Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengganti Universal Joint untuk Gardan yang Lebih Tahan Lama

Tips Mengganti Universal Joint

Tips Mengganti Universal Joint - Universal joint adalah bagian kendaraan yang berfungsi sebagai penyambung gardan dan perseneling. Ini adalah bagian yang memiliki peran penting sebagai penerus gerak putaran mobil. Tanpa keberadaan universal joint, perseneling tidak akan bisa menyalurkan gerak putar pada roda. Dengan begitu, kendaraan (atau lebih tepatnya mobil) tidak akan bisa bergerak dan/atau digerakkan.


Karena menjadi bagian penting, menjaga dan merawat universal joint menjadi hal yang harus diperhatikan. Pun dengan penggantiannya.

Benar. Universal joint juga harus diganti. Itu dilakukan manakala part sudah mengalami kerusakan atau penurunan fungsi.

Ada beberapa tanda universal joint harus diganti. Biasanya universal joint akan diganti saat part sudah mengalami karat. Part juga akan diganti apabila patah dan/atau hampir patah. Pun saat part sudah mengalami penurunan fungsi, sebut saja seperti geraknya sudah mulai tidak lancar dan sejenisnya.


Terkait dengan penggantian universal joint, ada beberapa tips dan catatan yang harus Anda perhatikan. Dan untuk memfokuskan perhatian Anda, berikut kami paparkan beberapa tips mengganti universal joint di bawah ini :

Ganti Saat Sudah Mengalami Kerusakan - Tips Mengganti Universal Joint
Universal joint adalah part kendaraan yang bisa kapan saja rusak. Saat kondisi ini terjadi, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan part baru.

Penggantian part yang rusak akan sangat berguna untuk meningkatkan alur kerja dari gardan, membuatnya bisa menyalurkan gerak putar pada gardan untuk kemudian diteruskan ke roda. Dengan demikian, kendaraan Anda bisa kembali bergerak dan digunakan.

Ada beberapa kerusakan yang harus menjadi perhatian. Kerusakan pada universal joint ini sudah tidak bisa ditolerir. Dengan kata lain, saat Anda mendapati kerusakan tersebut pada part kendaraan Anda, hal yang harus dilakukan adalah mengganti part tersebut dengan part baru yang lebih sehat.

Kerusakan yang dimaksud adalah karat, tubuh universal joint mengalami pecah/cacat, tidak memiliki gerak putar dan beberapa kerusakan yang berkaitan dengan fungsi kerja universal joint.

Untuk lebih tahu mengenai kriteria kerusakan apa yang harus menjadi perhatian, Anda bisa menanyakan hal tersebut ke bengkel. Atau Anda bisa mendatangi logam-makmur.com. untuk mendapatkan produk universal joint yang baru.

Lakukan Penggantian oleh Orang yang Berpengalaman - Tips Mengganti Universal Joint
Ini tentu saja jadi hal yang harus menjadi perhatian. Dalam urusan teknik, teori tidak akan menempati posisi yang utama. Kadang kala dibutuhkan pengalaman agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Pun dengan penggantian universal joint, Anda harus menyerahkan pekerjaan tersebut pada orang berpengalaman.

Anda bisa mendatangi bengkel untuk melakukan penggantian. Anda bisa minta montir di sana untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dan menyerahkan pekerjaan ini pada mereka adalah perkara yang sangat dianjurkan.

Namun demikian, Anda juga tidak bisa melepaskan pekerjaan ini begitu saja. Maksudnya, Anda juga harus mengamati. Pastikan pekerjaan tersebut dilakukan dengan benar. Pastikan pemasangan universal joint dilakukan dengan tepat. Jangan segan untuk melakukan pengecekan secara mandiri.

Ya, mungkin akan terdengar berlebihan. Tapi pada tahap ini, hal tersebut sangat dianjurkan, terlebih untuk Anda yang menginginkan pekerjaan sempurna.


Pada akhirnya tips mengganti universal joint ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Anda bisa menyerahkan pekerjaan tersebut pada montir atau petugas bengkel. Tapi jangan menyerahkan semua pekerjaan pada mereka. Anda juga harus tetap memperhatikan mereka, memastikan bahwa pekerjaan tersebut dilakukan dengan baik, tidak ada part yang tercecer dan semua part kendaraan bekerja sebagaimana mestinya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Mengganti Universal Joint untuk Gardan yang Lebih Tahan Lama"

Berlangganan via Email