Manfaat Membangun Relasi Dengan Banyak Blogger

Manfaat Membangun Relasi Dengan Banyak Blogger - Blog Mas Hendra

Tidak dapat dipungkiri, seorang blogger yang ingin membangun bisnis melalui blog yang dikelolanya, sebaiknya mulai rajin untuk membangun relasi dengan banyak blogger lainnya. Langkah paling mudah adalah dengan melakukan blog walking, atau saling mengunjungi ke blog lainnya dan meninggalkan komentar positif.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan selain blog walking. Salah satu yang bisa dicoba adalah Anda bisa membangun relasi baru dengan bergabung bersama grup WhatsApp (WA). Saya sendiri pun belum lama ini bergabung dengan sebuah grup WA khusus blogger. Di grup ini, saya bisa saling share artikel, bertukar pendapat, informasi lomba blog, bertukar informasi lainnya hingga memperoleh informasi job menarik dengan blogger-blogger lainnya.


Saya yakin, mereka adalah blogger hebat yang sudah mendapatkan job dari para broker, baik berupa artikel review maupun artikel content placement. Job seperti ini memang sering disinggung di percakapan grup.

Dengan bergabung ke dalam grup WA, peluang untuk memperoleh job semakin terbuka lebar, karena biasanya kita bisa saling bertukar informasi tentang job di grup tersebut. Jika saya memiliki kontak pemberi job yang mereka belum punya, saya akan menginformasikannya, begitu juga sebaliknya. Intinya adalah jangan pelit untuk berbagi dengan blogger lainnya.

Dengan membangun relasi melalui grup blogger, Anda juga bisa mengembangkan bisnis yang Anda bangun bersama blog yang Anda kelola, misalnya online shop. Kalau Anda memiliki bisnis online shop, Anda dapat dengan mudah mempromosikannya di grup. Tentu langkah ini membuka peluang bisnis yang lebih baik bukan?

Jadi mulai saat ini, yuk bangun relasi dengan banyak blogger agar bisa saling berbagi satu sama lain. Silaturahmi memang penting, tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya silaturahmi sebaiknya tetap dilakukan, agar kita memiliki banyak teman dan relasi.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon