Mengenal Fungsi Hastag yang Jarang Diketahui Orang

Fungsi Hastag yang Jarang Diketahui Orang - Blog Mas Hendra

Bagi Anda yang sering bermain Facebook, Twitter, Instagram atau sosial media lainnya, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya hastag. Sebenarnya hastag memiliki fungsi yang cukup vital, tidak hanya dalam ruang lingkup sosial media, tapi juga dalam ruang lingkup digital marketing.


Hastag merupakan sebuah kata atau frase yang diawali dengan simbol hash (#) tanpa menggunakan spasi. Hastag juga dapat berupa sebuah kalimat, sebagai contoh dalam penulisan artikel dengan penambahan hastag #BlogMasHendra, maka informasi yang ditambahkan hastag tersebut secara otomatis akan tergabung menjadi sebuah kelompok artikel.


Lalu apa saja fungsi hastag??

1. Sebagai Sarana Promosi Produk
Jika Anda memiliki sebuah produk untuk dipasarkan secara online, atau bahkan seorang digital marketing, maka keberadaan hastag ini sangat penting loh. Mengapa dikatakan cukup penting? Karena produk-produk tersebut akan dispesifikasikan ke dalam sebuah informasi atau pesan yang telah ditambahkan dengan hastag. Bahkan banyak perusahaan yang memanfaatkan fungsi hastag untuk dapat memperluas jaringan customer dalam mengenalkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Misalkan sebuah digital agency memberikan hastag #ProductionHouse dalam promosi produknya untuk menginformasikan kepada pencari informasi, bahwa jasa yang diberikan oleh perusahaan tersebut berhubungan dengan hastag yang diberikan, yakni production house atau rumah produksi.

2. Mempermudah Pengelompokkan Konten
Hastag juga berfungsi untuk mengelompokkan beberapa artikel yang memiliki tema atau topik yang sama, sehingga akan memudahkan pembaca untuk mengetahui inti dan tujuan dari artikel yang Anda tulis. Jadi ketika Anda membuat sebuah artikel atau postingan dan membagikannya ke dalam sebuah sosial media, jangan lupa untuk menyertakan hastag, agar mudah dikelompokkan ke dalam artikel lainnya yang memiliki tema atau topik yang sama.

3. Memperluas Postingan atau Artikel
Ketika Anda membagikan postingan atau artikel ke dalam sosial media dengan menyertakan hastag, maka yang dapat melihat postingan tersebut tidak hanya teman atau followers Anda, melainkan seluruh pembaca atau pencari informasi di sosial media yang mencari hastag terkait dengan postingan Anda, juga dapat membaca postingan tersebut. 

4. Mempermudah Pencarian Konten
Pengelompokkan postingan atau artikel dengan menggunakan hastag, tentu saja akan memudahkan Anda dalam mencari informasi yang diinginkan. Sebagai contoh Anda ingin mengetahui informasi seputar production house di sosial media, Anda dapat memasukkan hastag #ProductionHouse pada kolom pencarian. Maka semua postingan atau artikel yang terkait topik tersebut akan muncul dalam sebuah kelompok artikel.

5. Promosi Lintas Platform
Dengan menyertakan hastag yang sama di sosial media, maka postingan ataupun promosi brand yang Anda bagikan di Twitter, maka akan muncul juga di sosial media lainnya, seperti Facebook atau Instagram, dengan hastag yang sama. Sehingga akan memudahkan promosi yang Anda lakukan secara online melalui media sosial.

Inilah fungsi penting sebuah hastag yang bisa mengelompokkan tema atau topik yang lebih spesifik dalam sosial media, sehingga akan memudahkan pencari informasi untuk menemukan topik tersebut secara lebih efisien. Sudahkah Anda menyertakan hastag di setiap postingan atau artikel yang Anda bagikan di sosial media? 

Semoga bermanfaat.

16 comments

trim's infonya mas, otak saya jadi tambah mengerti nich berkat penjelasannya, slama ini saya cuex dan kurang mengerti tentang fungsi Hastag.

Jadi, musti pinter2 main hastag utk memperluas capaian promosi di sosmed.

Iya kang untuk membantu memperluas jaringan bisa gunakan hastag untuk setiap postingan yang dibagikan...

Yup, usahakan gunakan hastag agar lebih maksimal hasilnya

Wah klo saya mlh sama sekali ga pernah pke hestek mas
Klo diprivat, andai dipakaikan hestek, trus orang di luar follower ngeklik gestek tsb, apa foto kita dpt diakses meski bukan follower?

Sepertinya gak bisa, karena akun dalam keadaan di private, meskipun hastag tersebut menuju ke akun mba nya...

Bisa juga membuat personal hastag kaya gua di of, #raham sekalian promosi akun Ig ckck

Yup, buat ngebantu promosi di media sosial mas

awalnya saya juga menganggapnya aneh apa manfaatnya penggunaan hastag, ternyata fungsinya saya rasakan, sekarang jadi ikutan kalau menulis distatus saya kasih hastaq khususnya di instagram dan twitter

Mesti sesuai ya nulis hastagnya. Sekalian promsi juga.

Diam-diam hastag menghanyutkan ya, fungsinya cukup penting juga untuk meningkatkan popularitas postingan

Saya aja baru tau loh kalo hastag di ig bisa di follow wkwk
Kirain cuman akun aja LOL

Betul itu, agar promosi menjadi lebih maksimal

Hastag pun berkembang mengikuti perubahan di era digital ini pak


EmoticonEmoticon