4 Alasan Seseorang Melakukan Unsubscribe Pada Blog Anda

Seorang Wanita Bersiap Untuk Pergi - Blog Mas Hendra

Kegiatan blogging memiliki banyak manfaat positif yang akan kita dapatkan. Tidak hanya mengasah kemampuan menulis, blogging juga dapat memberikan penghasilan melalui monetisasi blog, seperti AdSense. Namun untuk mewujudkannya, tentu saja kita membutuhkan niat, perjuangan dan kerja keras yang lebih giat lagi.

Ada banyak metode yang digunakan oleh para blogger untuk menaikkan jumlah pengunjung agar blognya laris manis bak kacang goreng. Salah satunya adalah dengan menaikkan jumlah subscriber blog. Subscriber sendiri berarti pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs maupun berlangganan melalui email. Jadi mereka ini adalah orang-orang yang berlangganan artikel blog Anda.

Semakin banyak subscriber blog Anda, maka jumlah pengunjung akan semakin besar. Ini artinya potensi pendapatan blog Anda pun semakin memiliki peluang lebih besar. Namun bagian tersulit adalah bagaimana cara mempertahankan subscribe tersebut dengan baik. Tidak jarang ada beberapa atau bahkan banyak pelanggan blog yang justru melakukan unsubscribe pada blog Anda. Ini berarti ada sesuatu yang harus segera dikoreksi, apakah ada yang salah pada blog Anda.

Sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda segera melakukan tahap evaluasi dan perbaikan, agar jumlah pelanggan blog Anda tidak terus menurun. Dan berikut adalah 4 Alasan Seseorang Melakukan Unsubscribe Pada Blog Anda : 


1. Konten Membosankan

Terkadang kegiatan blogging menemui berbagai kendala, dimana seorang blogger dihadapkan pada berbagai masalah yang justru membuatnya menjadi stuck dalam menulis. Penyebabnya adalah kehabisan ide untuk menulis. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka tidak tertutup kemungkinan Anda akan lebih sering membuat konten yang isinya sama dan berulang-ulang karena Anda merasa jenuh. Atau bahkan lebih parahnya lagi, Anda jarang sekali melakukan update pada blog yang dikelola.

Hal ini tentu saja dapat membuat orang menjadi bosan dan jemu dengan artikel yang itu-itu saja dan tidak ada informasi yang baru yang mereka harapkan. Dan kemungkinan untuk melakukan unsubscribe pada blog Anda pun semakin besar.

Untuk menghindari hal ini, temukan beragam ide di sekeliling Anda, lalu tuangkan melalui sebuah tulisan yang menarik. Intinya adalah Anda harus tetap mempertahankan sisi kreatifitas yang Anda miliki ketika akan membuat artikel.


2. Terlalu Banyak Email Subscribe yang Masuk

Bagi seseorang yang berlangganan konten melalui email, tentu saja informasi ini akan muncul melalui inbox email. Dan tentu saja, tidak hanya berlangganan dari blog Anda, namun masih banyak email subscribe yang lainnya. Untuk mengurangi banyaknya email yang masuk dan penuh, tidak tertutup kemungkinan seseorang akan menghapus email yang dianggap tidak penting. Dan kemungkinannya bisa saja pelanggan akan mengambil keputusan untuk menghapus email dan berhenti berlangganan (unsubscribe) blog Anda.



3. Konten Hasil Copas dan Tidak Orisinil

Banyak kerugian yang didapat bagi seorang blogger yang melakukan copy paste suatu artikel. Salah satunya adalah berkurangnya subscribe blog Anda. Mengapa demikian? Pelanggan yang menemukan konten yang sama di situs lain dengan blog Anda, akan membuat mereka menjadi tidak respect lagi dengan Anda. Karena mereka akan menganggap Anda adalah seorang blogger yang tidak kreatif dan tukang copas. Hati-hati, bisa saja mereka akan melakukan unsubscribe pada blog Anda.


Untuk menghindari hal ini terjadi, menulislah dengan konten yang orisinil. Tulisan yang orisinil meskipun sederhana, akan lebih dihargai ketimbang tulisan berbobot tapi hasil copas.


4. Konten Tidak Relevan Dengan Kebutuhan Pembaca

Padatnya aktivitas di luar blogging, dapat menyebabkan blogger menjadi tidak fokus dan konsentrasi dengan konten blog yang dikelolanya. Hal ini justru akan menyebabkan konten blog yang dibuat lama kelamaan semakin tidak relevan dengan kebutuhan pelanggan alias konten blog seolah keluar dari haluan serta tidak seperti biasanya saat pertama kali blog dibuat.

Jika tanpa solusi, tidak tertutup kemungkinan banyak pelanggan yang akan melakukan unsubscribe pada blog Anda ketika mereka tidak lagi mendapati apa yang mereka harapkan.

Semoga bermanfaat.

12 comments

Untuk mempertahankan subscriber pada blog kayaknya mesti ada perubahan biar para followers tetap menjadi memfollow blog pribadi heheh

Reply

konten copas memang berpengaruh karena jika tahu blogger tsb cuma copas malas untuk membacanya karena bukan idenya

Reply

Sudah pasti seperti itu mba Wida

Reply

Hahaha Yang ngikuti blog aku baru 1 jadi aku merasa sedih

Reply

Namanya awal masih butuh proses mas, saya juga begitu dulu...

Reply

sekarang udah banyak ya mas hahaha udah sukses duluan

Reply

Ah bisa aje agan, kalo udah sukses mah berhenti ngeblog, hahaha

Reply

Biasanya point nomor 2 sih yang kejadian, email bejibun ampe ketutup email penting lainnya

Reply

Sama dong, saya juga kayak gitu...

Reply

Intinya memang menjaga kualitas. Makasih mas ulasannya.

Reply

Sama-sama... Semoga bermanfaat mas Adam

Reply

Post a Comment