Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beli Tiket Kereta Api Online


Kereta Api Indonesia

Saat ini, ada banyak sekali berbagai inovasi terbaru yang diberikan oleh PT KAI kepada seluruh pengguna jasanya. Contoh inovasi terkini adalah cara pembelian atau pemesanan kereta api Indonesia tiket. Lalu, apa yang baru dari hal ini? Saat ini, Anda bisa membeli tiket kereta api tanpa harus jauh-jauh mendatangi loket. Anda bisa melakukannya via online yang sangat memudahkan Anda dan pengguna lainnya. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan KAI Access.

Khususnya untuk para wisatawan yang memang sebelumnya belum pernah memanfaatkan jasa transportasi darat ini, KAI Access adalah pilihan yang pas. Hal ini karena Anda bisa memesan atau membeli tiket yang mana Anda sesuaikan dengan jadwal yang Anda inginkan.

Baca juga artikel tentang kereta api yang satu ini : Kereta Api Joglosemarkerto, Traveling Sekitar Jawa Tengah Jadi Lebih Menyenangkan

Bahkan, Eva Chairunisa, Kep. Humas Jakarta sangat menyarankan seluruh pengguna jasa, baik baru ataupun lama untuk menggunakan aplikasi hebat ini untuk memesan dan juga membeli tiket kereta api. Kenapa demikian? Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda yang sudah terlanjur memesan atau membeli tiket bisa saja membatalkan pembelian tersebut jika sewaktu-waktu Anda batal menggunakan jasa kereta api. Artinya, jika Anda tidak jadi melakukan perjalanan dengan transportasi kereta api, proses pembatalan bisa dengan mudah dilakukan.

Well, jika Anda, teman, keluarga dan kerabat lainnya hendak bepergian dan berniat memakai jasa KAI, belilah tiketnya melalui KAI Access. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam menggunakan KAI Access. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Menginstal KAI Access terlebih dahulu
Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menginstal aplikasinya, yaitu KAI Access. Anda bisa mengunduhnya melalui smartphone di App Store atau Playstore. Tentunya, pengunduhan ini bertujuan agar Anda bisa langsung mulai melakukan transaksi pembelian atau pemesanan tiket kereta api dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Mendaftarkan akun dengan data diri
Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi tadi, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yakni mendaftarkan akun Anda. Dalam hal ini, Anda harus menyiapkan e-KTP. Anda juga bisa menggunakan identitas Anda lainnya dan digunakan untuk melakukan proses pendaftaran akun Anda di aplikasi tersebut.

Saat melakukan pendaftaran, aplikasi tersebut akan meminta Anda mengisi beberapa hal penting yang berhubungan dengan data diri Anda, meliputi nama, tanggal lahir, tempat lahir dan juga nomor handphone atau telepon Anda. Anda juga diharuskan memasukkan kata sandi untuk akun yang Anda buat tadi.

Memilih dengan cermat jenis kereta
Jika Anda sudah meng-install dan mendaftarkan akun, artinya Anda sudah benar-benar memiliki akun KAI Access. Maka, selanjutnya, Anda harus menentukan dan memutuskan jenis kereta api. Jika Anda akan menempuh perjalanan jarak jauh, Anda dapat memilih 'Intercity Train' menu. Atau, Anda bisa memilih 'Local Train' jika Anda hendak memakai kereta api lokal.

Memilih stasiun baik awal dan juga tujuan, jumlah penumpang, dan jadwal keberangkatannya
Dalam langkah ini, Anda harus cermat menentukan stasiun awal dan juga stasiun yang dituju yang mana lengkap dengan jumlah penumpang dan juga jadwal pemberangkatannya. Untuk pemesanan, batas maksimalnya yakni 4 orang yang mana seluruh penumpang adalah dewasa ataupun bayi.

Langkah ini merupakan tahapan terpenting. Anda harus melakukannya dengan sangat cermat juga benar-benar memperhatikan apa stasiun awal dan tujuan yang Anda pesan. Seringkali petugas mendapati beberapa penumpang yang salah stasiun dan juga keberangkatannya, akibatnya tiket mereka tidak bisa dicetak dan tentunya perjalanan pun jadi terhambat.

Intinya, Anda harus memastikan tanggal keberangkatan yang Anda tentukan sudah benar dan Anda harus mengingatnya pula. Setelah tanggal Anda tentukan, Anda bisa melihat waktu keberangkatannya, Anda bisa melihat dengan detail dan memilihnya sesuai yang sudah disediakan pada tanggal tersebut. Setelah proses pemesanan selesai dilakukan dan juga transaksi pembeliannya, di halaman e-tiket, nama akun juga nomor identitasnya akan muncul.

Memilih kereta api
Selanjutnya, Anda harus memilih kereta api yang sesuai dengan stasiun awal dan juga stasiun tujuan.

Mengkonfirmasi pembelian atau pemesanan
Di tahap ini, ringkasan pemesanan yang sudah Anda lewati tadi akan muncul di aplikasi Anda. Bacalah lagi dengan seksama. Setelah Anda yakin sudah benar, di layar Anda terdapat syarat dan ketentuan, Anda bisa mencentang kolom syarat dan ketentuan tersebut.

Mengisi data diri
Jika ada data pemesan dan penumpang yang berbeda, maka Anda harus melengkapi isian data diri tersebut. Tapi jika sama, Anda hanya harus memberikan centang di kolom sesuai dengan pemesan.

Pembayaran transaksi
Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan e-wallet LinkAJA jika Anda menggunakan kereta api lokal. Jika kereta api yang Anda pilih adalah jarak jauh, untuk pembayarannya ada beberapa pilihan, di antaranya ATM/Internet Banking/Mobile Banking, LinkAJA, kartu kredit, juga gerai retail. Silahkan pilih salah satu yang menurut Anda nyaman.

Itulah cara beli tiket kereta api online yang harus anda lakukan saat membeli tiket lewat KAI Access. Semoga bermanfaat.


12 comments for "Cara Beli Tiket Kereta Api Online"

  1. Wah.. Cara bayarnya juga mudah y, mas. Keren nih,KAI banyak banget inovasinya. Memudahkan konsumen banget..

    ReplyDelete
  2. Wah mudah sekali ya, kalau saya lebih suka lewat gerai retail atau minimarket.

    ReplyDelete
  3. @Mangs Abdul : Kalo gak mudah begini, mana mau masyarakat beli online. Iya gak

    ReplyDelete
  4. @Kopiah Putih : Yup, biar masyarakat jadi lebih mudah beli tiket. APalagi sekarang sudah zamannya serba online

    ReplyDelete
  5. @Djangkaru Bumi : Iya dong, alternatif selain harus beli langsung, biar masyarakat juga melek teknologi

    ReplyDelete
  6. Sekarang untuk beli tiket kereta api tak harus ngantri panjang didepan loket ya mas. Pesan tiket secara online menjadi pilihan pelanggan kereta api untuk mendapatkan tiket dg mudah dan cepat.

    ReplyDelete
  7. Pernah beberapa kali beli tiket pake KAI akses. Memang mudah banget sih. Nggak pake ribet.

    ReplyDelete
  8. Wah selama ini saya klo bepergian keluar kota dgn menggunakan kereta api, untuk pembelian tiket harus datang langsung ke loket kereta api atau Al***art.

    Ternyata sekarang dgn menginstal aplikasi KAI Accessdi smartphone, dapat langsung melakukan transaksi pembelian tiket. Jd kt lebih dipermudah.

    ReplyDelete
  9. @Yuni Handono : Iya dong, sekarang kan sudah serba digital, jadi gak perlu antri lagi di depan loket

    ReplyDelete
  10. @Yuni Bint Saniro : Terima kasih sudah share pengalamannya.

    ReplyDelete
  11. @Kang Syahri : Terima kasih sudah berbagi pengalamannya. Mungkin berikutnya bisa dicoba pesan tiket kereta api online di KAI Access

    ReplyDelete

Berlangganan via Email