Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Elektronik Dapur yang Perlu Dimiliki Para Ibu Rumah Tangga


Di zaman modern seperti saat ini, peralatan dapur pun sudah banyak mengalami perubahan menggantikan perangkat dapur tradisional yang dianggap sudah "ketinggalan" dan dirasa kurang praktis lagi. Perangkat elektronik dapur ini tentu saja menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, yakni lebih efisien dan lebih praktis, tidak heran jika alat-alat elektronik dapur sangat diminati oleh para ibu untuk memudahkan aktivitas memasak.

Perangkat elektronik untuk memasak ini diciptakan untuk memudahkan para ibu (khususnya) dalam mengolah dan menyiapkan makanan. Perangkat elektronik dapur ini juga memiliki berbagai variasi serta ukuran, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Baca juga artikel ini : Mengintip Dapur Kreatif Persembahan Electrolux

Nah berikut ini adalah perangkat elektronik dapur yang sebaiknya perlu dimiliki oleh para ibu rumah tangga :

1. Kulkas
Kulkas atau lemari pendingin biasa ditemukan dalam setiap rumah, karena sangat membantu dalam menyimpan makanan dan minuman untuk keluarga. Kulkas merupakan perangkat elektronik dapur yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk tempat penyimpanan makanan dan/atau minuman. Desain serta fitur pada kulkas selalu mengalami perubahan mengikuti perkembangan teknologi terbaru, seperti hemat energi serta ramah lingkungan.

Manfaat lain dari perangkat elektronik dapur satu ini adalah untuk menjaga kesegaran makanan, seperti buah dan sayuran serta memudahkan untuk menata bahan makanan di dapur, sehingga membuat dapur terlihat lebih rapih.

2. Rice Cooker
Sebelum perangkat elektronik yang bernama rice cooker hadir, para ibu memasak nasi menggunakan kompor ataupun di atas kayu bakar. Setelah rice cooker dibuat, perangkat elektronik dapur ini menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki para ibu untuk menanak nasi. Seiring berkembangnya teknologi, fungsi rice cooker tidak lagi hanya sebatas untuk menanak nasi saja, ada juga rice cooker yang sudah dilengkapi fitur yang lebih lengkap, sehingga bisa digunakan untuk membuat kue, membuat bubur dan memanaskan sayuran.

3. Blender
Blender sangat bermanfaat untuk menghaluskan berbagai bahan makanan, mulai dari membuat jus, membuat kue hingga menghaluskan bumbu masakan dan lainnya. Sebagai salah satu perangkat elektronik dapur paling favorit, blender juga memiliki desain yang lebih kokoh sehingga mampu untuk menghaluskan bahan yang lebih keras, seperti es batu. Makanya tidak heran kalau blender salah satu perangkat elektronik dapur yang wajib dimiliki di rumah.

4. Mixer
Mixer atau pencampur masih satu saudara dengan blender, yakni sama-sama digunakan untuk membuat kue. Mixer alat mekanis yang digunakan untuk mencampur bahan adonan untuk mengolah kue. Perangkat elektronik dapur ini memiliki desain dan varian harga yang berbeda, tergantung dari merknya. Perangkat dapur satu ini sangat membantu memudahkan urusan membuat kue, terutama bagi yang hobi membuat kue atau memiliki usaha kue.

5. Microwave
Sistem kerja microwave menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Selain berfungsi untuk menghangatkan makanan atau membuat pop corn, microwave juga digunakan untuk mengembangkan adonan hingga membuat keripik. Microwave sangat tepat untuk digunakan untuk memasak makanan yang sudah jadi setengah matang atau menghangatkan makanan dingin yang baru saja dikeluarkan dari dalam kulkas. Microwave juga memiliki desain yang stylish yang menawarkan beragam manfaat untuk membantu pekerjaan dii dapur.

6. Teko Listrik
Teko listrik sangat membantu untuk mempermudah memasak air. Anda tidak perlu repot-repot merebus air secara manual di atas kompor, cukup mencolokkan kabel kabel ke stop kontak. Dengan teko listrik, air panas untuk menyeduh minuman sudah tersedia dalam waktu sekejap. Perangkat ini memiliki tingkat kepraktisan yang jauh lebih baik dari kompor gas.

7. Pemanggang Elektrik
Perangkat elektronik dapur yang satu ini sangat bermanfaat untuk memanggan aneka olahan roti menjadi santapan yang lezat untuk keluarga. Ada juga pemanggang elektrik yang bisa digunakan untuk memanggang makanan lain, seperti ayam panggang dan lainnya. Ada baiknya Anda memilih pemanggang yang sudah dilengkapi dengan pemanasan ganda yang bisa digunakan untuk memanggang dan juga membakar berbagai makanan.

8. Digital Fryer
Digital fryer merupakan perangkat elektronik dapur yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan penggorengan, namun pengoperasiannya menggunakan energi listrik dan biasanya juga tersedia timer untuk memudahkan menggoreng bahan makanan yang diinginkan. Digital fryer atau penggorengan digital dinilai mampu menghemat waktu memasak Anda dalam menggoreng bahan makanan yang diinginkan. Panas yang dihasilkan juga lebih merata serta teknologi air frying juga mampu menurunkan kandungan lemak dan kolesterol secara signifikan.

💛💛💛💛💛

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh perangkat elektronik dapur, sebelum memutuskan membelinya, sebaiknya Anda memiliki hitungan yang tepat mengenai berapa besar daya yang diperlukan dari setiap perangkat. Jangan sampai daya listrik dari perangkat elektronik dapur milik Anda malah melebihi kapasitas daya listrik di rumah.


Satu lagi yang sebaiknya diperhatikan adalah hindari untuk menumpuk stop kontak berbagai perangkat elektronik dapur Anda di satu sumber listrik, meskipun pada dasarnya biasanya perangkat tersebut diletakkan berdekatan.

Semoga bermanfaat.

1 comment for "Perangkat Elektronik Dapur yang Perlu Dimiliki Para Ibu Rumah Tangga"

  1. Harus benar-benar siap daya dan upaya ya mas, upaya membeli yg hanya betul-betul diperlukan aja, hehe..

    ReplyDelete

Berlangganan via Email