juga mengubah bentuk hidung, rahang, dan mata. Udah kayak oplas deh! Hati-hati ketipu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain dong, hehehe.. Jiah menyamarkan warna kulit dong

      Hapus
  2. Instagram gak mau kalah dengan tiktok, tadi baru aja lihat ini di IG, masih belum terbiasa

    BalasHapus
  3. Wah instagram ini ya bener2 semua adaa. Ada fitur reels yg mirip tiktok ada instagram shop yg kaya marketplace lainnya.

    BalasHapus

Berlangganan via Email