Menikmati Sajian Sop Duren di Tepi Situ Pengasinan


Salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan saat menjelang sore hari adalah berkeliling dengan menggunakan sepeda motor. Seperti diketahui, anak-anak memang sangat menyukai jalan-jalan naik motor. Alasannya cukup sederhana, bisa menikmati pemandangan sekitar adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi mereka. Daripada tidak ada tujuan, sore itu saya memutuskan menikmati sop duren di tepi Situ Pengasinan, Depok. Apalagi cuaca sore itu sangat mendukung, tentu lebih menyenangkan lagi.


Tempat makan atau wisata kuliner di sekitar Situ Pengasinan dan kawasan Sawangan Depok, sebenarnya cukup banyak. Kalian juga bisa menikmati jajanan yang tidak kalah populernya di Saung Emak. Tentu dengan view yang bikin segar mata, karena di sekitar Situ Pengasinan masih terdapat tanah lapang dan pepohonan. Ada juga tempat makan yang sudah cukup populer yang bernama Teras Sawangan.

Jarum jam menunjukkan angka 4 sore itu. Waktu yang tepat untuk bersantai sambil menikmati kuliner bersama anak dan istri. Kebetulan kakak Nabil dan dede Naufal saat ini sudah mulai suka buah durian, karena sebelumnya kalau mencium aroma buah durian saja agak gimana gitu. Sementara saya dan istri memang hobi banget makan durian. Sebelumnya juga sering jajan sop duren di sop duren Margando di Margonda, Depok.

Kuliner sop duren di sekitar Situ Pengasinan baru satu outlet saja. Selebihnya tersebar di sekitar jalan Raya Pengasinan dan Sawangan, Depok. Lokasinya persis di pinggir jalan baru, Situ Pengasinan. Cat temboknya yang mencolok berwarna hijau, cukup mudah ditemukan. Namanya adalah Ren Duren.


Jumlah pengunjungnya tidak sebanyak seperti di sop duren Margando yang sudah sangat populer. Wajar saja sih, lokasinya sangat strategis berada persis di perempatan Jalan Arif Rahman Hakim. Depok. Makanya tidak heran kalau di sini selalu ramai pengunjung setiap harinya. 

Berbeda dengan sop duren Ren Duren yang lokasinya agak ke dalam, yakni di Jalan Baru, dekat Situ Pengasinan. Makanya di sini tidak seramai seperti sop duren Margando. Malah cenderung sepi. Tapi enaknya kita bisa menikmati sajian sop duren dengan damai, tidak terlalu ramai dan santai berlama-lama.

Saya tidak tahu ya, mungkin saja suasana malam bisa lebih ramai dibanding siang hari, karena biasanya muda-mudi mulai bersantai atau nongkrong di malam hari.


Tempatnya sangat sederhana sekali dan tidak terlalu luas. Hanya tersedia beberapa meja kayu. Ada juga space bagi yang ingin menikmati sop duren sambil duduk atau lesehan. Tidak ada ornamen khusus yang dipajang. Hanya dinding bercat hitam, kuning dan hijau.


Harga satu porsi sop duren cukup terjangkau, dengan pilihan toping yang beragam. Porsinya juga tidak terlalu banyak, hanya sepotong duren beku berukuran kecil. Wort it lah, sesuai dengan harganya. Ada harga, maka ada kualitas. Kalau harganya murah, ya jumlah porsinya pun sesuai dong, hehehe.

1. Sop Duren Original (Rp. 12.000)
Toping terdiri dari : duren, ketan (putih), roti dan keju

2. Sop Duren Toping (Rp. 14.000)
Toping terdiri dari : kacang, brownies, nata decoco, coklat dan strawberry

Selain menyajikan sop duren, Ren Duren juga menjual roti bakar, indomi, kopi hingga burger durian. Agak kurang nyambung ya, antara sop duren dan indomie, yah itulah yang namanya bisnis.

Rasanya bisa dibilang cukup lumayan. Sebanding dengan harganya. Saya katakan cukup lumayan, karena satu porsi disajikan dengan buah durian segar, jadi rasanya durennya masih oke lah, walau ukurannya tidak terlalu besar. Tapi tambahan ketan (putih) dan roti serta irisan keju, membuatnya menjadi lebih nikmat tentunya.

Kelebihan sop duren Ren Duren :

1. Mudah dijangkau
Lokasinya berdekatan dengan Situ Pengasinan, membuatnya lebih mudah untuk dijangkau. Outlet-nya juga berada di pinggir jalan.

2. Harga terjangkau
Urusan harga bisa dibilang sangat terjangkau lah, dengan porsi yang pas. 

3. Suasana tenang
Bagi yang tidak suka dengan keramaian, bisa menikmati sajian sop duren di sini tanpa harus antri dan berdesakan dengan pembeli lainnya.

4. Pilihan toping beragam
Kita punya banyak pilihan toping untuk menikmati sop duren sesuai dengan selera, tentu dengan harga terjangkau.

Kekurangan sop duren Ren Duren :

1. Tempatnya tidak terlalu besar
Kalau rombongannya banyak, tentu akan kesulitan mencari tempat duduk. Untungnya pengelola menyediakan space khusus untuk duduk atau lesehan.

2. Tempatnya biasa saja
Tidak ada yang istimewa dari tampilannya. Bagi kalian yang hobi mengambil gambar atau membuat video, di sini tidak ada spot istimewa untuk berfoto. Yah bisa dibilang kurang Instagramable gitu deh.



Nah bagi kalian yang sedang berkunjung ke Situ Pengasinan dan sekitarnya, jangan lupa untuk mampir menikmati sajian sop duren di Ren Duren. Sop duren bisa menjadi pilihan yang pas untuk mengusir rasa dahaga, karena biasanya sop duren disajikan dalam keadaan dingin dan segar.

Semoga artikelnya bisa bermanfaat, terutama bagi kalian yang lagi cari tempat makan atau kuliner di sekitar Sawangan atau Situ Pengasinan, Depok.

You May Like This :

3 comments

Baca judulnya aja udah ngiler saya mas, haha..

waduhh.. gimana ceritanya itu sop durenn.. gak kebayang mas, gimana enaknya.. hihii

Saya paling demen dah kalau makan duren, apapun bentuknya.. termasuk sop duren meski disini porsinya dikit kebanyakan bahan-bahan pelengkapnya, yg penting rasanya tetep duren heheee :)


EmoticonEmoticon