QLAPA, Gudangnya Produk Handmade Lokal Unik dan Kreatif

Qlapa, Rumahnya Produk Handmade Indonesia - Blog Mas Hendra
Pertengahan bulan Mei 2018 ini, adalah hari spesial bagi ibu saya tercinta. Di usianya yang sudah gak muda lagi, yakni 59 tahun, sudah tampak sebagian rambutnya yang memutih. Di hari spesialnya nanti, pengen banget ngasih kado yang spesial dan pastinya dapat bermanfaat. Tapi masih agak bingung, kira-kira kado apaan yang cocok untuk ibu saya.


Sebenarnya sih saya pengen banget beliin baju batik model lengan panjang. Tapi kebanyakan model baju batik buat emak-emak biasanya kurang bervariasi. Model dan potongannya gitu-gitu doang. Maunya sih baju batik yang modelnya rada unik dan berbeda, biar gak sama sewaktu pergi kondangan, hahaha... 

Biar gak bingung, seorang teman justru menyarankan untuk memilih baju batik produksi handmade, alias buatan tangan langsung dari pengrajinnya. Karena produk handmade itu punya kelebihan yang gak dipunyai sama produk biasa, alias produk buatan pabrik. Kira-kira apa aja ya keunggulannya guys?

Keunggulan Produk Handmade - Blog Mas Hendra

💚 1. Produk handmade kualitasnya jauh lebih baik
Jadi gini guys, produk handmade pada umumnya dirancang dengan sangat hati-hati dan penuh pertimbangan, sehingga desain yang dihasilkan dari sebuah produk handmade biasanya berbeda dan terlihat lebih spesial. Selain itu dibuat dari bahan pilihan terbaik, sehingga kualitas dan daya tahannya terjamin dengan baik. Dan biasanya produk handmade dibuat satu per satu langsung oleh tangan sang pengrajin yang ahli dan berpengalaman, karena itu produk handmade diproduksi dalam jumlah terbatas, untuk menjaga kualitas produk.

Coba bandingin sama produk biasa yang diproduksi secara masif. Karena siklus produksinya cepat, produsen produk biasanya gak punya banyak waktu untuk bereksperimen dengan desain-desain produknya, sehingga menghasilkan model yang pasaran. Selain itu, karena harus diproduksi secara masif dalam waktu cepat, produk biasa dibuat dengan menggunakan mesin di pabrik dan dengan tenaga kerja yang bukan ahlinya, alhasil produk yang dihasilkan mungkin saja ada yang cacat dan gak terlihat solid.

💚2. Lebih unik dan memiliki ciri khas tersendiri
Produk handmade  dibuat dalam jumlah terbatas dan langsung dari pengrajin lokal, dan desain yang khas, sehingga menghasilkan produk yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri, alias modelnya gak pasaran. Beda sama produk biasa yang sering banget dijumpai di pasaran, biasanya terlihat mirip satu sama lainnya.

💚3. Lebih murah
Harga produk handmade biasanya lebih mahal, hal ini disebabkan karena produk dibuat langsung oleh pengrajin secara teliti menggunakan bahan terbaik dan desain yang sudah dipertimbangkan dengan hati-hati, sehingga menghasilkan produk-produk handmade yang lebih awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Jadi kalian gak perlu membeli produk yang baru dalam waktu dekat. Kalau dilihat dari sisi ekonomis, jelas ini lebih murah, karena lebih awet.

Setelah melihat kelebihan produk handmade, saya semakin yakin mau beliin baju batik produk handmade buat ibu. 

Nah masalahnya adalah, saya gak tahu harus beli dimana, karena memang belum pernah beli produk handmade online. Sementara toko online yang ada biasanya hanya menjual produk-produk umum saja, belum pernah menemukan toko online yang menjual produk-produk handmade. Masa iya harus repot-repot pergi ke daerah tertentu cuma buat beli batik handmade.

Daripada galau, langsung searching aja di Google. Tinggal ketik kata kunci "baju batik handmade", dan taraaaa.... Ternyata ada satu toko online yang menjual baju batik handmade, namanya juga unik banget, QLAPA.

Google Memprioritaskan Website Qlapa Untuk Produk Handmade - Blog Mas Hendra
Tanpa ragu lagi, saya langsung klik website Qlapa. Saya lihat satu per satu baju batik di kategori wanita. Pilihan warna dan modelnya juga beragam, sempat bingung juga sih. Tapi ada satu model yang saya rasa cocok untuk ibu saya. Baju batiknya berwarna biru dongker dan modelnya juga klasik dengan balutan corak yang sederhana.


Baju Batik Handmade di Qlapa - Blog Mas Hendra

Baju batik ini dibuat dari bahan katun dobby batik cap, sehingga nyaman digunakan sehari-hari ataupun untuk acara tertentu. Gimana guys, bagus kan baju batiknya??



Setelah memilih produknya, tambahkan baju batik ke keranjang. Cara pemesanannya juga mudah banget, bisa langsung dari aplikasinya atau lewat website. 








Beruntung banget saya menemukan website Qlapa, dan jujur saja, ini pertama kalinya saya mengunjungi website Qlapa, ternyata bukan hanya baju batik saja yang tersedia, tapi banyak banget produk handmade lainnya, mulai dari sandal, kain tenun, aksesoris, perhiasan, dekorasi rumah, tas, dompet, hiasan dinding dan produk handmade lainnya.


💚💚💚💚💚


💚💚💚💚💚


💚💚💚💚💚


💚💚💚💚💚



💚💚💚💚💚


Perpaduan antara nilai kultur lokal dengan model yang fashionable, trendy dan stylish menghasilkan produk handmade yang unik dan eksklusif. Sehingga cocok sebagai koleksi, hadiah (cinderamata) maupun lifestyle.

Karena semakin penasaran sama website Qlapa, saya terus menjelajahi setiap produk disana. Saya geser satu per satu halamannya, terutama di bagian produk pria. Kebetulan banget dompet lama saya sudah sobek disana sini, karena kepenuhan struk belanja, bukan duit, hahaha... Mumpung lagi di website Qlapa, sekalian saya pilih-pilih dompetnya.

Lagi-lagi saya dibuat bingung sama Qlapa, karena model dompetnya bagus-bagus. Tapi akhirnya nemu satu dompet yang cocok banget. Dompet ini terbuat dari kulit asli dengan resleting, sehingga lebih aman. Yang saya suka dari dompet ini adalah jumlah tempat menyimpan kartunya banyak.

Dompet Kulit Asli di Qlapa - Blog Mas Hendra

Bolehlah dompet ini saya masukkan ke whislist, kalau gak cepat-cepat, nanti keburu habis terjual, maklum saja produk handmade diproduksi dalam jumlah terbatas.

Kalian tau gak sih, kalau kalian belanja produk handmade di Qlapa, kalian akan memperoleh empat keuntungan loh, apa sajakah itu? Simak infografisnya :

4 Keuntungan yang Kamu Peroleh Ketika Membeli Produk Handmade di Qlapa - Blog Mas Hendra


Terinspirasi Dari Buah Kelapa - Blog Mas Hendra

Apa sih Qlapa itu?

Terinspirasi dari pohon kelapa yang memberikan begitu banyak manfaat untuk kelangsungan kehidupan manusia, mulai dari akar hingga setiap helai daunnya. Begitu juga Qlapa yang senantiasa berusaha untuk selalu memberikan manfaat yang banyak kepada masyarakat Indonesia, melalui produk handmade yang dibuat langsung oleh tangan pengrajin Indonesia.

Qlapa hadir sebagai satu-satunya situs jual beli online yang memadukan antara kreativitas dengan teknologi sehingga menghasilkan produk handmade unik dan kreatif yang berkualitas.

Di Qlapa, kalian bisa menemukan berbagai produk handmade unik yang gak dijual di tempat lain, mulai dari kerajinan tradisional sampai dengan produk rancangan modern.

Sekarang, kalian sudah tau kan, dimana tempat membeli produk handmade lokal berkualitas dengan harga relatif terjangkau? Semuanya tersedia lengkap di Qlapa, karena Qlapa rumahnya produk handmade Indonesia. Sehingga kalian gak perlu repot-repot lagi pergi mengunjungi kota tertentu cuma untuk berburu produk handmade buatan lokal.

Mari kita dukung gerakan #CintaProdukLokal dengan cara membeli produk-produk handmade Indonesia di Qlapa.com. Selain produk-produknya fashionable, stylish dan kekinian, secara gak langsung kalian juga membantu kesejahteraan para pengrajin lokal loh. Bukan cuma itu saja, kalian juga turut serta berpartisipasi dalam mengangkat nilai-nilai kultur serta kearifan lokal.

88 comments

pas ulang tahu tidak perlu lagi jauh jauh kemana mana, capek kalau harus ke percetakan dan beli pernak pernik ulang tahun

Dengan hadirnya Qlapa membuat orang semakin mudah mencari cindera mata yang unik misalnya patung asmat enak kan kalau tinggal pesan online

ibu-ibu kayak saya gemes banget kalau mantengin website Qlapa, banyak perabotan rumah dan dapur yang unik - unik >,<

Qlapa sangat mendukung produk lokal yaitu hasil kerajinan dalam negeri

semoga dengan ini produk dalam negeri seperti kerajinan menjadi lebih diminati
dan mensejahterakan para pengrajinnya juga tentunya

Save Indonesian Handmade! Qlapa.com tempatnya orang-orang kreatif sih. Hehe

Yup sekarang lebih praktis, bisa pesan di Qlapa

Betul mas Dwi, jadi lebih mudah bisa beli online di Qlapa

Wah saya aja anteng mantengin Qlapa, liatin tas pinggang sama sandal, kayaknya naksir di Qlapa

Aamiin semoga saja bu. Melalui Qlapa, kesejahteraan para pengrajin juga ikut meningkat..

Yup betul mas, komunitas pengrajin pada ngumpul melalui Qlapa

Gw beli dompet disini


Bagus-bagus banget produknya yang di Qlapa

Barang yang diperjual belikan memang produk lokal dan tentunya kualitasnya juga tak perlu diragukan lagi

Disaat market place lain memfasilitasi hampir semua jenis pedagang dengan berbagai macam produk jualannya, Qlapa hadir khusus untuk para crafter di Indonesia. Keren sih, jadi kita-kita sebagai seorang konsumen nggak akan kebingungan lagi kalau mau nyari barang-barang handmade lokal berkualitas. Sukses buat lombanya mas!

Makin banyak godaan online dengan hadirnya Qlapa ini haha
Tapi memang unik2 perabotan yg dijual disana. Kemarin sempat intip2 😁

Wah mantep dong dompetnya, kirim dong ke Depok

Betul mas, kualitas dalam negeri juga gak kalah bagus dengan luar negeri

Iya makasih mas Wisnu. Memang betul, sekarang sudah ada wadah bagi para crafter di Indonesia untuk mengenalkan produk handmade mereka melalui Qlapa

Jangan cuma intip, borong langsung mba Anggun hehehe

Sebagai marketplace yang mengedepankan produk anak bangsa, Qlapa seakan menyadarkan beberapa penduduk Negeri ini yang amnesia akan indahnya produk sendiri.

Biar melek produk handmade melalui Qlapa

Marketplace ini menurutku unik dan sangat bermanfaat bagi para pengrajin di Indonesia. . Semoga makin memberdayakan kreativitas lokal. Sukses Mas Hendra..

Betul kang, sangat membantu mereka yang hobi berburu barang kreatif dan unik. Sekaligus membantu para pengrajin Indonesia untuk memasarkan produk-produknya... Makasih kang

Qlapa memang situs keren buat produk Handmade Indonesia ya Mas. Produk lokal kudu digunakan agar dapat mendukung produk lokan Indonesia.

namanya itu unik ya mas qlapa. mudah di ingat ya.
jika saya perhatikan memang banyak juga kenuntungannya ya bergabung di qpala. sok ah

mas kenapa dikomentar blognya muncul lagi halaman blog. sori mas OOT. ini pc saya atau blog nya ya

Koq aku ketinggalan berita ya, kang? Baru tahu ada situs yang namanya Qlapa... Cek in dulu ya kang...

Iya mas, recommended banget bagi yang hobi berburu souvenir unik dan kreatif, bisa cari di Qlapa

Betul mang, biar mudah diingat. Mang Abdul mau jualan di Qlapa gak, siapa tau usahanya jadi maju tak gentar

Yang lain sih gak ada kendala mang, coba di refresh komputernya, atau kasih ke saya komputernya, dan mang Abdul beli baru lagi, simple kan mang, hehehe

Makanya sering pantengin blog saya mang, hehehe

Sukses buat Qlapa, sejahtera pengrajin menuju Indonesia hebat tentunya
aamiin

Siip bu, aamiin... Makasih dukungannya

Tempat saya belanja barang atau produk handmade. Filosi dari situs Qlapa sungguh luar biasa.

Wah ketahuan jarang belanja online nih :)

Semoga filosofinya dapat menginspirasi orang banyak ya.. Memang sering belanja di sini??

aku jadi pengen beli tas rajutan di Qlapa

Silahkan borong mas, mumpung di Qlapa ada promo

Wah, infografisnya keren Mas. Sekarang kalo ingat kerajinan lokal, ingatnya Qlapa ya :)

Makasih sudah mampir ya. Kalo mau beli produk handmade, ya ingat Qlapa

mantap sekali nih konsepnya sebuah inovasi, kalau didaaerah saya ada produk handpmade saya juga akan perjuangkan he..he..maksud saya memasarkannya di internet secara optimal, sepertinya niat saya sudah diwujudkan qlapa.com he,,,

Bisa join lewat Qlapa mas Agus, prosedurnya juga mudah dan yang pasti menguntungkan serta mengangkat produk-produk lokal. Makasih sudah berkunjung

Jangan salah bang, Kang Maman mah jagonya...

Hebat!
Mudah-mudahan para pelaku industri kerajinan semakin meningkat produktivitas dan kesejahteraannya...

Iya pak, semoga saja Qlapa tetap dapat eksis, di tengah gempuran online shop kekinian..

Yang patut dibanggakan idenya untuk mewadahi pengrajin lokal dan mengangkat produksi seni mereka.
Hasil kreativitas produksi yg dipasarkan pun unik2.

Sekarang belanja online produk seni kerajinan lebih mudah berkat Qlapa.

Sip pokonya qlapa, kayaknya banyak juga handicraft yang di bikin dari olahan pohon kelapa

Iya mas, jadi lebih mudah nyari produk handmade berkat Qlapa.. Makasih sudah berkunjung

Banyak dari bahan alami mas, jadi produk handicraft nya lebih alami dan unik

Wah qlapa unik ya. Memang banyak manfaatnya ya seperti namanya mirip kelapa yang juga sama-sama banyak manfaatnya 😃

Aku pingin seperti qlapa suatu hari nanti, membantu orang2 memperlancar usahanya

Saat handmade Indonesia jaya dinegara sendiri dan luar karena didukung dengan sistem e-commerce hehe

Sudah seperti pohon kelapa kok mba Ev mah,

Betul, harus didukung oleh berbagai elemen lapisan masyarakat

Awal kenalnya situs Qlapa ini, saat saya nnton ketika ownernya diwawancarai di salah satu stasiun Televisi.

Situs Qlapa adalah situs yg menyediakan produk2 buatan lokal, jadi Qlapa ini pro bangetz sama produk hasil produksi masyarakat kita.

Betul Kang, membantu para pengrajin lokal agar bisa tetap bertahan di tenga gempuran produk asing

Yeey. Makasih atas infonya. Semoga pengrajin lokal tetap bertahan ditengah gempuran zaman

Makasih juga sudah mampir ke blog saya

Asik bangets sih, lewat qlapa.com semua diakomodir segala kerajinan tangan daerah. Sukses ya mas...

Iya makasih sudah berkunjung mba...

produk handmade memang biasanya lebih mahal, tapi unik dan awet, Mas.. eh, tapi aku lihat wedges di Qlapa harganya terjangkau koq. produk impianku tu cuma 165.000 rupiah. murce kan yaaa, untuk ukuran sepatu.

Gak semua produknya mahal ya mba. Toh kalo emang mahal sedikit, kan gak apa-apa, yang penting kualitasnya lebih bagus dan lebih awet..

iya biasanya produk handmade itu ga pasaran, jadi lebih istimewa. enaknya di Qlapa gausah jauh2 datang ke pengrajin jd lebih hemat ongkos transportasi

Semoga produk2 Indonesia jadi makin laris manis dan dikenal banyak orang dengan hadirnya qlapa

Qlapa emang referensi buat mencari produk buatan Indonesia yang berkualiatas ya mas

Betul teh, sekarang nyari produk handmade jadi lebih gampang, udah gitu modelnya gak pasaran

Aamiin mas Nizam, semoga saja keberadaan para pengrajin lokal semakin sejahtera berkat kehadiran Qlapa ini

Yup, gak usah bingung lagi nyari produk handmade

Betul... kualitas handmade sebenarnya memang jauh lebih baik. Karena dikerjakan dengan hati juga kali ya. Dan yang saya suka, produk handmade itu unik... jarang nemu seragaman hihi

Kan produk handmade diproduksi terbatas, sesuai dengan pesanan dan dipilih hanya dari bahan berkualitas, makanya jauh lebih baik daripada dibuat secara masif....

produk handmade di qlapa unik dan beda dari yg lain :)

Nah itu dia kelebihannya yang gak dimiliki oleh toko online lainnya.... Makasih atas kunjungannya

Wow, berarti produk di Qlapa ini produk limited edition ya mas. Baru tau juga ada situs belanja produk hanmade lokal, hehehe. COcok nih untuk orang-orang yang cinta tanah air. Produk harus produk tanah air juga kan, hohoho.

Iya mas, karena dibuat dari bahan berkualitas,makanya produknya terbatas.. Kalo kita beli produk hadnmade di Qlapa, secara gak langsung juga ikut melestarikan dan mensejahterakan para pengrajin lokal mas

Pengen coba beli produk yg unik tapi rentan pecah, packagingnya bagus ga yaa

Hmmmm, coba aja mba, kan biar jadi pengalaman pertama beli produk handmade di Qlapa, nanti bisa review pengalamannya di blog

jujur ane baru kenal dengan Qlapa.com tapi setelah belanja disana ternyata memuaskan banget. komplit euy artikelnya Sob. mantap!

salam blogger dan salam HOKI

Salam hoki. Nah jadi tau kan tentang Qlapa...

Wah produk asli perajin Indonesia yang bakalan bikin kita kagum nih sama bangsa Indonesia. Qlapa memang menjadi solusi banget buat kita para pencari hadiah dan barang-barang unik handmade asli Indonesia ya mas!

Yup website recommended untuk mencari produk handmade..

cintai produk lokal... hanya qlapa

Memang, UMKM kalo nggak banyak didukung ya bisa tergerus kepraktisan pabrik dan yang punya modal besar ya Mas..

Btw, saya dulu pernah menang kontes mirip2 gini juga hehehe

Hanya Qlapa kalo mo nyari produk handmade

nah, aku juga pas lagi nyari barang di gugel, di halaman pertama juga muncul qlapa.
Duhh sukak deh,
Kemarin juga abis beli tas handmade di sini, puas banget ^_^

Betul mas, maju tidaknya umkm tergantung dari masyarakat itu sendiri, karena memang potensi pasar terbaik bagi umkm ya dari masyarakat lokal. Masa orang bule aja suka produk handmade, kok kita sendiri gak suka.. Kan lucu. Beruntung ada website Qlapa ini, jadi terbantu perkembangan para pengrajin lokal

Siip deh, sekarang jadi lebih mudah ya nyari produk handmade

mas,dompetnya keren banget tuh..
benar lho, cakep banget..

saya jadi naksir, tapi dompet yang lama masih bagus, hehehe...

sekarang saya mau main ke website qlapa dulu deh, mau searching barang, siapa tahu ada yang nyantol,,,

Saya juga naksir dompetnya mas Eka, bagus yah,


EmoticonEmoticon