Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memilih Jasa SEO yang Terpercaya dan Berkualitas

Tips Memilih Jasa SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah bisnis, terlebih lagi ketika memiliki website. Dengan SEO, website memiliki peluang muncul di halaman utama mesin pencarian. Oleh karena itu, sangat penting dalam memilih jasa SEO agar hasilnya bisa lebih maksimal. Omset bisnis pun akan semakin naik dan terus mengalami perkembangan.

Seperti kita ketahui, tingginya kebutuhan akan SEO membuat banyak sekali bermunculan jasa Search Engine Optimization. Sayangnya, tidak semua jasa tersebut memiliki kualitas baik. Bahkan, beberapa malah hanya akan memberikan pelayanan seadanya saja. 

Tentu saja itu akan berakibat buruk. Selain rugi telah mengeluarkan biaya pembayaran jasa, website juga tidak akan teroptimasi dengan baik. 

Tips Memilih Jasa SEO Terpercaya

1. Mengecek reputasi

Mengecek reputasi adalah hal yang wajib dilakukan saat memilih jasa apapun. Jangan sampai uang yang sudah Anda keluarkan hanya akan berakhir sia-sia saja, karena penyedia layanan tersebut tidak memiliki reputasi baik. 

Reputasi ini bisa dilihat dari bagaimana kualitas pelayanan, testimoni dari para pelanggan, serta pihak mana saja yang telah bekerja sama dengan mereka.

Di era teknologi seperti saat ini mengecek reputasi sangat mudah dilakukan, yakni cukup melihat dari websitenya saja. Perhatikan bagaimana keseriusan mereka membangun sebuah website. 

Apabila masih terkesan asal-asalan, baik dari segi layout maupun konten, maka bisa dikatakan reputasi layanan tersebut kurang baik dan sebaiknya segera cari pilihan lain.

2. Mengecek di situs pencarian

Penerapan SEO yang baik akan membuat sebuah website muncul di halaman pertama pada mesin pencarian. Secara logika, seharusnya penyedia layanan SEO juga bisa membuktikan hal tersebut pada website mereka.

Jadi, pastikan jasa tersebut muncul di halaman pertama pencarian ketika Anda mengetikkan keyword tersebut. Jika website mereka saja tidak teroptimasi, bagaimana bisa nantinya mengoptimasi website Anda?

3. Harga masuk akal

Berhubung semakin tingginya persaingan antara para penyedia layanan SEO, maka tidak sedikit yang menggunakan teknik banting harga. Namun, jangan pernah sekali-kali Anda tergoda dengan marketing seperti itu.

Pastikan harga ditawarkan cukup masuk akal sesuai dengan layanan yang diberikan. Sebagai contoh, apabila harga pasaran Rp 500 ribu, Anda patut curiga jika ada jasa yang mematok harga Rp 250 ribu saja pada layanan serupa.

4. Lihat testimoni

Testimoni cukup penting dalam mempertimbangkan apakah sebuah layanan benar-benar memberikan layanan yang memuaskan atau tidak. Biasanya mereka akan memajang testimoni di website. 

Namun, Anda juga perlu berhati-hati, karena tidak sedikit pemilik layanan membuat testimoni palsu hanya untuk menarik orang saja. Guna memastikan, jika perlu hubungi langsung pemberi testimoni tersebut.

5. Menanyakan alur kerja

Sebagai calon customer, Anda berhak menanyakan apa saja hal yang akan dilakukan jasa tersebut ketika sudah terjadi kesepakatan kerja sama. 

Pastikan mereka menyampaikan secara transparan, apakah itu mulai dari riset keyword, penulisan artikel, evaluasi dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memantau sejauh mana perkembangan yang telah terjadi.

6. Memiliki alamat serta identitas valid

Terakhir, pastikan layanan tersebut telah memiliki identitas valid. Identitas tersebut terdiri dari nama, alamat, nomor yang bisa dihubungi, email, website, media sosial, galeri, hingga mitra-mitra. Jika perlu, cari tahu apakah mereka telah terdaftar secara resmi sebagai sebuah perusahaan.

Itulah tadi beberapa tips dalam memilih jasa SEO terpercaya. Bisa dikatakan pemilihan secara tepat memang sangat penting dilakukan jika tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, jika setelah membaca tips di atas Anda masih belum menemukan jasa yang tepat, maka Stucel.com bisa menjadi jawabannya. Telah beroperasi sejak 2005, mengenai kualitas sudah tidak perlu lagi dipertanyakan.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "6 Tips Memilih Jasa SEO yang Terpercaya dan Berkualitas"

  1. Hemm ini penting banget buat para blogger demi perkembangan blognya. Walau SEO itu rumit selain buat artikelnya yang lama menyesuaikan keyword juga lama. Mantep kalau ada jasa SEO yang mempermudah dan bisa dipercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya blogger saja sih, semua yang berkecimpung di marketing digital online memang butuh banget SEO agar bisnisnya mudah ditemukan di mesin pencarian, terutama Google...

      Hapus