6 Skill yang Sebaiknya Dimiliki Blogger Selain Menulis

6 Skill yang Sebaiknya Dimiliki Blogger Selain Menulis - Blog Mas Hendra

Skill paling basic yang biasanya dimiliki oleh seorang blogger adalah kemampuan dalam menulis artikel. Baik blogger pro maupun pemula serta part time blogger maupun full time blogger. Agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan berbobot, maka ada baiknya skill menulis harus terus dilatih, sehingga Anda mampu menghasilkan artikel-artikel yang tidak hanya enak dibaca, tapi juga dapat memenuhi ekspektasi para pembaca.


Untuk menjadi seorang blogger pro, Anda tidak hanya dituntut untuk mampu menghasilkan artikel yang berbobot, namun Anda juga harus memiliki beberapa keterampilan lainnya yang bisa menunjang aktivitas blogging Anda.



Maka dari itu, melalui artikel ini, saya ingin berbagi tulisan mengenai keterampilan atau skill apa saja yang sebaiknya dimiliki seorang blogger selain menulis.

1. KETERAMPILAN DALAM MENGOLAH/MENGEDIT GAMBAR
Sebagian pengunjung mungkin saja ada yang malas untuk membaca keseluruhan tulisan yang Anda publish di blog. Maka dari itu sebuah gambar memiliki peranan cukup penting dalam meningkatkan kualitas artikel di blog. Agar pembaca tidak mudah bosan ketika membaca artikel Anda, ada baiknya memberikan minimal satu buah gambar di setiap artikel yang Anda tulis.

Agar menghasilkan gambar yang lebih menarik, tentu saja Anda harus memiliki keterampilan dalam mengolah gambar.

Alat pengolah gambar paling populer yang biasa digunakan adalah Adobe Photoshop dan Corel Draw. Namun jika Anda belum mahir menggunakannya, bisa mencoba software PowerPoint atau PhotoScape untuk mengedit foto atau gambar.

2. MENGERTI DASAR BAHASA KOMPUTER
Diantara bahasa pengkodean komputer yang sebaiknya Anda pahami dasar-dasarnya adalah HTML dan CSS. Keduanya akan Anda temui ketika terjun ke dunia blogging, terutama ketika mengedit template blog Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tidak harus menguasai keduanya sampai mahir, kenali saja dasar-dasarnya lebih dulu.

3. KETERAMPILAN SEO
Tidak sedikit blogger yang rela mempelajari ilmu SEO untuk menjadikan blognya menjadi ramai pengunjung, karena teknik ini mampu membuat artikel yang Anda tulis berada di peringkat pertama pada mesin pencari, semisal Google. Jika artikel berada di peringkat pertama pada hasil pencarian, ini artinya akan ada banyak pengunjung organik yang akan mengunjungi blog Anda.

Namun pada kenyataannya tidak mudah untuk mempelajari teknik SEO, apalagi persaingan saat ini semakin ketat, karena Anda harus bersaing dengan master-master SEO lainnya. Inilah pentingnya mempelajari teknik SEO untuk menarik lebih banyak lalu lintas pengunjung organik.

4. KETERAMPILAN DALAM MARKETING
Keterampilan ini memiliki peranan cukup penting, terutama bagi Anda yang mengelola blog untuk bisnis. Dengan strategi pemasaran yang tepat sasaran, bukan tidak mungkin Anda akan mencapai target yang diinginkan bukan?!

Biarkan orang lain tahu apa yang Anda tawarkan atau jual, karena dengan pemasaran yang tepat, maka dapat mengembangkan dan meningkatkan bisnis Anda dengan cepat.

5. KETERAMPILAN MENGAMBIL GAMBAR/VIDEO
Skill berikutnya yang sebaiknya dimiliki oleh seorang blogger adalah kemampuan dalam mengambil gambar maupun video, atau lebih dikenal dengan vlog. Pengambilan objek yang tepat, mampu menghasilkan karya foto yang akan membuat pengunjung kagum, sehingga secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kualitas artikel Anda. Terutama bagi traveler blogger yang hobi hunting tempat-tempat menarik untuk dijadikan sasaran objek foto maupun video.

Bahkan saat ini banyak blogger yang juga memiliki keterampilan membuat dan mengambil video (vlog) untuk menunjang aktivitas bloggingnya.

6. KETERAMPILAN NETWORKING/JARINGAN
Seorang blogger juga sebaiknya menjalin komunikasi dan pertemanan dengan sesama blogger melalui sebuah komunitas. Jaringan yang kuat juga akan mempengaruhi blog yang Anda kelola, karena secara tidak langsung blog Anda akan dikenal lebih luas.

Mulailah berkomunikasi dan menjalin pertemanan dengan banyak blogger lainnya, baik melalui sosial media, komunitas maupun grup chatting. Luangkan waktu Anda sejenak untuk saling bertukar informasi maupun pendapat. Bukan tidak mungkin Anda juga akan menemukan ide-ide baru disana.

Demikian artikel tentang 6 Skill yang Sebaiknya Dimiliki Blogger Selain Menulis. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kita semua, terutama bagi Anda yang baru terjun ke dunia blogging.

28 comments

Setuju banget nih Mas Hendra, sejak gabung ke komunitas blogger lokal, Alhamdulillah malah makin terbuka kesempatan belajar lebih jauh mulai dari teknik menulis, SEO, editing video, dll

Setuju, Mas. Saya juga masih belajar nih, perlahan aja, satu persatu fokusin, nanti yang lainnya juga ngikut..he

Banyak juga ya ketrampilan yang dimiliki seorang blogger. Untuk yang SEO, saya masih terus belajar...

Wah, masih banyak PR setelah membaca artikel ini, Mas Hendra.

Banyak manfaatnya kalo kita bergabung dengan berbagai komunitas blogger mba, bisa menambah ilmu baru

Betul mas, secara perlahan tapi pasti. Seiring berjalannya waktu, nanti juga bisa menguasainya

Saya juga masih terus belajar SEO, meskipun belum ngarti-ngarti, hahaha

Sedikit sedikit dikerjain cikgu, biar PRnya selesai, hehhe

Edit gambar Mas, sama grafis, saya masih 30% an

Menulis aja berarti masih kurang, ya :)

Sebenarnya itu hanya opsi aja sih mba, agar terlihat lebih pro dan gak ketinggalan dengan blogger-blogger lainnya, setidaknya kita memahami keterampilan diatas tersebut...

Tapi setidaknya masnya udah memahami dasar Photoshop, kalo saya belum terjun menggunakan Photoshop, masih pakai PowerPoint

Saya punya semuanya cuma sekedar bisa aja nggak ada yang menonjol...dulu sih pengin jadi desainer grafis

wah harus lengkap ini bang multitalent , blogger super ini mah

wah akalu ane cuma bisa update blog dengan tulisan saja,yang lain masih belajar banyak mas

saya Pribadi sangat setuju dengan ke 6 Skill diatas karena semua Skill diatas sangat mendukung kita dalam dunia blogging terutama dalam hal SEO

Saya lemah di ambil gambar, edit gambar, dan terutama di bagian kode pemograman kayak html n css gtu. Rasanya itu paling horror buat saya kode pemograman begitu. Tapi karena blogger jadi mau ga mau harus belajar buat template blog

Saya kurang begitu paham SEO. Apa pengaruhnya secara langsung pada blog kita?

Skill nya masih bisa ditingkatkan agar jadi lebih baik lagi mas Dwi, selagi kita masih mau untuk terus belajar... :)

Inilah manfaatnya belajar bagi setiap blogger, agar minimal kita menguasai salah satunya, syukur-syukur bisa menguasai semuanya mas.

Setiap dari kita memang sebaiknya perlu mempelajari keterampilan lainnya, agar wawasan jadi bertambah

Agar terlihat lebih pro, setidaknya minimal 6 skill bisa kita pahami dasarnya, lebih bagus lagi kalau menguasainya semuanya.

Masih ada waktu untuk terus belajar mba, selagi ada keinginan kuat untuk menjadi lebih baik. Betul mba, karena kita blogger, maka mau gak mau kita belajar bahasa pemograman, agar paham secara basic untuk mengubah template blog dan lainnya

Jika kita menguasai teknik SEO, kita dapat memaksimalkan artikel untuk muncul di halaman pertama pada mesin hasil pencarian, terutama Google. Dengan begitu, jumlah visitor akan terus meningkat, karena mereka menemukan artikel berada di posisi halaman pertama. Sebagian besar pengunjung tentu lebih suka mengklik artikel di halaman pertama bukan???

Nah teknik ini yang banyak dipelajari oleh setiap blogger, meski tekniknya banyak yang bilang gak gampang. Semoga jawabannya sedikit membantu ya dan terimakasih sudah berkunjung

keterampilan-keterampilan diatas menurut saya sudah menjadi risiko kalo seseorang mau menjadi seorang blogger, mau tidak mau ya harus bisa hehe, saya pun masih harus banyak belajar terutama dalam teknik SEO dan mendesain gambar..

Saya juga masih banyak belajar mas. Terutama teknik SEO dan keywords. Yang lainnya sambil menyelami sambil berjalan

Kalau nggak bisa semuanya, masih bolehkah jadi blogger :-(( Hiks, saya ga punya kemampuan spt yg di atas.. hikss jadi masih bolehkah saya jadi blogger?

Gak masalah mas, itu kan hanya skill tambahan aja, gak musti menguasai semuanya... Hehehe, makasih sudah berkunjung


EmoticonEmoticon