Tips dan Manfaat Mendampingi Anak Menonton TV

Tips dan Manfaat Mendampingi Anak Menonton TV - Blog Mas Hendra

Menonton televisi atau TV merupakan aktivitas yang hampir dilakukan oleh setiap orang di rumah, termasuk anak-anak. Seperti diketahui menonton TV tidak selamanya berdampak negatif bagi anak-anak, selama tidak dilakukan secara berlebihan dan mengetahui batasan-batasannya. Justru kita bisa memperoleh manfaat dari menonton TV jika dilakukan secara tepat.


Aktivitas menonton TV bagi anak-anak, tentu akan lebih bermanfaat jika ada sesuatu yang bisa diambil dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan. Untuk itulah perlunya peran serta orang tua dalam mendampingi anak-anak saat menonton, agar anak-anak tidak mendapat tontonan yang salah. Sehingga akan berpengaruh buruk bagi perkembangannya.

Sebelum membahas mengenai tips dalam mendampingi anak nonton TV, ada baiknya jika kita mengetahui lebih dulu manfaatnya.

1. Anak Dapat Menyerap Informasi yang Tepat
Selain sebagai sarana hiburan, menonton TV bagi anak-anak sebaiknya mengandung unsur pendidikan didalamnya. Dengan mendampingi anak saat menonton TV, maka orang tua dapat langsung mengawasi informasi apa saja yang diserap oleh anak-anak. Jangan sampai anak menyerap informasi yang tidak bermanfaat hanya karena tontonan yang salah.

2. Meningkatkan Hubungan Baik
Kegiatan menonton TV bersama orang tua, mampu meningkatkan hubungan baik antara orang tua dengan anak. Dengan menonton bersama, maka interaksi pun menjadi semakin intens. Hal ini dikarenakan anak akan sering bertanya pada orang tua ketika sang anak memperoleh informasi baru yang belum dimengerti ketika menonton TV.

3. Meningkatkan Kualitas Waktu Bersama Anak
Menonton TV bersama juga mampu untuk meningkatkan waktu lebih banyak bersama anak, sehingga masing-masing tidak disibukkan dengan gadget yang selalu saja menyita waktu.

Lalu bagaimana tips yang baik untuk mendampingi anak saat nonton TV? Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya diperhatikan ketika mendampingi anak untuk menonton TV :


1. Menentukan Jadwal Menonton
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur jadwal untuk menonton TV. Jangan sampai jadwal menonton TV mengganggu jadwal belajar sang anak. Biasanya sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mendampingi anak menonton TV. Karena pada malam hari biasanya digunakan untuk belajar dan beristirahat.

2. Tontonan Sesuai Usia Anak
Berikan tontonan yang sesuai dengan usia anak. Karena usia anak dibawah 6 tahun masih belum mampu membedakan antara khayalan dan kenyataan pada saat menonton TV, apalagi saat ini banyak tontonan yang mengedepankan unsur khayalan, seperti cerita sinetron Naga Terbang. Intinya adalah sesuaikan tontonan dengan usia anak.

3. Perhatikan Jarak Nonton yang Ideal
Untuk mencegah efek buruk akibat menonton TV pada jarak yang terlalu dekat, sebaiknya orang tua mengajari anak untuk menonton TV pada jarak yang ideal, agar tidak merusak kesehatan mata. Selain itu juga perhatikan posisi tubuh yang baik saat menonton.

Namun aktivitas menonton TV sebaiknya jangan dijadikan satu-satunya aktivitas anak di rumah. Anak juga bisa bermain dengan berbagai permainan yang mampu merangsang motorik anak, terutama pada balita sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang maksimal.

Semoga bermanfaat.

6 comments

Jadwal acara Televisi ini lo, tampaknya kini kurang diperhatikan. Jam ibadah atau jam belajar, justru acaranya bagus-bagus dan keren-keran. Belum lagi, acara berita yang isinya hanya tentang kriminalitas, perang dan kontroverisal. Orang tua, kewalahan pastinya.

Kalau anak saya sukanya nonton TOBOT dan TAYO mas...jadi jarang nanya...malahan kalau sudah nonton serius banget kadang ketawa ketawa adik kakak

Setuju banget sama poin-poin di atas, saat ini sih anak saya nonton tv untuk lagu anak-anak saja. Sambil nonton juga saya ajarkan beberapa gerakan jadi bisa sekalian nari-nari nggak cuma nonton doang :D *padahal bilang aja emaknya yang pecicilan hihi*

Betul bang, untuk itulah pandai-pandai kita mengatur jadwal nonton buat anak-anak. Maka dari itu orang tua harus ekstra ketat mengawasi aktivitas anak ketika menonton TV

Wah gak beda jauh dengan anak saya . Tapi tetap sebaiknya didampingin mereka

Wah ini sih emaknya yang belajar, bukan anaknya hehehe..


EmoticonEmoticon