Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngeri! Petir Terganas di Dunia Ada di Depok

Petir Terganas di Dunia Ada di Kota Depok - Blog Mas Hendra

Semenjak kepindahan saya ke kota Depok, membuat saya penasaran dengan segala yang ada di kota Depok, mulai dari tempat wisata menarik dan juga kulinernya. Eh tapi tidak hanya itu saja loh, saya juga tertarik untuk mendalami pengetahuan umum seputar info Kota Depok. Dan salah satunya yang membuat saya cukup tercengang adalah, ternyata kota Depok merupakan kota dengan petir terganas di dunia. DI DUNIA GUYS!! Rekornya bahkan sudah tercatat di Guinness Book of World Record. 

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada pertengahan tahun 2002 yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung. Penelitian yang disponsori oleh PLN Cabang Depok pada bulan April, Mei dan Juni 2002 lalu, menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS) itu mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

"Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir bahkan mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun," ungkap Zoro.

Nggak heran mengapa Indonesia dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi, karena kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir.

Prof. Zoro sebelumnya mengadakan penelitian di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, karena menganggap kawasan ini memiliki sambaran petir cukup besar. Tetapi ternyata ada daerah yang memiliki sambaran petir lebih besar dan ganas, yakni di daerah Depok, khusunya wilayah selatan seperti Sawangan dan Cinere, karena daerah ini dipengaruhi angin regional dan lokal, yakni angin dari lembah serta angin darat dan angin laut dari Kepulauan Riau dan Selat Malaka.

Suara Petir Menggelegar di Rumah

Penelitian ini cukup beralasan. Kenapa? Karena saya sendiri yang tinggal di kawasan Pengasinan, kerap merasakan petir menggelegar kala turun hujan. Itulah sebabnya sewaktu turun hujan yang disertai suara petir keras, pihak PLN pun memadamkan aliran listrik, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Terutama saat musim hujan tiba, daerah tempat tinggal saya paling sering mati lampu, apalagi kalau suara petir sudah mulai terdengar, GERCEP pihak PLN langsung memutus aliran listrik.

Semoga bermanfaat.

Referensi :
http://bangka.tribunnews.com/2017/05/08/ngeri-ternyata-petir-terganas-di-dunia-ada-di-indonesia-lo-ini-dia-lokasinya

Posting Komentar untuk "Ngeri! Petir Terganas di Dunia Ada di Depok"