Finalis Rasa Sultan! Ini 10 Alasan Kenapa Harus Ikut Lomba Blog Bank Indonesia.


Bulan Oktober 2019 lalu, saya menulis sebuah artikel tentang transaksi menggunakan QR code. Artikel ini sengaja saya tulis untuk mengikuti lomba blog & vlog Bank Indonesia. Ada salah satu tema yang menurut saya cukup menarik, yakni saya hanya perlu menceritakan pengalaman transaksi menggunakan QR code. Kebetulan, saya sering banget transaksi pakai dompet digital, mulai dari DanaGopay hingga OVO. Biar lebih jelas, kalian bisa baca artikel ini : Pengalaman Transaksi Pakai QR, Urusan Jadi Lancar!


Sampai pada tanggal 8 Januari 2020, tiba-tiba ada sebuah notif masuk di smartphone saya. Ternyata saya di-invite di WhatsApp Group (WAG) Blog - BI Netifest 2020. Kaget banget dong, tanya saya dalam hati, ini group apa ya? Ternyata, WAG ini khusus untuk 35 finalis terbaik Blog & Vlog Competition Bank Indonesia 2019. Senang banget saya bisa terpilih menjadi salah satu finalisnya. Padahal jumlah seluruh konten yang masuk (blog dan video) berjumlah sekitar 1.700.

Syukur alhamdulillah. Artikel sederhana yang saya tulis, ternyata membawa saya menjadi finalis. Malahan di tahun 2018 lalu, saya juga ikutan menulis artikel untuk lomba Blog yang sama, tapi saya tidak lolos. Padahal artikel saya buat sedemikian rupa loh. Mungkin ini yang namanya kalau sudah rezeki tidak akan kemana. Artikel sederhana, malah bisa masuk finalis.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh finalis akan diundang untuk mengikuti serangkaian acara (workshop) hingga acara puncak pengumuman pemenang yang akan diadakan di Museum Bank Indonesia, Jakarta. Seluruh finalis juga diberikan fasilitas menginap di salah satu hotel di Jakarta.

Secara keseluruhan, acaranya seru banget. Sayang kalau sampai tidak bisa datang, apalagi kalau sudah terpilih sebagai finalis. Nah berikut adalah alasan kenapa kalian harus ikutan lomba Blog & Vlog yang diadakan oleh Bank Indonesia :

1. Seluruh Akomodasi Ditanggung
Semua finalis yang jumlahnya mencapai 175 orang (5 kategori), akan ditanggung akomodasinya, mulai dari biaya ongkos (khusus finalis dari luar Jabodetabek) hingga biaya menginap di hotel. Finalis yang tinggalnya di Jabodetabek, tidak ditanggung ongkosnya, karena jumlahnya juga tidak terlalu besar sih. Berbeda dengan finalis dari luar Jabodetabek, tentu membutuhkan ongkos yang tidak sedikit, baik naik kereta api apalagi naik pesawat.

2. Menginap di Hotel
Seluruh finalis difasilitasi menginap di hotel. Pada tahun 2019 lalu, seluruh peserta menginap di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta. Dan di tahun 2020 ini, menginap di Hotel Aryaduta Jakarta. Jujur saja, saya juga baru kali ini bisa merasakan menginap di hotel bintang lima sekelas Hotel Aryaduta Jakarta.

Jadwal workshop yang sangat padat, membuat kami tidak bisa mencoba semua fasilitas di sini, seperti kolam renang dan juga Spa. Cerita selengkapnya, bisa simak di artikel ini : Pengalaman Menginap di Hotel Aryaduta Jakarta

3. Dapat Uang Saku
Selain akomodasi, seluruh finalis juga diberikan uang saku yang jumlahnya lumayan. Total uang saku yang diterima setiap finalis berbeda-beda, tergantung dari lamanya si finalis menginap. Berhubung saya memang datang dari awal, yakni dari hari Rabu, sampai acara selesai dan check out di hari Sabtu, maka jumlah uang saku yang saya terima jumlahnya full. Mau tau jumlahnya berapa? Rahasia dong, hehehe, biar kalian penasaran.

4. Ketemu Banyak Teman Baru
Yang tidak kalah pentingnya, kita bisa ketemu teman-teman baru, tidak hanya dari kalangan blogger saja, tapi juga dari finalis kategori lainnya. Dari yang hanya kenal lewat dunia maya, kita jadi bisa ketemu langsung, sehingga bisa ngobrol banyak atau saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.

Untuk teman satu kamar, akan dipilih secara acak oleh panitia BI. Saya sekamar dengan Mas Gama dari kategori video 1 menit. 

5. Dapat Insight Baru
Selama dua hari penuh, seluruh finalis akan mengikuti serangkaian acara, diantaranya adalah workshop. Materi yang diberikan disesuaikan dengan kategorinya masing-masing. Khusus untuk kelas blogger, pematerinya adalah Mas Nurulloh dari Kompasiana.


Di workshop ini, seluruh blogger dibekali berbagai wawasan seputar dunia blogging, terutama mengenai bagaimana membuat konten yang menarik pembaca dan powerful. Lalu ada juga materi bagaimana membuat judul yang mampu mengundang rasa penasaran pembaca, ya mirip seperti judul-judul artikel di media online. Pokoknya semuanya dijelaskan secara detail.

6. Bertabur Door Prize
Ada beberapa door prize yang dibagikan selama acara berlangsung. Di hari pertama saja, ada 5 door prize yang diundi, mulai dari tiga unit headphone, satu speaker merk Harman Kardon dan Smartphone merk Samsung. Lalu di acara puncak atau hari kedua, juga dibagi-bagikan sekitar lima smartphone merk Samsung bagi finalis yang bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

7. Challenge Berhadiah
Untuk menguji sampai sejauh mana blogger memahami terhadap materi yang sudah diberikan oleh Mas Nurulloh selaku mentor, seluruh blogger mendapat tantangan untuk menulis sebuah artikel. Nantinya akan dipilih tujuh blogger yang beruntung dan mendapatkan e-Money senilai 100.000. Alhamdulillah, artikel saya mendapat apresiasi dari Mas Nurulloh. Penasaran seperti apa artikelnya? Berikut artikelnya : Cerita Saya Bisa Diundang di BI Netifest 2020


Dari total 35 blogger, hanya terkumpul 25 artikel saja. Ya maklum saja, deadline yang sangat mepet, membuat sebagian dari kita ada yang tidak sempat menulis, apalagi banyak yang tidak membawa laptop. Beruntung banget saya sengaja membawa laptop, ternyata bisa bermanfaat juga. 😊

8. Kesempatan Mengunjungi Museum Bank Indonesia
Seluruh finalis berkesempatan mengunjungi Museum Bank Indonesia bersama seorang pemandu untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan akurat. Biasanya saya cuma ngelewatin gedungnya saja, tapi kali ini saya bisa masuk dan melihat langsung seperti apa isi Museum BI ini.


Selain luas, ternyata isinya sangat lengkap, mulai dari mata uang seluruh dunia, baik dari zaman dulu sampai zaman sekarang. Lalu ada perjalanan sejarah berdirinya Bank Indonesia. Ruangan (brankas berukuran raksasa) berisi emas batangan. Patung orang-orang Belanda yang sedang melakukan pertemuan. Pokoknya masih banyak lagi deh. 

9. Dapat Sertifikat Workshop dan Merchandise
Rasanya ikutan workshop ini tidak akan pernah sia-sia deh, selain mendapatkan banyak wawasan baru, seluruh finalis juga diberikan sertifikat. Lumayan, bisa untuk menambah koleksi sertifikat seputar dunia blogging.


Seluruh finalis juga mendapatkan sebuah tas selempang berwarna abu-abu dengan tulisan #GenDigitalBI. Ini sebagai bentuk kenang-kenangan untuk seluruh finalis. Ukuran tasnya lumayan bisa menyimpan dompet, power bank, charger, kamera atau smartphone.

10. Hadiahnya Fantastis
Nah ini nih yang paling ditunggu dan paling bikin penasaran. Kira-kira siapa ya pemenangnya, karena jumlah hadiahnya sangat fantastis. Seluruh finalis pasti berharap jadi pemenangnya. Tapi yang namanya kompetisi, pasti ada menang dan kalah.

Setiap kategori akan dipilih tiga pemenang saja. Jadi total seluruh pemenang ada 15 orang (ada 5 kategori). Berapa nominalnya? Jangan kaget ya. Berikut hadiahnya yang bikin nelen ludah :

Lomba blog :
Juara 1 : 15.000.000
Juara 2 : 10.000.000
Juara 3 :   6.000.000

Lomba video 1 menit :
Juara 1 : 15.000.000
Juara 2 : 10.000.000
Juara 3 :   6.000.000

Lomba vlog :
Juara 1 : 25.000.000
Juara 2 : 17.500.000
Juara 3 : 12.500.000

Lomba animasi :
Juara 1 : 30.000.000
Juara 2 : 20.000.000
Juara 3 : 15.000.000

Lomba film pendek :
Juara 1 : 45.000.000
Juara 2 : 30.000.000
Juara 3 : 20.000.000

💚💚💚

Jujur saja, baru kali ini saya merasa hasil kerja keras saya benar-benar sangat diapresiasi oleh Bank Indonesia. Seluruh finalis mendapatkan pengalaman baru yang mungkin tidak akan pernah dilupakan. Terima kasih Bank Indonesia. Meskipun sebagai finalis, tapi rasanya sudah kayak sultan!

Semoga artikel ini bisa menjadi penyemangat bagi kalian yang belum pernah ikutan lomba ini. Atau sudah pernah ikutan, tapi belum terpilih sebagai finalis. Yuk semangat menulis lagi dan hasilkan karya-karya terbaik!!

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

4 comments

wahhh.. mantap pakk.. selamat.. nyesel gak ikutan.. gak ada dapat infonya juga sih.. hehehe.

Keren banget.. kmrn liat di twitter foto teman2 blogger asli mantap

@Aorlin : Makasih. Berikutnya harus ikutan yak

@Bang Day : Ikutan juga dong tahun ini, biar merasakan juga


EmoticonEmoticon