Pengalaman Menginap di Hotel Aryaduta Jakarta

Pengalaman Menginap di Hotel Aryaduta Jakarta

Hotel Aryaduta Jakarta dipilih menjadi tempat di mana acara BI Netifest diadakan. Seluruh peserta yang berjumlah 175 orang menginap di hotel yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini. Saya merupakan peserta (dari kategori blog) yang beruntung bisa terpilih menjadi salah satu finalis dari acara lomba blog dan vlog yang diadakan oleh Bank Indonesia ini. Sebenarnya lombanya sendiri diadakan sejak bulan Oktober 2019 lalu.


Jujur saja, ini pengalaman pertama saya menginap di hotel bintang lima, seperti Hotel Aryaduta Jakarta yang sudah tersohor ini. Tidak pernah kepikiran untuk bisa menginap di sini sebelumnya, gratis pula, tapi yang namanya sudah rezekinya, ya mau gimana lagi. Baca juga : Cerita Saya Bisa Diundang di Event BI Netifest 2020

Lokasi Hotel Aryaduta Jakarta sangat mudah dijangkau, karena berada di pusat kota Jakarta, dan dekat ke Stasiun Gambir, Monas, Perpustakaan Nasional dan tempat-tempat vital lainnya. Lokasi tepatnya berada di dekat Tugu Tani. Tugu Tani ini merupakan patung pahlawan yang terbuat dari perunggu dengan figur satu orang pria bercaping dengan seorang wanita, yang terletak tidak jauh dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Saya tiba di Hotel Aryaduta Jakarta sekitar jam 03.00 sore. Untuk urusan check-in akan dikoordinasikan dari pihak BI, jadi saya dan teman-teman lainnya tidak check-in melalui Receptionist hotel. Begitu sudah sampai di luar lobby, baru mau masuk ke hotel, sudah disambut sama door girl sembari membukakan pintunya dengan senyum ramahnya. Sayang kalau senyumnya tidak dibalas, jadi mubazir dong, hahaha...

Kunci Kamar Hotel Aryaduta Jakarta

Kesan pertama saat masuk ke hotel ini begitu mewah, meski gaya bangunannya tidak semodern seperti hotel-hotel saat ini. Tapi hotel ini merupakan salah satu hotel berkelas dan mewah di Jakarta.

Sebelum masuk ke dalam lobby, seluruh barang bawaan akan diperiksa secara detail oleh petugas keamanan. Sampai di dalam lobby, saya ke bertemu dengan panitia BI. Setelah registrasi, saya langsung dikasih kunci kamar nomor 1005.

Karena sudah cukup lelah perjalanan dari Depok, tanpa pikir panjang, saya langsung menuju lift untuk istirahat di kamar. Tapi sayang, lift yang tersedia cuma ada dua, kalau banyak orang, pasti ngantri. Ukuran lobby-nya tidak begitu luas, tapi cukup nyaman. Ada beberapa couch atau sofa yang bisa digunakan untuk bersantai di area lobby.

Untuk akses ke setiap lantai, harus menggunakan kunci kamar, jadi tidak sembarang orang bisa seenaknya naik ke lantai hotel. Setiap hotel pasti menerapkan sistem keamanan yang sama untuk alasan kenyamanan dan keamanan tamu yang menginap.

Kamar Hotel
Untuk sekelas Hotel Aryaduta Jakarta yang sudah cukup berumur, interior kamarnya cukup apik, meski modelnya masih ketinggalan. Ceiling atau tinggi kamarnya tidak terlalu tinggi. Ukuran kamarnya juga lumayanlah, sesuai dengan tipe kamar yang dipilih.

Furniture di dalam kamar cukup lengkap. Ada sebuah meja kerja lengkap dengan kursi dan lampu mejanya. Lalu ada juga sebuah kursi buat bersantai dengan meja kecil yang di atasnya sudah tersedia sebuah teko elektrik lengkap dengan dua buah cangkir kecil untuk membuat kopi atau teh. Sudah disediakan juga dua buah botol air mineral berukuran sedang, kopi sachet, teh, gula dan kreamer.

Interior Kamar Hotel Aryaduta Jakarta

Interior Kamar Hotel Aryaduta Jakarta

Kemudian tersedia dua lemari besar untuk menyimpan pakaian, sepatu, tas dan lainnya. Salah satunya ada SDB (Safe Deposit Box), tempat untuk menyimpan barang-barang berharga. Sepasang sandal hotel yang tipis juga sudah disediakan di dalam lemari pakaian.

Sandal Hotel Aryaduta Jakarta

TVnya berukuran besar, tapi tidak pernah saya tonton, soalnya terlalu sibuk workshop. Bagi yang Muslim, untuk melihat arah kiblat, petunjuknya tertempel di dalam laci meja kerja.

Interior Kamar di Hotel Aryaduta Jakarta

Tempat tidurnya empuk banget, bersih dan wangi. Tidur pun jadi tambah nyenyak ditambah semburan AC yang dingin-dingin manja. Enaknya, AC di kamar bisa kita atur sendiri sesuai selera.

Tempat Tidur di Hotel Aryaduta Jakarta

Kamar Mandi
Di kamar mandi sudah tersedia amenities lengkap, seperti sabun, shampoo, sikat gigi, conditioner, shower cap, cutton bud, handuk besar dan handuk kecil. Setiap hari, amenities ini akan diganti dengan yang baru. Sabun mandinya wangi banget dan wanginya awet. Tersedia bathtub bagi yang suka berendam, ada juga air hangat dan dua buah gelas juga disediakan untuk kumur-kumur saat sikat gigi. Lalu ada hair dryer juga.

Amenities di Hotel Aryaduta Jakarta

Keran di kamar mandi saya agak oblak, tapi masih bisa berfungsi dengan baik untuk air hangatnya. Kamar mandinya nyaman deh, bikin betah mandi lama-lama.

Menu Sarapan yang Bervariasi dan Lezat
Sarapan di Hotel Aryaduta Jakarta mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 11.00. Lokasinya ada di lantai dasar, dekat dengan lobby dan lounge. Saya sengaja datang paling awal sekitar jam 06.00an, karena kalau siangan dikit tambah ramai (alesan aja, padahal mah lapar!). Menunya lengkap banget, ada bubur ayam, nasi goreng, mie goreng, cereal, aneka roti dan kueh, omlet telur dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutin satu persatu.

Menu Sarapan di Hotel Aryaduta Jakarta

Selama menginap 3 malam, menu sarapan saya selalu sama, yakni omlet telur, kentang panggang, sosis ayam, sosis sapi, beberapa helai keju, buah-buahan segar dan sereal. Minumnya cukup air putih hangat saja. Padahal pilihan minumannya banyak loh, selain air putih hangat, ada infused water, jus apel, orange jus, teh, kopi dan lainnya. Tempatnya nyaman dan rasanya sangat lezat. Pokoknya mantul deh sesuai standard hotel bintang lima.

Sarapan di Hotel Aryaduta Jakarta

Menu Makan Siang dan Malam
Kebetulan, saya dan teman-teman blogger lainnya selalu makan siang, coffee break dan makan malam prasmanan bukan di restorannya, tapi di area ballroom dan tempat di mana workshop diadakan, yakni di lantai M. Menu makanannya cukup lengkap dan rasanya lezat banget. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera. Tidak lupa juga tersedia menu pencuci mulut yang terdiri dari buah-buahan segar, aneka kue dan puding.

Service
Staff hotel selalu konsisten ramah dan tersenyum saat melayani setiap tamu. Setiap hari, team dari house keeping selalu rutin merapikan tempat tidur, membersihkan kamar mandi, mengganti amenities, handuk dan keset dengan yang baru. Mereka juga mengganti air mineral, kopi, teh, gula atau kreamer dengan yang baru.

Spa dan Kolam Renang
Salah satu hobi saya itu berenang. Apalagi di Hotel Aryaduta, ada kolam renang outdoor yang indah dengan jejeran kursi panjang untuk bersantai di lantai 3. Tapi sayang, karena padatnya jadwal workshop BI, saya tidak sempat memanfaatkan layanan Spa dan berenang di sini. Untuk Spa sendiri masih terletak di lantai yang sama.

Objek Wisata yang Dekat dari Hotel Aryaduta Jakarta
Pemandangan dari dalam Kamar Hotel Aryaduta Jakarta

Bagi yang ingin berwisata dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari hotel ini, jangan khawatir, soalnya ada beberapa tempat wisata populer yang bisa dikunjungi, di antaranya adalah :

1. Galeri Nasional Indonesia (0.5 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Medan Merdeka Timur No 14, Jakarta Pusat, Jakarta 10110

2. Museum Kebangkitan Nasional (0.5 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Abdurrahman Saleh, No 26, Jakarta 10410

3. Gedung Joang 45 (0.5 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Menteng Raya No 31, Jakarta 10340

4. Perpustakaan Negara Indonesia (0.9 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Medan Merdeka Selatan No 11 RT 11/2, Senen, Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta 10110

5. Taman Ismail Marzuki (TIM) (0.9 dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Cikini Raya No 37, Jakarta 10330

6. Balai Kota Jakarta (0.9 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Medan Merdeka Selatan 8-9, Jakarta 10110

7. Museum Sumpah Pemuda (0.9 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta 10420

8. Taman Suropati (1.1 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Teuku Umar, Jakarta 10350

9. Monumen Nasional (Monas) (1.1 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jakarta 10110

10. Museum Nasional (1.6 km dari Aryaduta Jakarta)
Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat, Jakarta 10110


💚💚💚

Secara keseluruhan, saya puas menginap di Hotel Aryaduta Jakarta. Apalagi didukung dengan fasilitas yang memadai, amenities yang lengkap, menu makanan yang bervariasi dan lezat serta pelayanan yang ramah. Ya wajar saja sih, sudah seharusnya setiap hotel memberikan pelayanan yang prima kepada setiap tamu yang menginap, apalagi sekelas Hotel Aryaduta yang notabene merupakan salah satu hotel bintang lima yang sudah sangat populer di Jakarta.

Hotel Aryaduta Jakarta
Alamat : Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No 44-48, RT 07/01, Gambir, Kec. Gambir, Jakarta, DKI Jakarta 10110
Telepon : (021) 2352-1234
Website : id.aryaduta.com
Harga : Berada di kisaran 800.000 - 1.100.000 per malam


Nah demikian pengalaman menginap di Hotel Aryaduta Jakarta yang bisa Blogmashendra share. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi kalian, yang punya rencana liburan dan ingin menginap di sini.

You May Like This :

4 comments

Beruntung banget Bisa NgInap di hotel bintang 5 secra gratis. Aku kapan yak, wkwkwk

kampus lama saya depan hotel ini. Selama 3 tahun say jg cmn ngiler bisa nginap di sini. Mantap mas

@Rudi : Ikutan aja lomba blog BI Mas... Siapa tau keangkut

@Bang Day : Coba ikutan lomba blog BI, biar bisa dapat nginep gratis,wkwkwk


EmoticonEmoticon