Cara Paling Mudah Download Foto Gratis dari Shutterstock

Cara Mudah Download Foto Gratis dari Shutterstock

Selain mengunggah foto melalui koleksi pribadi dari komputer/laptop ataupun ponsel, biasanya para blogger mencari koleksi foto dari internet untuk digunakan dalam membuat konten (artikel) di blog. Meski jumlahnya sangat banyak, koleksi foto di internet biasanya memiliki hak cipta. Kalaupun kita bisa mengunggah foto tersebut dan menggunakannya, baik untuk keperluan pribadi ataupun komersil, biasanya terdapat watermark atau tanda air. Jika ingin menggunakannya, minimal kita harus menyertakan sumber dari mana foto tersebut diunggah.

Pengertian watermark itu sendiri adalah sebuah tanda, baik berupa tulisan atau logo yang tertanam pada foto atau gambar digital. Biasanya tanda ini untuk memberikan informasi kepada orang lain bahwa foto tersebut adalah hasil karya miliknya.


Salah satu website yang menyediakan foto lengkap dengan jumlah koleksi foto tidak kurang dari 100 juta foto adalah Shutterstock. Tidak hanya foto saja, Shutterstock juga menyediakan vector, logo ilustrasi, footage hingga musik. Lantas bagaimana caranya mengunggah foto dari Shutterstock secara gratis dan tanpa watermark?

Cara Download Foto dari Shutterstock Secara Gratis
Anda tidak perlu cemas lagi mengenai masalah watermark pada foto yang akan Anda unggah, karena di artikel ini saya ingin sharing cara paling mudah download foto dari Shutterstock secara gratis. Sehingga nantinya foto tersebut bisa diunggah tanpa ada watermark lagi.

Agar proses download foto gratis dari Shutterstock berhasil seratus persen, yuk kita simak langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Langkah pertama kunjungi website https://dl.idcopy.biz untuk bisa download foto secara gratis. Kalau Anda belum punya akun, sebaiknya daftar terlebih dulu dengan cara klik "DAFTAR SEKARANG".

Registrasi

2. Lengkapi data yang diminta. Harap registrasi menggunakan email yang aktif, karena verifikasi akan langsung dikirim ke email setelah proses registrasi berhasil.

Isi Data di Form

3. Kalau registrasi berhasil, akan ada notifikasi bahwa link verifikasi akan dikirimkan ke email yang didaftarkan.

Registrasi Berhasil

4. Harap periksa email masuk di inbox atau di kotak spam. Karena email yang dikirimkan ke saya ternyata masuk ke kotak spam. Untuk lanjut proses verifikasi, klik link "KLIK DI SINI".

Verifikasi Dikirim ke Email

5. Tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini. Lalu selanjutnya klik "HALAMAN LOGIN" untuk bisa mengakses seluruh layanan website DL.IDCOPY.BIZ.

Verifikasi Akun

6. Ketika pertama kali masuk ke website DL.IDCOPY.BIZ, Anda akan mendapatkan notifikasi Term of Use. Harap baca dengan seksama peraturan tersebut. Setelah mengerti isi dari peraturan tersebut, lalu klik "SAYA MEMBACA DAN SETUJU".

Term of Use

7. Untuk mengunggah foto atau gambar dari Shutterstock, klik "UNDUH" yang berwarna hijau di sebelah kanan. Foto atau gambar yang bisa diunggah secara gratis akan berbeda setiap harinya, baik format jpeg, png atau eps, namun tetap dengan kualitas terbaik dari Shutterstock.

Unduh Gambar di Shutterstock

8. Hasil foto yang saya unggah beresolusi 5616 x 3744 piksel dengan ukuran file mencapai 8,6 MB. Hasil fotonya benar-benar jernih dan pastinya tanpa ada watermark.

Hasil Foto dari Shutterstock

Itu adalah cara paling mudah download foto atau gambar gratis dari Shutterstock. Namun kalau Anda ingin download foto atau gambar yang lainnya yang ada di website Shutterstock, bagaimana caranya? Simak terus artikel ini sampai selesai.

Beli Dua Buah Foto Hanya Rp. 14 Ribu Saja! Bagaimana Caranya?
Menariknya, di website DL.IDCOPY, kita bisa membeli paket download Shutterstock dengan membayar melalui rekening BCA atau Mandiri, tidak harus dengan kartu kredit. Harga Paket Download yang ditawarkan juga cenderung terjangkau.

Daftar Harga Paket

Dari tabel harga di atas, sebenarnya kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Kebetulan saat ini sedang ada promo diskon 10 persen (sampai 30 Juni 2020). 

Jadi, untuk harga satu buah foto sebesar Rp. 40 ribu, kita hanya perlu membayar sebesar Rp.36 ribu saja. Namun kita bisa mendapatkan harga foto yang jauh lebih murah lagi, yakni hanya Rp. 7.000 saja per foto! 

Penasaran bagaimana caranya? Simak yuk langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Dari beranda website DL.IDCOPY, klik "BELI PAKET".

Cara Beli Paket Gambar

2. Pilih Paket Kustom. Masukkan jumlah foto yang akan dibeli. Sebagai percobaan kali ini, saya akan membeli dua buah foto. Secara default, jumlah pembelian sebesar Rp. 72 ribu. Klik "BELI" untuk melanjutkan pembelian.

Pilih Paket Kustom

3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke Halaman Pembelian. Nah di sinilah kuncinya. Anda masukkan kode kupon SSBLOGMASHENDRA untuk mendapatkan potongan harga tersebut. Harga totalnya hanya Rp. 14.165. Sangat murah bukan?

Lalu klik "LANJUTKAN PEMBAYARAN" untuk melanjutkan pembayaran.

Kode Kupon

4. Lalu Anda akan dibawa ke halaman Petunjuk Pembayaran. Untuk melanjutkan proses pembelian. Transfer senilai nominal yang sudah diintruksikan. Jangan lupa angka uniknya dimasukkan.

Petunjuk Pembelian

5. Kali ini saya transfer sejumlah Rp. 14.165 melalui Mandiri m-Banking. Perlu Anda ketahui, pembayaran otomatis hanya berlaku bagi Anda yang punya rekening BCA atau Mandiri saja. Selain pembayaran melalui dua bank di atas, Anda bisa meminta bantuan CS dengan cara klik logo WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah. Harap perhatikan dengan teliti mengenai petunjuk pembayaran.

6. Setelah selesai transfer, selanjutnya tinggal menunggu verifikasi pembayaran otomatis oleh sistem dl.idcopy. Prosesnya tidak sampai 15 menit sudah terkirim melalui email. Namun kalau voucher belum juga terbit setelah 6 jam, Anda bisa langsung menghubungi admin melalui email : admin@idcopy.net dengan menyertakan bukti pembayaran.

Bukti Pembayaran Dikirim ke Email

7. Di email tersebut akan dijelaskan langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan voucher yang sudah terbit setelah melakukan pembayaran. Anda masuk ke Menu > Riwayat Pembayaran.

8. Selanjutnya Anda klik "SALIN" untuk menyalin kode voucher. Lalu menuju halaman Menu > Voucher untuk melakukan Topup Akun.

Salin Kode Kupon

9. Gunakan kode voucher dan klik "GUNAKAN".

Gunakan Voucher

10. Setelah menggunakan kode kupon tersebut, kuota download akan terisi  dua kredit secara otomatis.

Kuota Download Terisi Dua Kredit

11. Berikutnya adalah download foto. Caranya klik Menu > Home untuk melakukan download. Lalu akan muncul seperti gambar berikut :

Download Gambar di Shutterstock

Masukkan satu ID (cukup angka saja) atau URL gambar Shutterstock per baris. Maksimal 15 baris dalam satu kali pratinjau. Setiap gambar yang Anda download dari Shutterstock akan mengurangi sisa kuota sebanyak satu kredit.

Untuk memastikan bahwa itu adalah gambar yang ingin Anda download, Anda bisa klik "PRATINJAU". Kalau memang yakin sudah benar, Anda bisa klik "DOWNLOAD SEKARANG".

12. Langkah terakhir adalah menyimpan gambar ke komputer atau laptop Anda dengan klik tombol warna hijau "KLIK UNTUK MENYIMPAN KE KOMPUTER".

Simpan Gambar ke Komputer

Nah demikian artikel tentang cara paling mudah download foto dari Shutterstock secara gratis yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Caranya sangat mudah bukan?

Baca juga artikel menarik lainnya :

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

48 comments

kalau saya mesti cari gratisan dulu mas hihi
tapi saya coba deh kapan kapan
kadang butuh foto yg menter buat ilustrasi

makasih sharignya

Waahh menarik juga nih... Coba aahh thanks mas Hend..😊😊

Mantap banget ini, Mas. Secara pernah ingin download di sana dan gak jadi download karena ternyata penuh watermark 😂 Sekarang udah tau dong caranya.

@Rekam Jejak Sang Pemimpi : Yaudah sekarang udah bisa dong download gambar tanpa watermark

@Ikrom Zain : Siap. Pakai cara ini juga gratis loh, tapi kekurangannya gak bisa nyari gambar yang diinginkan

@Satria MWB : Wah menarik apa nih Mas bro

Saya di pixabay.com mas hendra.
Gratis sih disana, boleh dipakai untuk apapun gambarnya...
😁

@De Eka : Siip Mas Eka, bisa juga pilih ke Shutterstock ya hehe

Oooo begitu to caranya
beberapa kali baca artikel yang fotonya ada keterangan diambil dari shutterstock. Penasaran juga saya, eh dapat deh info caranya
Kapan-kapan mau coba ah

Wah bagus mas, bias koleksi gambar menarik ini. Apakah semua gambar bisa di download mas? Misalkan untuk vector

Wah boleh di coba nih. Kebetulan kmren aku download ilustrasiilustrasi namnama² kopi espresso tapi pas taruh di blog pecah yooo kak

@Arni : Silahkan langsung praktik Mba Arni. Terima kasih sudah berkunjung

@Roni : Untuk yang free, tergantung gambar yang hadir, karena setiap harinya berbeda. Nah kalo mau download gambar sesuai keinginan, bisa menggunakan cara yang kedua, yakni yang berbayar Mas Roni

@Ovi Roro : Ukuran gambar bisa disesuaikan dengan cara kompressi. Terima kasih sudah berkunjung

Oow ternyata ada triknya toh download gratisan shutterstock. Biansanya penuh watermark hihi. Boleh dicoba nih, thx ka

Maafkan aku yang lugu ini mas Hendra, dulu aku pukir temen-temen kok gambarnya bagus banget ya kalo ambil dari Shutter stock, gak taunya bayar. Tapi promo murce kalo pake kode referall ini lumayan juga yaa ternangkau jadinya .

@Lintang : Semua pasti ada triknya. Selamat mencoba

@Blogger Parenting ; Iya saya maafkan kok 😀. Pake kode referral ya kalo mau dapat harga murce

Sepertinya website ini punya stok foto yang banyak ya. Kalau suatj saat butuh foto. Bisa saya coba ambil dari sini

oo ini cara nya ambil gambar dari shutter stock baru tau sy..terima kasih sharing info nya ya kak..segera sy praktikkan

Dulu sering banget ambil foto yg ada watermarknya shutter. Ehh tapi gimana cara download dan ilangin wm nya baru tau ini. Thanks for sharing kak

Nice info mas. Shutterstock emang mantap gambarnya, bagus untuk dijadikan foto pada konten kita.

Ini resmi dari shutterstock atau tidak, Mas? Khawatirnya kalau suatu saat kena klaim.
Setidaknya ada belasan sampai 30an tempat donlot gambar gratis yang benar2 gratis.

@Andi Telaumbanua : Shutterstock merupakan salah satu website penyedia foto yang sangat banyak Mas. Silahkan, memang di sini gudangnya foto

@Bayu Fitri : Sama-sama Mba Bayu, silahkan untuk explore website Shutterstock

@Jihan : Sama-sama Mba Jihan, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

@Merdianto : Beda dengan Pinterest. Di Shutterstock, kita bisa jualan hasil foto kita, asal memenuhi persyaratan yang diminta mereka

@Susi Susindra : Saya dapatnya dari pihak ketiga Mba untuk download gambar yang kita inginkan

Makin dimudahkan saja.. download gambar juga saat ini harganya sudah terjangkau dan mudah proses pembayarannya

Saya selama ini masih mengandalkan situs penyedia foto gratisan. Tapi harus diakui shutterstock foto-fotonya lebih bagus dan lengkap. Sekarang jadi tahu deh gimana cara download gratis atau beli murah foto foto di shutterstock.

Wah dapat ilmu lagi ini.
Sering banget mau download gambar dan nggak jadi gara-gara watermark. Makasih ya mas

Ogitu ya caranya... makasih sharingnya Mas Hendra pantesan fotonya temen2 ciamik abiss dan ga pake watermark ya ternyata ada usaha di baliknya. Mantul

Tempo hari pernah beli di tempat ini. Iya, prosesnya enak, tinggal copy link, terus ambil donlodan yang high-res dari situs idcopy.

Kalo soal harga sih ya relatif. Kita beli di Shutterstock kan gak bisa eceran hehe

Baru tahuuuuu. Hahaha. Kadang kalo buka Pixabay atau Pexel, itu foto yg kece2 malah diarahin ke Shutterstock, tapi ada watermarknya. Jadinya yaaaa, bye bye aja deh. Ternyata begini caranya yaaa. Makasih mas.

Lengkap dan runtut sekali langkah langkahnya. jadi mudah memahaminya. makasih kak

lengkap banget ini langkah2nya. ternyata gak mahal juga lah. jadi enak nih kalo buat pemanis tulisan di blog dikasih gambar daru shutterstock tanpa ada watermarknya hehe.

@Dudukpalingdepan : Yup betul sekali, sekarang jadi tau ya cara download-nya

@Mardanurdin : Terima kasih sudah berkunjung ke blog

@Nurhilmiyah : Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog

@Bang Doel : Beli di sini prosesnya mudah ya Mas. Harganya juga terjangkau

@Mutia Ramadhani : terima kasih juga sudah berkunjung ke blog

@Goresan Hati : Terima kasih sudah memahamai tulisan yang agak panjang ini

@Anggraeni Septi : Betul Kakak

Wah murah cuma 14ribuu..ini smp kpn promonya mas? 1 akun cm 1 ya bisanya? Makasih ya auto beli ini mah

Ahahaha. Sama mbak, mas. Aku pecinta 100% gratisan sih kalo gambar. Kecuali pernah satu kali beli lisensi vektor buat koleksi :)

@Arigetas : Whatt??? Mba Hendra, wkwkwkwk... Baiklah Tante Ari, saya juga pecinta gratisan 100 persen, tapi masa iya mau dapetin barang bagus ngandelin gratisan mulu, kan isin atuh hehehe


EmoticonEmoticon