Mau Tau Kenapa Harga iPhone Mahal? Ini Alasannya!

Alasan Mengapa Harga iPhone Lebih Mahal - Blog Mas Hendra

Sore ini, sambil ditemani secangkir teh manis hangat plus kueh bolu pisang bikinan nyokap, saya tertarik untuk menulis artikel tentang penyebab mahalnya harga iPhone dibanding harga smartphone lainnya. Ketika kalian akan membeli smartphone baru, pasti mikir dua kali dong, ketika memutuskan untuk membeli iPhone karena harganya yang relatif lebih mahal. Mikir keras karena harganya jauh lebih mahal dibanding smartphone merk lainnya. Dan untuk itulah artikel ini dibuat, karena rasa penasaran saya yang mencuat ke permukaan. 


Seperti yang saya kutip dari situs Sinyaliti, Tim Cook (CEO Apple), bilang kalau dia sering banget ngeliat banyak pihak membongkar iPhone dan memperkirakan sendiri berapa biaya produksi smartphone tersebut. Tapi, dia juga bilang, tidak ada satu pun dari upaya pembongkaran iPhone tersebut mengungkap berapa biaya produksi iPhone.

Terus, om Cook ini cuma bilang tidak ada satu pun yang mendekati biaya pengembangan dan produksi satu unit iPhone. Artinya semua perkiraan yang mencuat, meleset!

Bahkan, jika diasumsikan biaya lain-lain sebesar 30% (dari harga jual) ditambah dengan biaya produksi yang mencapai angka Rp. 6,6 jutaan untuk iPhone XS Max, maka Apple masih tetap untung besar saat menjual sebuah iPhone XS Max.

Tidak heran, mengapa Apple berada di posisi teratas sebagai perusahaan terkaya di dunia.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (25/10/2018), Apple merupakan perusahaan yang sangat disiplin dan tidak langsung mengimplementasikan inovasi terbarunya dalam produk barunya, seperti pada kebanyakan smartphone Android.

PEMIKIRAN YANG MATANG, UNTUK HASIL (KEUNTUNGAN) YANG MAKSIMAL
Apple lebih memilih untuk menunggu teknologi yang dikembangkan agar lebih matang, lalu berlanjut ke implementasi dan produksinya. Inilah yang membuat harga iPhone menjadi mahal, sehingga mendatangkan keuntungan yang jauh lebih tinggi dibanding perusahaan lainnya.

Meski demikian, agar tetap mampu bersaing di pasaran, Apple mau tidak mau harus mulai agresif menghadirkan inovasi baru mereka ke perangkat flagship terbarunya.

Sebagai contoh, kemampuan TrueDepth kamera yang digunakan untuk Face ID pada iPhone terbarunya, yang sebelumnya sudah dikenalkan pada iPhone X, hingga layar OLED yang hadir pada dua sisi iPhone paling anyar. Padahal layar OLED sudah digunakan oleh Samsung sejak bertahun-tahun yang lalu.

Biar bagaimanapun, ketika perangkat iPhone masih memakai layar LCD, harga iPhone tetap mahal. Hal inilah yang mendorong estimasi biaya produksi iPhone semakin tinggi.

Dalam grafik di bawah ini misalnya, harga produk-produk Apple sangat tinggi, padahal biaya pembuatan atau material produksinya lebih rendah.
Apple iPhones End Price vs. Bill of Materials - Blog Mas Hendra

Hal inilah yang membuat konsumen harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perangkat iPhone.


Diprediksi, kemungkinan besar, ini juga yang membuat produsen lain dengan harga diatas US$800 melakukan hal yang sama.

Demikian artikel tentang mengapa harga iPhone lebih mahal. Semoga bisa bermanfaat ya guys.

14 comments

Risetnya itu yang mahal....makanya racikannya keren wwjar jika mahal

cukup paham aja sih baca kenapa harga mang iphone ngga pernah di bawah seribuan...soalnya kalau mamang make barang terlalu canggih, malah pusing...maklum biasa megang pacul jeh

Tapi sepertinya nanti aple juga akan bernasib sama dengan nokia. Terlalu lambat, dalam berinovasi. Harga juga tergolong tinggi.

emang inovasinya selalu terdepan sih. biaya risetnya itu yg mahal ya

@Dwi : betul mas Dwi, racikannya mantap, tapi efeknya inovasinya jadi lambat.

@Mang Lembu : megang pacul tapi income puluhan juta, mantap ini mah mang

@Djangkaru : Hmmm, prediksi yang amazing, siapa tau ya

saya cukup yang dua jutaan saja deh..
sudah puas, baterai awet dan enak diajak berkelana seharian..
makanya sangat sangat mikir untuk membeli hp diatas 3 jutaan mas, eman-eman duitnya..
hehehe..

lagian harga hape cepat kebanting, beli sekarang mahal belum tentu balik modal jika dijual besok..

@Farida : Itulah sebabnya mengapa harganya jauh lebih mahal...

@Eka : betul mas, harga 2 jutaan juga udah cakep banget speknya

Om Hendraaaaa

Ihh lama gak main ke blog Om Hendra. Kangen deh, sinih aku cium duluk

Emuaahhh

*hoeekkk*

Gw gak penah pake produknya Apple. Karna ntah kenapa gw gak suka aja. Nyobain punya temen dan gw gak ngerasa sreg.

@Riza : Wah kemana aja nih. Sibuk sama keponakannya ya om


EmoticonEmoticon