Asyiknya Transaksi Digital Pakai Aplikasi Dana. Ini 6 Benefitnya!

Asyiknya Transaksi Digital Pakai Aplikasi Dana - Blog Mas Hendra

Memasuki era digital, pembayaran non-tunai atau cashless semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Kebutuhan sehari-hari, seperti membeli pulsa internet, pulsa listrik hingga membayar tagihan dapat dengan mudah dilakukan dengan transaksi non-tunai melalui aplikasi smartphone. Salah satu startup fintech Dana (Dompet Digital Indonesia) pun tidak mau ketinggalan.


Pada Selasa, 05 Desember 2018, Dana meresmikan kehadiran aplikasi dompet digital di Jakarta. Aplikasi Dana bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android atau Apple App Store untuk pengguna iPhone.

Meski saya sudah mengunduh aplikasi Gopay di smartphone, saya malah penasaran ingin mencoba menggunakan aplikasi Dana itu seperti apa. Apakah benefitnya banyak? Lebih mudah digunakan? Dan lain sebagainya.

Jujur saja, semenjak saya sering transaksi menggunakan dompet digital, saya merasakan kemudahan. Contohnya, saya tidak perlu bersusah payah keluar rumah hanya untuk membeli pulsa listrik atau mengisi pulsa hape. Semuanya bisa dilakukan lewat aplikasi dompet digital di smartphone. Tinggal isi saldo lewat mobile banking, maka saya sudah bisa bertransaksi digital sesuai kebutuhan, kapan saja dan di mana saja.

Nah melalui artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman menggunakan aplikasi Dana sebagi dompet digital untuk kebutuhan sehari-hari. Kira-kira keuntungannya apa saja sih? Simak pengalaman saya guys berikut ini :

1. BANYAK BONUS VOUCHER
Di Dana, pengguna bisa bermain Spin & Win (memutar roda keberuntungan). Pengguna berkesempatan untuk mendapatkan beragam bonus voucher, mulai dari Voucher 10.000 (pulsa), voucher 10.000 (Hokben), voucher 10.000 (Bukalapak), voucher 15.000 TIX hingga cashback senilai 1juta. Bahkan ada juga yang zonk alias gak dapat apa-apa.

Siapa saja yang bisa bermain spin & win?
➧ Pengguna baru yang registrasi antara 19 Desember 2018 - 31 Mei 2019.
➧ Setiap pengguna yang melakukan transaksi minimal 20.000.
➧ Setiap pengguna yang upgrade ke akun premium.
➧ Pembelian tiket movie minimal 20.000.

Aturan main spin & win ini, pengguna hanya diberi kesempatan memainkan 3 token per hari. Voucher juga hanya berlaku untuk 1 device dan 1 pengguna saja.

Hampir semua bonus voucher sudah pernah saya dapatkan, kecuali yang cashback 1juta, sangat sulit, dan kayaknya gak mungkin deh, hahaha... 

Bonus voucher ini akan langsung mengurangi total transaksi di aplikasi Dana. Misalnya pengguna beli pulsa hape sebesar 25.000 (27.500), maka akan otomatis mendapat voucher 10.000, dan cukup hanya membayar 17.500 saja. 

2. BISA CASHOUT
Pengguna bisa tarik tunai saldo di Dana ke bank yang sudah didaftarkan sebelumnya. Atau bisa tarik tunai di Alfamart, Alfamidi, Dan-Dan serta di Pegadaian. Adapun minimal saldo cashout sebesar 54.500. 

Untuk bisa menggunakan fitur CASHOUT, maka pengguna harus melakukan upgrade ke akun premium. Apakah harus bayar? Tidak perlu, cukup verifikasi nomor KTP saja, maka pengguna sudah bisa tarik tunai (cashout), mengirimkan uang, top up hingga 10juta dan beragam promo menarik lainnya.

Proses cashout juga tidak memakan waktu lama. Sewaktu saya cashout ke bank Mandiri via internet banking, kurang dari 1 menit uang sudah masuk ke rekening Mandiri. Dan tidak ada biaya apapun.

3. DAPAT CASHBACK
Enaknya transaksi menggunakan dompet digital, kita akan mendapatkan cashback setiap melakukan transaksi di merchant rekanan. Paling sering saya jajan pakai Dana di Dominos Pizza dan KFC, karena ada cashback yang lumayan, bisa sampai 50% (potongan maksimal hanya 25.000).

Ternyata cashbacknya tidak sampai 50%. Sewaktu saya jajan di Dominos Pizza, total harga sebesar 130.000, dan hanya dapat cashback sebesar 25.000 saja. Jadi saya hanya perlu membayar 105.000 saja. Jadi harap dibaca dengan teliti mengenai persyaratan untuk menggunakan cashback ini ya guys.

4. BANYAK PILIHAN JENIS TRANSAKSI
Aplikasi Dana menyediakan berbagai transaksi sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari pulsa hape, pulsa listrik, bayar tagihan air, tagihan telepon, BPJS, asuransi, TV cable, tiket film hingga voucher Google Play.

5. TRANSAKSI JADI LEBIH PRAKTIS DAN EFISIEN
Salah satu keuntungan transaksi menggunakan dompet digital adalah praktis dan efisien. Semenjak menggunakan Dana, saya tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk membeli pulsa hape atau listrik. Semuanya bisa dilakukan melalui smartphone, kapan saja dan di mana saja, asal ada jaringan internet, hehehe.

6. LEBIH HEMAT
Menurut saya, transaksi dengan dompet digital lebih hemat daripada bayar cash. Kenapa? Karena ada banyak promo, voucher ataupun cashback yang akan didapatkan.

Contohnya ketika saya beli pulsa listrik, saya dapat potongan (bonus voucher). Atau ketika transaksi di merchant rekanan, saya bisa dapat cashback. Bandingkan jika saya membeli cash, maka saya tidak dapat apa-apa. Inilah alasan mengapa transaksi pakai dompet digital lebih hemat.

Sampai tulisan ini dibuat, aplikasi Dana ini memang belum bisa digunakan di banyak merchant, tidak seperti Gopay yang sudah memiliki banyak sekali merchant rekanan. Memang sih, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Nah, bagi kalian yang tertarik ingin mencoba transaksi pakai dompet digital dan merasakan benefitnya, maka kalian bisa mencoba beragam aplikasi dompet digital yang ada saat ini, seperti Dana, Gopay, LinkAja (dulunya T-Cash) atau OVO.

Apakah berikutnya ada aplikasi dompet digital yang baru lagi? Kita tunggu tanggal mainnya. Nah demikian artikel tentang pengalaman menggunakan aplikasi Dana.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

20 comments

Aku pake buat gotix, biar sering dapet promo cashback 50% hihihi

Waktu kemaren mau transaksi di BL, saya liat ada tawaran bayar pake DANA, ternyata ini semacam dompet digital atau Wallet ya kang?

Nanti saya coba donload app-nya, siapa tahu makin memudahkan dalam transaksi online.

Makin ke sini makin banyak aplikasi 'uang digital' dan memudahkan bagi penggunanya. Mau bayar apa-apa tinggal klik gitu ya.


Dan sepertinya tidak menutup kemungkinan akan lahir dompet digital lainnya juga. Secara ya.. Kemajuan teknologi makin pesat.

Pengen sih membiasakan diri dengan dompet digital, tapi berhubung saya nggak tinggal di kota besar jadinya malah kurang terpakai. Kalau di kota-kota besar kan pasti sudah banyak merchant-merchant yang menyediakan pilihan pembayaran menggunakan DANA.

@Maman : Betul banget kang, ini salah satu dompet digital. Cobalah kang, siapa tau ketagihan pakai ini, hehehehe

Yang paling menggiurkan tuh cashbacknya loh. Kemarin saya beli baju dapat cashback sampe 50% loh gimana gak borong saya waktu itu.

Aku juga baru aja mulai pakai dana mas, ternyata banyak diskonnya. Beli token listrik, pulsa, paket data jadi lebih murah.

@Dewi Elsawati : MEmang masih menjadi kendala dompet digital di daerah-daerah yang belum banyak merchant nya. Masih jadi PR buat pengelola

@Eri : Setuju banget dah. Pasti makin banyak dompet digital baru, apalagi tren bayar digital semakin berkembang pesat.

@Bimo Aji : Dana memang bekerja sama dengan Ramayana, cashback nya lumayan loh

Memang promo cashbacknya menarik banget. Tapi sayangnya berhubung saya di kabupaten kecil, merchantnya yang nggak tersedia. Sedangkan untuk produk digital saya sudah biasa bayar di shopee :D

@DudukPalingBelakang, eh PalingDepan : Wah sayang banget yah, semoga PR ini bisa segera diatasi oleh pihak Dana dan dompet digital lainnya, agar masyarakat di daerah juga bisa meraskana manfaat dari dompet digital ya mba

Kalau Dana sudah terdaftar Di OJK belum ya? karena ini kan menghimpun dana masyarakat.

@Dwi : Saya pribadi belum tau soal ini, tapi pengalaman saya so far aman-aman aja

@Kang Masroer : Yup faktanya memang begitu, makanya saya share di tulisan ini, hehehehe

Nah, salah satu dompet digital yg nongkrong di smartphone aq ya ini hahahaaa.... Banyak banget ya aplikasi macem begini gara2 e money yg terus booming.

@Aminatul : Yup makin banyak aplikasi dompet digital yang bermunculan, lama-lama uang di dompet makin tipis, pindah ke dompet digital, hehehe


EmoticonEmoticon