Manfaat Membangun Relasi Dengan Banyak Blogger

Manfaat Membangun Relasi Dengan Banyak Blogger - Blog Mas Hendra

Tidak dapat dipungkiri, seorang blogger yang ingin membangun bisnis melalui blog yang dikelolanya, sebaiknya mulai rajin untuk membangun relasi dengan banyak blogger lainnya. Langkah paling mudah adalah dengan melakukan blog walking, atau saling mengunjungi ke blog lainnya dan meninggalkan komentar positif.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan selain blog walking. Salah satu yang bisa dicoba adalah Anda bisa membangun relasi baru dengan bergabung bersama grup WhatsApp (WA). Saya sendiri pun belum lama ini bergabung dengan sebuah grup WA khusus blogger. Di grup ini, saya bisa saling share artikel, bertukar pendapat, informasi lomba blog, bertukar informasi lainnya hingga memperoleh informasi job menarik dengan blogger-blogger lainnya.


Saya yakin, mereka adalah blogger hebat yang sudah mendapatkan job dari para broker, baik berupa artikel review maupun artikel content placement. Job seperti ini memang sering disinggung di percakapan grup.

Dengan bergabung ke dalam grup WA, peluang untuk memperoleh job semakin terbuka lebar, karena biasanya kita bisa saling bertukar informasi tentang job di grup tersebut. Jika saya memiliki kontak pemberi job yang mereka belum punya, saya akan menginformasikannya, begitu juga sebaliknya. Intinya adalah jangan pelit untuk berbagi dengan blogger lainnya.

Dengan membangun relasi melalui grup blogger, Anda juga bisa mengembangkan bisnis yang Anda bangun bersama blog yang Anda kelola, misalnya online shop. Kalau Anda memiliki bisnis online shop, Anda dapat dengan mudah mempromosikannya di grup. Tentu langkah ini membuka peluang bisnis yang lebih baik bukan?

Jadi mulai saat ini, yuk bangun relasi dengan banyak blogger agar bisa saling berbagi satu sama lain. Silaturahmi memang penting, tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya silaturahmi sebaiknya tetap dilakukan, agar kita memiliki banyak teman dan relasi.

Semoga bermanfaat.

20 comments

Kalau bergabung grup blogger lewat WA, ada rasa malas. Terlalu banyak notifikasi yang masuk. Justru mengganggu aktifitas seharian, saya lebih suka gabung di grup facebook atau twitter.

Kalau gitu saya izin tinggalkan komentar di blog ini anggaplah langkah awal membangun relasi dengan sang master admin blog ini
semoga berkenan ya

Kalau saya gabungnya sama grup WA yang khusus Job review mas jadi lebioh fokus tujuannya ketimbang umum blogger

Silaturahmi membuka pintu rejeki...

Wah mau jg dong gabung grup wa nya. Grup apa namanya mas?

Cara sedang saya bangun juga, Mas. Udah bergabung juga sih kalau WA baru satu grup, kalau di facebook udah beberapa grup, tapi ya itu kalau di facebook suka ada yang posting nggak jelas gitu, kadang jadi males lagi..hehe

Makasih sharingnya, Mas. Semoga membantu buat yang lainnya juga :)

Kekurannya memang disitu bang, akan ada banyak notifikasi yang masuk. Kalo mau joint ke grup WA ya sudah siap menerima risiko ini...

Wah lebih fokus lagi ya pembahasannya mas Dwi.

Betul mas Adi, memperbanyak teman akan membuka peluang pintu rezeki...

Nama grupnya Job For Blogger. Coba nanti saya tanyakan ke leader nya ya mba.

Wah.. Bener juga, relasi dapet, rejeki juga dapet ya kang..

Betul itu mas, banyak teman juga bisa mendatangkan rezeki

Banyak relasi semakin menambah lebar pintu rezeki. Dan pastinya semakin menambah wawasan juga.

Mari saling bersilaturahmi untuk membangun kekuatan blog kita masing-masing, dengan cara saling mengunjungi blog diantara kita

Cara ini dinilai paling fundamental pak, karena dari sinilah biasanya kita dapat saling mengenal blogger satu sama lainnya.

membangun relasi itu sangat penting sekali Mas, saya setuju berat dengan pembahasan artikel ini.

Semakin banyak teman maka akan banyak peluang rezeki yang dapat menghampiri kita. Betul ? :)

Betul kang, intinya banyak manfaat yang kita dapatkan kalo rajin silaturahmi


EmoticonEmoticon